Skip to main content

Inilah Cara Mengatasi Layar Laptop Bergaris dan Dead Pixel

Salah satu kerusakan yang biasa dialami oleh pengguna laptop yaitu layar bergaris atau dead pixel. Kerusakan layar laptop sangat menganggu kenyamanan sebab menghalangi tampilan saat laptop dioperasikan. Bahkan, kasus ini juga bisa terjadi pada layar LCD monitor dan televisi.

Sebagai informasi, dead pixel adalah kerusakan pixel/unit terkecil dalam tampilan layar. Dead pixel akan menyebabkan titik/bercak dengan bentuk dan warna tertentu pada layar laptop. Sedangkan layar laptop bergaris juga bisa dikatakan dead pixel dengan bentuk garis/titik-titik yang memanjang hingga tepi.

Cara memperbaiki layar laptop/layar monitor yang bergaris atau dead pixel

Penyebab layar LCD laptop bergaris dan dead pixel

Pertama, kalian mungkin perlu tahu penyebab terjadinya kasus tampilan layar laptop yang bergaris atau dead pixel. Beberapa diantaranya yaitu

  • Kerusakan secara software (driver, aplikasi, konfigurasi error, dan lainnya)
  • Benturan atau guncangan pada layar monitor laptop
  • Layar monitor laptop mengalami tekanan yang terlalu keras
  • Kerusakan konektor fleksibel atau komponen hardware layar
  • dan lainnya
Baca juga : Cara mengatasi layar laptop blank saat dinyalakan

Gejala kasus layar LCD laptop bergaris/dead pixel

Kasus layar laptop bergaris dan dead pixel bisa bervariasi. Umumnya, layar laptop bergaris vertikal atau horizontal muncul saat dinyalakan hingga akhirnya dimatikan. Kadang, layar bergaris justru muncul tiba-tiba pada saat-saat tertentu atau saat membuka suatu aplikasi saja.

Selain itu, layar laptop bergaris biasanya muncul dalam berbagai warna. Misalnya, putih, hitam, merah, hijau, dan pink. Begitu pula dengan dead pixel. Kadang muncul tiba-tiba, kadang juga tiba-tiba menghilang. Umumnya, dead pixel terus tampil selama layar laptop menyala.

Tampilan bergaris atau dead pixel juga bisa terjadi di berbagai area dalam layar monitor laptop. Ada yang di bagian samping, pada sisi tepian layar, atau bahkan di tengah layar tampilan. Selain itu, kadang juga terlihat pada pojok-pojok layar.

Mendeteksi penyebab layar laptop bergaris

Hal pertama yang bisa dilakukan jika mengalami layar laptop bergaris yaitu mendeteksi penyebabnya. Layar laptop bergaris dan dead pixel bisa disebabkan karena kendala software atau kerusakan secara hardware. Langkah-langkahnya juga cukup mudah

  1. Silahkan masuk ke menu UEFI BIOS. Jika garis/dead pixel pada layar laptop sudah tampak pada tampilan BIOS, maka penyebabnya kerusakan fisik hardware
  2. Sebaliknya, jika layar bergaris pada laptop baru muncul saat sudah masuk ke dalam sistem operasi, artinya kerusakan mungkin hanya disebabkan karena adanya software error saja.

UEFI BIOS dan sistem operasi yang terpasang merupakan dua bagian yang terpisah. Jadi, pengaturan software yang keliru harusnya tidak terlalu berpengaruh ke layar monitor.

Baca juga : Cara mengatasi pengaturan kecerahan layar laptop yang tidak berfungsi

Mengetes tampilan layar laptop

Untuk lebih memastikan, coba lakukan pengujian layar laptop. Caranya cukup mudah, jalankan layar monitor laptop dengan tampilan background berbagai warna secara penuh. Misalnya dengan membuat beberapa slide presentasi dengan dasar warna hitam, putih, merah, hijau, atau biru.

Jika layar hanya menampilkan warna-warna sesuai background yang ditampilkan, artinya layar laptop dalam kondisi yang masih bagus. Namun, jika muncul titik, garis, bercak, atau bentuk-bentuk tertentu dengan warna yang berbeda dari background yang ditampilkan, kemungkinan besar layar laptop sedang mengalami kerusakan.

Update/reset driver GPU VGA

Driver yang bermasalah bisa menyebabkan hardware bekerja dengan tidak semestinya. Jika driver GPU mengalami kendala, bukan tidak mungkin kasus layar laptop bergaris akan terjadi. Untuk mencegah hal tersebut terjadi, kalian bisa melakukan update atau reset driver grafis pada laptop.

Ikuti langkah-langkah update driver GPU berikut ini

  1. Tekan tombol Win + X kemudian pilih Device Manager
  2. Buka kategori Display adapters
  3. Klik kanan adapter grafis yang ada
  4. Pilih menu Update driver
  5. Pilih opsi Search automatically... Sebelumnya, pastikan laptop telah terkoneksi dengan internet

Kalian juga bisa melakukan reinstall driver grafis

  1. Tekan tombol Win + X kemudian pilih Device Manager
  2. Buka kategori Display adapters
  3. Klik kanan adapter grafis yang ada
  4. Pilih menu Uninstall device
  5. Klik tombol Yes
  6. Tutup semua aplikasi yang sedang berjalan lalu restart laptop

Setelah laptop restart, OS Windows akan kembali menginstal ulang driver GPU.

