Skip to main content

7 Cara Membersihkan RAM di Laptop Windows 10

7 Cara Membersihkan RAM di Laptop Windows 10

Sebetulnya, RAM atau Random Access Memory adalah salah satu jenis perangkat penyimpanan utama dalam komputer. RAM berfungsi sebagai penyimpanan sementara aplikasi atau data yang akan diproses oleh CPU sebelum akhirnya menjadi informasi yang bisa dikenali oleh pengguna.

Karena fungsi dan cara kerja memori RAM, maka kapasitas merupakan hal yang sangat penting. Semakin besar kapasitas memori RAM, maka semakin banyak data, informasi, atau aplikasi yang mampu ditampung. Sebaliknya, kapasita RAM yang kecil tentu tidak mampu menyimpan data dalam jumlah yang banyak.

Daftar isi

Penyebab kapasitas RAM laptop penuh

Pada beberapa kasus, kapasitas RAM pada laptop/PC desktop ternyata sangat penuh. Hal ini disebabkan karena beberapa hal. Diantaranya yaitu

  • Sedang menjalankan aplikasi "berat" seperti game PC modern atau melakukan pekerjaan "berat" semacam desain-editing video
  • Terlalu banyak aplikasi yang dijalankan atau terlalu banyak data yang akan diproses
  • Proses memory swapping tidak berjalan sempurna
  • Ada proses aplikasi yang sudah ditutup tapi masih berjalan
  • Ada aplikasi yang mengalami memory leakage/kebocoran memori
  • Kapasitas memori RAM tidak memadai
  • Dan lainnya

Untuk yang belum tahu, memory leakage adalah suatu bug atau kecacatan pada program aplikasi yang menyebabkan penggunaan RAM menjadi berlebihan, bahkan tidak terkontrol. Akibatnya, kapasitas memori RAM yang tersedia semakin berkurang.

Jika data yang ditampung sudah melebihi kapasitas RAM, sistem operasi akan melakukan swapping atau prosedur pemindahan data untuk sementara. Data yang sedang tidak digunakan akan dipindah sementara waktu ke penyimpanan sekunder dalam bentuk virtual memory atau swap file.

Apa akibat jika RAM terlalu penuh ? Biasanya, program aplikasi akan mengeluarkan pesan peringatan seperti "out of memory", "low on memory" atau "memory sufficient". Artinya, program aplikasi tersebut tidak mendapatkan ruang kapasitas memori RAM yang perlukan.

Cara mengecek RAM laptop Windows 10

  1. Sangat mudah, buka aplikasi Task Manager dengan menekan tombol Ctrl + Shift + Esc
  2. Pada tab Process, cek kolom Memory
  3. Atau buka tab Performance, lalu cek bagian Memory

Jika di situ tertulis label yang mencapai 100% atau tanda warna kolom merah, maka penggunaan kapasitas RAM pada laptop sudah maksimal (penuh). Bagaimana cara bersihkan RAM? Kali ini Tekno Jempol akan menjelaskan cara membersihkan RAM di laptop agar tidak terlalu penuh. Berikut ini langkah-langkahnya.

Restart ulang laptop untuk membersihkan RAM

Cara membersihkan RAM di laptop yang sudah penuh yaitu dengan cara merestart ulang laptop. Saat laptop restart, sistem laptop akan diulangi dari awal termasuk dalam hal penggunaan kapasitas RAM. Proses merestart ulang laptop ini harus dilakukan dengan normal.

  1. Buka menu Start, pilih Power lalu klik Restart
  2. Atau tekan tombol Alt + F4 secara bersamaan, kemudian pilih Restart

Setelah restart, kapasitas RAM mungkin akan sedikit lebih longgar. Namun jika penyebab kapasitas RAM penuh seperti penjelasan sebelumnya tidak diperbaiki, kasus RAM penuh kemungkinan akan kembali terjadi.

