Skip to main content

Cara Memasang VGA Card di Laptop

Cara Memasang VGA Card di Laptop

Seperti yang kita tahu, komputer laptop umumnya dibuat dengan model fixed. Artinya, komponen hardware di dalamnya tidak mudah dilepas pasang oleh penggunanya. Berbeda dengan PC desktop yang bentuknya lebih modular sehingga mudah untuk dirakit sendiri secara manual.

Oleh karena itu, upgrade atau penggantian komponen hardware laptop terutama yang vital seperti CPU dan GPU (Graphic Processing Unit) rasanya agak sulit. Tapi, meski sulit bukan berarti tidak ada cara untuk melakukannya. Salah satunya yaitu dengan memasang perangkat GPU tambahan pada laptop.

Cara Memasang VGA Card di Laptop

Sebetulnya, semua produk laptop sudah pasti memiliki perangkat GPU, entah tipenya terintegrasi atau diskrit. Masalahnya, perangkat GPU khususnya pada produk laptop biasanya punya kinerja yang tidak cukup bagus. Alasannya tentu demi mendapatkan penggunaan daya baterai yang lebih efisien.

Banyak produk laptop yang memang tidak terlalu cocok untuk pekerjaan berat seperti gaming, desain, atau editing. Sebab, komponen hardware laptop dirancang khusus untuk hemat dan efisien dalam mengkonsumsi daya. Alhasil, performa laptop tidak begitu tinggi jika dibanding PC desktop.

GPU kartu grafis eksternal (external GPU/eGPU) ?

Guna mendapatkan kinerja grafis yang lebih maksimal pada laptop, kalian dapat menggunakan perangkat eGPU (eGPU). Apa itu eGPU? Untuk yang belum tahu, eGPU atau External GPU adalah unit GPU diskrit atau kartu grafis (VGA card) tambahan yang dihubungkan pada komputer laptop.

Dengan adanya GPU VGA card eksternal tersebut, laptop akan mendapatkan potensi kinerja grafis yang jauh lebih maksimal ketimbang saat menggunakan perangkat GPU yang sudah ada. Laptop bisa jadi lebih produktif terutama untuk pekerjaan yang memerlukan performa grafis tingkat tinggi.

Pertanyaan yang sering diajukan tentang kartu grafis eksternal 

Tanya : Apakah laptop bisa ganti VGA?

Jawab : Secara teknis, laptop memungkinkan untuk ganti VGA atau GPU. Hanya saja, proses yang harus dilakukan terbilang cukup rumit. Alhasil, penggantian GPU VGA laptop hanya dapat dilakukan oleh orang-orang tertentu saja dan pada produk laptop tertentu pula.

Tanya : Apakah laptop bisa pakai VGA external?

Jawab : Pada beberapa produk laptop yang menyediakan port Thunderbolt memungkinkan untuk memakai kartu grafis tambahan (VGA ekstenal). Sayangnya, port semacam ini hanya tersedia pada produk laptop tertentu khususnya untuk konsumen kelas premium high-end.

Tanya : Apakah laptop bisa ditambah VGA?

Jawab : Bisa IYA, bisa juga TIDAK. Kenapa tidak ? Karena ukuran motherboard laptop yang sangat ringkas sehingga tidak memungkinkan dipasang banyak komponen tambahan seperti motherboard komputer desktop. Iya khususnya pada produk laptop yang memang memiliki kemampuan untuk pemasangan VGA eksternal.

Tanya : Apakah VGA laptop bisa di upgrade?

Jawab : Sama seperti penggantian VGA laptop. Upgrade VGA laptop memang memungkinkan. Namun, prosesnya akan cukup rumit. Alhasil, upgrade GPU VGA laptop umumnya hanya dapat dilakukan oleh orang-orang tertentu dan juga pada produk laptop tertentu.

