Skip to main content

Cara Update Aplikasi & Driver di Laptop Windows 10

Saat ini, Microsoft Windows menjadi sistem operasi komputer paling populer di dunia. Salah satunya disebabkan karena sistem operasi ini memiliki dukungan yang sangat luas daripada OS lainnya. Hampir semua pengembang software aplikasi maupun hardware, selalu menyertakan dukungan untuk platform OS Windows.

Bahkan, pengembang aplikasi untuk OS Windows selalu berusaha menciptakan produk software terbaik. Hal ini bisa dibuktikan dengan hadirnya versi terbaru dari banyak software aplikasi yang terus dirilis. Tujuannya tentu agar pengguna laptop/PC desktop Windows bisa menggunakan aplikasi tersebut dengan nyaman.

Begitu pula dengan manufaktur hardware komputer. Mereka juga terus menyediakan driver paling mutakhir agar produk hardwarenya bisa berjalan lebih maksimal.

Cara Update Aplikasi & Driver Yang Terinstall di Laptop/PC Desktop Windows 10

Daftar isi

Agar pengoperasian/penggunaannya menjadi lebih nyaman, update aplikasi dan driver yang terinstall merupakan hal yang perlu dilakukan. Sayangnya, hal tersebut masih tidak dipahami oleh banyak pengguna komputer laptop maupun desktop. Padahal, pembaruan aplikasi serta driver terbukti sangat bermanfaat.

Baca juga : Cara download aplikasi laptop secara gratis

Alasan mengapa aplikasi dan driver harus diperbarui

Untuk mengatasi bug atau kecacatan

Pengembangan software aplikasi tidak selalu berjalan lancar. Kadang, masih menyisakan bug atau kecacatan yang bisa menyebabkan error, hang, dan crash sehingga mengganggu pengoperasian. Perbaikan bug tersebut biasanya dirilis pada aplikasi versi terbaru lewat layanan update.

Driver yang bermasalah juga bisa mengakibatkan hardware tidak bisa berjalan dengan semestinya. Terjadinya kasus laptop blue screen, tiba-tiba nge-freeze, atau not responding bisa jadi disebabkan bug pada driver.

Meningkatkan kompatibilitas

Software aplikasi dan driver harus menyesuaikan dengan komponen komputer yang ada termasuk sistem operasi yang digunakan. Dengan begitu, aplikasi bisa digunakan secara optimal dan laptop/PC desktop bisa lebih nyaman saat dioperasikan.

Untuk menambal celah keamanan

Perlu diketahui, celah keamanan pada aplikasi bisa dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Salah satunya yaitu untuk melakukan pencurian informasi pribadi. Seperti halnya bug, perbaikan pada celah keamanan dilakukan lewat patch khusus yang disertakan pada versi aplikasi terbaru.

Menambah dukungan fungsi/fitur baru yang sebelumnya tidak ada

Versi awal sebuah aplikasi biasanya hanya memiliki fungsi dan fitur dasar. Seiring berjalannya waktu, pengembang akan memberikan dukungan fungsi/fitur baru yang mungkin jauh lebih baik dari versi pendahulunya.

Update driver pun bisa membuka potensi sebuah hardware menjadi lebih luas. Driver versi terbaru biasanya dibekali dengan fungsi khusus, semisal tweaking atau manajemen secara kustom. Nantinya, hardware tersebut bisa benar-benar digunakan secara optimal.

Perubahan tampilan

Supaya tidak terkesan membosankan, antarmuka aplikasi juga harus dibenahi. Terutama agar pengoperasian atau antarmuka pengguna bisa lebih mudah. Nantinya, tampilan aplikasi bisa terlihat lebih fresh. Beberapa perubahan antarmuka aplikasi dilakukan misalnya pada ikon, label, atau layout.

Setiap versi terbaru dari aplikasi atau driver yang dirilis, selalu dibekali changelog yang berisi rincian dari perubahan-perubahan yang dihadirkan pada versi tersebut.

Aplikasi yang wajib diupdate adalah antivirus, antimalware, dan sejenisnya. Kenapa ? Sebab, ancaman proteksi/keamanan pengguna komputer selalu ada (dan terus berkembang). Apalagi jika komputer laptop atau desktop tersebut telah terkoneksi dengan jaringan internet.

Agar bisa mengenali atau menanggulangi berbagai ancaman keamanan komputer, antivirus dkk harus selalu diperbarui. Khususnya untuk mengatasi ancaman dengan varian/metode baru. Bahkan, hampir semua aplikasi antivirus mengharuskan untuk diupdate secara rutin tiap hari.

