Skip to main content

4 Cara Download Aplikasi di Laptop Windows 10 Secara Gratis

Agar dapat digunakan secara maksimal, laptop atau PC desktop harus diinstal sistem operasi dan driver sesuai kebutuhan. Sistem operasi berfungsi untuk mengatur hardware dan memberikan dukungan program aplikasi yang akan dipasang. Sedangkan driver akan menghubungkan sistem operasi dengan hardware.

Yang tak boleh dilupakan yaitu instalasi program aplikasi. Dengan adanya program aplikasi, komputer menjadi jauh lebih bermanfaat. Misalnya untuk belajar, bekerja, berkarya, hingga sebagai sarana hiburan. Program aplikasi memang menjadi tujuan sebuah komputer dibuat.

Cara download aplikasi di laptop/PC desktop Windows 10 (Mudah & Gratis)

Daftar isi

Dulu, sebuah software/program aplikasi dikemas dalam media fisik berupa disket atau perangkat optik semisal CD atau DVD. Untuk mendapatkannya tentu harus membelinya di toko atau outlet komputer. Bagi sebagian pengguna komputer, hal tersebut tentu akan sedikit menyulitkan.

Di era digital seperti saat ini, program aplikasi komputer sudah semakin mudah didapat. Sekarang, kalian bisa mendapatkan installer program aplikasi hanya dengan mendownload atau mengunduhnya lewat internet. Bahkan, kini telah hadir beragam layanan distribusi program aplikasi secara online.

Kali ini, Tekno Jempol akan menjelaskan beberapa langkah-langkah atau cara download aplikasi di laptop/komputer desktop dengan sistem operasi Windows 10.

Baca juga : Cara mudah download driver laptop Windows 10

Persiapan download aplikasi di laptop

Sebelum bisa memulai download aplikasi untuk laptop, ada beberapa hal yang perlu disiapkan. Diantaranya yaitu

  • Tentu saja komputer laptop atau desktop (dengan OS Windows 10) harus disiapkan terlebih dulu
  • Komputer tersebut wajib sudah terkoneksi dengan layanan akses internet. Supaya proses download berjalan lancar, disarankan akses internetnya stabil
  • Sudah memiliki aplikasi antivirus atau antimalware yang sudah update terbaru
  • Riset informasi aplikasi yang akan digunakan
Baca juga : Cara update aplikasi di laptop Windows 10

Menentukan program aplikasi yang akan dipakai

Satu hal penting yang harus dilakukan pertama yaitu menentukan program aplikasi yang akan diinstal. Dalam menentukan aplikasi ini, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, seperti

  • Nama aplikasi
  • Kegunaan atau fungsi utama aplikasi
  • Lisensi penggunaan aplikasi
  • Spesifikasi kebutuhan sistem untuk menjalankan aplikasi tersebut. Hal ini penting diketahui agar nantinya aplikasi bisa dijalankan dengan semestinya. Spesifikasi kebutuhan aplikasi pun harus sesuai atau terpenuhi oleh spesifikasi teknis laptop/komputer desktop yang ada
  • Jika perlu, ketahui juga fitur tambahan yang disertakan. Biasanya, aplikasi juga menyediakan fungsi khusus/tambahan. Kadang, fungsi khusus ini memerlukan spesifikasi teknis tertentu yang perlu diperhatikan
  • Lain-lainnya seperti versi dan dukungan update

Lisensi penggunaan aplikasi

Perlu diketahui, software aplikasi juga merupakan salah satu produk yang dilindungi oleh hukum hak cipta (copyright). Oleh karena itu, penggunaan suatu program aplikasi harus sesuai lisensi yang biasanya diberikan oleh pengembang aplikasi tersebut.

Setidaknya, ada dua jenis lisensi yang umum dipakai pada program aplikasi

  • Lisensi tidak bebas (non-free) merupakan lisensi untuk penggunaan terbatas. Aplikasi dengan lisensi ini biasanya hanya boleh digunakan/ditampilkan saja. Umumnya, lisensi ini digunakan pada aplikasi komersial/berbayar
  • Lisensi bebas (free license) adalah lisensi dengan penggunaan yang jauh lebih bervariasi seperti penggunaan, penyalinan, modifikasi, hingga distribusi ulang.

Poin-poin tersebut dapat kalian temukan pada banyak informasi aplikasi yang beredar di internet. Sangat disarankan untuk memahami poin-poin tersebut sebelum memutuskan untuk mengunduh suatu program aplikasi. Tujuannya, agar pengoperasian aplikasi nantinya tidak akan menemui masalah.

