Skip to main content

Begini Cara Mengatasi Wifi Laptop No Internet Secured

Saat ini, akses internet menggunakan jaringan wifi hotspot sudah sangat banyak ditemui. Koneksi internet berbasis wifi hotspot memang bisa dikatakan lebih cepat dan efisien jika dibandingkan dengan paket data internet dari provider selular. Apalagi, jaringan wifi juga banyak tersedia diberbagai tempat seperti kafe, warung kopi, restoran, dan tempat lainnya.

Meski begitu, akses internet via jaringan wifi bukan berarti tidak ada masalah. Kadang, pengguna internet justru mengalami kesulitan ketika menyambungkan dengan jaringan wifi. Ada juga kasus saat sudah tersambung dengan jaringan wifi namun tidak ada koneksi internet.

Biasanya, akan muncul pesan notifikasi "No Internet, secured" atau ikon network dengan tanda seru atau tanda silang.

Cara Mengatasi Wifi Laptop No Internet Secured

Daftar isi

Penyebab No Internet access pada jaringan wifi

Tentunya, ada beberapa hal yang dapat menyebabkan tidak adanya koneksi internet dalam sambungan jaringan wifi. Berikut ini diantaranya

  • Jangkauan sinyal jaringan wifi tidak memadai
  • Perangkat router atau access point bermasalah
  • Pembatasan pada jaringan wifi
  • Kendala pada koneksi internet dari penyedia layanan internet (ISP, Internet Service Provider)
  • Pengaturan jaringan nirkabel atau wireless network pada laptop keliru
  • Error pada driver atau sistem operasi laptop
  • dan penyebab lainnya
Credit : howandwow.info

Masalah seperti ini bisa terjadi pada laptop, PC desktop, hingga handphone atau smartphone. Tanpa akses internet, jaringan wifi jadi serasa jaringan komputer lokal biasa. Manfaat yang didapat menjadi tidak maksimal. Untuk keperluan yang lebih serius seperti bekerja dan komunikasi video, tentu tidak mungkin dilakukan.

Kali ini, Tekno Jempol kembali membagikan beberapa langkah-langkah atau cara mengatasi wifi laptop no internet secured. Berikut ini penjelasannya

Usahakan laptop terjangkau sinyal Wifi/hotspot

Clawed, CC BY-SA 3.0, via Wikimedia Commons

Hal paling mendasar saat menggunakan jaringan wifi hotspot yaitu meletakkan laptop/PC desktop pada area yang dijangkau oleh sinyal wifi. Setidaknya, kalian menempati ruangan yang dekat dari sumber sinyal wifi. Hal ini bertujuan agar sinyal wifi yang dideteksi lebih banyak.

Adanya sinyal wifi kuat/penuh memungkinkan koneksi internet yang lebih stabil. Nantinya, akses internet menjadi lebih nyaman saat digunakan.

Sebaliknya, jika laptop berada ditempat yang jauh dari pusat sinyal Wifi (Router/Access point/hotspot), bisa dipastikan akan sulit mendapat sinyal jaringan wifi. Bahkan, mungkin akan muncul pesan "No wifi networks found". Kalaupun mampu mendeteksi, sinyal wifi yang didapat tentu sangat lemah.

Untuk mengetahui jangkauan sinyal Wifi sangat mudah. Kalian cukup melihat ikon notifikasi sinyal pada taskbar (pojok kanan bawah). Jika baris sinyal terlihat penuh atau hampir penuh, berarti laptop tersebut sudah terjangkau jaringan internet. Tapi jika baris sinyal terlihat sedikit atau naik turun, ada baiknya kalian pindah ke ruang yang lebih dekat dengan sumber sinyal Wifi/hotspot.

Kalian juga dapat menggunakan perangkat penguat sinyal Wifi. Biasanya disebut dengan Wifi Extender. Perangkat ini akan memperkuat jangkauan atau meneruskan sinyal Wifi menjadi lebih luas. Dengan begitu, penggunaan koneksi internet dengan laptop jadi lebih fleksibel.

Cek & restart router/Wifi access point

Credit : devicetests.com

Pada umumnya, sinyal jaringan wifi rumahan berasal dari perangkat yang dinamakan Router. Pada perangkat inilah tersimpan semua konfigurasi jaringan Wifi mulai dari access point/hotspot, koneksi provider internet, pengaturan otentikasi, kekuatan sinyal, dan lainnya.

Router umumnya telah dilengkapi dengan lampu indikator untuk mengetahui ada/tidaknya koneksi internet. Jika lampu indikator tersebut menyala, berarti router/jaringan wifi telah tersedia akses internet dari provider. Untuk lebih jelas mengenai indikator pada router, silahkan baca buku petunjuk manual yang telah disertakan.

Bagaiman jika indikator koneksi internet pada router tidak menyala ? Atau indikator menunjukkan tidak ada koneksi internet ? Solusi yang bisa dilakukan adalah merestart router tersebut.

Dengan merestart router, berarti juga merestart koneksi internet dari jaringan provider. Harapannya agar mampu mendapatkan akses internet kembali. Restart router juga bisa untuk menstabilkan sinyal Wifi sehingga dapat terdeteksi oleh perangkat adaptor Wifi pada laptop.

Cara merestart router sangat mudah. Cukup matikan tombol switch power, lalu nyalakan kembali.

Hubungi CS provider internet

Credit : ILO Asia-Pacific

Jika memang perangkat router tidak mendapatkan koneksi internet, maka kalian harus menghubungi layanan pelanggan (CS, Customer Service) dari penyedia internet yang digunakan. Misalnya, Biznet, Indihome, MNC Play, My Republic, dan First Media.