Tutup aplikasi yang sudah tidak diperlukan

Kadang-kadang, terjadi kasus program aplikasi yang ternyata masih berjalan meski sudah tidak ditutup. Aplikasi ini akan berada dalam ruang RAM sepanjang waktu untuk diproses. Inilah salah satu penyebab utama penggunaan kapasitas memori RAM menjadi berlebihan.

Lalu bagaimana cara mengurangi penggunaan RAM laptop yang berlebihan ? Mudah kok! Cukup dengan menutup aplikasi yang benar-benar sudah tidak digunakan saja.

  1. Silahkan cek notification area yaitu di pojok kanan bawah (Taskbar) terutama di sebelah jam dan tanggal
  2. Akan ada beberapa ikon aplikasi yang sebenarnya sedang dijalankan meski tidak ada kotak jendela aplikasinya (berjalan di balik layar)
  3. Kalau memang sudah tidak diperlukan, aplikasi-aplikasi di situ bisa ditutup. Caranya, klik kanan aplikasi yang dimaksud lalu pilih menu exit/close.

Untuk yang belum tahu, aplikasi dalam notification area sebetulnya sudah ada sejak pertama kali diinstall. Semakin banyak program aplikasi yang kalian install, bisa jadi makin banyak pula ikon dalam notification area. Untuk itu, kalian sebaiknya hanya menginstal beberapa program aplikasi yang betul-betul diperlukan saja.

Selain lewat notification area, kalian juga bisa menggunakan aplikasi Task Manager untuk menutup aplikasi yang telah selesai digunakan.

  1. Tekan tombol Ctrl + Shift + Esc untuk membuka aplikasi Task Manager
  2. Pada tab Procesess akan muncul semua aplikasi yang tengah berjalan
  3. Periksa aplikasi yang banyak menggunakan ruang RAM. Indikasinya, kolom Memory akan berwarna merah jika penggunaannya diatas 90%.
  4. Aplikasi yang memakan banyak ruang memori RAM atau sedang diberjalan akan ditandai dengan label warna kuning gelap.
  5. Cukup klik tombol End task untuk menghentikan proses aplikasi yang ingin ditutup
  6. Langkah-langkah ini juga dapat diterapkan sebagai solusi cara mengatasi aplikasi not responding.

Kalian bisa mengaplikasikan cara mengatasi disk 100% atau cara mengatasi CPU & memory usage 100% pada laptop Windows 10.

Cara membersihkan memori laptop dengan menutup aplikasi lewat Task Manager memang terlihat mudaj. Namun, cara ini tidak bisa dilakukan dengan seenaknya lho! Kalian sebaiknya hanya menutup aplikasi pada bagian Apps dan Background process saja.

Sedangkan pada bagian System Process JANGAN coba ditutup karena merupakan aplikasi vital. Jika sengaja/tidak sengaja ditutup, bisa mengakibatkan laptop tidak berjalan dengan stabil dan normal.

Matikan service Windows 10 yang tidak dibutuhkan

Sistem operasi Windows memiliki komponen yang dinamakan Windows Services. Komponen Windows Service merupakan berbagai aplikasi yang menyediakan fungsi-fungsi khusus dan berjalan secara background (di balik layar). Misalnya proteksi antivirus dan dukungan konektivitas jaringan.

Bagi kebanyakan pengguna (termasuk kalian, mungkin), tidak semua service dapat dimanfaatkan secara penuh. Sering kali Windows Service ini yang cukup banyak memakai ruang kapasitas RAM. Untuk mengatasi hal tersebut, kalian bisa mematikan/menonaktifkan service-service yang tidak diperlukan.

Agar tidak terlalu banyak menggunakan ruang memori RAM atau menggunakan proses CPU yang terlalu tinggi, ada cara menonaktifkan service Windows 10. Begini langkah-langkahnya

  1. Pertama, buka kotak dialog Run dengan menekan tombol Win + R
  2. Ketik perintah
    services.msc
    lalu tekan tombol Enter
  3. Setelah Services terbuka, coba perhatikan kolom Status dan Startup Type. Jika tertera label Running pada kolom Status berarti service tersebut sedang berjalan.