Disclaimer : Pada artikel ini, Tekno Jempol hanya menjelaskan cara mendownload software aplikasi dengan mekanisme yang resmi. Jadi, kalian juga hanya akan mendapatkan program aplikasi yang resmi/orisinil saja (tidak ilegal/bajakan).

Daftar aplikasi penting di laptop (Aplikasi wajib di Windows 10 yang sebaiknya didownload)

  • Driver hardware
  • Program aplikasi untuk penunjang pekerjaan. Misalnya Office suite, desain-editing, pemrograman, dll
  • Games
  • Aplikasi untuk komunikasi seperti browser, chat mesengger, networking, dll

Download aplikasi laptop lewat Microsoft Store

Program aplikasi komputer modern bisa didapatkan lewat layanan distribusi produk digital secara online. Layanan semacam ini rasanya cukup memudahkan karena aplikasinya yang diunduh bisa langsung digunakan. Saat ini, sudah ada cukup banyak pihak yang menawarkan layanan tersebut.

Pada sistem operasi Windows 10 misalnya, telah tersedia layanan distribusi online dengan nama Microsoft Store. Pada layanan ini tersedia katalog berbagai macam produk aplikasi yang bisa didownload, misalnya aplikasi umum, aplikasi games, aplikasi hiburan hingga themes. Beberapa diantaranya bahkan bisa didapatkan secara cuma-cuma (gratis). 

Aplikasi Microsoft Store kurang lebih serupa dengan aplikasi Google Play Store pada smartphone Android dan App Store pada produk-produk Apple. Cara pengoperasiannya pun tidak jauh berbeda. Aplikasi ini bisa ditemukan pada menu Start Windows 10.

Selain Microsoft Store, tersedia juga layanana serupa misalnya Steam untuk ditribusi aplikasi games dan Ubuntu Software untuk distribusi aplikasi berbasi Linux Ubuntu.

Download aplikasi terbaru lewat website katalog

Sebetulnya, di internet banyak tersedia website-website katalog untuk produk software aplikasi. Website ini menyediakan berbagai aplikasi yang bisa didownload dengan mudah. Bahkan, jenis aplikasi yang ditawarkan sangat beragam, up-to-date, bahkan banyak diantaranya gratis.

Berikut ini beberapa website katalog download aplikasi untuk OS Windows 10

Langkah-langkah untuk mengunduh aplikasi dari website tersebut sama seperti mengakses website seperti biasa. Cukup gunakan web browser dan buka website tersebut. Selanjutnya selamat berburu software aplikasi yang dibutuhkan.

Baca juga : Cara download ISO Windows 11/Windows 10 Asli dari Microsoft

Download software aplikasi langsung lewat website resmi

Kalian juga dapat langsung mengunduh aplikasi langsung lewat website resmi developer aplikasi atau publishernya. Keuntunganya, kalian akan mendapatkan aplikasi yang resmi dan mekanisame yang lebih aman. Selain itu, kalian juga bisa mendapatkan informasi yang lebih rinci mengenai penggunaan, lisensi, atau fitur dari aplikasi tersebut.

Untuk bisa mendownload aplikasi lewat website resmi, kalian harus tahu nama dan website developer aplikasi yang dimaksud. Setidaknya, dengan mengetahui nama aplikasinya lalu mencarinya lewat Google. Saat mencari suatu nama aplikasi, biasanya akan langsung diarahkan ke website resminya.

Saat mengunduh program aplikasi secara langsung, supaya lebih berhati-hati. Jika salah download, kalian justru mengunduh aplikasi palsu yang bisa jadi adalah program jahat seperti virus, spyware, malware, atau ransomware. Akibatnya malah akan membuat kerusakan pada komputer laptop.

Program aplikasi premium dari perusahaan besar semacam Microsoft, Adobe, atau Autodesk misalnya punya mekanisme distribusi produk aplikasinya sendiri. Silahkan kunjungi website resminya untuk mengetahui cara mendapatkan produk aplikasi dari perusahaan tersebut.

Itulah beberapa cara dan langkah-langkah mengunduh program aplikasi untuk digunakan pada laptop atau PC desktop Windows 10. Kalian mungkin akan menemui program aplikasi yang mengharuskan pembayaran tertentu sebelum bisa digunakan. Untuk itu, sebaiknya kalian memahami mekanisme pembayarannya pada informasi yang tersedia pada website resmi aplikasi tersebut.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat..

Apakah kalian punya pengalaman atau pendapat yang berbeda ? Tuliskan lewat kotak komentar di bawah. Usahakan sesuai topik artikel ini.
Tulis komentar