Skip to main content

Rekomendasi Spesifikasi Laptop Terbaik di Tahun 2022

Saat ini, PC laptop sudah menjadi kebutuhan yang harus dipenuhi terutama untuk keperluan kerja, sekolah, ataupun kuliah. Meski komputer desktop masih banyak diminati, laptop punya keunggulan yang dibutuhkan banyak penggunanya. Salah satu keunggulannya yaitu mobilitas dan portabilitas.

Ya, produk laptop dicari karena lebih mudah dijinjing dan dibawa bepergian. Aktifitas dengan laptop juga dapat dilakukan di berbagai tempat, tidak melulu di atas meja. Kalian bisa menggunakan laptop sambil duduk, berdiri, bahkan tiduran/rebahan. Hal ini akan sulit dilakukan jika menggunakan komputer desktop.

Ada banyak produk laptop yang dapat ditemui dengan sangat mudah di pasaran. Berbagai vendor laptop juga terus merilis produk terbarunya dengan varian dan spesifikasi yang cukup beragam. 

Rekomendasi Untuk Memilih Spesifikasi Laptop Terbaik di Tahun 2022

Tentu, masih banyak orang kesulitan saat memilih produk laptop yang ingin digunakan. Wajar, karena memang tidak semua orang paham seluk-beluk dan spesifikasi teknis laptop. Sebetulnya, jika sudah tahu kebutuhan untuk membeli laptop, kalian dapat dengan mudah memilih produk laptop yang cocok.

Baca juga : Tips memilih laptop untuk sekolah atau kuliah

Kali ini, Tekno Jempol akan menjelaskan rekomendasi spesifikasi laptop terbaik untuk kebutuhan pengguna (kalian).

Panduan memilih laptop dengan spesifikasi terbaik

Perlu kalian pahami, laptop terbaik adalah produk laptop yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan kalian. Harapannya, laptop tersebut dapat meningkatkan efisiensi dan efektifitas sehingga pekerjaan (atau keperluan apapun) dapat diselesaikan lebih cepat.

Pada artikel ini, ada dua jenis spesifikasi teknis laptop berdasarkan kebutuhan. Lebih jelasnya, perhatikan tabel berikut ini.

KomponenKebutuhan standarKebutuhan non-standar
Deskripsi
  • Membuat dokumen/lembar kerja/presentasi
  • Memutar musik/video
  • Browsing
  • Menjalankan game/desain/editing ringan
  • Desain dan editing profesional
  • Simulasi teknik
  • Pemrograman
  • Bermain game modern
Pengguna
  • Pelajar dan guru sekolah
  • Mahasiswa dan dosen
  • Staff/pekerja kantor
  • Mahasiswa/dosen
  • Pekerja profesional
  • Gamer
  • Kreator konten
Ukuran layar11"-14"Minimal 14"
Desain fisikSemakin ramping, semakin bagus
Daya tahan bateraiSemakin besar kapasitas baterai, semakin awet
CPUDual coreMinimal Quad-core atau lebih
RAM8 GBMinimal 8 GB
PenyimpananSSD SATASSD NVME/PCIE 
GPUIGP (bawaan CPU)GPU diskrit
Sistem operasiWindows atau Linux versi 64-bit seri terbaru
Komponen lain
  • Wifi
  • Bluetooth
  • Camera
  • Card reader
  • HDMI
  • USB atau Thunderblot
Tambahan
  • Kemampuan upgrade yang lengkap
  • Garansi resmi dan layanan purna jual
HargaUmumnya, lebih murah dan terjangkauSedikit agak mahal

Penjelasan spesifikasi teknis

Desain fisik dan layar

Kalian sebaiknya memilih produk laptop yang memiliki ukuran fisik yang ramping. Jika perlu, pilih laptop yang punya bobot ringan. Hal ini akan sangat memudahkan kalian saat bepergian dengan membawa laptop.

Ukuran layar monitor dan keyboard juga mempengaruhi ciri fisik laptop. Semakin besar ukuran layar, semakin besar pula bentuk laptop. Beberapa produk keyboard juga menggunakan keyboard dengan layout full (100%). Ini dapat kalian temukan pada produk laptop dengan ukuran layar 15".

Perlu diketahui, bentuk laptop yang ramping disebabkan karena adanya beberapa komponen yang dihilangkan. Misalnya drive optik dan atau penggunaan komponen yang lebih ringkas.

