Skip to main content

9 Cara Mengatasi Layar Laptop Blank Hitam Tapi Hidup

Banyak kasus yang dialami pengguna ketika laptop menampilkan layar hitam kosong (black screen) namun mesinnya bisa menyala normal. Ada pula yang mengalami layar blank (kosong) saat laptop/PC desktop baru dinyalakan. Hal semacam ini sering kali menimbulkan kebingungan dan kekhawatiran bagi banyak pengguna komputer.

Kasus layar laptop blank hitam tapi mesinnya masih tetap menyala bisa terjadi kapan saja. Bahkan, kasus ini bisa terjadi dalam berbagai kondisi. Misalnya diantaranya

  • Mesin laptop hidup tapi layarnya mati/layar monitor blank namun PC dalam keadaan menyala
  • Laptop menyala namun layarnya blank putih
  • Layar laptop hitam dengan hanya tampilan kursor berkedip
  • Layar laptop tidak menyala saat sedang digunakan
  • Layar laptop mati dan indikator power menyala berkedip-kedip
  • Laptop tiba-tiba layar hitam kosong tidak ada tampilan apa-apa

Cara Mengatasi Layar Laptop Blank Hitam Tapi Hidup

Daftar isi

Penyebab layar laptop blank hitam tapi hidup (mesin menyala)

Kenapa layar laptop hitam blank ? Layar laptop blank/black screen bisa disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya yaitu

Kerusakan komponen hardware

Perlu diketahui, jika layar monitor mengalami blank hitam saat komputer/laptop dinyalakan menandakan adanya masalah dengan hardware yang berhubungan dengan perangkat tersebut. Misalnya kabel konektor, perangkat display grafis/kartu grafis, motherboard, processor, dll.

Sebab saat dinyalakan, proses pertama yang dilakukan adalah pengecekan hardware komputer. Bila pengecekan berhasil, harusnya ada tampilan dalam layar monitor laptop. Sebaliknya, jika ditemukan masalah atau error, layar laptop tidak akan menampilkan apa-apa (layar kosong blank).

Baterai laptop akan habis

Seperti yang diketahui, laptop bisa dinyalakan hanya jika baterai sudah/masih tersedia daya listrik. Saat daya baterai akan habis, biasanya sistem laptop akan menghemat daya dengan cara mematikan beberapa komponen yang tidak diperlukan. Salah satunya yaitu layar monitor.

Ya, pada beberapa laptop saat daya baterainya akan habis, biasanya akan terjadi layar blank hitam dan indikator power menyala berkedip-kedip. Alhasil, laptop tidak dapat digunakan sama sekali. Mesin (komponen hardware) laptop mungkin masih bisa menyala sebentar sebelum benar-benar mati.

Software corrupt/crash

Layar monitor blank atau layar laptop hitam yang disebabkan oleh software umumnya terjadi ketika bootloader pada sistem operasi rusak. Kerusakan ini bisa menyebabkan sistem operasi tidak dapat dimuat sehingga layar monitor laptop tidak dapat menampilkan sistem operasi.

Adakalanya program aplikasi yang sedang digunakan juga bisa menyebabkan layar laptop hitam blank. Jika program aplikasi tersebut mengalami kerusakan, bukan tidak mungkin akan terjadi layar laptop tiba-tiba mati dengan mesin yang masih menyala.

Saat mengalami kejadian seperti kasus di atas, kalian tidak perlu panik. Kali ini, Tekno Jempol akan memberikan cara mengatasi layar laptop blank hitam tapi hidup alias masih menyala. Berikut ini penjelasannya

Membersihkan konektor modul RAM

Credit: laptopmag.com

Jika laptop menyala tapi layar hitam blank saat dihidupkan, berikut ini beberapa hal yang dapat dilakukan

  1. Matikan laptop dan cabut kabel chargernya
  2. Lepas baterai jika memungkinkan
  3. Tekan tombol power selama beberapa detik untuk menghilangkan daya listrik yang masih tersisa
  4. Lepas cover memori RAM. Pada beberapa produk laptop, untuk bisa melihat modul RAM harus membuka cover body laptop bagian bawah secara keseluruhan
  5. Lepas modul memori RAM yang terpasang. Caranya cukup melepas pengunci kedua sisi modul memori RAM
  6. Bersihkan slot memori RAM dengan kuas kecil
  7. Bersihkan kedua sisi konektor modul memori RAM dengan penghapus karet
  8. Pasang kembali modul memori RAM dan hidupkan laptop

Cara ini juga bisa diterapkan pada PC desktop, bahkan mungkin lebih mudah dilakukan karena lebih flesibel.