Mengatasi layar laptop bergaris/dead pixel dengan aplikasi

Saat ini telah tersedia beberapa program aplikasi yang dapat digunakan untuk memperbaiki kerusakan layar laptop, termasuk tampilan bergaris atau dead pixel. Berikut ini diantaranya

Aplikasi JScreenFix. Credit: murdockcruz.com

JScreenFix

Langkah-langkah mengatasi layar bergaris dengan aplikasi JScreenFix

  1. Buka situs web JScreenFix melalui aplikasi web browser (link di sini)
  2. Klik tombol Launch JScreenFix
  3. Arahkan kotak JScreenFix pada area tampilan layar laptop yang bermasalah/mengalami kerusakan bergaris atau dead pixel
  4. Tunggu selama 10 menit dan biarkan JScreenFix bekerja
  5. Jika hasilnya belum memuaskan, ulangi beberapa kali

PixelHealer

Langkah-langkah memperbaiki layar bergaris/dead pixel dengan aplikasi PixelHealer

  1. Unduh aplikasi PixelHealer di sini. Cocok untuk sistem operasi Windows. Bisa pilih versi instalasi atau versi portabel
  2. Buka aplikasi tersebut.
  3. Akan muncul jendela aplikasi PixelHealer. Arahkan kotak warna ke area tampilan layar laptop yang bermasalah/mengalami kerusakan
  4. Klik tombol Start Flashing
  5. Tunggu selama beberapa menit dan biarkan aplikasi PixelHealer bekerja
  6. Jika dirasa selesai, klik tombol Stop Flashing
  7. Jika hasilnya belum memuaskan, ulangi beberapa kali
Baca juga : Perbedaan jenis-jenis monitor

Memperbaiki komponen layar monitor laptop

Apabila layar tampilan bergaris atau dead pixel pada laptop masih belum teratasi lewat aplikasi, mungkin saatnya mempertimbangkan untuk membawanya ke service center, teknisi, atau ahli reparasi laptop terpercaya.

Ada dua pilihan dalam perbaikan komponen layar laptop bergaris. Yaitu memperbaiki konektor fleksibel atau mengganti dengan unit layar monitor laptop baru. Cara tersebut tentu sangat sulit dilakukan oleh pengguna laptop biasa dan harus diserahkan pada ahli reparasi/teknisi mahir yang terpercaya.

Memperbaiki konektor fleksibel

Layar monitor laptop terhubung dengan motherboard laptop melalui kabel fleksibel. Hal ini serupa dengan monitor pada PC desktop yang terhubung dengan port display melalui kabel HDMI, VGA, DVI, atau DP.

Pada beberapa kasus layar laptop bergaris, ada yang disebabkan karena kabel fleksibel kendor atau tidak terpasang dengan benar. Kondisi seperti ini biasanya terjadi ketika layar laptop sering dibuka atau ditutup. Solusinya yaitu memasangnya kembali secara tepat.

Perbaikan konektor fleksibel pada layar monitor laptop rasanya jadi pilihan yang tepat. Tapi, jika kerusakan sudah begitu parah, mungkin kalian bisa memepertimbangkan untuk melakukan penggantian unit layar laptop baru.

Oleh karena itu, jangan lupa juga untuk menyediakan anggaran biaya untuk perbaikan. Kalau laptop masih dalam masa garansi, kalian dapat mengajukan klaim garansi untuk layanan tersebut.

Baca juga : Cara mengatasi layar laptop hitam blank tapi masih menyala

Cara mencegah kasus layar laptop bergaris/dead pixel

  • Bawa laptop kalian dengan sangat hati-hati. Jangan sengaja diguncang, terbentur benda-benda yang keras, atau bahkan sampai terjatuh
  • Saat dibawa bepergian, laptop harus ditempatkan dalam wadah yang memiliki proteksi untuk barang elektronik/pecah belah. Salah satunya yaitu tas khusus laptop
  • Letakkan laptop di tempat yang stabil atau relatif aman dari berbagai gangguan
  • Saat layar laptop tertutup, JANGAN meletakkan benda atau barang apapun di atasnya terutama barang yang berat

Pesan dari Tekno Jempol, perlakukan laptop dengan hati-hati jika masih digunakan untuk keperluan penting. Jangan sembrono dan sembarangan. Sebab, resiko yang ditimbulkan bisa sangat mahal.

Demikian beberapa cara dan langkah-langkah mengatasi layar laptop bergaris dan dead pixel. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat..

Apakah kalian punya pengalaman atau pendapat yang berbeda ? Tuliskan lewat kotak komentar di bawah. Usahakan sesuai topik artikel ini.
Tulis komentar