Skip to main content

Mudah! Cara Update Windows 10 ke Versi Terbaru

Seperti yang diketahui, sistem operasi Windows 10 bukan hanya sebagai software biasa, tapi juga sebagai service (layanan). Oleh karena itu, Windows 10 selalu diupdate guna memberikan layanan terbaik bagi penggunanya. Hasilnya, kini Windows 10 menjadi sistem operasi yang paling banyak digunakan.

Tidak seperti Windows versi sebelumnya, update pada Windows 10 didownload dan terinstall secara otomatis. Hanya beberapa tipe pembaharuan (update) yang bisa dilakukan secara manual atau opsional. Hal ini yang menurut beberapa pengguna sedikit agak merepotkan.

Cara update Windows 10 ke versi terbaru dengan mudah

Khusus kelas konsumer/klien, Windows 10 mendapatkan pembaharuan khusus yang dinamakan Feature Update. Pembaharuan ini akan memberikan perbaikan sistem dan menghadirkan fitur baru. Feature Update dirilis dua kali dalam setahun yang masing-masing menjadi versi sendiri.

Baca juga : Cara mudah upgrade Windows 10 ke Windows 11

Penamaan versi Windows 10 terbaru

Saat ini, Windows 10 versi terbaru menggunakan nomenklatur penamaan versi baru dengan format YYH1-YYH2. Berikut ini penjelasannya

  • YY menunjukkan dua angka terakhir dari tahun dirilis
  • H1 berarti versi yang dirilis pada semester pertama. Biasanya dibulan Maret, April, atau Mei
  • H2 berarti versi yang dirilis pada semester kedua. Biasanya dibulan September, Oktober, atau Nopember

Misalnya Windows 10 versi 21H2, yang berarti dirilis pada tahun 2021 semester kedua. Sebelumnya, Windows 10 memakai format versi YYMM. Di sini MM menunjukkan bulan versi update tersebut dirilis. Contohnya 2004, 1909, 1903, dan seterusnya.

Sebagai informasi, setiap versi Windows 10 update terbaru akan mendapatkan dukungan resmi selama kurang lebih 18 bulan. Lebih dari itu, Microsoft akan menyarankan pengguna Windows 10 untuk update ke versi terbaru.

Credit : Bleepstatic.com

Cara melihat versi Windows 10 yang digunakan

Cara pertama

  1. Buka aplikasi Run dengan menekan tombol Win + R
  2. Ketik perintah winver
  3. Di situ akan muncul kotak About Windows berikut informasi mengenai versi sistem operasi

Cara kedua

  1. Buka Settings dengan cara menekan tombol Win + I
  2. Pilih menu System
  3. Pada bagian kiri, cari opsi About
  4. Periksa pada bagian Windows spesification
Baca juga : Cara update aplikasi dan driver laptop ke versi terbaru

Persiapan update Windows 10 versi terbaru

Sejak Windows 10 versi 1909 dan yang lebih baru, feature update menggunakan metode in-place upgrade. Artinya, proses update ke versi terbaru sama seperti melakukan instalasi Windows 10 ulang. Pembaharuan yang akan diunduh dan diinstall berupa paket installer lengkap Windows 10 terbaru.

Meski begitu, cara upgrade Windows 10 ini terbilang sangat aman khususnya bagi pengguna awam. Sebab, tidak memerlukan konfigurasi tambahan. Selain itu juga, tidak terlalu berpengaruh pada aplikasi yang sudah terinstal atau data-data pribadi yang telah tersimpan.

Sebelum melakukan proses feature update/cara upgrade Windows 10, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan. Diantaranya yaitu

  • Akses internet yang memadai. Proses update akan mendownload file pembaharuan dengan ukuran yang cukup besar sehingga butuh bandwidth yang cukup banyak. Sangat disarankan menggunakan layanan internet berkecepatan tinggi agar proses download bisa lebih cepat
  • Waktu luang. Selain mengunduh pembaharuan, Windows 10 juga akan melakukan proses instalasi dan restart berulang kali. Hal tersebut tentu membutuhkan waktu yang mungkin tidak sedikit. Oleh karena itu, pastikan update ini tidak mengganggu pekerjaan atau kegiatan penting lainnya. 
  • Wajib menggunakan sistem operasi Windows 10 yang sudah diaktivasi secara resmi
Baca juga : Cara mengatasi Windows Update error

Langkah-langkah/cara memperbarui Windows 10

Jika persiapan di atas sudah dilakukan, proses update Windows 10 sudah bisa dilakukan. Setidaknya ada dua cara update Windows 10 ke versi paling baru

Update via Windows Update

Merupakan cara update Windows 10 dengan cepat. Sebab, tidak perlu aplikasi atau cara khusus dan cukup memanfaatkan fitur Windows 10 yang sudah ada yaitu Windows Update.