Pada laptop seperti ini, mungkin agak susah dilakukan oleh pengguna awam. Sebab harus membongkar cover body laptop. Untuk melakukan langkah-langkah tersebut, mungkin sebaiknya dilakukan oleh orang yang sudah ahli (teknisi).

Baca juga : Cara mengatasi layar blank saat laptop dinyalakan

Pastikan baterai laptop berfungsi dan terisi daya

Komputer laptop menggunakan baterai sebagai sumber energi utama. Baterai digunakan untuk menyimpan daya listrik agar dapat menghidupkan laptop tersebut. Bila baterai laptop tidak berfungsi secara normal atau bahkan kondisinya rusak, sudah pasti laptop tidak akan dapat digunakan dengan nyaman.

Oleh karena itu, baterai laptop harus berfungsi dengan baik. Selain itu, baterai juga harus dapat menyimpan daya listrik sehingga mampu menyalakan komponen hardware laptop. Jika kedua hal itu terpenuhi, laptop harusnya bisa dihidupkan dan digunakan.

Lakukan pengisian daya baterai

Kalau daya baterai dirasa akan habis, segera lakukan pengecasan/charging baterai laptop. Nantinya, daya yang tersimpan dalam baterai akan diisi ulang. Pengecasan sebaiknya dilakukan hingga daya pada baterai telah terisi penuh. Umumnya, proses tersebut akan ditandai dengan nyala lampu indikator charging.

Selama pengecasan baterai, laptop harusnya bisa dinyalakan dan digunakan seperti biasa. Sebab, laptop menggunakan daya listrik yang diberikan langsung dari proses charging. Biasanya dikenal dengan "AC Mode".

Credit : makeuseof.com

Matikan fitur Sleep & Turn off Display

Kedua fitur ini sudah pasti ada pada setiap laptop. Untuk yang belum tahu, Sleep adalah fitur untuk mengurangi & menghemat daya baterai yang digunakan oleh laptop. Sedangkan Turn off Display merupakan fitur untuk mematikan layar tampilan saat laptop sedang tidak digunakan.

Sederhananya, kedua fitur tersebut sama-sama untuk menghemat daya baterai laptop. Jika laptop sedang menyala tapi tidak digunakan dalam beberapa waktu, kedua fitur tersebut (Sleep dan Turn off Display) akan otomatis aktif.

Kasus laptop hidup tapi layar mati/blank hitam bisa jadi disebabkan kedua fitur ini. Baik Sleep maupun Turn off Display merupakan hal yang wajar. Kalaupun dirasa kurang nyaman, kedua fitur ini bisa dinonaktifkan. Ini bisa jadi cara mengatasi laptop menyala tapi layar hitam.

Berikut ini langkah-langkah mematikan fitur Sleep dan Turn off Display

  1. Pertama, klik kanan ikon baterai di pojok kanan bawah (Taskbar)
  2. Pilih menu Power Options
  3. Pada bagian power plan, periksa plan yang aktif. Biasanya diberi nama Balanced atau opsi dengan huruf tebal
  4. Klik link Change plan settings
  5. Pada bagian Turn off the display, pilih opsi Never untuk kolom On battery dan Plugged in
  6. Pada bagian Put the computer to sleep, pilih opsi Never untuk kolom On battery dan Plugged in
  7. Klik tombol Save changes

Opsi Never berarti mematikan fitur secara keseluruhan. Kalian juga bisa menggunakan opsi jangka waktu sekian menit atau sekian jam jika masih ingin menggunakan kedua fitur tersebut.

Reset adaptor grafis

Layar laptop tiba-tiba hitam kosong mungkin juga disebabkan karena driver adaptor grafis mengalami corrupt, error, atau bug. Kali ini, kalian bisa melakukan reset driver hardware grafis. Nantinya, driver adaptor grafis akan kembali ke versi standar. Berikut ini langkah-langkahnya

  1. Tekan tombol Win + X kemudian pilih Device Manager
  2. Periksa bagian Display adapters
  3. Pilih perangkat grafis yang tersedia, biasanya diberi label nama "Nvidia", "AMD" atau "Intel"
  4. Klik ikon Uninstall device pada menu. Atau klik kanan perangkat Wifi tersebut lalu pilih Uninstall device
  5. Klik tombol Uninstall
  6. Tunggu beberapa saat
  7. Kemudian klik ikon Scan for hardware changes pada menu. Lakukan beberapa kali jika diperlukan
  8. Setelah itu, lakukan restart pada laptop

Perangkat adaptor grafis akan kembali terdeteksi dan terinstall dengan driver versi standar. Semua pengaturan yang pernah diset sebelumnya akan direset kembali.