Persiapan memasang GPU VGA eksternal

Ada beberapa hal yang harus disiapkan sebelum mulai pasang VGA external di laptop, yaitu

Komputer laptop yang memiliki port konektor Thunderbolt

Sebagai informasi, Thunderbolt adalah teknologi antarmuka untuk komunikasi berkecepatan tinggi pada periferal eksternal. Thunderbolt mengkombinasikan interface PCI Express dan DisplayPort sehingga dapat melakukan transmisi data visual untuk bisa ditampilkan pada layar monitor laptop atau jenis jenis monitor komputer lainnya.

Apakah bisa memasang VGA di laptop? Bisa donk! Jika sudah tersedia konektor Thunderbolt kemungkinan laptop tersebut bisa dipasang unit kartu grafis atau VGA card eksternal.

Saat ini, sudah mulai banyak produk motherboard komputer desktop atau laptop yang dibekali konektor Thunderbolt. Ada dua jenis konektor Thunderbolt yaitu Mini DisplayPort dan USB tipe C. Konektor tersebut nantinya digunakan untuk pemasangan kabel konektor dari enclosure unit kartu grafis.

Enclosure atau dock GPU eksternal

Merupakan perangkat yang menghubungkan kartu grafis atau VGA card dengan sistem laptop. Bisa dikatakan perangkat ini adalah converter data antara sistem laptop dan kartu grafis eksternal. Ada tiga bagian penting pada perangkat ini yaitu dock kartu grafis, kabel Thunderbolt, dan PSU.

Dock kartu grafis adalah tempat untuk pemasangan kartu grafis yang menyediakan slot PCI Express x16. Kabel konektor Thunderbolt digunakan untuk menghubungkan dock dengan komputer laptop. Kabel konektor tersebut harus benar-benar sesuai dengan konektor Thunderbolt pada laptop.

VGA card modern seringkali membutuhkan daya tambahan agar dapat bekerja lebih optimal. Di sinilah peran PSU (Power Supply Unit) yang akan memberikan supply daya listrik untuk kartu grafis sekaligus guna menyalakan dock. Perangkat-perangkat eksternal tersebut dirangkai dalam sebuah case atau enclosure sehingga menjadi sebuah produk yang lebih mudah dalam penggunaan.

Produk dock enclosure kartu grafis eksternal bisa dijumpai pada toko-toko komputer. Perlu diketahui, produk tersebut umumnya hanya menyediakan dock enclosure ditambah kabel konektor dan PSU saja. Sedangkan kartu grafisnya tentu harus dibeli secara terpisah.

Unit produk kartu grafis

VGA card atau GPU diskrit (kartu grafis)
VGA card atau GPU diskrit (kartu grafis)

Bagian terpenting tentu saja adalah unit kartu grafis. Kalian dapat menggunakan produk kartu grafis apapun. Dock GPU eksternal harusnya bisa dipasang semua merk kartu grafis. Lebih jelasnya, bisa kalian baca pada cara memilih VGA yang cocok dengan motherboard,

Jangan lupa juga untuk menyediakan driver dari kartu grafis tersebut. Driver juga harus diinstal agar laptop atau sistem operasi Windows dapat mengenalinya dengan benar. Dengan begitu, semua potensi fitur atau kinerjanya dapat dimanfaatkan secara maksimal.

Memasang GPU VGA card eksternal pada laptop

Cara memasang VGA card di laptop sebenarnya sangat mudah. Cukup pasang unit kartu grafis pada dock enclosure, hubungkan kabel konektornya dengan laptop, lalu nyalakan. Kartu grafis eksternal siap digunakan. Ini juga bisa menjadi solusi jika VGA laptop tidak terdeteksi.

Terakhir, penggunaan kartu grafis eksternal untuk laptop ini benar-benar harus dipertimbangkan, terutama dari segi biaya. Saat ini, harga upgrade VGA laptop rasanya masih cukup mahal. Apalagi kalau memilih produk kartu grafis kelas menengah ke atas.

Jika tidak membutuhkan kinerja grafis yang tinggi, disarankan cukup memaksimalkan penggunaan GPU pada laptop yang sudah tersedia. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat..

Baca juga artikel terkait :

Apakah kalian punya pengalaman atau pendapat yang berbeda? Tuliskan lewat kotak komentar di bawah. Usahakan sesuai topik artikel ini.
Buka Komentar
Tutup Komentar