Skip to main content

4 Cara Mengetahui DDR RAM Laptop

4 Cara Mengetahui DDR RAM Laptop

Selamat datang di panduan eksklusif dari Tekno Jempol tentang cara mengetahui DDR RAM laptop yang tepat untuk meningkatkan performa laptop. Seperti yang kita tahu, dalam era digital yang serba cepat ini, sebuah laptop yang responsif dan tangguh menjadi semakin penting.

Apakah kalian sering merasa kesal dengan kinerja lambat saat membuka aplikasi atau multitasking? Itulah mengapa memahami memori RAM adalah langkah cerdas yang dapat membuat perbedaan besar dalam pengalaman berkomputasi kalian.

Di artikel ini, Tekno Jempol akan membawa kalian melalui langkah-langkah praktis mengetahui DDR RAM yang sesuai. Kalian akan memahami jenis-jenis DDR RAM yang berbeda, cara memeriksa kompatibilitas dengan laptop, dan bagaimana mengidentifikasi kapasitas yang tepat.

Dengan panduan langkah demi langkah yang mudah, kalian akan merasakan peningkatan nyata dalam kinerja laptop hanya dengan meng-upgrade RAM.

Cara Mengetahui DDR RAM Laptop

Daftar isi

Cara melihat DDR RAM laptop melalui Task Manager

Pada kesempatan pertama, Tekno Jempol akan membahas cara yang cukup simpel namun sangat informatif untuk mengetahui jenis DDR RAM yang terpasang pada perangkat komputer kalian. Kali ini, Tekno Jempol akan memanfaatkan Task Manager untuk menyelami dunia DDR RAM laptop.

Simak dengan seksama tutorial cara melihat DDR RAM laptop berikut ini, ya!

  1. Tekan tombol-tombol Ctrl + Shift + Esc secara bersamaan untuk membuka aplikasi Task Manager
  2. Begitu Task Manager terbuka, arahkan pandangan kalian ke tab Performance. Di sini, kalian akan menemukan beberapa opsi lalu pilihlah opsi Memory.

Maka, kalian akan melihat tampilan aplikasi Task Manager yang mengungkapkan segala rahasia mengenai penggunaan memory pada perangkat laptop. Ini adalah informasi yang cukup lengkap ketika menunjukkan komposisi memory yang sedang digunakan oleh komputer kalian.

Di dalam tampilan tersebut, kalian juga akan menemukan informasi yang sangat menarik, seperti kecepatan RAM dalam satuan MHz, slot RAM yang sedang aktif, serta bentuk fisik dari modul RAM itu sendiri. Jangan terlewatkan informasi mengenai "hardware reserved" yang juga tersedia di sini.

Hardware Reserved dalam tab Memory pada Task Manager mengacu pada sebagian dari ruang dalam RAM komputer yang dialokasikan untuk penggunaan perangkat keras dan tidak dapat digunakan oleh sistem operasi atau aplikasi lain.Kenapa tidak dapat diakses atau dikelola oleh sistem operasi atau program aplikasi?

Sebab, hardware reserved hanya bisa digunakan secara eksklusif oleh komponen perangkat keras tertentu. Misalnya seperti perangkat grafis terintegrasi, controller, dan lain-lain. Selengkapnya, kalian bisa membaca artikel cara mengatasi RAM usable.

Cara cek DDR RAM lewat CMD (Command Prompt)

Berikutnya, Tekno Jempol akan manfaatkan aplikasi Command Prompt. Sebuah alat bawaan Windows yang telah menjadi sahabat setia para pengguna teknologi. Bagi kalian yang menggunakan sistem operasi Windows, opsi ini tentu saja sudah tersemat dalam perangkat laptop

Command Prompt, atau yang sering disingkat sebagai CMD, sebenarnya adalah evolusi dari MS-DOS yang pernah kita kenal. Dengan tampilan yang mirip dengan sistem operasi DOS, CMD menjadi pintu akses utama untuk berbagai kebutuhan perangkat kalian.

Tanpa berlama-lama, mari kita terjun ke langkah-langkah atau cara cek RAM yang cocok untuk laptop

  1. Pertama, klik menu Start di halaman utama komputer Windows 10.
  2. Kemudian, cari menu Windows System lalu pilih aplikasi Command Prompt
  3. Jika kalian kesulitan menemukannya, tak perlu khawatir. Cukup ketikkan
    CMD
    pada kolom pencarian, lalu tekan Enter. Maka aplikasi CMD akan terbuka di layar laptop.
  4. Selanjutnya, kalian cukup mengetikkan perintah berikut di jendela CMD:
    wmic MemoryChip get BankLabel, Capacity, FormFactor, Manufacturer, MemoryType, TypeDetail, DeviceLocator, Speed, Tag
  5. Setelah selesai mengetikkan semua perintah di atas, tekan tombol Enter.

Voila! Informasi lengkap dan spesifik mengenai DDR RAM perangkat komputer kalian akan langsung tampil di jendela CMD. Jika menggunakan dua keping RAM, maka kalian akan melihat dua entri RAM pada tampilah aplikasi CMD.

Mungkin, kalian perlu memahami dari perintah cara mengetahui merk RAM laptop tanpa bongkar tersebut

  • BankLabel: Label memory bank
  • Capacity: Kapasitas modul RAM dalam satuan byte
  • FormFactor: Jenis bentuk fisik modul RAM. 8 berarti DIMM atau modul RAM desktop, sedangkan 12 berarti SO-DIMM atau modul RAM laptop
  • Manufacturer: Merk chip pada modul RAM
  • MemoryType: Jenis RAM DDR. 21= DDR2, 24= DDR3, 26= DDR4
  • TypeDetail: Jenis RAM. 128 artinya Synchronous yang sesuai dengan DDR SDRAM
  • DeviceLocator: Posisi slot yang terpakai untuk modul RAM
  • Speed: Kecepatan akses RAM dalam satuan MHz
  • Tag: Label penamaan modul RAM

Jadi, apakah kalian lebih tertarik menggunakan Command Prompt atau Task Manager? Tak perlu pusing, keduanya sama-sama membantu kalian menjadi ahli dalam mengelola DDR RAM laptop.

