Skip to main content

Cara Menambah RAM Laptop Tanpa Membeli

Kapasitas RAM pada komputer merupakan bagian yang sangat sensitif sebab cukup mempengaruhi kinerja secara keseluruhan. Laptop misalnya, jika tidak memiliki kapasitas RAM yang memadai sudah pasti performanya agak mengecewakan. Sebaliknya, kapasitas RAM yang besar akan membuat pengoperasian laptop menjadi lebih nyaman.

Menambah kapasitas RAM laptop bisa menjadi salah satu solusi meningkatkan kinerja khususnya untuk keperluan multitasking. Hanya saja, solusi tersebut tidak dapat dilakukan oleh semua pengguna laptop. Ada beberapa hal yang menyebabkan RAM laptop tidak dapat ditambah atau diganti baru (diupgrade).

Cara menambah RAM laptop tanpa membeli baru (gratis)

Perlu diketahui, beberapa seri produk laptop tidak mengijinkan untuk melepas atau mengganti modul RAM yang sudah terpasang. Biasanya modul RAM pada laptop tersebut sudah tersolder atau terkunci. Jadi, menambah kapasitas RAM pada laptop mungkin agak sulit untuk dilakukan.

Belum lagi, harga menambah RAM laptop bagi sebagian pengguna rasanya tidak cukup terjangkau. Misalnya, menambah RAM 2 GB menjadi 4 GB, RAM 4 GB ke 8 GB, atau bahkan dari RAM kapasitas 2 GB menjadi 8 GB. Itu semua membutuhkan budget (anggaran) yang tentunya tidak sedikit.

Di lain sisi, proses pemasangan modul RAM laptop baru hanya dapat dilakukan oleh orang yang sudah mahir. Membongkar fisik atau komponen laptop tentu tidak boleh sembarangan karena membutuhkan skill khusus dan ketelitian. Pengguna awam atau pengguna biasa tentu akan kesulitan melakukannya.

Lalu apakah ada solusi menambah RAM laptop yang lebih mudah untuk dilakukan ? Jawabannya tentu saja ada. Pada artikel ini, Tekno Jempol akan menjelaskan beberapa cara menambah RAM laptop tanpa membeli modul RAM baru (gratis) dan tanpa bongkar pasang sehingga bisa dilakukan oleh siapa saja.

Cara melihat RAM laptop/PC desktop (Windows 10)

Berikut ini cara mudah melihat spesifikasi RAM yang terpasang laptop/PC desktop Windows 10

  1. Tekan tombol Ctrl + Shift + Esc untuk membuka aplikasi Task Manager
  2. Setelah aplikasi tampil, buka tab Performance
  3. Pilih opsi bagian Memory di sisi kiri aplikasi
  4. Di situ akan muncul informasi lengkap mengenai RAM misalnya kapasitas, tipe memori, kecepatan, slot yang digunakan, hingga penggunaan secara real time.

Menambah kapasitas virtual memory

Cara menambah RAM di laptop paling mudah yaitu dengan meningkatkan kapasitas memori virtual. Virtual memory adalah file yang merepresentasikan ruang khusus pada storage yang berfungsi sebagai RAM cadangan. Biasa dikenal dengan paging file/swap file.

Jika kapasitas memori utama (RAM) sudah terlalu penuh, Windows akan menjalankan proses swaping atau prosedur pemindahan data dari memori ytama ke dalam virtual memory untuk sementara. Dengan begitu, kapasitas RAM utama tidak akan cepat habis terpakai.

Pada Windows 10, ukuran virtual memory akan diatur secara otomatis sesuai kebutuhan. Namun di sini, kalian dapat mengaturnya secara manual dengan tujuan "menambah" kapasitas RAM pada laptop. Berikut ini langkah-langkah mengatur kapasitas virtual memory atau ukuran paging file

