Skip to main content

Urutan MacBook Pro dan Air Hingga yang Terbaru

Urutan MacBook Pro dan Air Hingga yang Terbaru

Revolusi teknologi dalam ranah komputasi portabel telah mengukir jejak yang menarik dan tidak terelakkan dalam urutan MacBook. Dari awal peluncuran hingga penyertaan teknologi terbaru seperti prosesor Apple Silicon, MacBook menghadirkan dunia komputasi dengan perspektif yang baru dan canggih.

Sejak awal, MacBook membawa transisi monumental dari prosesor PowerPC ke Intel yang menghadirkan kinerja tangguh dan pengalaman mengesankan bagi pengguna. Tidak hanya, MacBook Air atau Pro memperkenalkan era laptop tipis dan ringan sehingga memungkinkan mobilitas tanpa batas.

Dalam perjalanan menuju masa kini, MacBook dengan Apple Silicon telah memanifestasikan kecepatan, efisiensi energi, dan kreativitas tanpa batas. Dalam konteks perubahan berkelanjutan, kita akan memandang potensi positif dari perbedaan MacBook Pro dan Air yang menanti di masa depan.

Inovasi tak berujung dan performa yang semakin tinggi tergabung dalam ciri khas MacBook. Dari artikel ini akan menuntun kalian melalui manfaat dan panduan yang akan menginspirasi penggunaan perangkat MacBook yang semakin canggih dan bertransformasi.

Awal mula urutan evolusi MacBook

  1. 2006 : MacBook dan MacBook Pro Original
  2. 2008 : MacBook Air, MacBook (Unibody) dan MacBook Pro (Unibody)
  3. 2010 : MacBook Air (Unibody)
  4. 2012 : MacBook Pro dengan layar Retina

MacBook pertama dan transisi ke prosesor Intel

MacBook generasi pertama
MacBook generasi pertama

Saat melakukan transisi Mac ke prosesor Intel di tahun 2006, Apple merilis laptop yang bernama MacBook sebagai pengganti dari seri laptop iBook berbasis PowerPC. Selama eksistensinya, MacBook merupakan laptop Mac untuk tingkat pemula yang lebih terjangkau.

MacBook menargetkan pasar konsumer dan pendidikan. Revisi-revisi berkelanjutan dari MacBook tersedia untuk konsumen antara Mei 2006 hingga Juli 2011. Apple terus menjual MacBook kepada lembaga pendidikan hingga Februari 2012.

Selama eksistensinya, MacBook merupakan Mac yang paling laku dalam sejarah Apple. Selama lima bulan pada tahun 2008, MacBook merupakan laptop yang paling laku dari merek manapun di toko ritel AS. Secara kolektif, merek MacBook merupakan produk laptop premium paling laris di dunia.

Ada tiga desain MacBook yang berbeda. Desain pertama menggunakan campuran casing polikarbonat dan serat kaca yang mirip dengan iBook G4.

Pada Oktober 2008, desain kedua hadir dengan casing aluminium unibody tetapi tidak memiliki port FireWire. Desain ketiga rilis pada akhir tahun 2009 yang tetap mempertahankan konstruksi unibody namun kembali ke bahan polikarbonat putih.

MacBook Pro dengan layar Retina: Pembaruan dalam kualitas tampilan

MacBook Pro dengan layar Retina
MacBook Pro dengan layar Retina (2006)

Seri MacBook apa saja? MacBook Pro merupakan seri laptop Mac yang meluncur pada Januari 2006. Seri laptop Apple ini merupakan lini produk yang lebih tinggi dalam keluarga MacBook dengan spesifikasi laptop terbaik. Sebab, berada di atas seri MacBook orisinal yang menargetkan kelas konsumer.

MacBook Pro versi awal menggunakan desain yang mirip PowerBook G4, namun menggunakan chip prosesor Intel Core. Selain itu, MacBook Pro juga menambahkan kamera web dan memperkenalkan konektor daya MagSafe. Model MacBook Pro 15 inci tersedia pada Januari 2006 dan model 17 inci pada April 2006.

Revisi-revisi MacBook Pro berikutnya menambahkan dukungan prosesor Intel Core 2 Duo dan layar LED-backlit. Model MacBook Pro unibody 15 inci debut pada Oktober 2008 dan varian layar 17 inci rilis pada Januari 2009. Pada bulan yang sama, varian 13 inci hadir pada lini produk laptop MacBook Pro.

Model "unibody" merupakan model dengan bahan potongan aluminium. Juga memiliki layar datar yang lebih tipis, desain trackpad dengan permukaan keseluruhan berupa tombol yang dapat diklik, dan rancangan keyboard baru. Pembaruan berikutnya membawa dukungan prosesor Intel Core i5 dan i7 serta memperkenalkan port Thunderbolt dari Intel.

Revisi MacBook Pro selanjutnya menyertakan layar Retina beresolusi tinggi 15 inci yang rilis pada Juni 2012 dan model 13 inci pada Oktober 2012. Varian MacBook Pro ini lebih tipis dari pendahulunya dan juga telah menggunakan penyimpanan SSD serta menambahkan port HDMI. Namun, pada seri ini telah menghilangkan port Ethernet, FireWire, dan drive optik.