Pada kolom Startup Type ada tiga jenis label, yaitui Automatic, Manual, dan Disabled. Startup Automatic merupakan tipe untuk service yang otomatis berjalan saat booting ke Windows 10. Tipe Manual menandakan service akan dijalankan secara manual oleh aplikasi, service lain, atau penggunanya sendiri.

Startup Disabled artinya service tersebut telah dimatikan secara penuh sehingga tidak bisa dijalankan. Tekno Jempol sebenarnya tidak menyarankan untuk mematikankan service Windows 10 secara penuh (Startup Disabled). Cukup kalian atur pada posisi manual saja.

  1. Klik kanan salah satu service di atas
  2. Pilih Properties
  3. Pada label Startup Type, pilih Manual (Pilih Disabled untuk menonaktifkan secara penuh)
  4. Jika ingin menghentikan service yang sedang berjalan, klik tombol Stop
  5. Klik tombol Apply/OK

Kalau service tersebut benar-benar tidak diperlukan atau jarang digunakan, boleh juga untuk dinonaktifkan. Berikut ini ada sejumlah service pada Windows 10 yang bisa dimatikankan dengan aman

  • Connected User Experiences and Telemetry
  • Downloaded Maps Manager (kalau tidak mengakses peta lewat aplikasi Maps bawaan Windows 10)
  • Diagnostic Policy Service
  • Distributed Link Tracking Client (jika kalian tidak melakukan share data pada jaringan komputer)
  • Payment and NFC (kalau tidak ada perangkat NFC atau tidak memanfatkan layanan yang menggunakan perangkat NFC)
  • Fax (bila kalian tidak memanfaatkan layanan faksimile)
  • Geolocation service (jika tidak tersedia hardware penanda lokasi seperti GPS)
  • TCP/IP NetBIOS Helper (bila kalian tidak terhubung dengan jaringan workgroup)
  • Print Spooler (jika kalian tidak memerlukan fungsi percetakan dengan media kertas)
  • Secondary Logon
  • Xbox (bila komputer/laptop tidak digunakan untuk bermain game)
  • Windows Image Acquisition (WIA) (Jika kalian tidak menggunakan fungsi scanner dan kamera atau tidak tersedia perangkat tersebut)

Membersihkan RAM laptop pakai aplikasi Mem Reduct

Bagaimana cara mengosongkan RAM laptop? Kalian bisa menggunakan aplikasi Mem Reduct. Untuk yang belum tahu, Mem Reduct adalah aplikasi yang berfungsi untuk mereduksi atau mengurangi penggunaan ruang memori RAM. Mem Reduct akan menangani masalah seperti aplikasi yang masih berjalan meski sudah ditutup atau selesai digunakan.

Aplikasi Mem Reduct akan menutup aplikasi yang tidak begitu diperlukan dalam ruang RAM. Hal ini bertujuan agar kapasitas RAM bisa lebih lega/bersih sehingga tidak akan terlalu membebani. Proses ini terbilang cukup aman karena tidak akan menyebabkan laptop hang, crash, atau error.

Cara menggunakan aplikasi Mem Reduct sebenarnya cukup mudah. Berikut ini langkah-langkahnya

  1. Pertama, tentu download aplikasi Mem Reduct terlebih dulu. Link unduhannya 
    https://www.henrypp.org/product/memreduct
  2. Lakukan installasi seperti biasa
  3. Buka aplikasi tersebut
  4. Klik tombol Clean memory jika ingin langsung membersihkan RAM 

Sangat mudah bukan ? Aplikasi ini bisa menjadi solusi cara membersihkan RAM di laptop Windows 10 yang cukup ampuh. Kalian juga bisa melakukan langkah-langkah untuk mengoptimalkan penggunaan aplikasi Mem Reduct

