Skip to main content

Cara Optimasi Website/Blog Dan Mengecek Backlink Berkualitas

Secara sederhana, backlink adalah sejumlah tautan atau link yang mengarah ke situs web tertentu pada suatu halaman web. Salah satu fungsi backlink yaitu menyediakan referensi tambahan yang mungkin belum tersedia dalam situs web tersebut.

Selain itu, backlink juga bisa menandakan suatu situs web memiliki konten yang bagus, berkualitas, dan terpercaya. Hal ini disebabkan karena banyak link atau tautan yang mengarah pada situs web tersebut guna mendapatkan informasi rujukan.

Mesin pencari populer seperti Google juga menggunakan backlink sebagai salah satu parameter untuk menentukan hasil pencarian. Situs web yang mendapatkan banyak backlink terutama backlink yang berkualitas, berpotensi mendapatkan rangking tinggi dalam pencarian sehingga bisa meningkatkan trafik kunjungan situs web tersebut.

Ciri-ciri backlink yang berkualitas

Mungkin, situs web bisa saja memiliki banyak backlink. Namun, tentu tidak semua dikategorikan berkualitas. Bahkan, search engine Google pun sudah sangat canggih untuk menentukan backlink yang berkualitas atau tidak. Berikut ini beberapa kriteria backlink yang bisa dikatakan berkualitas

Natural

Maksudnya, backlink yang bagus adalah backlink yang benar-benar buatan personal manusia, bukan hasil otomatisasi tools, script, atau aplikasi tertentu (buatan mesin). Backlink buatan manusia secara pribadi biasanya lebih mudah dipahami oleh pengunjung situs web maupun mesin pencari.

Backlink hasil otomatisasi sebenarnya bisa juga berkualitas. Namun pada banyak kasus, backlink semacam ini terlihat agak aneh untuk dikenali oleh pengunjung karena lebih berorientasi pada mesin pencari. Backlink ini bisa dibuat dalam jumlah yang sangat banyak dalam waktu yang relatif singkat.

Akibatnya, banyak backlink tersebut yang akhirnya dinilai sebagai spam dan berujung menjadi backlink yang tidak berkualitas. Akibatnya, mesin pencarian akan menganggap situs web tersebut kurang layak sehingga bisa menurukan rangking dalam hasil pencarian

Relevansi

Halaman web yang memberikan tautan atau link ke situs lain, harusnya memiliki isi konten yang berkaitan dengan situs yang dimaksud. Dengan begitu, backlink yang diberikan menjadi lebih relevan.

Kenapa begitu ? Nanti, pengunjung atau mesin pencari sama-sama lebih mudah dalam mengenali backlink tersebut. Khusus mesin pencari, akan menganggap link yang saling berkaitan menjadi salah satu backlink berkualitas. Hasilnya ? Hasil pencarian untuk situs web tersebut bisa lebih baik.

Selain kriteria di atas, masih ada beberapa aspek lain dalam backlink berkualitas. Misalnya

  • Memiliki otoritas. Seperti situs web yang dimiliki/berafiliasi dengan instansi resmi (pemerintah, atau kelompok masyarakat), tokoh publik, dan badan usaha.
  • Trafik kunjungan yang tinggi bisa dikatakan jika situs web tersebut memiliki konten yang berkualitas. Oleh karena itu, situs web akan berpeluang mendapatkan trafik kunjungan tambahan jika mendapatkan backlink dari situs lain yang juga memiliki trafik kunjungan tinggi
  • Dan masih banyak kriteria lainnya

Mengoptimalkan website/blog dengan backlink berkualitas

Backlink berkualitas menjadi salah satu aspek penting untuk mengoptimalkan performa sebuah situs web. Semakin tinggi kualitas backlink yang didapat, semakin tinggi pula kesempatan website/blog untuk mendapatkan rangking hasil pencarian.

Sekarang pertanyaannya, bagaimana cara mendapatkan backlink yang berkualitas ?

Buat konten yang berkualitas

Hal pertama yang harus dilakukan agar mendapatkan backlink yaitu membuat konten yang berkualitas. Sudah pasti, konten menjadi alasan pengunjung mengakses suatu website atau blog. Konten website atau blog yang bagus akan disukai oleh pengunjung, bukan begitu ?

Semakin banyak pengunjung, semakin tinggi potensi untuk mendapatkan backlink. Hal ini disebabkan karena konten tersebut menjadi referensi banyak pengunjung website. Tidak hanya itu, backlink ditambah trafik kunjungan yang tinggi menjadi poin tambahan bagi mesin pencarian.

Kalian juga bisa melakukan guest post atau membuat konten berkualitas untuk website pihak lain. Sebagai imbalan, kalian akan mendapatkan backlink dari website tersebut. Guest post merupakan cara yang cukup mudah untuk membangun backlink yang berkualitas.

