Skip to main content

Inilah 4 Tips Membeli Laptop Terbaik Untuk Sekolah/Kuliah

Adanya pandemi COVID-19 memaksa banyak orang untuk beraktifitas di dalam rumah. Bahkan, kegiatan sekolah dan kuliah juga harus dilakukan di tempat masing-masing. Istilahnya sekolah/kuliah online atau daring (dalam jaringan) atau PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh).

Sekolah dan kampus diminta untuk memfasilitasi kegiatan tersebut. Bagi anda guru dan orang tua juga harus melengkapi keperluan belajar untuk anak pelajar atau mahasiswa. Salah satunya yaitu dengan mempertimbangkan penggunaan komputer laptop.

Saat ini, bidang pendidikan telah banyak memanfaatkan teknologi informasi untuk memudahkan proses belajar mengajar. Apalagi dengan kemudahan akses internet, informasi berupa pengetahuan pelajaran lebih mudah diakses dan dipahami. Penggunaan perangkat elektronik seperti komputer notebook dan smartphone pun semakin diminati.

Baca juga : Rekomendasi laptop terbaik dan spesifikasinya update terbaru

Tips memilih laptop yang cocok untuk sekolah dan kuliah

Kali ini Tekno Jempol akan memberikan tips bagi anda khususnya guru dan orang tua yang akan menggunakan atau membelikan anaknya laptop guna keperluan sekolah dan kuliah. Tujuan dari tips ini yaitu sebagai panduan untuk memilih produk laptop yang benar-benar sesuai kebutuhan belajar/kuliah dan biaya yang tersedia.

Cara memilih laptop yang baik untuk guru, pelajar dan mahasiswa sebetulnya tidak terlalu sulit jika tahu kebutuhan prioritas yang akan dipenuhi. Memang tidak semua orang paham akan seluk beluk laptop yang akan dibeli.

Namun, dengan sedikit pemahaman mengenai laptop yang akan dibeli, tentu akan lebih mudah memilih produk laptop terbaik sesuai budget yang dimiliki. Berikut ini ada beberapa cara yang harus dilakukan sebelum membeli laptop baru khususnya untuk kebutuhan belajar dan mengajar.

Mahasiswi pakai laptop. Sumber : CollegeDegree360

Tentukan kebutuhan prioritas

Pertama, sebelum membeli laptop pastikan anda sudah menentukan kebutuhan prioritas yang diakan dipenuhi. Kebutuhan prioritas ini nanti akan menentukan seperti apa laptop yang cocok untuk pelajar atau mahasiswa. Laptop untuk keperluan kegiatan belajar/mengajar tentu akan berbeda dengan laptop untuk pekerjaan yang spesifik.

Untuk guru, pelajar atau siswa SD/SMP/SMA umumnya hanya perlu untuk kebutuhan mainstream seperti membuat karya tulis, membuat presentasi, browsing informasi, dan sedikit hiburan seperti menonton video dan memutar lagu. Hal ini juga dapat berlaku untuk mahasiswa yang kuliah pada program studi/jurusannya tidak membutuhkan teknik dan peralatan khusus seperti jurusan ilmu sosial dan sastra.

Lain halnya dengan siswa SMK, dosen dan mahasiswa atau orang yang bekerja dibidang desain grafis, arsitektur, dan multimedia. Mereka umumnya harus membuat karya atau produk yang membutuhkan ketelitian dan perhitungan kompleks. Hal yang sama juga dapat berlaku pada mahasiswa jurusan ilmu teknik atau eksakta.

Biasanya, pelajar dan mahasiswa juga memerlukan hiburan seperti bermain game. Keperluan ini sebaiknya tidak menjadi kebutuhan prioritas karena hanya selingan singkat untuk melepas kepenatan.

Sesuaikan dengan biaya yang dimiliki

Berikutnya, anda harus memastikan biaya untuk membeli laptop. Harga laptop sangat bervariasi, tergantung spesifikasi dan kebutuhan/selera. Mahal atau murah cuma kesan subjektif. Oleh karena itu, pastikan biaya yang anda keluarkan sesuai dengan kebutuhan prioritas yang akan dipenuhi.

Anda tidak perlu membeli laptop gaming yang harganya cukup mahal jika kebutuhannya hanya untuk belajar atau keperluan standar. Jika kebutuhan anda diprioritaskan untuk desain grafis atau multimedia, anda mungkin harus menyiapkan biaya yang sedikit lebih mahal untuk membeli laptop dengan kinerja tinggi. Berapapun biayanya, anda tetap harus bijak dan hemat saat membeli laptop untuk keperluan pelajar/mahasiswa.