Cara mengecek DDR RAM laptop dengan aplikasi CPU-Z

Pada penjelasan sebelumnya, cara ataupun langkah-langkahnya cukup dengan memanfaatkan aplikasi dalam Windows 10 sendiri. Sampai di sini harusnya kalian telah memahami spesifikasi RAM yang terpasang pada laptop atau PC desktop.

Tapi kalau perlu informasi yang lebih rinci, kalian juga dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mengidentifikasi RAM laptop. Salah satunya yang sangat populer yaitu aplikasi CPU-Z. Caranya seperti berikut ini

  1. Terlebih dulu, download aplikasi CPU-Z lewat link
    https://www.cpuid.com/softwares/cpu-z.html
    . Saran dari Tekno Jempol, pilih opsi ZIP ENGLISH yang merupakan versi portabel sehingga tak perlu instalasi
  2. Lakukan ekstraksi file CPU-Z yang selesai kalian unduh
  3. Buka aplikasi CPU-Z sesuai versi Windows yang kalian gunakan. Untuk versi 64-bit, pilih CPU-Z x64 atau sebaliknya pilih CPU-Z x32 untuk Windows 32-bit

Bila membandingkan dengan aplikasi bawaan Windows sebelumnya, informasi memori RAM yang ditampilkan oleh aplikasi CPU-Z terlihat lebih lengkap namun agak teknis. Jadi, sebaliknya kalian juga mempelajari dari bagian-bagian informasi yang tersedia.

Dalam tab "Memory", kalian akan menemukan informasi dasar lengkap tentang modul RAM laptop. Informasi ini termasuk kapasitas RAM (ukuran), jenis RAM (seperti DDR3 atau DDR4), kecepatan (clock speed), jumlah saluran (channels), dan informasi lainnya.

Selain informasi dasar, kalian juga dapat menemukan detail lebih lanjut seperti timing RAM (tCAS, tRCD, tRP, tRAS), informasi produsen, model RAM, nomor seri, dan informasi lainnya.

Coba cek tab SPD. Jika komputer menggunakan lebih dari satu modul RAM, kalian bisa melihat informasi lebih lanjut dengan mengklik pada slot yang berbeda di bagian bawah jendela. Setiap slot mewakili modul RAM yang berbeda.

Cara melihat DDR RAM laptop melalui BIOS

Pada kesempatan terakhir, Tekno Jempol akan membahas salah satu metode yang penuh keahlian untuk mengungkap rahasia DDR RAM laptop. Kali ini, Tekno Jempol akan menggunakan UEFI BIOS, sebuah wilayah misterius yang mengendalikan inti hardware laptop.

Tahukah kalian, BIOS adalah singkatan dari Basic Input Output System. Ini adalah program khusus yang ditulis dalam chip motherboard komputer. Bagi kalian yang penasaran dan ingin merasakan sensasi menjadi pakar komputer sejati, kita akan melangkah ke tutorial cara setting BIOS yang benar seperti berikut ini:

  1. Pertama-tama, tekan tombol Del atau tombol F2 segera setelah kalian menekan tombol power untuk menghidupkan komputer. Inilah awal dari petualangan kita ke dalam UEFI BIOS.
  2. Bersabarlah sejenak, dan dalam waktu singkat, layar UEFI BIOS akan muncul di depan mata kalian. Betapa menariknya dunia yang tersembunyi ini!
  3. Setelah tampilan UEFI BIOS muncul, arahkan pandangan kalian ke bagian yang menyoroti informasi tentang RAM. Di sini, kalian akan menemukan informasi mengenai DDR RAM laptop. Mulai dari ukuran RAM hingga kecepatan RAM ketika komputer beroperasi, semuanya ada di halaman ini.

Dalam UEFI BIOS, kalian tidak hanya dapat mengetahui jenis DDR RAM laptop saja. Tapi juga bisa melakukan tweak RAM. Misalnya dengan mengubah kecepatan RAM, mengubah konfigurasi timing RAM, atau mengaktifkan profil khusus RAM seperti XMP. Hal ini bisa kalian lakukan agar mendapat kinerja laptop yang lebih tinggi.

Kesimpulan

Dari pengamatan Tekno Jempol, pemilihan DDR RAM yang tepat adalah investasi penting bagi performa laptop. Dalam era di mana kecepatan dan responsifitas sangat dihargai, pengetahuan tentang cara mengetahui DDR RAM laptop adalah kekuatan. Dengan panduan yang telah Tekno Jempol sampaikan, kalian akan dengan mudah mengidentifikasi dan memilih RAM yang cocok.

Memahami cara mengetahui jenis DDR RAM laptop memberikan kendali lebih dalam pengalaman berkomputasi kalian, menghasilkan performa yang luar biasa dalam setiap klik dan tugas. Jadi, jangan ragu untuk melangkah maju dengan wawasan baru ini, dan nikmati kinerja maksimal dari laptop kalian!

Baca juga artikel terkait :

Apakah kalian punya pengalaman atau pendapat yang berbeda? Tuliskan lewat kotak komentar di bawah. Usahakan sesuai topik artikel ini.
Buka Komentar
Tutup Komentar