Skip to main content

Begini Cara Menambah RAM Laptop Yang Tepat

Komputer laptop saat ini sudah menjadi kebutuhan dalam berbagai pekerjaan. Agar mendapat kinerja yang lebih optimal, spesifikasi laptop juga harus memadai. Salah satu komponen laptop yang harus diperhatikan yaitu kapasitas memori RAM.

RAM (Random Access Memory) merupakan salah satu komponen vital dalam sistem komputasi laptop. Jika kapasitasnya kurang atau tidak sesuai kebutuhan aplikasi, sudah pasti kinerja laptop jadi lambat dan tidak maksimal. Idealnya, kapasitas RAM harus sesuai kebutuhan aplikasi yang dijalankan. Lebih bagus lagi jika kapasitasnya lebih besar dari yang dibutuhkan.

Kali ini, Tekno Jempol akan menjelaskan cara menambah RAM laptop atau pada komputer desktop. Hal ini berarti akan menambah kapasitas RAM dengan mengganti atau menambah modul RAM baru. Bagaimana cara dan langkah-langkahnya ? Berikut ini penjelasan lengkapnya

Cara menambahkan RAM pada laptop & PC desktop hingga maksimal

Perlu kalian ingat, komputer laptop hingga saat ini kebanyakan masih diproduksi dalam bentuk less-modular. Artinya, tidak semua komponen hardwarenya dapat dilepas-pasang (removable) oleh penggunanya sendiri. Bahkan, ada produk laptop yang komponennya benar-benar fixed tidak dapat dilepas atau diganti.

Umumnya, komponen hardware laptop yang dapat dilepas-pasang oleh pengguna diantaranya yaitu media penyimpanan (storage) dan modul memori (RAM). Untuk komponen lainnya, ada yang bisa dilepas-pasang, ada pula yang tidak. Terganting varian produk laptopnya.

Pilihan menambah kapasitas RAM laptop bisa bervariasi. Misalnya, menambah RAM 2 GB menjadi 4 GB, upgrade modul RAM 4 GB menjadi 8 GB, atau bahkan dari RAM kapasitas 8 GB menjadi 16 GB. Semuanya tergantung kebutuhan pengguna dan kesesuaian dengan laptop tersebut. 

Tentu, kalian harus menyediakan anggaran khusus sesuai harga upgrade RAM laptop yang diinginkan.

Tujuan/manfaat menambah RAM laptop

  • Semakin besar kapasitas RAM, semakin banyak program aplikasi yang dapat dimuat
  • Pemrosesan data jadi lebih cepat dan responsif
  • Secara tidak langsung, akan meningkatkan kinerja komputer laptop
  • Harapannya, produktifitas menjadi lebih tinggi
Baca juga : Fungsi dan Cara Kerja Memori RAM

Pastikan modul RAM laptop dapat dilepas-pasang/masih tersedia slot RAM kosong

Hal pertama yang wajib kalian lakukan sebelum memutuskan untuk menambah RAM pada laptop yaitu memastikan modul RAM dalam laptop dapat dilepas-pasang atau diganti. Atau memastikan slot RAM yang kosong masih tersedia. Tujuannya sebagai bahan pertimbangan saat menambah atau mengganti modul RAM.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, produk laptop sangat bervariasi. Tidak semua laptop dirancang dengan desain dan fitur yang sama. Termasuk juga komponen RAM di dalamnya yang dapat diakses atau ditambahkan.

Bagaiman cara memastikannya ? Kalian dapat membacanya secara detail pada buku manual yang disertakan dalam paket penjualan laptop tersebut. Kalaupun tidak tersedia, kalian masih bisa mendapatkannya lewat website resmi manufaktur laptop yang kalian gunakan.

Jika ingin mengetahuinya lebih tepat, kalian dapat mengeceknya langsung dengan cara membuka cover memori RAM atau cover penutup di sisi bawah laptop. Ada baiknya memang hal tersebut dilakukan oleh teknisi atau orang yang sudah mahir.

