Skip to main content

Sudah Tahu Cara Aman Menggunakan Wifi Publik?

Sudah Tahu Cara Aman Menggunakan Wifi Publik?

Wifi publik adalah layanan wifi yang bisa digunakan oleh semua orang atau bebas diakses oleh siapapun. Di sini artinya wifi umum tersedia pada tempat-tempat publik yang tentu sering dikunjungi banyak orang. Jadi, siapapun bisa menggunakan layanan internet yang disediakan oleh wifi pada tempat tersebut.

Biasanya, layanan wifi publik dapat diakses secara gratis atau cuma-cuma. Pertanyaannya, bagaimana cara mendapatkan wifi gratis di tempat umum ?

  1. Silahkan kunjungi tempat-tempat umum seperti kantor pelayanan publik, kampus, kafe, hotel, restoran, bandara, taman, bahkan warung kopi. Biasanya, tempat-tempat tersebut menyediakan fasilitas layanan internet wifi gratis ini untuk menarik pengunjung
  2. Jika tetangga rumah punya akses internet nirkabel (hotspot/wifi) pribadi, kalian bisa "numpang" akses internet di situ
  3. Atau kalian juga bisa meminta tethering hotspot lewat smartphone milik teman kalian yang berlangganan paket data internet.

Meski gratis, bukan berarti wifi publik tersebut bisa digunakan sebebasnya atau seenaknya. Beberapa wifi publik juga dilengkapi dengan proteksi khusus berupa password. Bahkan di beberapa tempat, wifi publik yang tersedia merupakan layanan berbayar dengan nominal biaya tertentu.

Kalian mungkin harus memasukkan password wifi sebelum bisa menggunakannya. Untuk itu, kalian harus meminta password tersebut pada pemilik atau pengelola wifi publik dan menggunakannya dengan cara yang beretika.

Cara aman menggunakan wifi publik yang gratis

Daftar isi

Bahaya menggunakan Wifi publik

Apakah aman menggunakan WiFi publik? Sayangnya, banyak orang yang tidak menyadari bahaya yang dapat mengancam pengguna layanan wifi publik tersebut. Menggunakan WiFi publik terutama yang gratis, memiliki beberapa risiko yang perlu kalian waspadai, seperti misalnya

  • WiFi publik rentan terhadap serangan peretas karena informasi yang dikirimkan dan diterima tidak terenkripsi dengan baik. Hal ini memungkinkan peretas untuk mencuri data sensitif seperti kata sandi, informasi kartu kredit, dan informasi pribadi lainnya.
  • Peretas dapat menyusup ke jaringan WiFi publik dan melakukan serangan MITM (Man-in-the-Middle), di mana mereka dapat mencuri atau memanipulasi data yang dikirim antara perangkat dan server.
  • Dengan aplikasi yang tepat, seseorang dapat dengan mudah menyadap data yang dikirimkan melalui jaringan WiFi publik, termasuk email, pesan teks, dan informasi sensitif lainnya.
  • Penjahat cyber sering menggunakan WiFi publik untuk menyebarkan serangan phishing, di mana mereka mencoba memperoleh informasi sensitif dari pengguna yang tidak curiga dengan menyamar sebagai jaringan WiFi yang sah.

Memang, beberapa wifi publik atau hotspot gratis membutuhkan password tertentu untuk dapat menggunakannya. Namun, itu belum menjamin keamanan pengguna wifi karena tidak sulit bagi orang-orang yang tak bertanggung jawab untuk “masuk” dalam komputer mereka.

Oleh karena itu, kita perlu melakukan beberapa cara pencegahan agar tetap aman saat menggunakan fasilitas wifi publik. Kali ini, Tekno Jempol akan menjelaskan tips atau cara aman menggunakan wifi publik secara aman khususnya yang menawarkan akses wifi gratis.