Lakukan repair Windows 10

Kasus layar laptop mati tiba-tiba bisa disebabkan karena driver atau file-file sistem yang rusak/corrupt. Maka dari itu, kalian bisa melakukan perbaikan driver atau file-file sistem agar bisa berfungsi dengan normal. Caranya yaitu melakukan repair atau perbaikan pada instalasi Windows 10.

Repair Windows 10 berarti memperbaiki file-file instalasi yang mungkin telah rusak/corrupt. Termasuk di dalamnya yaitu file-file penting dan driver. Dengan melakukan repair, file-file yang rusak atau hilang tersebut akan diperbaiki dan diganti dengan file-file yang original.

Di sini, proses repair Windows 10 tidak perlu seperti instal ulang/format ulang. Windows 10 sendiri telah menyediakan tools untuk memperbaiki instalasinya. Misalnya yaitu aplikasi DISM (Deployment Image Servicing and Management) dan SFC (System File Checker).

Bagaimana cara melakukan repair Windows 10 ? Silahkan baca selengkapnya pada artikel dengan judul Begini Cara Repair Windows 10 Tanpa Install Ulang.

Reinstall aplikasi dengan versi terbaru

Aplikasi yang error atau memiliki bug berpotensi akan mengganggu pengoperasian laptop. Salah satunya yaitu dengan munculnya kejadian layar blank hitam tapi laptopnya masih tetap menyala

Pengembang aplikasi selalu memberikan dukungan dengan merilis update terbaru dari produk mereka. Aplikasi versi update terbaru ini umumnya memberikan dukungan yang lebih baik ketimbang versi sebelumnya. Termasuk di dalamnya perbaikan error, bug, hingga kompatibilitas.

Jika mengalami kasus layar laptop tiba-tiba mati saat membuka aplikasi tertentu, kalian mungkin bisa mempertimbangkan untuk melakukan instalasi ulang aplikasi yang bermasalah tersebut. Khususnya dengan versi yang lebih baru. Harapannya, masalah error pada aplikasi bisa teratasi.

Berikut ini langkah-langkahnya

  1. Pertama, cari installer aplikasi yang bermasalah dengan versi yang lebih baru
  2. Uninstall aplikasi yang bermasalah tersebut
  3. Kemudian lakukan installasi aplikasi versi terbaru
Baca juga : Cara update aplikasi di laptop Windows 10

Cek pakai layar monitor ekstenal

Laptop modern pasti menyediakan port display tambahan. Misalnya port D-Sub, HDMI, DisplayPort, hingga Thunderbolt. Fungsinya jelas untuk menambah layar tambahan jika memang diperlukan. Banyak pengguna komputer yang menggunakan layar tampilan lebih dari satu. Contoh paling mudah yaitu proyektor.

Pada kasus ini, kalian bisa menggunakan monitor ekstenal tambahan untuk memeriksa fungsi tampilan display. Untuk itu, kalian tentu harus menggunakan monitor desktop atau proyektor ditambah kabel konektornya yang dipasang pada port display pada laptop.

Jika berfungsi normal, pada layar monitor eksternal tersebut harusnya bisa tampil dengan semestinya.

Bawa ke teknisi terpercaya

Saat kasus layar laptop hitam belum berhasil, solusi terakhir yang bisa dilakukan yaitu membawa laptop tersebut pada teknisi atau ahli reparasi yang terpercaya. Di sana kalian bisa memesan layanan perbaikan total dari kasus tersebut.

Oleh karena itu, jangan lupa juga untuk menyediakan anggaran biaya perbaikan. Kalau laptop masih dalam masa garansi, kalian dapat mengajukan klaim garansi untuk layanan tersebut.

Itulah beberapa cara dan langkah-langkah memperbaiki layar laptop blank hitam. Akhir kata, selamat mencoba dan semoga bermanfaat...

Apakah kalian punya pengalaman atau pendapat yang berbeda ? Tuliskan lewat kotak komentar di bawah. Usahakan sesuai topik artikel ini.
Tulis komentar