Skip to main content

6 Cara Menghemat Kuota Tethering di Laptop Windows 10

Di negara ini, beberapa ISP (Internet Service Provider) menawarkan jasanya dengan mekanisme paket kuota bandwidth atau dikenal dengan paket data. Misalnya layanan internet pada operator jaringan seluler. Sistem semacam ini menuntut penggunanya untuk lebih efisien dalam pemakaian akses internet.

Umumnya, penggunaan layanan internet ini dilakukan dengan cara menghubungkan laptop pada handphone (Android) melalui sinyal jaringan Wifi hotspot atau dikenal dengan istilah tethering. Cara ini cukup fleksibel karena bisa dilakukan dimana saja tanpa harus memakai jaringan wifi publik.

Pengguna layanan tersebut tentu tidak dapat mengakses internet jika kuota paket data internet sudah maksimal (habis). Apalagi jika menggunakan komputer laptop atau desktop dengan sistem operasi Windows 10. Sistem operasi ini terkenal dengan fitur updatenya yang cukup menguras bandwidth.

Cara menghemat kuota internet saat tethering ke laptop/PC desktop Windows 10

Daftar isi

Kali ini, Tekno Jempol akan menjelaskan beberapa cara untuk menghemat paket data internet khususnya saat tethering ke laptop Windows 10 atau Windows 11. Dengan begitu, layanan paket bandwidth internet yang digunakan bisa terkontrol. Syukur-syukur, kuota internet bisa lebih hemat dan lebih tahan lama.

Periksa penggunaan kuota internet secara rutin

Hal pertama yang bisa dilakukan guna lebih menghemat kuota internet di laptop yaitu memantau penggunaan bandwidth secara berkala. Windows 10 sudah menyediakan fitur untuk melakukan hal tersebut. Berikut ini langkah-langkahnya

  1. Masuk ke Settings dengan cara tekan tombol Win + I
  2. Pilih menu Network & Internet
  3. Klik opsi Data usage

Di situ akan tampil daftar aplikasi berikut pemakaian bandwidth/kuota internet selama 30 hari. Aplikasi yang tidak terlalu dibutuhkan tapi menyedot kuota internet cukup banyak sebaiknya dikurangi penggunaannya. Jika perlu, aplikasi tersebut diuninstall saja.

Baca juga : Begini Cara hemat Kuota Youtube agar tidak boros

Hindari menonton/streaming video

Seperti yang kita tahu, media informasi berbasis visual dan audio memiliki ukuran yang cukup besar. Saat mengakses informasi tersebut, diperlukan bandwidth internet yang juga besar. Semakin lama atau semakin sering mengakses informasi visual audio, semakin cepat kuota data internet akan habis.

Oleh karena itu, kurangi atau bahkan hindari menonton video Youtube, streaming film, dan mendengarkan musik jika sedang memakai paket kuota data internet. Kalaupun ingin melakukan hal tersebut, sebaiknya gunakan layanan internet dengan bandwidth tidak terbatas (unlimited).

Bila masih terpaksa memakai paket kuota data, atur kualitas/resolusi paling rendah guna mencegah penggunaan bandwidth yang terlalu banyak. Langkah alternatifnya, download konten tersebut secara manual agar dapat dinikmati pada saat offline.

Baca juga : Cara Menghemat Kuota Internet Pada HP Android

Matikan fitur Windows Update

Windows Update merupakan fungsi untuk memperbarui sistem Windows 10. Fungsi ini cukup penting karena berguna untuk memperbaiki sistem yang bermasalah dan kadang menambah fitur/fungsi baru.

Masalahnya, proses update akan mengunduh file-file baru yang ukurannya kadang cukup besar sehingga bisa memakan kuota internet. Belum lagi jika proses update Windows berjalan otomatis begitu PC laptop terhubung internet. Instalasi update terbaru juga cukup menyita waktu dan resource sehingga akan membebani sistem.