  1. Pastikan aplikasi Mem Reduct telah terbuka
  2. Tekan tombol F2 untuk membuka Settings atau buka menu File dan pilih opsi Settings
  3. Pilih General pada sisi kiri kotak Settings
  4. Aktifkan opsi-opsi berikut 
    1. Skip User Account Control prompt : Saat dijalankan, aplikasi tidak membutuhkan konfirmasi proteksi akun
    2. Load on system startup : Pilihan untuk mejalankan aplikasi secara otomatis ketika komputer menyala (boot ke Windows)
    3. Start minimized : aplikasi dijalankan dalam keadaan minimized (disembunyikan dalam notification area)
  5. Kemudian pilih opsi Memory cleaning pada sisi kiri kotak Settings
  6. Pada bagian Memory management, aktifkan opsi Clean when above (%). Opsi ini secara default memberikan angka sebesar 90. Ini berarti pembersihan hanya akan dilakukan saat penggunaan RAM mencapai lebih dari 90 %
  7. Klik tombol OK

Lakukan scan antivirus/antimalware

Sudah tahu kan apa yang mesti dilakukan ?

Virus, malware, dan aplikasi berbahaya lainnya memang sangat mengganggu kinerja komputer. Saat sedang aktif, virus dkk tidak hanya melakukan kerusakan pada sistem tapi juga terus menggandakan diri. Akibatnya, CPU dan memori akan terbebani dan performa laptop menjadi sangat lambat.

Oleh karena itu, scan antivirus bisa jadi solusi. Namun sebelum melakukan proses scanning, sebaiknya kalian melakukan update antivirus/antimalware yang digunakan terlebih dulu. Tujuannya agar antivirus/antimalware tersebut bisa mengenali varian virus atau malware jenis terbaru.

Update program aplikasi ke versi terbaru

Salah satu tujuan dari update software yaitu memperbaiki bug, error, celah keamanan, atau kecacatan aplikasi yang bisa saja merugikan penggunanya. Software aplikasi versi terbaru sudah pasti telah mendapatkan perbaikan dan pembenahan dibanding versi sebelumnya. Misalnya pencegahan dari kebocoran memori atau memory leakage.

Oleh karena itu, kalian sebaiknya menyempatkan waktu untuk melakukan pembaruan sistem operasi Windows 10 atau aplikasi yang sering digunakan. Dengan update software secara berkala, kalian juga bisa saja mendapatkan fitur-fitur baru yang sebelumnya tidak tersedia. Selengkapnya, silahkan baca cara update aplikasi di laptop Windows 10

Membersihkan konektor fisik modul RAM

Pada cara-cara sebelumnya, membersihkan RAM laptop dengan cara membersihkan ruang kapasitas RAM dari data atau aplikasi yang sudah tidak digunakan.

Pada cara kali ini, kalian juga bisa membersihkan fisik modul RAM laptop yang terpasang, khususnya pada konektornya. Biasanya, konektor modul RAM yang kotor akan menyebabkan laptop tidak dapat menyala sempurna. Misanya, layar blank tapi mesin laptop menyala.

Berikut ini langkah-langkah membersihkan modul RAM yang dapat dilakukan

  1. Matikan laptop sepenuhnya
  2. Jika memungkinkan, lepas baterainya. Kalau baterai berhasil dilepas, tekan tombol power untuk sekian detik guna menghilangkan daya listrik yang masih tersisa
  3. Buka cover modul RAM atau cover body di sisi bawah laptop
  4. Lepas semua unit modul memori RAM yang terpasang. Buka kait pengunci pada kedua sisinya  sehingga modul RAM bisa dilepas
  5. Bersihkan slot RAM tersebut dengan kuas kecil atau kuas halus
  6. Gunakan penghapus karet untuk membersihkan kedua sisi konektor modul RAM
  7. Pasang kembali modul RAM dengan benar. Pastikan juga telah terkuci dengan pas
  8. Tutup covernya lalu hidupkan laptop kembali

Itulah langkah-langkah atau beberapa cara membersihkan RAM di laptop, yang juga bisa dilakukan pada PC desktop. Akhir kata, selamat mencoba dan semoga bermanfaat..

Baca juga artikel terkait :

Apakah kalian punya pengalaman atau pendapat yang berbeda? Tuliskan lewat kotak komentar di bawah. Usahakan sesuai topik artikel ini.
Buka Komentar
Tutup Komentar