Skip to main content

7 Cara Mengatasi Wifi Laptop Putus Nyambung

Salah satu pengalaman kurang menyenangkan saat browsing internet yaitu wifi laptop tiba-tiba mati sendiri. Gejalanya semisal wifi laptop mendadak disconect, koneksi internet sering putus nyambung, atau bahkan sinyal wifi tiba-tiba hilang. Akibatnya, aktivitas browsing jadi terganggu.

Jadi, kali ini Tekno Jempol akan membahas cara mengatasi/memperbaiki wifi laptop yang suka tiba-tiba terputus sendiri. Masalah seperti ini sebetulnya banyak dialami oleh pengguna laptop. Mungkin pengguna PC desktop dan handphone pun juga ikut mengalaminya. Hmmmm....!

Cara mengatasi wifi laptop putus nyambung

Daftar isi

Penyebab wifi laptop putus nyambung

Kenapa bisa terjadi wifi putus nyambung di laptop ? Apa sebabnya ? Di bawah ini beberapa hal yang bisa menyebabkan masalah tersebut, diantaranya yaitu

  • Sinyal jaringan wifi/hotspot/tethering lemah atau tidak stabil
  • Pengguna jaringan wifi terlalu banyak. Biasanya, dalam satu waktu ada banyak perangkat yang terkoneksi pada wifi secara bersamaan
  • Perangkat wifi laptop bermasalah, misalnya driver error
  • Error pada perangkat router atau access point
  • dan penyebab lainnya

Berikut ini langkah-langkah berikut cara mengatasi wifi sering putus di Windows 10. Biasanya dengan gejala seperti koneksi wifi sering putus atau wifi laptop disconnect sendiri.

Pastikan laptop dekat dengan sumber sinyal Wifi/hotspot

Clawed, CC BY-SA 3.0, via Wikimedia Commons

Cara pertama untuk mengatasi wifi laptop yang putus nyambung adalah memastikan laptop yang digunakan berada pada tempat yang dijangkau oleh sinyal Wifi. Kenapa harus begitu ? Sebab, tujuannya agar koneksi wifi/internet yang didapat bisa lebih nyaman dan stabil saat digunakan.

Nah, jika laptop digunakan pada tempat yang jauh dari sumber sinyal Wifi (Router/Access point), sinyal jaringan wifi yang terdeteksi tidak akan stabil/naik turun. Bahkan, mungkin tidak akan bisa tersambung dengan jaringan tersebut. Biasanya, akan tampil pesan error "No wifi networks found".

Lalu, bagaimana cara mengecek jangkauan sinyal jaringan wifi pada laptop ? Mudah kok! Cukup melihat ikon sinyal jaringan pada notification area (pojok kanan bawah Taskbar). Bila baris sinyal kelihatan penuh atau hampir penuh, berarti laptop telah masuk tepat pada jangkauan sinyal jaringan wifi.

Ternyata, baris sinyal jaringan wifi terlihat tidak stabil, naik turun, bahkan sering hilang, apa yang harus dilakukan ?

  1. Pindahkan laptop ke tempat yang mudah dijangkau oleh sinyal jaringan wifi. Biasanya jarak sekitar 10 meter dari laptop, sinyal wifi yang terdeteksi sudah cukup bagus dan stabil
  2. Kalian dapat menggunakan perangkat penguat sinyal Wifi (Wifi Extender). Perangkat ini akan memperkuat sinyal Wifi dan membuat jangkuan sinyal menjadi lebih luas. Jika menggunakan Wifi Extender, jangkauan sinyal wifi bisa lebih dari 10 meter.

Restart Wifi laptop

Cara berikutnya untuk mengatasi koneksi wifi di laptop sering putus yaitu dengan melakukan restart wifi. Cara ini bertujuan agar proses deteksi jaringan wifi bisa pulih dan bisa terkoneksi kembali. Berikut ini langkah-langkah melakukan restart ulang pada perangkat Wifi laptop

  1. Apabila laptop memiliki switch atau tombol power khusus Wifi, matikan switch tersebut lalu hidupkan kembali
  2. Atau klik ikon sinyal wifi pada notification area (pojok kanan bawah taskbar)
  3. Klik kotak Airplane mode untuk mengaktifkan Mode penerbangan
  4. Setelah itu, klik sekali lagi untuk mematikan Airplane mode
  5. Jika perlu, lakukan restart laptop sekaligus

Lakukan troubleshoot pada wifi laptop

Seandainya kasus wifi laptop suka putus sendiri masih terjadi, kalian bisa menjalankan fungsi troubleshoot untuk wifi. Troublesoot yaitu salah satu fitur pada sistem operasi Windows untuk menemukan dan melakukan perbaikan pada error yang sedang terjadi, kali ini koneksi dengan jaringan Wifi.

Begini cara melakukan troubleshooting pada wifi laptop di Windows 10

  1. Buka Settings dengan cara 
    1. bukamenu Start kemudia pilih menu Settings. Atau
    2. tekan tombol Win + X lalu pilih Settings
    3. Atau tekan tombol Win + I
  2. Pilih opsi Update & Security
  3. Pada sisi kiri, pilih Troubleshoot
  4. Klik Additional troubleshooters
  5. Pilih Network adapter lalu klik tombol Run troubleshooters
  6. Pilih Wifi
  7. Ikuti prosesnya hingga selesai

Kalau cara troubleshoot ini sukses, harusnya permasalahan koneksi laptop dengan jaringan Wifi dapat teratasi.