MacBook Air: Revolusi tipis dan ringan

MacBook Air
MacBook Air generasi pertama

Apple memperkenalkan varian MacBook ini pertama kali pada tahun 2008. MacBook Air menjadi notebook dengan target konsumen pemula sejak penghentian lini MacBook asli pada tahun 2011. Varian MacBook ini dibanderol dengan harga yang lebih murah ketimbang MacBook Pro.

MacBook Air terkenal sebagai laptop ultra portabel premium dengan layar 13,3 inci dan keyboard ukuran penuh. Hal ini ada karena promosi MacBook Air sebagai notebook teringan di dunia. Alhasil membuka kategori laptop baru yaitu keluarga ultrabook.

Desain MacBook Air yang ramping sebab tidak menyertakan drive optik dan memiliki port lebih sedikit daripada produk laptop yang beredar saat itu.

Pada tahun 2010, desain MacBook Air berubah dengan body meruncing dan Apple merilis versi 11,6 inci. Penyimpanan SSD kini menjadi standar MacBook dan revisi-revisi berikutnya menambahkan dukungan prosesor Intel Core i5 atau i7 serta port Thunderbolt.

Urutan MacBook di Era Modern dengan Teknologi Baru

  1. 2015 : MacBook layar 12 inci (Retina)
  2. 2016 : MacBook Pro dengan Touch Bar
  3. 2018 : MacBook Air dengan layar Retina

MacBook 2015: Desain yang lebih ramping dan port USB-C

MacBook 2015
MacBook 2015

Pada tahun 2015, Apple memperkenalkan urutan MacBook 12 inci atau terkenal sebagai MacBook Retina dan secara resmi hadir sebagai MacBook baru. Varian MacBook ini menempati posisi di antara MacBook Air dan MacBook Pro dalam lini produk laptop Apple.

MacBook baru ini lebih kompak ketimbang dengan notebook lain dalam keluarga MacBook pada saat itu. Beberapa hal baru yang tersedia yaitu menyertakan layar Retina, desain tanpa kipas, keyboard Butterfly dengan perjalanan tombol yang lebih pendek.

Selain itu, MacBook 2015 telah memiliki port USB-C yang bisa kalian gunakan untuk konektor daya dan data serta tersedianya jack headphone 3,5mm.

MacBook baru 2015 mendapat revisi pada tahun 2017 dengan menghadirkan Prosesor Intel Kaby Lake m3, i5, dan i7 berikut keyboard kupu-kupu generasi kedua, dan penyimpanan serta memori yang lebih cepat. Sayangnya, Apple menghentikan pemasaran varian produk MacBook ini pada bulan Juli 2019.

MacBook Pro dengan Touch Bar: Interaksi baru melalui Touch Bar

MacBook Pro dengan Touch Bar
MacBook Pro dengan Touch Bar

MacBook Pro dengan Touch Bar rilis pada Oktober 2016 dan telah mengadopsi USB-C untuk semua port data atau daya serta menyertakan keyboard butterfly yang lebih dangkal. Pada semua model kecuali model dasar, tombol fungsi berganti dengan strip layar sentuh yakni Touch Bar dengan sensor Touch ID  dan terintegrasi pada tombol daya.

Revisi pada November 2019 untuk MacBook Pro dengan Touch Bar memperkenalkan Magic Keyboard yang menggunakan mekanisme sakelar gunting. MacBook Pro Touch Bar menggunakan layar 16 inci dengan bezel tipis yang kemudian diikuti untuk model 13 inci pada Mei 2020.

Revisi ini juga memodifikasi Touch Bar karena pengguna mengeluh tentang tombol ESC yang menghilang dan tidak bisa keluar dari aplikasi. Oleh karena itu, Apple kemudian mengembalikan tombol tersebut sebagai tombol utuh sebelumnya.

MacBook Air dengan layar Retina

MacBook Air dengan layar Retina
MacBook Air dengan layar Retina

Pada Oktober 2018, MacBook Air mengalami perubahan desain besar yaitu menghilangkan port USB Type-A, MagSafe, slot kartu SD, dan dua port USB-C/Thunderbolt 3 serta jack headphone.

Varian MacBook Air kini juga mengimplementasikan layar Retina dan prosesor Intel i5 Y-series (Amber Lake). Selain itu, terdapat trackpad Force Touch, mekanisme tombol kupu-kupu generasi ketiga, dan sensor Touch ID.

Urutan MacBook dengan Apple Silicon (Chip Apple seri M)

  1. 2020 : MacBook Pro 13 inci M1 dan MacBook Air M1
  2. 2021 : MacBook Pro M1 Pro & M1 Max
  3. 2022 : MacBook Air M2
  4. 2023 : MacBook Pro M2 Pro & M2 Max

MacBook Air dan MacBook Pro 13 inci (2020): Pengenalan prosesor Apple M1

MacBook Air M1
MacBook Air M1

Pada November 2020, Apple mengeluarkan urutan MacBook Air dan MacBook Pro 13 inci yang menggunakan system-on-a-chip (SoC) M1 buatannya sendiri. Kedua varian MacBook ini merupakan komputer Mac pertama dengan lini prosesor kustom berbasis ARM64 dan meninggalkan chip prosesor Intel.