Kalian juga boleh memilih laptop yang memiliki ukuran sedikit lebih besar. Di sini kalian akan mendapatkan laptop dengan komponen yang mungkin lebih lengkap. Namun, konsekuensinya kalian harus menjinjing laptop dengan bobot yang sedikit lebih berat.

Jenis material fisik juga sangat mempengaruhi bobot sebuah laptop. Material dengan jenis plastik tentu lebih ringan, tapi lebih rentan cacat karena goresan atau benturan. Sedangkan material dari alumunium terasa lebih berat, tapi lebih kuat jika dibandingkan dengan bahan plastik. Umumnya, berat laptop saat ini berkisar 2 Kg.

Daya tahan baterai

Sering kali, ketahanan baterai laptop dipengaruhi oleh cara pemakaian. Jika menggunakan secara sembarangan, baterai laptop yang kalian pakai mungkin akan lebih cepat habis. Bahkan, mungkin baterai jadi tidak awet dan lebih cepat drop. Saat ini, sudah banyak produk laptop yang menawarkan daya baterai dengan cukup lama. Terutama pada produk laptop kelas premium.

CPU mobile (laptop)

Beralih ke spesifikasi teknis. Produk laptop yang umum beredar di pasaran sudah pasti menggunakan processor minimal dual-core. Untuk produk laptop kelas premium biasanya sudah menggunakan processor yang memiliki empat (quad) core atau lebih.

Jika hanya untuk kebutuhan standar, kalian cukup memilih laptop dengan CPU dual-core. Untuk kebutuhan yang lebih serius, kalian dapat memilih laptop yang menggunakan CPU quad-core.

Bukan cuma jumlah core saja, tapi aspek lain seperti kecepatan dan generasi processor juga perlu dipertimbangkan. Di sini, sebaiknya menggunakan CPU yang dirilis setidaknya 1-3 tahun kebelakang. Makin baru tentu makin bagus. CPU generasi terbaru sudah pasti menawarkan efisiensi dan kinerja yang lebih baik, bukan begitu ?

Kalian juga sebaiknya memilih laptop dengan kecepatan CPU yang kencang.

Tips : Pilih produk laptop yang punya kecepatan processor minimal 2 Ghz. Sebab, saat ini banyak program aplikasi dan sistem operasi modern yang mensyaratkan minimal kecepatan CPU 1 GHz.
Baca juga : Cara Mengecek Spesifikasi Laptop Windows 11/Windows 10

RAM

Beberapa program aplikasi terutama game, cukup banyak memakan ruang memori. Di sini, kalian sebaiknya memilih laptop yang punya kapasitas RAM besar. Dengan begitu, laptop kalian dapat mengakomodir program aplikasi modern.

RAM dengan kapasitas besar juga dapat memudahkan saat multitasking. Ruang memori yang besar tentu dapat digunakan untuk mewadahi lebih banyak program aplikasi. Agar lebih menambah performa, modul RAM sebaiknya dipasang dengan konfigurasi dual-channel.

User:Affemitwaffe, CC BY-SA 3.0, via Wikimedia Commons

Penyimpanan

Jika memang tersedia, kalian disarankan memilih produk laptop yang menggunakan penyimpanan jenis SSD (Solid State Drive). Dengan menggunakan SSD, kinerja laptop akan semakin optimal sehingga penggunaan laptop jadi semakin nyaman. Kini, produk laptop yang memakai SSD juga makin banyak.

Beberapa produk laptop masih ada yang menggunakan penyimpanan hard disk. Terutama pada produk laptop kelas murah. Memang, kapasitas hard disk bisa lebih gede daripada SSD. Tapi, penggunaan hard disk bikin performa laptop jadi kurang maksimal.

GPU (Graphic Processing Unit)

Jika penggunaan laptop hanya untuk kebutuhan yang tidak telalu berat, kalian cukup memilih laptop dengan IGP (Integrated Graphic Processor) atau biasa dikenal dengan istilah VGA Onboard. IGP merupakan solusi murah untuk perangkat display yang sudah terintegrasi dalam CPU. Contoh IGP pada laptop diantaranya Intel HD/UHD dan AMD APU.

Sebaliknya, kalau ingin bermain game atau desain/editing, disarankan kalian menggunakan laptop yang punya GPU diskrit. Berbeda dengan IGP, GPU diskrit berdiri sendiri serta dilengkapi VRAM dengan kapasitas tertentu. Hal ini membuat GPU diskrit punya kinerja grafis yang jauh lebih baik ketimbang IGP. Contoh GPU diskrit misalnya Nvidia Geforce dan AMD Radeon.