Baca juga : Cara menambah RAM laptop tanpa membeli (gratis)

Pahami spesifikasi RAM pada laptop

Beranjak ke langkah yang lebih teknis, kalian harus memahami spesifikasi modul RAM yang digunakan pada laptop. Jika membaca buku manual laptop, kalian akan menemukan informasi mengenai spesifikasi RAM yang dapat dipasang.

Hal-hal yang harus kalian pahami dari spesifikasi RAM laptop diantaranya

  • Jumlah slot RAM. Secara umum, laptop hanya memiliki maksimal dua slot RAM sedangkan pada motherboard PC desktop bisa memiliki dua, empat, hingga delapan slot RAM
  • Jenis RAM yang didukung
  • Kecepatan frekuensi RAM maksimal yang dapat dicapai
  • Kapasitas maksimal yang dapat diakses
  • Mode channel yang dikenali. Produk laptop saat ini harusnya sudah mendukung mode dual-channel. Motherboard PC desktop (high-end) mampu mengenali mode quad channel
  • Tipe ukuran modul RAM. Tentu sudah pasti tipe ukurannya SO-DIMM.

Selain lewat buku manual, spesifikasi RAM juga dapat kalian lihat lewat sistem operasi (dalam hal ini Windows 10) atau program aplikasi tertentu. Berikut ini langkah-langkahnya

  • via Task Manager (Windows 8/8.1/10)
    • Buka Task Manager. Caranya, klik kanan taskbar lalu pilih Task Manager
    • Buka tab Performance
    • Pada bagian kiri Task Manager, pilih Memory
    • Di situ akan tertera komponen RAM laptop berikut spesifikasi dan penggunaannya
  • Atau menggunakan aplikasi seperti berikut ini

Ada baiknya, kalian juga memahami spesifikasi teknis processor yang digunakan oleh laptop. Sebab, processor saat ini telah disertai memory controller. Sebagai informasi, memory controller adalah komponen yang mengatur semua hal tentang RAM, semisal jenis RAM, kecepatan dan kapasitas maksimal, serta mode channel.

Memilih modul RAM yang cocok untuk laptop

Untuk bagian ini, kalian dapat membaca penjelasannya secara lengkap pada artikel dengan judul Cara Gampang Pilih RAM Yang Cocok Dengan Motherboard PC/Laptop

Setelah memahami spesifikasi RAM pada laptop, harusnya kalian sudah dapat menentukan keputusan. Misalnya, ingin menambah kapasitas RAM laptop dengan memasang modul baru atau mengganti dengan modul RAM baru (upgrade RAM laptop) yang lebih kencang dan kapasitasnya lebih besar.

Berapa biaya menambah RAM pada laptop ? Kalau hanya menambah modul RAM baru, mungkin budget yang harus dikeluarkan tidak terlalu banyak. Sebaliknya jika harus upgrade RAM laptop, sebaiknya kalian menyiapkan anggaran biaya yang agak banyak (mahal) karena harus mengganti semua unit modul RAM.

Tips menambah modul RAM baru pada laptop

  1. Pastikan masih tersedia slot RAM yang kosong
  2. Sangat disarankan, modul RAM baru harus identik dengan modul RAM yang lama/sudah terpasang. Identik maksudnya memiliki kesamaan spesifikasi teknis. Tujuannya agar saat digunakan dapat bekerja dengan normal dan stabil.
  3. Kalaupun tidak identik (sangat tidak disarankan), modul RAM tetap harus sesuai dengan spesifikasi teknis yang mampu dicapai oleh sistem.