Credit : stealthsettings.com
  1. Buka kotak Run dengan cara menekan tombol Windows + R pada keyboard
  2. Ketik perintah 
    sysdm.cpl
     lalu tekan tombol Enter atau klik tombol OK
  3. Setelah kotak System Properties tampil, buka tab Advanced
  4. Pada kotak Performance, klik tombol Settings
  5. Kemudian buka tab Advanced
  6. Klik tombol Change pada bagian Virtual memory
  7. Nonaktifkan atau hilangkah tanda centang pada opsi Automatically manage paging file size for all drives
  8. Pada kotak Paging file size..., pilih opsi Drive C:
  9. Kemudian, aktifkan opsi Custom size:
  10. Perhatikan kotak Total paging file size for all drives di bawahnya terutama bagian Recomended
  11. Kembali ke opsi Custom size. Pada bagian Initial size (MB):, isi dengan nilai yang sama seperti bagian Recomended tadi
  12. Untuk bagian Maximum size (MB):, isi dengan nilai setidaknya 1,5-2 kali kapasitas RAM yang terpasang. Misalnya, RAM yang digunakan dalam laptop berkapasitas 4 GB/4096 MB, maka Maximum size yang bisa dipakai yaitu bernilai 6144 atau 8192.
  13. Klik tombol Set lalu tombol OK
  14. Klik OK/Yes jika diminta untuk restart

Sebetulnya, manambah kapasitas virtual memory tidak akan meningkatkan performa laptop secara signifikan. Mengapa ? sebab virtual memory berada pada perangkat penyimpanan sekunder seperti hard disk dan SSD yang kecepatan aksesnya tidak lebih lebih cepat daripada RAM. Alhasil, proses swaping memory juga berjalan lebih lambat.

Gunakan aplikasi Mem Reduct

Pada beberapa kasus, aplikasi yang sudah ditutup ternyata masih berjalan dalam ruang memori sehingga menyebabkan kapasitas RAM laptop semakin habis. Untungnya, hal tersebut bisa ditangani oleh aplikasi Mem Reduct. Aplikasi ini berfungsi untuk mereduksi atau mengurangi penggunaan ruang memori RAM.

Aplikasi Mem Reduct akan menghapus aplikasi yang sudah tidak diperlukan dari dalam memori RAM. Alhasil, ruang kapasitas RAM laptop akan semakin lega dan tidak terlalu penuh. Selain itu, aplikasi ini juga cukup aman digunakan karena tidak menyebabkan hang, crash, atau error.

Berikut ini langkah-langkah menggunakan aplikasi Mem Reduct

  1. Download aplikasi Mem reduct di sini
  2. Instal lalu buka aplikasi tersebut
  3. Jika ingin langsung membersihkan ruang memori RAM, klik tombol Clean memory

Langkah-langkah mengatur penggunaan aplikasi Mem Reduct

  1. Masih dalam aplikasi Mem Reduct
  2. Buka menu File lalu pilih Settings. Bisa juga dengan menekan tombol F2
  3. Pada sisi kiri kotak Settings, pilih General
  4. Aktifkan (beri tanda centang) pada 
    1. Load on system startup : Mem Reduct otomatis dijalankan ketika komputer menyala
    2. Start minimized : aplikasi otomatis dalam keadaan disembunyikan pada notification area
    3. Skip User Account Control prompt : aplikasi tidak membutuhkan konfirmasi akun
  5. Kemudian ganti pilih Memory cleaning pada sisi kiri
  6. Pada bagian Memory management, aktifkan (beri centang) Clean when above (%). Secara default, angkanya 90 yang berarti pembersihan memori RAM hanya akan dilakukan ketika penggunaan RAM mencapai 90 %

Menggunakan aplikasi Mem Reduct tidak akan membuat kapasitas RAM laptop bertambah. Namun, akan lebih mengefisiensi penggunaan ruang kapasitas RAM. Jadi, dengan kapasitas RAM yang tetap tapi dapat membuat performa laptop menjadi lebih optimal.

Itulah langkah-langkah dan cara upgrade ram laptop secara gratis atau tanpa harus keluar biaya. Sebetulnya bisa juga dilakukan pada PC desktop dengan sistem operasi Windows tentunya. Akhir kata, selamat mencoba dan semoga bermanfaat...

Baca juga artikel terkait :

Apakah kalian punya pengalaman atau pendapat yang berbeda ? Tuliskan lewat kotak komentar di bawah. Usahakan sesuai topik artikel ini.
Tulis komentar