Credit : detik inet

Nah, jika mengalami hal ini, kalian bisa menonaktifkan Windows Update untuk sementara waktu. Berikut ini langkah-langkahnya

  1. Buka menu Start kemudian pilih Settings
  2. Atau kalian bisa menekan tombol Win + I
  3. Pilih opsi Update & Security
  4. Pada bagian Windows Update, pilih Pause updates

Nantinya, fitur Windows Update akan nonaktif selama setidaknya seminggu (7 hari). Setelahnya, fitur tersebut akan kembali aktif seperti semula. Kalian juga dapat menonaktifkan fitur Windows Update secara permanen agar tidak membebani koneksi internet. Begini langkah-langkahnya untuk Windows 10

  1. Buka Windows Service. Caranya buka aplikasi Task Manager (tekan tombol Ctrl + Shift + Esc), buka tab Services, klik link Open Services di bagian bawah aplikasi
  2. Cari service dengan nama Windows Update
  3. Klik kanan service tersebut
  4. Pilih Properties
  5. Pada label Startup Type, pilih Disable
  6. Jika ingin menghentikan service yang sedang berjalan, klik tombol Stop
  7. Klik tombol Apply/OK

Di sini Tekno Jempol tidak menyarankan untuk mematikan fitur Windows Update secara penuh, namun cukup diset ke posisi manual. Ini dikarenakan fitur tersebut dirasa cukup penting sehingga bisa digunakan kapanpun.

Baca juga : Cara mematikan Windows Update pada Windows 10 sementara/permanen

Aktifkan fitur Metered Connection

Untuk yang belum tahu, Metered Connection adalah fitur Windows 10 yang berfungsi untuk membatasi penggunaan bandwidth internet. Tujuannya tentu agar pemakainan kuota internet bisa lebih terkontrol sehingga bisa lebih hemat. Jika menggunakan paket data internet dari operator seluler, fitur ini sebaiknya diaktifkan.

Berikut ini langkah-langkah mengaktifkan fitur Metered Connection

  1. Buka menu Start kemudian pilih Settings atau
  2. Bisa dengan menekan tombol Win + I
  3. Pilih menu Network & Internet
  4. Pada sisi kiri, pilih menu Wifi. Asumsinya, laptop terkoneksi pada hostpost tethering
  5. Buka jaringan Wifi yang sudah terkoneksi
  6. Cek pada bagian Metered Connection
  7. Pada Set as Metered Connection, pastikan dalam posisi On
Credit : 4sysops.com

Matikan fitur Delivery Optimization

Fitur ini berfungsi untuk "berbagi" update lewat jaringan lokal (peer to peer update). Saat mengunduh pembaruan (Windows update), sistem akan mengirim sebagian update pada jaringan lokal tempat laptop/PC desktop terhubung. Nantinya, komputer lain dapat menggunakan update tersebut guna mempercepat proses download.

Sayangnya, fitur ini akan membuat pemakaian bandwidth menjadi semakin besar. Akibatnya penggunaan kuota data internet lebih cepat habis. Untuk itu, sebaiknya fitur ini dinonaktifkan saja. Berikut ini langkah-langkahnya

  1. Buka menu Start kemudian pilih Settings
  2. Atau kalian bisa menekan tombol Win + I
  3. Pilih menu Update & Security
  4. Pada bagian kiri, pilih opsi Delivery Optimization
  5. Pada bagian Allow download from other PCs, pastikan dalam posisi Off

Perlu diketahui, fitur ini mungkin tidak akan aktif jika Metered Connection sedang aktif.

Nonaktifkan Microsoft Store Update

Aplikasi Microsoft Store kurang lebih serupa dengan aplikasi Google Play Store pada smartphone Android dan App Store pada produk-produk Apple. Cara pengoperasiannya pun tidak jauh berbeda. Bahkan aplikasi ini juga mendukung update secara otomatis.

Agar tidak terlalu banyak memakan kuota internet, fungsi update otomatis ini sebaiknya dimatikan saja. Berikut ini langkah-langkahnya

  1. Buka aplikasi Microsoft Store. Cari aplikasi ini pada menu Start
  2. Klik ikon Sign-in pada bagian kanan atas
  3. Pilih App Settings
  4. Pada opsi App updates (automatically), atur pada posisi Off

Itulah beberapa cara melakukan penghematan paket kuota data internet. Selain Windows 10/Windows 11, bisa juga diterapkan pada Windows versi sebelumnya. Demikian, selamat mencoba dan semoga bermanfaat..

Apakah kalian punya pengalaman atau pendapat yang berbeda ? Tuliskan lewat kotak komentar di bawah. Usahakan sesuai topik artikel ini.
Tulis komentar