Cara aman menggunakan Wifi publik: Mengganti password akun secara berkala

Tips aman menggunakan wifi publik paling utama yaitu mengganti password akun secara berkala. Password merupakan pertahanan paling dasar agar keamanan komputer, laptop, gadget hingga akun layanan online tetap terjaga dengan aman dan tidak mudah dibobol. Ciri-ciri password yang aman yaitu

  • Hanya dapat diingat oleh pemilik akun atau perangkat
  • Terdiri dari kombinasi huruf, angka, simbol, huruf kapital dan huruf kecil
  • Terdiri dari banyak karakter. Makin panjang jumlah karakternya, makin aman sebab semakin sulit untuk ditebak/dibobol. Namun biasanya hanya sejumlah 6-8 karakter saja agar lebih mudah diingat oleh pemiliknya.

Agak sepele memang, tapi mengganti password sangat dianjurkan dengan alasan keamanan. Banyak dari kita justru lupa atau bahkan meremehkan tips paling enteng ini. Penyedia layanan juga sering menyarankan untuk mengganti password secara berkala.

Misalnya akun media sosial, layanan perbankan, pembayaran, atau email pekerjaan.

Hindari mengakses layanan online yang vital

Cara aman menggunakan Wifi publik berikutnya yaitu jangan melakukan akses layanan vital melalui wifi publik terutama yang gratis. Misalnya, rekening bank, kartu kredit, atau transaksi pembayaran jika sedang terhubung dengan wifi publik. Hal ini dimaksudkan agar data-data pribadi seperti nomor rekening, password, atau nomor pin tetap aman dan tidak diketahui oleh orang lain.

Untuk mengakses layanan tersebut, mungkin lebih amannya jika menggunakan koneksi internet milik pribadi dan pada perangkat milik pribadi. Dengan begitu, kalian akan merasa aman dan nyaman serta tetap bisa mengontrolnya.

Cara aman menggunakan Wifi publik: Rutin mengupdate software

Saat memakai wifi publik dengan akses internet gratis, ada baiknya menggunakan software versi terbaru. Tujuannya agar perangkat internet yang kita gunakan memiliki fasilitas atau fitur yang lebih canggih. Untuk itu, kalian bisa mencoba cara update aplikasi di laptop Windows 10.

Hal-hal yang tidak diinginkan seperti bug, error, hingga munculnya celah keamanan mungkin tidak akan terjadi sehingga keamanan data tetap terjaga. Selain itu, antivirus gratis terbaik untuk laptop juga harus terinstall dan selalu up to date pada versi terbaru pula. Tujuannya tentu agar antivirus dapat mengenali jenis-jenis virus baru yang dapat mengancam kita setiap saat.

Gunakan Wifi Hotspot yang resmi

Cara aman menggunakan Wifi publik lainnya yaitu pastikan kalian menggunakan wifi publik yang benar-benar disediakan secara resmi oleh pengelola tempat tersebut. Sebelum menggunakannya, periksa nama wifi yang tersedia di tempat kalian berada. Kalian boleh menanyakan nama dan password wifi kepada pengelola tempat tersebut.

Mungkin ada beberapa wifi yang tersedia namun digunakan menjebak pengguna yang mengira wifi tersebut asli. Pengguna yang tidak sadar telah tersambung pada wifi yang palsu sehingga orang-orang yang tidak bertanggung jawab dapat mengancam keamanan pengguna tersebut melalui gadgetnya.

Berikut adalah beberapa ciri-ciri WiFi yang tidak aman:

  • Jika jaringan WiFi tidak menggunakan enkripsi seperti WPA atau WPA2, maka informasi yang ditransmisikan melalui jaringan tersebut dapat dengan mudah diakses oleh pihak yang tidak sah.
  • Jika kata sandi WiFi terlalu mudah ditebak atau terlalu pendek, maka jaringan tersebut rentan terhadap serangan brute force atau serangan pencarian kata sandi.
  • Jika situs web yang diakses melalui jaringan WiFi tidak menggunakan sertifikat SSL/TLS, informasi yang dikirimkan antara perangkat dan situs tersebut dapat disadap oleh pihak yang tidak sah.
  • Jika jaringan WiFi tidak diatur dengan benar, seperti tidak memiliki firewall atau tidak memisahkan jaringan tamu dari jaringan internal, maka dapat meningkatkan risiko keamanan.
  • Jika terdapat perangkat yang tidak dikenal atau tidak sah terhubung ke jaringan WiFi, kemungkinan besar ada risiko keamanan yang berkaitan dengan aktivitas perangkat tersebut.
  • Jika tidak ada sistem pemantauan keamanan yang aktif untuk jaringan WiFi, maka sulit untuk mendeteksi atau mencegah serangan keamanan yang mungkin terjadi.