Baca juga : Spesifikasi Laptop/PC Desktop untuk pemrograman

Rencanakan spesifikasi laptop sesuai kebutuhan

Sebelum berangkat ke toko laptop, anda sudah harus tahu akan kebutuhan dan tentu saja menyiapkan budget. Mungkin sebaiknya anda juga punya sedikit pengetahuan mengenai seluk beluk spesifikasi teknis laptop.

Anda dapat menggali wawasan mengenai laptop lewat berbagai sumber seperti website/blog/majalah teknologi komputer, situs hardware reviewer, website resmi vendor, atau teman anda yang paham dibidang ini. Banyak produk laptop dengan berbagai spesifikasi dan harga yang tersedia di pasaran.

Namun, masih banyak calon pengguna laptop yang masih bingung menentukan pilihan begitu akan membeli. Dengan memahami seluk beluk spesifikasi laptop, anda mungkin sedikit lebih mudah memilih produk laptop yang sesuai dengan kebutuhan.

Berikut ini petunjuk dalam memilih spesifikasi laptop yang sesuai kebutuhan

Kebutuhan standar pelajar, mahasiswa, guru, atau dosen

Spesifikasi yang harus diperhatikan saat membeli laptop untuk mengerjakan tugas, membuat dokumen/karya tulis, membuat presentasi, dan browsing informasi diantaranya

  • Layar 11-14"
  • CPU Dual core (Quad core juga boleh)
  • RAM 4 GB
  • Hard disk (HDD) minimal 250 GB
  • Wifi dan Camera
  • Tambahan : DVDRW, port HDMI, dan Bluetooth serta Card reader

Spesifikasi laptop tersebut sudah sangat cukup untuk memenuhi kebutuhan kegiatan guru, pelajar dan mahasiswa. Umumnya, laptop murah saat ini memiliki spesifikasi seperti di atas. Beberapa seri laptop murah biasanya sudah terpasang sistem operasi Windows dengan lisensi OEM (Original Equipment Manufacture).

Laptop murah dengan sistem operasi preinstalled ini mungkin akan dijual dengan harga yang sedikit mahal ketimbang laptop tanpa OS. Namun, anda tidak perlu lagi menginstal OS Windows sendiri. Cukup instal program aplikasi lain yang akan digunakan.

Baca juga : Perbandingan laptop vs PC desktop vs tablet

Berikut ini contoh produk laptop murah terbaik untuk keperluan belajar yang tersedia di pasaran

Produk LaptopSpesifikasiHarga*
Asus X441BA-GA441T/GA442T/GA443T/GA444TCPU : AMD Dual Core A4-9125, RAM : 4GB, HDD : 1TB, Display : 14" dan Integrated Graphics, OS : Windows 10 HomeRp 3.790.000
Asus X441MA-GA011T/GA012T/GA013T/GA014TCPU : Intel Celeron Dual Core N4000, RAM 4GB, HDD 1TB, Display : Intel HD Graphic dan layar 14" Wide LEDRp 3.845.000
Lenovo IdeaPad S145-70ID/71IDCPU : AMD Dual Core A4-9125, RAM 4GB, HDD 1TB, IGP Integrated AMD Graphics Layar 14" HD, OS: Windows 10 HomeRp 3.779.000
Acer Aspire 3 (A311)CPU :Intel Celeron N4000, RAM 4GB, HDD 500GB, Layar : 11.6" HD, IGP Intel HD GraphicsRp 3.540.000

*) harga dirangkum dari berbagai sumber.

Kebutuhan untuk desain dan teknik

Di bawah ini ada beberapa spesifikasi laptop yang baik untuk kebutuhan gaming, desain/editing, dan teknik

  • Layar 14"
  • CPU Dual core 4 threads. Disarankan Quad core atau lebih
  • RAM minimal 4GB. Disarankan lebih dari 4 GB dan menggunakan mode dual channel
  • Hard disk drive (HDD) minimal 500GB. Disarankan menggunakan SSD
  • Kartu grafis dedicated
  • Wifi dan Camera
  • Tambahan : DVDRW, port HDMI, dan Bluetooth serta Card reader

Laptop dengan spesifikasi di atas sangat cocok untuk pekerjaan yang memerlukan ketelitian dan perhitungan kompleks seperti desain grafis, simulasi teknik, kreasi multimedia, dll. Oleh karena itu, spesifikasi laptop tersebut dapat digunakan oleh siswa SMK dan mahasiswa jurusan teknik.