Matikan fitur penghemat daya wifi

Perangkat adaptor wifi pada laptop umumnya sudah memiliki fitur penghemat daya atau power saving. Fitur ini akan menyala apabila fungsi perangkat wifi sedang tak terpakai. Dengan demikian, pemakaian daya oleh adaptor wifi dapat diminimalisir. Hasilnya, baterai laptop menjadi lebih awet.

Hanya saja, fitur ini kadang bikin performa perangkat wifi pada laptop menjadi kurang maksimal. Contohnya, sinyal wifi putus nyambung secara tiba-tiba atau sinyal wifi yang terdeteksi menjadi naik turun. Nah supaya permasalahan seperti ini tidak lagi terulang, sebaiknya fitur power saving pada wifi dimatikan saja.

Bagaimana cara mematikan wifi power saving ? Berikut ini langkah-langkahnya

  1. Tekan tombol Win + X kemudian pilih Device Manager
  2. Pilih kategori Network Adapters
  3. Cari dan pilih perangkat adaptor Wifi laptop yang ada. Biasanya diberi label nama "802.11" atau "wireless"
  4. Klik kanan perangkat tersebut, lalu pilih opsi Properties
  5. Buka tab Power Management
  6. Hilangkan tanda centang pada Allow the computer to turn off this device to save power
  7. Klik tombol OK
  8. Lakukan restart laptop jika diperlukan

Reset adapator wifi laptop

Kejadian wifi laptop yang disconnect mendadak mungkin saja disebabkan adanya kendala pada konfigurasi yang diterapkan. Jika kembali pada pengaturan default, wifi pada laptop mungkin akan bisa kembalu bekerja dengan semestinya. Misalnya seperti kembali terhubung dengan jaringan Wifi terdekat.

Berikut ini langkah-langkah melakukan reset pengaturan adaptor Wifi pada laptop

  1. Klik kanan ikon sinyal Wifi pada taskbar (pojok kanan bawah)
  2. Pilih Open Network & Internet Settings
  3. Atau buka menu Start lalu klik menu Settings kemudian pilih Network & Internet
  4. Pada bagian Advanced Network Settings, klik Network reset
  5. Klik tombol Reset now

Seluruh konfigurasi perangkat jaringan pada laptop (termasuk adaptor wifi) akan direset dan kembali ke keadaan standar. Laptop juga akan melakukan restart secara otomatis.

Reinstall driver hardware wifi laptop

Serupa seperti reset adapator, cara ini akan menginstal ulang driver hardware wifi pada laptop. Nantinya, driver hardware wifi akan kembali ke versi standar (bawaan Windows). Berikut ini langkah-langkah reinstall driver wifi laptop

  1. Tekan tombol Win + X kemudian pilih Device Manager
  2. Pilih Network Adapters
  3. Pilih perangkat Wifi laptop yang terdeteksi. Biasanya diberi label nama "802.11" atau "wireless"
  4. Klik kanan perangkat Wifi tersebut lalu pilih Uninstall device atau klik ikon Uninstall device (ikon X) pada menu
  5. Klik tombol Uninstall
  6. Tunggu beberapa saat
  7. Kemudian klik ikon Scan for hardware changes (ikon komputer) pada menu
  8. Jika sudah kembali terinstall, restart laptop

Perangkat wifi laptop akan kembali terdeteksi dan terinstall dengan driver versi standar OS Windows. Semua pengaturan jaringan wifi/hotspot yang pernah terhubung sebelumnya akan dihilang dan menggunakan settingan default. Semoga, proses deteksi sinyal wifi bisa jauh lebih stabil.

Ganti dengan wifi eksternal

Credit : netgear.com

Kasus kerusakan hardware adaptor wifi mungkin bisa dibilang cukup jarang ditemui. Tetapi, kasus ini bukan berarti tidak pernah ada kejadiannya. Beberapa kasus menyebutkan kalau perangkat Wifi pada laptop bisa mengalami kerusakan dan tak bisa digunakan. Solusi yang bisa dilakukan yakni mengganti dengan perangkat Wifi baru.

Banyak dijumpai berbagai produk perangkat wifi eksternal di pasaran. Harganya juga relatif cukup murah. Biasanya, perangkat ini dilengkapi dengan antena dan memakai konektor USB. Kalian dapat mempertimbangkan untuk membeli perangkat Wifi ini untuk digunakan pada laptop.

Itulah beberapa cara atau langkah-langkah mengatasi wifi laptop yang sering putus nyambung dan tiba-tiba disconnect sendiri. Akhir kata, selamat mencoba dan semoga bermanfaat..

Baca juga artikel terkait :

Apakah kalian punya pengalaman atau pendapat yang berbeda ? Tuliskan lewat kotak komentar di bawah. Usahakan sesuai topik artikel ini.
Tulis komentar