Matikan Wifi jika sudah tidak digunakan

Mungkin kadang ada orang yang lupa mematikan koneksi wifi walaupun sudah selesai digunakan. Padahal ini cukup beresiko. Diantaranya baterai menjadi lebih cepat habis dan bisa tiba-tiba tersambung pada wifi yang tidak aman.

Cara aman menggunakan Wifi publik: Gunakan aplikasi VPN

VPN (Virtual Private Network) adalah aplikasi yang mampu menyembunyikan "status" pengguna wifi saat online internet. Dengan VPN ini, alamat IP kalian tidak akan terdeteksi oleh situs web yang diakses. Singkatnya, kalian akan terlihat sebagai anonim.

Ada banyak aplikasi VPN yang tersedia, baik berbayar atau gratis. Jika menggunakan VPN gratis, kalian mungkin akan mendapatkan kecepatan koneksi yang sedikit lambat. Namun jika punya budget lebih, kalian bisa berlangganan VPN berbayar dengan layanan yang lebih bagus.

Menggunakan layanan VPN bisa menjadi salah satu cara menggunakan hotspot wifi dengan aman dan nyaman terutama yang gratis.

Mematikan fitur share

Fitur share dalam komputer dapat digunakan untuk berbagi informasi dalam satu jaringan. Namun saat terhubung dengan jaringan umum seperti wifi publik, sebaiknya fitur share dimatikan saja. Tujuannnya agar tidak ada orang tanpa hak yang mengakses informasi dalam komputer kita.

Berikut ini cara untuk mematikan fitur share :

  • Klik kanan ikon Network di pojok kanan bawah (Taskbar)
  • Pilih Open Network & Internet Settings
  • Di bagian Advanced network settings, pilih Network and Sharing Center
  • Pada sisi kiri, pilih Change Advanced Sharing Settings
  • Cek bagian Guest or Public
  • Pilih opsi Turn off network discovery dan Turn off file and printer sharing
  • klik tombol Save Changes

Mengaktifkan Firewall

Firewall merupakan fitur keamanan paling populer untuk mengawasi aktifitas dalam jaringan. Banyak sistem operasi modern saat ini termasuk Windows yang sudah menyertakan fitur firewall. Berikut ini cara mengaktifkan fitur Firewall :

  • Buka Windows Security dengan klik ikon perisai di pojok kanan bawah (Taskbar)
  • Pilih Firewall & Network protection
  • Pastikan pada semua netowrk, Firewall telah aktif yang ditandai dengan label "Firewall is on"
  • Jika belum, pilih network tersebut lalu aktifkan Windows Defender Firewall

Itulah beberapa tips agar terhindar dari bahaya wifi publik dan cara aman menggunakan wifi umum. Berhati-hati dan waspada mutlak diperlukan saat menggunakan wifi di area publik. Hanya karena gratisan, jangan sampai melupakan keamanan dan privasi data milik kita pribadi.

Mendapatkan Wifi gratis di tempat umum memang menyenangkan. Tapi, lebih aman untuk tetap menggunakan koneksi internet milik sendiri yang tentunya bisa dikontrol penggunaannya. Misalnya seperti layanan internet rumahan atau layanan paket data mobile dalam ponsel kalian.

Jika kalian punya pendapat, opini, atau komentar tentang artikel ini, masukkan pendapat, opini atau komentar pada kotak komentar dibawah. Oh ya, jangan lupa klik follow Teknologi Jempolan untuk mendapatkan update artikel terbaru.

Jika dirasa bermanfaat, artikel ini dapat kalian bagikan pada rekan-rekan di media sosial. Sekian dan semoga bermanfaat...

Baca juga artikel terkait :

Apakah kalian punya pengalaman atau pendapat yang berbeda? Tuliskan lewat kotak komentar di bawah. Usahakan sesuai topik artikel ini.
Buka Komentar
Tutup Komentar