Jika kinerjanya dirasa masih kurang optimal, anda boleh mengupgrade beberapa komponennya agar mendapatkan performa yang sesuai harapan. Tentunya, anda harus mengeluarkan biaya tambahan untuk upgrade komponen tersebut.

Berikut ini contoh produk laptop terbaik untuk keperluan desain dan teknik yang tersedia di pasaran

Produk LaptopSpesifikasiHarga*
Asus A412DA-EK351T/EK352T/EK353T/EK354TCPU : AMD Ryzen 3 3200U, RAM 4GB, SSD 512GB, Layar 14", GPU : AMD Radeon Vega 3, OS : Windows 10Rp 6.175.000
Asus A409JP-EK501T/EK502TCPU : Intel Core i5-1035G1, RAM 4GB, HDD 1TB, Nvidia GeForce MX330 2GB, Layar 14" FHD, No DVDRWRp 8.300.000
Lenovo IdeaPad S145-P1IDCPU : Intel Core i5-8265U, RAM 4GB, HDD 1TB, GPU :Nvidia GeForce MX110 2GB, Layar 14" HD, OS Windows 10 HomeRp 7.675.000
Acer Aspire 5 (A514-51KG)CPU : Intel Core i3-7020U, RAM 4GB, HDD 1TB, GPU Nvidia GeForce MX230 2GB, Layar 14", OS Windows 10Rp 6.300.000

*) harga dirangkum dari berbagai sumber.

Pertimbangan lain saat memilih laptop

  • Desain/bentuk/ukuran fisik. Hal ini sangat berpengaruh pada mobilitas anda. Semakin kecil ukuran, tentu semakin mudah untuk ditenteng kemana-mana.
  • Daya tahan baterai. Meski dipengaruhi oleh cara pemakaian, laptop dengan daya tahan baterai lama tentu memungkinkan anda untuk menggunakannya dalam waktu yang lama pula.
  • Fitur/paket tambahan. Beberapa toko atau produk laptop mungkin menambahkan fitur atau paket tambahan yang disertakan saat penjualan.
  • Kemampuan upgrade. Berbeda dengan PC desktop, PC laptop umumnya tidak memiliki kemampuan upgrade yang lebih. Kalaupun bisa, tentu tak banyak komponen laptop yang dapat diupgrade. Pun juga biaya untuk upgrade/ganti komponen laptop masih tergolong cukup mahal.
  • Terakhir dan paling penting, garansi resmi, service center, serta layanan purna jual. Disarankan anda untuk memilih laptop dengan masa garansi paling lama. Pastikan juga lokasi service center yang terdekat agar ketika terjadi kendala pada laptop, bisa cepat segera diatasi.
Baca juga : Perbandingan dan tips memilih laptop MacBook Pro vs Air

Pada artikel ini, pemilihan merk didasarkan pada alasan subjektif dan tidak ada pandangan khusus pada merk laptop tertentu. Setiap merk laptop pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Anda tentu boleh memilih merk laptop yang berbeda dari daftar di atas sesuai selera.

Mengingat laptop "murah" di atas ditujukan untuk kalangan pelajar dan mahasiswa, tentu spesifikasi yang digunakan tidak terlalu tinggi atau tergolong low to medium end. Sebab, laptop tersebut memang lebih diprioritaskan untuk kegiatan pembelajaran. Dengan spesifikasi tersebut, laptop "murah" di atas setidaknya mampu digunakan selama menempuh pendidikan sekolah atau kuliah.

Jika memang budget tidak mencukupi, anda boleh membeli laptop bekas dengan spesifikasi serupa yang harganya tentu jauh lebih murah. Namun, anda tetap harus memastikan kondisi laptop tersebut masih cukup bagus dan layak pakai.

Demikian tips memilih laptop murah untuk keperluan belajar pada siswa/mahasiswa. Pilihlah laptop murah yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan, budget, dan ketersediaannya. Semoga artikel ini bisa menjadi panduan yang bermanfaat. Jika anda ingin bertanya, memberikan opini, atau masukan, silahkan ketik lewat kotak komentar di bawah. Terima kasih!

Apakah kalian punya pengalaman atau pendapat yang berbeda ? Tuliskan lewat kotak komentar di bawah. Usahakan sesuai topik artikel ini.
Tulis komentar