Skip to main content

Tips Aman Menggunakan Wifi Gratis di Tempat Umum

Wifi gratis di sini artinya akses internetnya tidak dipungut biaya alias cuma-cuma. Jadi siapapun bisa menggunakan layanan internet yang disediakan oleh wifi gratis tersebut. Pertanyaannya, bagaimana cara mendapatkan wifi gratis dengan mudah?

  1. Silahkan kunjungi tempat-tempat umum seperti kantor pelayanan publik, kampus, kafe, hotel, restoran, bandara, taman, bahkan warung kopi. Biasanya, tempat-tempat tersebut menyediakan fasilitas akses internet gratis ini untuk menarik pengunjung
  2. Jika tetangga rumah punya akses internet nirkabel (hotspot/wifi) pribadi, kalian bisa "numpang" akses internet di situ
  3. Atau kalian juga bisa meminta tethering hotspot lewat smartphone milik teman kalian yang berlangganan paket data internet.

Meski gratis, bukan berarti wifi tersebut bisa digunakan sebebasnya atau seenaknya. Kalian mungkin harus meminta password wifi sebelum bisa menggunakannya. Untuk itu, kalian harus meminta ijin terlebih dulu pada pemilik wifi dan menggunakannya dengan cara yang beretika.

Tips aman menggunakan wifi gratis di tempat umum

Sayangnya, banyak orang yang tidak menyadari resiko keamanan yang dapat mengancam pengguna layanan gratisan tersebut. Tidak sedikit pengguna wifi gratis mengalami kerugian seperti kehilangan data, tersebarnya informasi pribadi hingga terinfeksi virus atau program jahat. Itu semua disebabkan karena mereka tidak pedulidengan keamanan komputernya.

Beberapa wifi atau hotspot gratis membutuhkan password tertentu untuk dapat menggunakannya. Namun, itu belum menjamin keamanan pengguna karena tidak sulit bagi orang-orang yang tak bertanggung jawab untuk “masuk” dalam komputer mereka. Oleh karena itu, kita perlu melakukan beberapa cara pencegahan agar tetap aman saat menggunakan fasilitas wifi publik.

Kali ini, Tekno Jempol akan menjelaskan tips/cara menggunakan wifi gratis secara aman khususnya saat berada di tempat-tempat umum.

Mengganti password akun secara berkala

Tips dasar dalam mengamankan komputer yaitu mengganti password akun secara berkala. Password merupakan pertahanan paling dasar agar keamanan komputer/laptop/gadget tetap terjaga dan tidak mudah dibobol. Ciri-ciri password yang aman yaitu :

  • Hanya dapat diingat oleh pemilik akun
  • Terdiri dari kombinasi huruf, angka, simbol, huruf kapital, huruf kecil
  • Minimal 8 karakter

Agak sepele memang, tapi mengganti password sangat dianjurkan dengan alasan keamanan. Banyak dari kita justru lupa atau bahkan meremehkan tips paling enteng ini. Penyedia layanan juga sering menyarankan untuk mengganti password secara berkala. Misalnya akun layanan perbankan, pembayaran, atau email penting.

Hindari mengakses layanan online yang vital

Bukan tidak boleh, tapi sebaiknya menghindari akses layanan vital melalui wifi gratis. Misalnya tidak mengakses rekening bank, kartu kredit, atau transaksi pembayaran jika terhubung dengan wifi publik. Hal ini dimaksudkan agar data-data pribadi seperti nomor rekening, password, atau nomor pin tetap aman dan tidak diketahui oleh orang lain.

Untuk mengakses layanan tersebut, mungkin lebih amannya jika menggunakan koneksi internet milik pribadi. Dengan begitu, kalian merasa aman dan nyaman serta tetap bisa mengontrol.

Rutin mengupdate software

Saat memakai wifi dengan internet gratis, ada baiknya menggunakan software versi terbaru. Tujuannya agar perangkat internet yang kita gunakan memiliki fasilitas atau fitur yang lebih canggih. Bug atau kegagalan sistem tidak terjadi sehingga keamanan data tetap terjaga.

Selain itu, antivirus juga harus selalu up to date sehingga dapat mengenali jenis-jenis virus baru yang dapat mengancam kita setiap saat.