Share ke media sosial

Setelah konten dibuat, pengunjung yang mengakses konten tersebut mungkin belum begitu banyak. Di sini kalian bisa membagikan konten tersebut ke tempat lain. Misalnya seperti media sosial, forum, atau grup diskusi yang berkaitan dengan topik konten tersebut.

Kini, media sosial bisa menjadi backlink yang luar biasa. Terutama jika konten yang dibikin unik dan menarik. Potensi untuk diakses, dibagikan, dan dibicarakan sangat tinggi. Sebagai contoh, silahkan cek konten yang sedang trending, populer, atau mungkin yang sedang viral.

Backlink dari media sosial juga mampu membuka potensi yang lebih luas. Misalnya kolaborasi dari tokoh-tokoh publik terkenal pada suatu media sosial. Diantaranya yaitu influencer atau pihak yang memiliki pengaruh untuk para pengikutnya.

Konten yang disukai oleh influencer, berpeluang juga akan dikenal oleh pengikut influencer. Alhasil, konten website tersebut mendapatkan exposure yang luar biasa. Mesin pencari akan menilai konten tersebut penting dan layak untuk mendapatkan rangkin dalam hasil pencarian.

Menggunakan jasa backlink

Saat ini telah hadir layanan jasa untuk membangun backlink dari berbagai pihak. Layanan atau jasa ini akan membantu pemilik website dan blog mendapatkan backlink berkualitas dengan cara yang mudah dan praktis. Tentu saja akan ada biaya tertentu dari layanan dan jasa tersebut.

Layanan seperti ini banyak digunakan oleh pelaku usaha. Misalnya untuk memperkenalkan usaha atau mempromosikan produk baru mereka.

Backlink checker by Nick Youngson CC BY-SA 3.0 Pix4free

Mengecek backlink

Bagaimana sih cara mengecek backlink suatu website ? Adakah tools atau alat cek backlink website ? Jawabannya, ADA. Berikut ini beberapa tools backlink checker yang bisa digunakan

Google Search Console

Jika kalian mengelola suatu website atau blog, rasanya tidak mungkin meninggalkan tools satu ini. Ya, Google Search Console akan menyediakan data-data mengenai kinerja website atau blog. Diantaranya seperti data lalu lintas pengunjung, query pencarian, impresi dalam hasil pencarian, dan seterusnya.

Kaitannya dengan backlink, tools ini juga bisa menunjukkan data mengenai link/tautan dari situs web lain. Data-data tersebut bisa kalian gunakan sebagai pertimbangan untuk mengoptimalkan website atau blog.

Ahrefs

Adalah tools untuk melakukan analisa website/blog. Ahrefs memiliki berbagai fitur untuk menampilkan data analisis yang cukup lengkap. Salah satunya yaitu fitur Site Explorer yang berfungsi untuk mengecek link/backlink.

Fitur Site Explorer mengijinkan untuk melihat trafik backlink dari hasil pencarian. Selain itu, bisa juga untuk mengintip backlink dari domain kompetitor. Data backlink yang ditampilkan cukup detail dan real-time. 

SEMrush

Untuk menggunakan tools ini, kalian akan diminta untuk membuat akun terlebih dulu. Untuk melakukan pengecekan backlink, kalian cukup memasukkan nama domain saja. Data back link yang ditunjukkan juga cukup lengkap.

Misalnya informasi mengenai backlink baru, kualitas backlink, dan halaman yang memiliki backlink.

UberSuggest

Tools ini dibuat oleh pakar digital marketing terkenal, yaitu Neil Patel. Sama seperti SEMrush, kalian juga diminta untuk membuat akun UberSuggest agar dapat menggunakan tools tersebut secara lengkap. Yang menarik adalah UberSuggest menyediakan layanan versi gratis.

UberSuggest menyediakan informasi mengenai backlink yang cukup lengkap dan real-time. Informasi yang tersedia juga cukup mudah dipahami. Jika ingin mendapatkan data yang lebih detail, kalian bisa menggunakan layanan versi berbayar.

Moz Pro

Menyediakan tools untuk mengecek backlink dengan nama Link Research. Di sini, Moz Pro menyediakan fitur Link Intersect untuk membandingkan backlink dengan website kompetitor. Selain itu, bisa juga untuk menemukan link yang rusak sehingga bisa segera diperbaiki.

Beberapa fitur Moz Pro bisa digunakan secara cuma-cuma dengan fitur yang sangat terbatas. Untuk bisa mengaksesnya secara lengkap, kalian harus menggunakan layanan versi berbayar.

Akhir kata, semoga bermanfaat...

Apakah kalian punya pengalaman atau pendapat yang berbeda ? Tuliskan lewat kotak komentar di bawah. Usahakan sesuai topik artikel ini.
Tulis komentar