Tips upgrade RAM laptop (mengganti dengan modul RAM baru)

  1. Pastikan modul RAM yang ada dapat dilepas-pasang
  2. Modul RAM baru harus sesuai dengan spesifikasi teknis yang mampu dicapai oleh sistem
  3. Jika ingin menggunakan mode dual-channel, disarankan memilih produk RAM dengan varian ganda. Produk ini umumnya berisi dua modul RAM yang identik. Jangan lupa juga memastikan laptop wajib punya dua slot RAM.
Credit: laptopmag.com

Contoh kasus menambah/mengganti modul RAM laptop baru

Tekno Jempol memiliki laptop dengan spesifikasi RAM sebagai berikut

  • 2 slot RAM
  • 4 GB DDR4-2400 SO-DIMM
  • Kapasitas maksimal 32 GB
  • Mendukung mode dual-channel

Idealnya, yang dapat dilakukan agar kapasitas RAM jadi lebih besar yaitu menambah modul RAM baru yang identik dengan modul RAM yang sudah ada. Dalam kasus ini berarti kalian harus membeli dan memasang sebuah modul RAM baru dengan spesifikasi 4 GB DDR4-2400 SO-DIMM.

Dengan begitu, kapasitas RAM laptop akan bertambah 2 kali lipat menjadi 8 GB (2x4 GB). Ini merupakan solusi mudah dan murah untuk mendapatkan RAM dengan kapasitas yang lebih besar.

Kalian juga dapat mengganti modul RAM lama dengan modul RAM baru yang lebih besar kapasitasnya dan lebih kencang. Misalnya, kalian membeli dan memasang dua modul RAM 8 GB DDR4-2666 SO-DIMM. Maka, kapasitasnya akan menjadi 16 GB (2x8 GB) ditambah aksesnya yang lebih cepat.

Karena kapasitasnya lebih besar dan kecepatannya lebih tinggi, biaya yang dikeluarkan juga akan lebih mahal. Oleh karena itu, sebelum memutuskan mengganti dengan modul RAM baru, sebaiknya kalian menyediakan budget/anggaran yang lebih banyak.

Solusi murah mengganti modul RAM baru yaitu kalian membeli dan memasang sebuah modul RAM 8 GB DDR4-2666 SO-DIMM. Namun karena hanya satu keping/modul, kalian tidak akan dapat merasakan peningkatan kinerja dari mode dual-channel.

Baca juga : Jenis dan perbedaan memori RAM DDR

Cara memasang modul RAM baru pada laptop

Yang perlu disiapkan sebelum memasang modul RAM baru

  • Unit laptopnya
  • Buku manual laptop
  • Paket modul RAM baru
  • Obeng (+, umumnya) untuk membuka skrup cover bawah laptop

Langkah-langkah memasang modul RAM baru

  1. Berdo'a sebelum memulai
  2. Pastikan laptop kalian sudah mati sepenuhnya. Pastikan juga laptop sedang tidak tersambung dengan sumber listrik
  3. Lepas baterai laptop jika memungkinkan
  4. Selama proses pemasangan, harus sesuai aturan yang tertulis pada buku manual atau di bawah pengawasan orang yang ahli.
  5. Buka cover bawah laptop dengan menggunakan obeng yang sudah disiapkan sebelumnya.
  6. Beberapa produk laptop mungkin menyediakan cover khusus memori RAM. Kalian tinggal membuka cover tersebut.
  7. Pasang modul RAM baru pada slot yang masih kosong. Perhatikan, slot tersebut memiliki pengunci untuk memudahkan pemasangan. Pemasang wajib dilakukan dengan hati-hati dan tidak boleh dipaksakan.
  8. Pastikan modul RAM terpasang dengan benar dan tidak goyah sehingga konektor masuk pas ke dalam slot.
  9. Tutup semua cover dan nyalakan kembali laptop tersebut
  10. Masuk ke menu UEFI/BIOS dan pastikan modul RAM baru telah terdeteksi/dikenali dengan baik
Selamat mencoba dan semoga bermanfaat...
Apakah kalian punya pengalaman atau pendapat yang berbeda ? Tuliskan lewat kotak komentar di bawah. Usahakan sesuai topik artikel ini.
Tulis komentar