Kini yang jadi pertanyaan, bagaimana cara memperbarui aplikasi dan driver yang terinstall di laptop/PC desktop ?

Baca juga : Cara download driver laptop/PC desktop Windows

Persiapan memperbarui aplikasi & driver

Sebelum melakukan proses update aplikasi dan driver di Windows 10, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan. Diantaranya yaitu

  • Memahami komponen komputer (laptop/PC desktop) termasuk versi Windows 10 atau komponen hardware yang digunakan
  • Akses internet yang memadai. Proses update akan mengunduh file-file untuk aplikasi atau driver. Semakin besar aplikasi yang terinstall maka semakin banyak bandwidth yang diperlukan. Oleh karena itu, sangat disarankan menggunakan layanan internet berkecepatan tinggi agar proses download bisa berjalan lebih cepat
  • Waktu luang. Pastikan proses update aplikasi ini tidak mengganggu pekerjaan atau kegiatan penting lainnya. Terutama pada laptop/PC desktop yang sedang digunakan
  • Sebaiknya menggunakan program aplikasi yang resmi.

Berikut ini langkah-langkah update aplikasi di Windows 10

Baca juga : Cara update Windows 10 ke versi terbaru

Update via Windows Update

Sebetulnya, Windows Update pada Windows 10 juga berfungsi untuk memperbarui aplikasi bawaan OS Windows dan driver hardware. Semua pengguna komputer dengan sistem operasi ini harusnya sudah paham pada hal itu. Bahkan, fitur Windows Update bisa berjalan secara otomatis.

Kalaupun tidak, Windows Update bisa dijalankan secara manual. Berikut ini langkah-langkahnya

  1. Pastikan laptop atau komputer desktop yang digunakan sudah terkoneksi dengan internet
  2. Tekan tombol Win + I
  3. Pilih menu Update & Security
  4. Klik tombol Check for updates
  5. Proses update dan instalasinya akan berjalan secara otomatis. Tunggu prosesnya hingga selesai
  6. Khusus untuk update driver, klik link View optional updates (jika tersedia)
  7. Pada bagian Driver updates, beri tanda centang pada semua pembaruan driver
  8. Klik tombol Download and install
  9. Jika diperlukan restart untuk menyelesaikan instalasi, nanti akan muncul notifikasi restart. Silahkan klik tombol Restart now

Cara ini merupakan yang paling mudah karena cukup menggunakan fitur Windows Update yang sudah ada pada Windows 10.

Sebagai informasi, update via Windows update hanya dapat dilakukan jika memang tersedia pembaruan aplikasi atau driver hardware dari Microsoft. Beberapa laptop/PC desktop mungkin baru akan mendapatkan update pada waktu-waktu tertentu.

Update aplikasi dari Microsoft Store

Microsoft Store adalah layanan katalog yang berisi berbagai macam produk aplikasi untuk platform OS Windows. Beberapa jenis aplikasi yang ditawarkan misalnya aplikasi umum, games, aplikasi hiburan hingga themes. Bahkan, banyak diantaranya yang bisa didapatkan secara cuma-cuma (gratis).

Pada Windows 10, sudah terpasang beberapa aplikasi bawaaan (pre-installed) dari layanan Microsoft Store. Diantaranya seperti Xbox, Paint 3D, dan Microsoft Photos. Jika kalian menggunakan aplikasi tersebut, kalian bisa melakukan update melalui Microsoft Store.

Langkah-langkah update aplikasi dari Microsoft Store

  1. Buka aplikasi Microsoft Store lewat menu Start
  2. Perhatikan bagian kiri bawah aplikasi tersebut
  3. Klik menu Library
  4. Klik tombol Get Updates pada sisi kanan atas untuk mengecek pembaruan aplikasi yang tersedia
  5. Pilih aplikasi yang ingin diupdate lalu klik tombol Update
  6. Atau klik tombol Update All untuk memperbarui semua aplikasi yang terinstall

Update driver via Device Manager

Windows 10 juga menyediakan aplikasi untuk mengatur perangkat hardware yang terpasang pada laptop/PC desktop. Namanya Device Manager. Dengan aplikasi ini, kalian bisa mengatur fungsi dari sebuah hardware, termasuk update dan instalasi driver.

