Skip to main content

3+ Cara Mengatasi Kecerahan Layar Laptop Yang Tidak Berfungsi

Salah satu bagian penting pada layar monitor komputer adalah brightness yang artinya kecerahan. Fungsi dari brightness adalah untuk mencerahkan layar monitor komputer desktop/laptop sehingga lebih nyaman di mata saat digunakan. Pada OS Windows, kecerahan layar ini bisa diatur secara manual atau otomatis.

Dalam beberapa kasus, fitur pengaturan brightness ini ternyata tidak berfungsi sama sekali. Alhasil, layar monitor laptop menjadi cukup gelap dan atau terlalu terang tanpa bisa diatur. Akibatnya, pandangan mata menjadi tidak nyaman yang akhirnya membuat pengoperasian laptop terganggu.

Cara memperbaiki brightness/kecerahan layar laptop yang tidak bisa diatur

Kali ini, Tekno Jempol akan menjelaskan beberapa cara dan langkah-langkah mengatasi brightness atau kecerahan layar pada laptop Windows 11 atau Windows 10 yang tidak dapat berfungsi dengan semestinya.

Penyebab kecerahan laptop tidak bisa diatur secara normal

Kenapa kecerahan/brightness pada layar laptop tidak berfungsi ? Berikut ini beberapa hal yang jadi penyebabnya

  • Driver display error atau memiliki bug
  • Driver display tidak dapat bekerja dengan semestinya
  • Ada masalah dengan sistem operasi (Windows misalnya) seperti bug, error, atau crash
  • Kendala pada hardware monitor atau GPU (Graphic Processing Unit)
  • Infeksi virus dan malware
  • dll

Ada dua hal yang berkaitan dengan tampilan atau display pada komputer. Yaitu layar monitor dan perangkat GPU. Jika driver atau hardware keduanya bermasalah, sudah pasti tampilan komputer menjadi tidak sempurna. Salah satunya fitur pengaturan brightness yang tidak berfungsi normal.

Baca juga :Cara mengatasi layar laptop bergaris & dead pixel

Cara mengatur kecerahan layar laptop

Semua produk laptop pasti punya fungsi untuk mengatur kecerahan layar tampilan. Salah satunya yaitu melalui kombinasi tombol keyboard. Silahkan kalian periksa sendiri tombol keyboard pada laptop yang digunakan. Di sana pasti tersedia tombol dengan fungsi khusus untuk mencerahkan dan meredupkan tampilan layar monitor laptop (ikon matahari).

Setiap produk laptop mungkin punya kombinasi tombol keyboard yang berbeda-beda. Untuk itu, kalian sebaiknya cek langsung pada fisik keyboard atau membaca buku petunjuk manual laptop yang disertakan. Misalnya, fungsi pengaturan kecerahan layar laptop menggunakan tombol FN + F5 atau F6.

Credit : How to Geek

Selain melalui tombol keyboard, pengaturan kecerahan layar laptop juga dapat diakses lewat notifikasi Action Center.

  1. Buka notifikasi Action Center. Klik ikon notifikasi (paling pojok kanan bawah) Taskbar atau tekan tombol Win + A
  2. Geser slider kecerahan layar (ikon matahari) ke arah kiri untuk mengurangi kecerahan (meredupkan) layar atau arah kanan untuk menambah kecerahan tampilan
  3. Atur kecerahan tampilan layar monitor sesuai kebutuhan atau kenyamanan pandangan mata.
Baca juga : Cara mengatur kecerahan & meredupkan layar laptop

Pastikan driver display telah bekerja

Sebetulnya, saat menyalakan laptop (atau PC desktop) dan pada layar monitor telah muncul tampilan booting/sistem operasi artinya mekanisme kerja komputer telah berfungsi. Termasuk fungsi display. Jika tidak ada masalah, fungsi pengaturan brightness seharusnya juga bisa digunakan.

Agar lebih pasti, kalian dapat mengecek kondisi driver hardware yang berhubungan dengan komponen display. Yaitu adaptor display dan monitor. Berikut ini langkah-langkahnya

  1. Buka aplikasi Device Manager
  2. Tekan tombol Win + X lalu pilih Device Manager
  3. Cek bagian/komponen Display Adapters
  4. Pilih diver GPU yang tersedia semisal Intel, Nvidia, dan AMD
  5. Klik kanan, lalu pilih Properties
  6. Pada bagian Device status, pastikan tertulis "working properly"
  7. Ulangi juga untuk komponen Monitors

Instal driver GPU dengan tepat

Masih berkaitan dengan penjelasan sebelumnya, kadang driver GPU juga mengalami kendala. Biasaya akan muncul ikon tanda seru (!), tanda silang (x), atau statusnya tertulis "error". Sebaiknya, driver hardware GPU diinstal ulang dengan tepat agar kembali dapat berfungsi.

  1. Cari driver perangkat GPU untuk laptop yang digunakan. Baca juga : Cara Download Driver Laptop Windows 10 & Windows 11
  2. Instal driver tersebut dengan mengikuti alur langkah-langkahnya hingga selesai
  3. Restart komputer jika diperlukan

Restart driver GPU

Sistem operasi Windows 10 menyediakan fungsi untuk merestart driver perangkat GPU. Nantinya, driver GPU bisa kembali bekerja secara optimal. Termasuk fungsi kecerahan laptop agar bisa digunakan kembali.

Caranya sangat mudah. Cukup tekan tombol Win + Ctrl + Shift + B secara bersamaan. Tampilan layar  mungkin akan berkedip selama beberapa detik dan akan kembali normal seperti sediakala. Cara ini terbilang sangat mudah sehingga dapat dilakukan oleh siapapun.

Baca juga : Cara mengatasi layar laptop hitam tapi masih menyala

Lakukan update OS Windows

Windows update sebenarnya sangat penting untuk digunakan. Sebab, dengan memperbarui sistem operasi tidak hanya menambah fitur/fungsi baru, tapi juga memperbaiki error dan bug yang ada. Bahkan, update Windows bisa juga untuk memperbarui driver hardware.

Cara melakukan update pada Windows 10 atau Windows 11 cukup mudah. Berikut ini langkah-langkahnya

  1. Pastikan laptop sudah terkoneksi dengan internet
  2. Tekan tombol Win + X lalu pilih Settings. 
  3. Bisa juga dengan membuka menu Start lalu pilih menu Settings
  4. Buka opsi Update & Security
  5. Klik tombol Check for updates dan tunggu hingga selesai. OS Windows otomatis akan mengunduh dan menginstal pembaruan jika memang ada
  6. Klik link View optional updates (jika tersedia)
  7. Pada bagian Driver updates, beri tanda centang pada semua pembaruan driver
  8. Klik tombol Download and install
  9. Tunggu hingga proses mengunduh dan instalasi driver selesai

Setelah melakukan langkah-langkah di atas, harusnya fungsi pengaturan brightness layar laptop sudah bisa digunakan. Akhir kata, selamat mencoba dan semoga bermanfaat...

Apakah kalian punya pengalaman atau pendapat yang berbeda ? Tuliskan lewat kotak komentar di bawah. Usahakan sesuai topik artikel ini.
Tulis komentar