Baca juga : Game PC yang bisa jalan pakai IGP Intel HD/UHD

Sistem operasi

Pada PC laptop, pilihan sistem operasi yang memungkinkan cuma dua yaitu Microsoft Windows dan Linux. Sebaiknya kalian memilih produk laptop yang menggunakan/mendukung sistem operasi generasi terbaru misalnya Windows 10 64-bit.

Beberapa produk laptop baru sudah terpasang Windows 10 dengan lisensi OEM. Kalian tinggal mengaktifkan lewat internet dan laptop siap digunakan. 

Namun ada pula, laptop kosong yang belum terinstal sistem operasi. Di sini, kalian harus menyediakan budget untuk membeli paket ritel Windows 10. Di dalamnya, sudah tersedia DVD/USB installer Windows 10, buku brosur, dan COA (sertifikat lisensi). Untuk harganya dibanderol Rp. 2,6 juta untuk Windows 10 Home dan Rp. 3,8 untuk Windows 10 Pro. Lisensi ritel ini hanya untuk satu laptop dan dapat dipindah.

Harga lisensi ritel OS Windows memang terasa cukup mahal. Bagi yang belum memiliki biaya untuk membeli lisensi OS Windows 10, mungkin kalian dapat mempertimbangkan penggunaan OS Linux. Platform Linux tersedia dalam berbagai macam pilihan distro. Bahkan banyak diantaranya bisa didapatkan secara gratis.

Baca juga : Perbandingan dan tips memilih laptop MacBook Pro vs Air

Pada produk laptop merk Apple, sudah terpasang sistem operasi MacOS. Produk laptop ini biasa dikenal dengan nama Macbook. Secara kualitas dan performa, laptop Macbook memang bagus. Oleh karena itu, wajar jika laptop Macbook di banderol dengan harga yang cukup mahal.

Saat ini telah hadir sistem operasi Microsoft terbaru yaitu Windows 11. Sistem operasi ini dibangun sepenuhnya untuk komputasi 64-bit. Untuk dapat menjalankan Windows 11, dibutuhkan komputer desktop/laptop dengan spesifikasi yang lebih dari pada Windows 10. Penjelasan lebih lengkapnya, bisa kalian baca pada artikel Komputer laptop yang cocok untuk Windows 11

Komponen lain

Laptop yang bagus adalah laptop yang punya konektivitas dengan berbagai media atau perangkat lain. Hampir semua produk laptop yang beredar sudah menyediakan komponen standar semisal

  • konektor wireless (Wifi/Bluetooth) untuk koneksi internet dan transfer data secara nirkabel
  • konektor kabel (USB 2.0/3.0 dan HDMI/VGA) untuk koneksi dengan perangkat gadget lain seperti flash drive, smartphone, dll. Port HDMI/VGA juga digunakan untuk menyambungkan dengan proyektor sehingga memudahkan saat presentasi
    • Beberapa produk laptop khususnya untuk kelas premium dilengkapi konektor Thunderbolt guna menyambungkan dengan perangkat berkinerja tinggi
  • Camera berguna untuk video call atau video conference
  • Card reader

Jika ada, kalian sebaiknya memilih laptop dengan komponen generasi terbaru. Misalnya Wifi 6 dan USB 3

Perlu diketahui, PC laptop kebanyakan memiliki kemampuan upgrade yang terbatas tidak seperti komputer desktop. Kalaupun bisa, tentu tak banyak komponen laptop yang dapat diupgrade. Komponen laptop yang mudah untuk dibongkar pasang umunya hanya penyimpanan dan RAM.

Selebihnya, kalian harus membawanya ke pusat layanan (service center) untuk perbaikan atau pergantian komponen laptop lainnya.

Terakhir dan paling penting yang harus dipertimbangkan yaitu garansi resmi, service center, serta layanan purna jual. Disarankan anda untuk memilih laptop dengan masa garansi paling lama. Pastikan juga lokasi service center yang terdekat agar ketika terjadi kendala pada laptop, bisa cepat segera diatasi.

Baca juga : Ini yang harus dilakukan setelah beli laptop baru

Harga

Banyak orang berpikir bahwa produk laptop yang berkualitas memiliki harga yang mahal dan produk laptop murah punya spesifikasinya yang biasa saja. Pemikiran ini sebetulnya tidak salah. Memang, ada harga ada rupa.