Baca juga : Cara mengecek sinyal wifi terbaik disekitar kalian

Gunakan Wifi Hotspot yang resmi

Kadang kala, dalam suatu tempat umum terdapat banyak jaringan wifi. Pastikan anda menggunakan fasilitas wifi yang benar-benar disediakan secara resmi oleh pengelola tempat yang dimaksud. Sebelum menggunakannya, periksa nama wifi yang disediakan di tempat anda berada. Anda boleh menanyakan nama dan password wifi kepada pengelola tempat tersebut.

Mungkin ada beberapa wifi yang tersedia namun digunakan menjebak pengguna yang mengira wifi tersebut asli. Pengguna yang tidak sadar telah tersambung pada wifi yang palsu sehingga orang-orang yang tidak bertanggung jawab dapat mengancam keamanan pengguna tersebut melalui gadgetnya.

Matikan Wifi jika sudah tidak digunakan

Mungkin kadang ada orang yang lupa mematikan koneksi wifi walaupun sudah selesai digunakan. Padahal ini cukup beresiko. Diantaranya baterai cepat habis dan bisa tiba-tiba tersambung pada wifi yang tidak aman.

Gunakan aplikasi VPN

VPN (Virtual Private Network) adalah aplikasi yang mampu menyembunyikan "status" pengguna saat online internet. Dengan VPN ini, alamat IP kalian tidak akan terdeteksi oleh situs web yang diakses. Singkatnya, kalian akan terlihat sebagai anonim.

Ada banyak aplikasi VPN yang tersedia, baik berbayar atau gratis. Jika menggunakan VPN gratis, kalian mungkin akan mendapatkan kecepatan koneksi yang sedikit lambat. Namun jika punya budget lebih, kalian bisa berlangganan VPN berbayar dengan layanan yang lebih bagus.

Mematikan fitur share

Fitur share dalam komputer dapat digunakan untuk berbagi informasi dalam satu jaringan. Namun, saat terhubung dengan jaringan umum seperti wifi sebaiknya fitur share dimatikan. Tujuannnya agar tidak ada orang yang mengakses informasi dalam komputer kita. Berikut ini cara untuk mematikan fitur share :

  • Klik kanan ikon Network di pojok kanan bawah (Taskbar)
  • Pilih Open Network & Internet Settings
  • Di bagian Advanced network settings, pilih Network and Sharing Center
  • Pada sisi kiri, pilih Change Advanced Sharing Settings
  • Cek bagian Guest or Public
  • Pilih opsi Turn off network discovery dan Turn off file and printer sharing
  • klik tombol Save Changes

Mengaktifkan Firewall

Firewall merupakan fitur keamanan paling populer untuk mengawasi aktifitas dalam jaringan. Banyak sistem operasi modern saat ini yang sudah menyertakan fitur firewall. Berikut ini cara mengaktifkan fitur Firewall :

  • Buka Windows Security dengan klik ikon perisai di pojok kanan bawah (Taskbar)
  • Pilih Firewall & Network protection
  • Pastikan pada semua netowrk, Firewall telah aktif yang ditandai dengan label "Firewall is on"
  • Jika belum, pilih network tersebut lalu aktifkan Windows Defender Firewall

Itulah beberapa tips agar terhindar dari bahaya wifi di tempat umum. Berhati-hati dan waspada mutlak diperlukan saat menggunakan wifi di area publik. Hanya karena gratisan, jangan sampai melupakan keamanan dan privasi data milik kita.

Mendapatkan Wifi gratis di tempat umum memang menyenangkan. Tapi, lebih aman untuk tetap menggunakan koneksi internet mobile dalam ponsel kalian.

Jika anda punya pendapat, opini, atau komentar tentang artikel ini, masukkan pendapat, opini atau komentar anda pada kotak komentar dibawah. Oh ya, jangan lupa klik follow Teknologi Jempolan untuk mendapatkan update artikel terbaru. Jika dirasa bermanfaat, artikel ini dapat anda bagikan pada rekan-rekan anda di media sosial. Sekian dan semoga bermanfaat...

Apakah kalian punya pengalaman atau pendapat yang berbeda ? Tuliskan lewat kotak komentar di bawah. Usahakan sesuai topik artikel ini.
Tulis komentar