Berikut ini langkah-langkah update driver dari Device Manager

  1. Tekan tombol Win + X lalu pilih menu Device Manager
  2. Pilih perangkat hardware yang ingin diupdate drivernya. Terutama perangkat dengan ikon tanda seru warna kuning atau diberi nama Unknown device
  3. Klik kanan hardware tersebut lalu pilih Update driver
  4. Pilih opsi Search automatically... Sebelumnya, pastikan laptop/PC desktop kalian telah terhubung dengan jaringan internet
  5. Klik tombol Next
  6. Ikuti dan tunggu hingga prosesnya hingga selesai

Perlu kalian ketahui, cara update driver ini tidak selalu berhasil karena kadang driver hardware yang diminta tidak disediakan oleh Microsoft. Oleh karena itu, kalian bisa melakukan pembaruan driver secara manual. Begini langkah-langkahnya

Cara download driver laptop/PC desktop secara manual

  1. Buka aplikasi Device Manager di Windows 10/Windows 11. Caranya tekan tombol Win + X lalu pilih Device Manager
  2. Pilih perangkat hardware yang diinginkan terutama perangkat dengan ikon tanda seru warna kuning. Kadang, perangkat tersebut diberi nama Unknown device
  3. Klik kanan perangkat tersebut lalu pilih menu Properties
  4. Buka tab Details
  5. Pada bagian Property, pilih opsi Device Instance Path
  6. Pada kotak Value, akan muncul kode dari perangkat tersebut
  7. Klik kanan baris kode tersebut, lalu klik opsi Copy untuk menyalinnya
  8. Sekarang buka aplikasi web browser seperti Google Chrome, Edge, Firefox, dan lainnya
  9. Buka website Driverpack atau Devid
  10. Cari menu driver search atau kotak pencarian driver
  11. Masukkan atau paste kode yang sudah dicopy tadi
  12. Jika driver kode tersebut telah tersedia, nanti akan ada informasi mengenai perangkat hardware yang dimaksud serta opsi driver terbaru yang bisa diunduh
  13. Silahkan download driver yang tersedia. Jangan lupa sesuaikan dengan versi Windows yang digunakan pada laptop/PC desktop
  14. Driver laptop yang didownload biasanya berbentuk file terkompresi RAR/ZIP

Cara menginstall driver laptop yang telah diunduh secara manual

  1. Ekstrak file driver laptop yang telah didownload barusan
  2. Buka kembali aplikasi Device Manager
  3. Cari perangkat hardware laptop yang akan dipasang drivernya tadi
  4. Klik kanan perangkat tersebut lalu pilih menu Update driver
  5. Pilih opsi Browse my computer for drivers
  6. Pada bagian Search for drivers, klik tombol Browse dan cari lokasi hasil ekstraksi file driver laptop yang sudah diunduh
  7. Jangan lupa beri centang pada opsi Include Subfolders
  8. Klik tombol Next dan tunggu proses instalasi driver selesai
  9. Jika diminta untuk restart, silahkan lakukan restart laptop.

Update aplikasi secara manual

Umumnya, pengguna laptop memasang aplikasi dari pihak ketiga (tidak melalui Microsoft Store). Aplikasi-aplikasi tersebut sudah pasti memiliki mekanisme update masing-masing. Ada yang bisa dilakukan otomatis, ada pula yang harus dilakukan secara manual.

Kali ini, Tekno Jempol akan menggunakan aplikasi Google Chrome sebagai contohnya. Aplikasi web browser ini bisa diupdate secara otomatis atau manual, asalkan komputer telah terkoneksi dengan jaringan internet. Berikut ini langkah-langkah mengupdate aplikasi Google Chrome

  1. Buka aplikasi Google Chrome
  2. Klik ikon tiga titik (menu Customize & Control) di pojok kanan atas aplikasi
  3. Pilih Help > About Google Chrome
  4. Secara otomatis, aplikasi ini akan melakukan update dan instalasi update jika memang tersedia
  5. Untuk menyelesaikan proses instalasi pembaruan selesai, klik tombol Relaunch

Untuk aplikasi lainnya seperti Microsoft Office juga bisa dilakukan update. Begini langkah-langkahnya

  1. Buka salah satu aplikasi dari paket Microsoft Office. Misalnya Word, Excel, atau PowerPoint
  2. Setelah terbuka, klik opsi Account pada pojok kiri bawah (tab File)
  3. Klik tombol Update options lalu pilih Update Now
  4. Tunggu proses pembaruan hingga selesai

Beberapa aplikasi mungkin tidak mendukung atau tidak menyediakan fungsi update di dalamnya. Untuk bisa mengupdate aplikasi tersebut, kalian harus menginstal ulang aplikasi dengan versi terbaru. 

Itulah beberapa cara memperbarui aplikasi dan driver pada laptop/PC desktop Windows yang bisa kalian lakukan. Akhir kata, selamat mencoba dan semoga bermanfaat..

Apakah kalian punya pengalaman atau pendapat yang berbeda ? Tuliskan lewat kotak komentar di bawah. Usahakan sesuai topik artikel ini.
Tulis komentar