Perangkat MacBook Air M1 ini menggunakan desain tanpa kipas (kecuali MacBook Pro 13 inci) dan menambahkan dukungan untuk Wi-Fi 6, Thunderbolt 3 atau USB4. Kedua varian MacBook Air atau Pro M1 hanya dapat menjalankan satu layar eksternal ketimbang model berbasis Intel sebelumnya yang mampu menjalankan dua layar 4K.

Varian MacBook M1 ini memiliki kamera FaceTime beresolusi 720p dengan pembenahan prosesor ISP (Image Signal Processor) untuk mengolah video berkualitas tinggi.

MacBook Pro (2021) dengan Apple M1 Pro & Max

MacBook Pro (2021)
MacBook Pro (2021)

Oktober 2021, Apple menggantikan MacBook Pro berbasis prosesor Intel dengan MacBook Pro berukuran 14 inci dan 16 inci yang kini juga memakai chip Apple silicon baru yaitu M1 Pro dan M1 Max. Kedua SoC buatan Apple ini memang khusus untuk pengguna profesional.

Apple mengatasi banyak kritik terhadap MacBook Pro Touch Bar dengan mengembalikan tombol fungsi keras sebagai pengganti Touch Bar. Selain itu, MacBook Pro dengan M1 Pro & Max memiliki port HDMI, pembaca kartu SD, pengisian MagSafe, dan kapasitas memori yang lebih tinggi.

Penambahan lain meliputi layar Liquid Retina XDR dengan bingkai yang lebih tipis dan poni mirip iPhone serta ProMotion dengan penyegaran variabel. Kini MacBook Pro M1 mnggunakan kamera webcam 1080p, Wi-Fi 6, 3 port Thunderbolt, sistem suara 6-speaker yang mendukung Dolby Atmos, dan dukungan untuk beberapa layar eksternal.

Model-model baru ini memiliki desain yang lebih tebal dan lebih kotak daripada pendahulunya yang menggunakan chip Intel. Papan ketik memiliki tombol fungsi ukuran penuh yang ditempatkan dalam lubang hitam beranodized ganda. Branding MacBook Pro telah hilang dari bingkai layar bagian bawah namun sebagai gantinya terukir di bagian bawah bodi.

MacBook (2022) dengan SoC Apple M2

Pada Juli 2022, Apple merilis MacBook Air yang berbasis pada sistem chip baru Apple M2. Pembaruan ini menggabungkan beberapa elemen desain dari model MacBook Pro M1 Pro dan M1 Max. Misalnya seperti desain datar, tombol fungsi ukuran penuh, serta layar Liquid Retina 60 Hz dengan sudut melengkung.

Laptop 13 inchi ini mempunyai poni layar untuk webcam 1080p, dua port kombinasi Thunderbolt 3 atau USB 4 dan menambahkan pengisian MagSafe.

Pada bulan Januari 2023, MacBook Pro M1 14 inci dan 16 inci diperbarui dengan Apple M2 Pro dan M2 Max. Model baru ini memiliki RAM hingga 96 GB, mendukung HDMI 2.1 untuk layar eksternal 8K, serta mendukung Wi-Fi 6E.

Apple mempromosikan model 16 inci baru ini dengan "daya baterai hingga 22 jam", yang diklaim sebagai masa pakai baterai terpanjang yang pernah ada dalam sebuah Mac.

Kesimpulan

Dari peluncuran awal hingga generasi terbaru, urutan MacBook telah mengalami perjalanan yang menakjubkan. Dengan adanya prosesor Apple Silicon, performa yang superior, dan potensi inovasi masa depan, MacBook terus membawa revolusi dalam dunia komputasi portabel.

Menjadi sumber daya penting bagi produktivitas modern, MacBook telah membuktikan dirinya sebagai mitra tak tergantikan bagi para profesional dan pengguna umum. Tentu termasuk MacBook yang cocok untuk mahasiswa.

Sebagai penggemar teknologi, Tekno Jempol sangat terkesan dengan kemajuan yang MacBook telah lakukan sepanjang tahun. Peralihan ke prosesor Apple Silicon telah membawa perubahan besar dalam cara kita memandang kinerja dan efisiensi laptop.

Tekno Jempol percaya bahwa MacBook akan terus menjadi pemimpin dalam industri ini, menghadirkan inovasi yang mendukung kebutuhan pengguna dalam menghadapi tantangan teknologi yang terus berkembang.

Baca juga artikel terkait :

Apakah kalian punya pengalaman atau pendapat yang berbeda? Tuliskan lewat kotak komentar di bawah. Usahakan sesuai topik artikel ini.
Buka Komentar
Tutup Komentar