Skip to main content

Begini Cara Upgrade Windows 10 ke Windows 11 Dengan Mudah

Setelah diumumkan pada akhir bulan Juni kemarin, sistem operasi terbaru Microsoft Windows 11 telah diluncurkan secara resmi pada tanggal 05 Oktober 2021. Perlu diketahui, rentang waktu perilisan OS Windows 11 dari Windows 10 ternyata lebih lama daripada perilisan Windows XP ke Windows Vista.

Windows 11 sendiri dibuat dengan menyesuaikan teknologi komputasi yang lebih modern. Sebagai sistem operasi baru, Windows 11 tentu menghadirkan beberapa fitur baru. Diantaranya yaitu

  • Menggunakan antarmuka berbasis Fluent Design dengan tampilan yang lebih segar
  • Dukungan multitasking yang lebih baik
  • Optimalisasi pada interaksi berbasis sentuhan
  • Rencananya akan ada dukungan subsistem untuk platform Android
  • Integrasi dengan teknologi DirectStorage yang sebelumnya hanya tersedia pada game console Xbox seri X/S

Cara upgrade Windows 10 ke Windows 11 pada laptop/PC desktop

Hadirnya Windows 11 rupanya ditunggu oleh banyak pengguna komputer, baik laptop atau desktop. Bahkan, banyak pula yang sudah mencoba atau menjajal versi awal sistem operasi ini. Selama masa pengembangan dan uji coba, Windows 11 juga cukup banyak mendapatkan feedback positif.

Setelah dirilis resmi, kalian mungkin ingin menginstal Windows 11 pada laptop atau PC desktop kalian. Kali ini, Tekno Jempol akan membagikan cara upgrade Windows 10 ke Windows 11 dengan cukup mudah. Seperti apa cara dan langkah-langkahnya ?

Baca juga :
Perbandingan Windows 11 Pro vs Home vs Windows 10
Cara mudah upgrade Windows 10 versi terbaru
Cara update aplikasi dan driver laptop ke versi terbaru

Persiapan upgrade ke Windows 11

Ada kabar baik dari Microsoft. Komputer yang memenuhi syarat kebutuhan minimal akan mendapatkan upgrade ke Windows 11 secara gratis. Menarik bukan ? Proses upgrade juga cukup mudah karena bisa dilakukan secara online.

Meski begitu, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum melakukan proses upgrade. Diantaranya seperti berikut

  • Koneksi internet yang memadai. Hal ini mutlak harus tersedia pada komputer yang akan diinstal OS Windows 11. Sangat disarankan untuk menggunakan layanan internet berkecepatan tinggi dan stabil. Tujuannya agar proses upgrade lebih cepat selesai
  • Waktu luang. Saat proses upgrade berlangsung, sistem akan mendownload file yang cukup besar sehingga mungkin akan memakan waktu lama. Belum lagi termasuk proses instalasi dan restart berulang kali. Oleh karena itu, pastikan upgrade OS ini tidak mengganggu pekerjaan atau kegiatan penting lainnya. 
  • Wajib menggunakan OS Windows 10 versi terbaru dan sudah diaktivasi secara resmi
  • Komputer desktop/laptop yang digunakan wajib memenuhi syarat spesifikasi minimal kebutuhan sistem untuk dapat menjalankan Windows 11
Baca juga : Spesifikasi Laptop/PC desktop yang cocok untuk Windows 11

Kebutuhan sistem minimal untuk Windows 11

Sebagai informasi, Windows 11 memiliki system requirement dengan spesifikasi yang sedikit lebih tinggi dan berbeda daripada seri Windows sebelumnya (Windows 10). Diantaranya yaitu

  • CPU/SoC dual-core dengan kecepatan 1 GHz yang mendukung arsitektur 64-bit (Intel 64/AMD64/ARM64)
  • GPU yang kompatibel dengan DirectX 12 dan mendukung WDDM 2.0
  • RAM berkapasitas 4 GB
  • Penyimpanan berkapasitas 64 GB
  • UEFI dengan fitur Secure Boot aktif
  • TPM (Trusted Platform Module) versi 2.0
  • Display/Monitor berukuran 9" dengan resolusi 720p (HD)
  • Koneksi internet

Agar dapat melakukan proses upgrade ke Windows 11, kalian harus pastikan laptop/PC desktop yang digunakan memenuhi syarat kebutuhan tersebut. Jika tidak, komputer kalian tidak akan mendapatkan tawaran upgrade. Bahkan, mungkin komputer tersebut tidak dapat dipasang OS Windows 11.