Tapi jika pintar memilih, kalian juga bisa mendapatkan produk laptop berkualitas terbaik dengan harga yang murah lho! Sebelum membeli laptop, kalian harus mempertimbangkan harganya.

Kalian dapat mencari referensi produk laptop yang sesuai kebutuhan kemudian menyiapkan anggaran biaya. Atau menyiapkan dana terlebih dulu baru mencari produk laptop sesuai dana yang terkumpul.

Merk laptop terbaik/paling bagus ?

Sering kali orang menanyakan merk laptop yang paling bagus/terbaik. Wajar, brand atau merk lebih mudah dikenali ketimbang spesifikasi teknis.

Sebetulnya, tidak ada indikator baku mengenai merk laptop yang paling bagus atau terbaik. Semua merk atau brand laptop memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Setiap vendor laptop semacam Asus, Acer, Dell, Lenovo, dll selalu berusaha mengeluarkan produk laptopnya sesuai keinginan konsumen.

Sekarang pertanyaannya adalah produk laptop mana berikut spesifikasinya yang sesuai dengan kebutuhan dan sesuai budget yang kalian sediakan ?

Baca juga : Inilah spesifikasi laptop/pc desktop untuk pemrograman

Contoh produk laptop untuk kebutuhan standar (rentang harga 5-6 jutaan)

Produk LaptopSpesifikasiHarga*
Asus Vivobook Ultra A516KA
  • Processor Intel Celeron N4500
  • RAM 8 GB 
  • GPU Intel UHD Graphic
  • SSD NVME 256 GB
  • Layar 15.6" Full HD
  • OS Windows 11 Home
Rp 5.800.000
Acer Aspire A514-54
  • Processor Intel Core i3 1115G4U
  • RAM 8 GB 
  • GPU Intel UHD Graphic
  • SSD NVME 256 GB
  • Layar 14" Full HD
  • OS Windows 11 Home
Rp 6.725.000
HP 14S-DK1510
  • Processor AMD Athlon Silver 3050U
  • RAM 8 GB 
  • GPU AMD Radeon Vega 2
  • SSD NVME 512 GB
  • Layar 14" Full HD
  • OS Windows 10 Home
Rp 5.650.000
Lenovo Ideapad 3
  • Processor Intel Core i3 10110U
  • RAM 8 GB 
  • GPU Intel UHD Graphic 630
  • SSD NVME 256 GB
  • Layar 14" Full HD
  • OS Windows 11 Home
Rp 6.550.000
Dell Latitude 3420
  • Processor Intel Core i3 1115G4U
  • RAM 8 GB 
  • GPU Intel UHD Graphic
  • SSD NVME 256 GB + HDD 1 TB
  • Layar 14" Full HD
  • OS Windows 10 Home
Rp 8.550.000

Contoh produk laptop untuk kebutuhan non-standar

Produk LaptopSpesifikasiHarga*
Asus TUF FX506HEB
  • Processor Intel Core i5 11400H
  • RAM 16 GB 
  • GPU Nvidia Geforce RTX 3050 Ti
  • SSD NVME 512 GB
  • Layar 15.6" Full HD 144Hz
  • OS Windows 11 Home
Rp 15.300.000
Lenovo Ideapad Flex 5I
  • Processor Intel Core i7 1165G7
  • RAM 16 GB 
  • GPU Nvidia Geforce MX 450
  • SSD NVME 512 GB
  • Layar 14" Full HD
  • OS Windows 11 Home
Rp 16.150.000
HP 250-G8
  • Processor Intel Core i5 1135G7
  • RAM 16 GB 
  • GPU Nvidia Geforce MX 350
  • SSD NVME 512 GB
  • Layar 15.6" Full HD
  • OS Windows 10 Home
Rp 9.950.000
Acer Predator
  • Processor Intel Core i5 11400H
  • RAM 16 GB 
  • GPU Nvidia Geforce GTX 1650
  • SSD NVME 512 GB
  • Layar 15.6" Full HD 144Hz
  • OS Windows 11 Home
Rp 12.800.000

* harga diambil dari berbagai sumber

Demikian rekomendasi dan tips memilih spesifikasi laptop terbaik di tahun 2022. Pilihlah laptop yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan, budget, dan ketersediaannya. Semoga artikel ini bisa menjadi panduan yang bermanfaat...

Apakah kalian punya pengalaman atau pendapat yang berbeda ? Tuliskan lewat kotak komentar di bawah. Usahakan sesuai topik artikel ini.
Tulis komentar