  1. Pastikan laptop atau komputer desktop yang digunakan sudah terkoneksi dengan internet
  2. Tekan tombol Win + I
  3. Pilih menu Update & Security
  4. Klik tombol Check for updates
  5. Tunggu hingga muncul tawaran "Feature Update to Windows 10, version..."
  6. Klik tombol Download/Install

Cara mendapatkan update Windows 10 ini merupakan yang paling mudah karena cukup menggunakan fitur Windows Update yang sudah ada pada Windows 10 sendiri.

Credit : Softpedia.com

Update menggunakan aplikasi Windows 10 Update Assistant

Microsoft juga memberikan cara alternatif berupa aplikasi dengan nama Windows 10 Update Assistant. Aplikasi ini berfungsi untuk membantu melakukan proses manual update Windows 10 terbaru secara langsung, tanpa harus menunggu tawaran dalam Windows update. Berikut ini langkah-langkahnya

  1. Buka tautan ini : Link Web ISO Windows 10
  2. Pada bagian Windows 10 Update, klik tombol Update now
  3. Setelah berhasil diunduh, buka aplikasi Windows 10 Update Assistant
  4. Ikuti langkah-langkahnya hingga selesai

Secara teknis, proses update via aplikasi Windows 10 Update Assistant tidak jauh berbeda dengan Windows update.

Clean install Windows 10 versi terbaru

Untuk saat ini, Windows 10 memang menjadi sistem operasi komputer dengan jumlah pengguna yang paling banyak. Namun, tidak semua pengguna memakai Windows 10 versi paling anyar. Bahkan, banyak diantaranya yang masih menggunakan Windows 10 versi yang lebih lama.

Kenapa begitu ? Tentu, tidak semua pengguna laptop/PC desktop dengan OS Windows 10 rutin melakukan update. Adakalanya justru jarang terkoneksi dengan layanan internet. Padahal, fungsi update Windows sangat penting.

Jika tidak dapat mengandalkan fungsi update, untuk menginstall Windows 10 versi terbaru bisa dengan menggunakan cara clean install atau install ulang Windows 10. Tentunya dengan installer versi paling update. Jadi, nanti Windows 10 harus diinstal secara manual seperti instalasi OS pada umumnya.

Langkah-langkah clean instal Windows 10 tentu sedikit lebih rumit ketimbang update versi via Windows Update. Proses instal ulang juga umumnya hanya dapat dilakukan oleh pengguna yang sudah paham seluk-beluk dunia komputer. Akan sangat beresiko jika dikerjakan oleh pengguna awam.

Cara menginstal Windows 10 secara manual sama seperti menginstal OS Windows versi sebelumnya. Mulai dari membuat media instalasi, format ulang, hingga melakukan konfigurasi. Pengaturannya juga dilakukan mulai dari awal seperti memasang driver hingga program aplikasi.

Baca juga : Spesifikasi laptop/PC desktop untuk Windows 11

Dengan hadirnya Windows 11, Microsoft berencana mengubah mekanisme dukungan untuk Windows 10. Nantinya Windows 10 hanya akan mendapatkan satu kali feature update dalam setahun, tepatnya pada semester kedua.

Bila laptop atau PC desktop sudah memenuhi syarat kebutuhan minimal Windows 11, kalian bisa mempertimbangkan untuk upgrade ke sistem operasi tersebut. Windows 11 menawarkan pengalaman baru dalam hal penggunaan komputer terutama untuk keperluan sehari-hari.

Kalaupun belum mampu menginstal Windows 11, kalian masih tetap bisa menggunakan sistem operasi Windows 10 seperti biasa. Microsoft juga masih akan memberikan dukungan resmi untuk Windows 10 hingga tahun 2025. Selama itu, kalian dapat mengumpulkan budget guna membeli perangkat komputer baru.

Akhir kata, selamat mencoba dan semoga bermanfaat...

Apakah kalian punya pengalaman atau pendapat yang berbeda ? Tuliskan lewat kotak komentar di bawah. Usahakan sesuai topik artikel ini.
Tulis komentar