PC Health Check. Credit : pchelp.com

Mengecek spesifikasi komputer desktop/laptop sebelum proses upgrade

Saat ini telah tersedia aplikasi untuk memeriksa komputer kalian sebelum bisa diinstal sistem operasi Windows 11. Aplikasi tersebut dinamakan PC Health Check. Dengan aplikasi tersebut, kalian dapat mengetahui apakah spesifikasi komputer/laptop kalian memenuhi syarat kebutuhan hardware Windows 11 atau tidak

Link download aplikasi PC Health Check

Langkah-langkah/cara update ke Windows 11 via Windows Update

Setelah syarat dan ketentuan seperti penjelasan sebelumnya sudah terpenuhi, proses upgrade ke Windows 11 bisa dilakukan. Kali ini cukup menggunakan fitur Windows update pada Windows 10. Berikut ini langkah-langkahnya

  1. Pastikan laptop/komputer desktop sudah terkoneksi dengan internet
  2. Tekan tombol Win + X atau buka menu Start
  3. Pilih menu Settings
  4. Pilih menu Update & Security
  5. Klik tombol Check for updates
  6. Tunggu hingga muncul tawaran upgrade ke Windows 11
  7. Klik tombol Download/Install

Sebetulnya, cara upgrade ke Windows 11 ini tidak jauh berbeda dengan melakukan update Windows seperti biasanya. Komputer mungkin akan melakukan restart beberapa kali dan perlu memasukan beberapa pengaturan atau konfigurasi.

Proses upgrade via Windows Update ini terasa lebih aman, terutama untuk pengguna awam. Sebab, prosesnya bisa dilakukan tanpa harus menghapus/kehilangan data-data pengguna atau program aplikasi yang telah terpasang. Langkah-langkahnya pun lebih mudah untuk dilakukan.

Credit: blog.windows.com

Langkah-langkah upgrade ke Windows 11 via aplikasi Installation Assistant

Upgrade via Windows Update mungkin terasa cukup lama untuk ditunggu. Sebab harus menunggu tawaran dari Microsoft. Meski telah memenuhi syarat kebutuhan, tidak semua komputer/pengguna mendapatkan tawaran tersebut secara bersamaan.

Untungnya, Microsoft juga memberikan solusi berupa aplikasi dengan nama Windows 11 Installation Assistant. Aplikasi ini akan membantu melakukan proses upgrade ke Windows 11 secara langsung, tanpa harus menunggu tawaran dalam Windows update. Berikut ini langkah-langkahnya

  1. Buka tautan ini : Link Web ISO Windows 11
  2. Pada bagian Windows 11 Installation Assistant, klik tombol Download now
  3. Setelah berhasil diunduh, buka aplikasi tersebut
  4. Ikuti langkah-langkahnya hingga selesai

Secara teknis, proses upgrade via aplikasi Windows 11 Installation Assistant tidak jauh berbeda dengan Windows update.

Baca juga : Cara mengatasi Windows Update error

Clean install/instal ulang laptop ke Windows 11

Tidak semua pengguna komputer mendapatkan penawaran upgrade ke Windows 11 secara gratis. Umumnya, disebabkan karena komputer tersebut sudah berusia agak tua atau tidak memenuhi kebutuhan minimal Windows 11 seperti yang diisyaratkan.

Setidaknya, ada tiga hal yang sering menjadi kendala saat akan menginstall Windows 11. Misalnya processor yang digunakan tergolong generasi lama, fitur UEFI Secure Boot yang tidak aktif, atau ketiadaan perangkat TPM 2.0.

Baca juga : Cara download file ISO Windows 11 Asli & Gratis

Cara instal Windows 11 pada laptop/PC desktop

Meski tidak memenuhi syarat kebutuhan minimal, Windows 11 sebenarnya masih dapat diinstal pada komputer tersebut. Caranya yaitu dengan metode clean install atau biasa dikenal dengan istilah instalasi ulang. Jadi, nanti Windows 11 harus dipasang secara manual seperti instalasi OS pada umumnya.

Langkah-langkah clean instal Windows 11 tentu sedikit lebih rumit ketimbang upgrade via Windows Update. Proses instal ulang juga umumnya hanya dapat dilakukan oleh pengguna yang sudah paham seluk-beluk dunia komputer. Akan sangat beresiko jika dikerjakan oleh pengguna awam.

Cara menginstal Windows 11 secara manual sama seperti menginstal OS Windows versi sebelumnya. Mulai dari membuat media instalasi, format ulang, hingga melakukan konfigurasi. Pengaturannya juga dilakukan mulai dari awal seperti memasang driver hingga program aplikasi.

Tekno Jempol sangat menyarankan untuk tidak menginstal Windows 11 pada komputer desktop/laptop yang tidak memenuhi syarat kebutuhan minimal. Walaupun hal tersebut bisa atau boleh dilakukan.

Kenapa ? Sebab dikhawatirkan akan mendapatkan pengalaman kinerja yang tidak maksimal (atau mungkin lebih buruk). Pengguna akan beresiko mengalami crash dan error sehingga akan mengganggu aktivitas serta pekerjaan.

Bahkan, Windows 11 yang dipasang pada sistem yang tidak memenuhi syarat kemungkinan tidak akan mendapatkan dukungan atau update dari Microsoft. Hal ini akan semakin menambah resiko terutama pada aspek proteksi dan keamanan.

Kalaupun belum bisa menginstal Windows 11, kalian masih tetap bisa menggunakan sistem operasi Windows 10 seperti biasa. Sembari menabung/mengumpulkan anggaran untuk upgrade komponen hardware atau membeli komputer/laptop baru.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat...

Apakah kalian punya pengalaman atau pendapat yang berbeda ? Tuliskan lewat kotak komentar di bawah. Usahakan sesuai topik artikel ini.
Tulis komentar