Di sana kalian bisa menanyakan gangguan koneksi internet sekaligus meminta solusi dari kendala yang dialami. Untuk menghubungi layanan pelanggan dari provider cukup mudah. Bisa melalui nomor telepon, SMS, chat WhatsApp, hingga pesan langsung pada media sosial provider yang bersangkutan.

Itu kalau kalian yang punya wifi sendiri. Terus, bagaimana untuk yang "numpang" nyambung ke jaringan wifi milik orang lain ? Atau pakai hotspot punya teman ? Ya, silahkan komunikasikan dengan pemiliknya masing-masing.

Kadang, pemilik membatasi perangkat yang bisa terkoneksi dengan jaringan wifinya. Misalnya, dalam satu waktu hanya boleh ada 5 perangkat yang bisa mengakses internet bersamaan. Maka jika ada perangkat lain yang terkoneksi dengan jaringan wifi tersebut, dia tidak akan mendapatkan akses internet.

Pastikan tagihan internet sudah lunas

Credit : tvaccu.com

Bagi kalian yang berlangganan layanan internet (dari provider apapun), wajib untuk tidak melupakan hal ini. Layanan internet yang kalian gunakan bukan cuma-cuma alias tidak gratis. Oleh karena itu, kalian harus membayar tagihan internet sesuai nominal yang ditentukan sebelum jatuh tempo.

Jika terlambat melebihi tanggal jatuh tempo atau mungkin tidak membayar, sudah pasti layanan internet yang kalian pakai akan dihentikan. Alhasil, tidak akan ada akses internet sampai tagihan tersebut telah lunas meski masih bisa terkoneksi dengan jaringan wifi.

Untuk layanan internet dari provider selular, kalian juga harus memastikan akses internetnya masih aktif. Biasanya ditandai dengan masih tersedianya paket kuota data internet. Jika masa aktifnya atau kuota data sudah habis, kalian harus membeli paket lagi sebelum bisa menikmati akses internet.

Restart perangkat wifi pada laptop

Sekarang beralih ke cara yang lebih teknis. Salah satu cara untuk memperbaiki masalah tidak ada koneksi internet pada jaringan wifi yaitu dengan merestart ulang. Hal ini bertujuan untuk mendeteksi kembali koneksi internet pada jaringan wifi hotpost yang ingin dihubungkan.

Berikut ini langkah-langkah merestart ulang perangkat Wifi pada laptop

  1. Jika laptop punya tombol switch khusus Wifi, matikan switch tersebut lalu nyalakan kembali
  2. Atau Klik ikon Wifi pada taskbar (pojok kanan bawah)
  3. Aktifkan Airplane mode (Mode penerbangan)
  4. Lalu nonaktifkan kembali Airplane mode

Selain cara tersebut, bisa juga dengan mengikuti langkah-langkah berikut

  1. Klik kanan ikon jaringan di pojok kanan bawah Taskbar (ikon gambar bumi)
  2. Pilih menu Open Network & Internet settings
  3. Cek bagian Advanced network settings
  4. Klik opsi Change adapter options
  5. Klik kanan Wifi lalu pilih Disable
  6. Tunggu hingga ikonnya jadi abu-abu
  7. Ulangi lagi, klik kanan Wifi lalu pilih Enable

Gunakan pengaturan IP otomatis

Biasanya, jaringan wifi/hotspot akan secara otomatis memberikan alamat IP (Internet Protocol) saat suatu perangkat terkoneksi. Jika ada perangkat yang mencoba tersambung dengan IP yang pengaturannya manual, perangkat tersebut akan ditolak dan tidak dapat tersambung dengan jaringan wifi.

Kalaupun masih bisa terkoneksi dengan jaringan wifi, perangkat dengan IP manual biasanya tidak akan mendapat akses internet. Sebab, IP yang terkoneksi tidak dikenali oleh router. Guna mencegah hal itu terjadi, kalian sebaiknya mengatur laptop dengan pengaturan IP otomatis.

Inilah langkah-langkah set pengaturan IP secara otomatis

  1. Klik kanan ikon jaringan pada pojok kanan bawah Taskbar
  2. Pilih menu Open Network & Internet Settings
  3. Pada bagian Advanced network settings, pilih opsi Change adapter options
  4. Klik kanan Wifi lalu pilih Properties
  5. Cek tab Networking
  6. Perhatikan kotak This connection uses following items
  7. Pilih Internet Protocol version 4 (TCP/IPv4) kemudian klik tombol Properties
  8. Pada tab General, aktifkan opsi Obtain an IP address automatically dan Obtain DNS server address automatically
  9. Pada tab Alternate Configuration, aktifkan opsi Automatic Private IP address
  10. Klik tombol OK

Setelah melakukan langkah-langkah tersebut, sistem alamat IP untuk laptop yang terkoneksi wifi akan diset secara otomatis.

Lakukan troubleshoot wifi

Jika masih belum terkoneksi dengan internet lewat jaringan Wifi, kalian dapat melakukan troubleshoot pada laptop tersebut. Troublesoot merupakan salah satu fitur pada OS Windows untuk menemukan dan memperbaiki masalah yang terjadi, dalam hal ini koneksi internet.

Berikut ini langkah-langkah troubleshooting untuk wifi laptop Windows 10

  1. Buka menu Start kemudia pilih menu Settings
  2. Atau tekan tombol Win + X lalu pilih Settings
  3. Pilih opsi Update & Security
  4. Pada sisi kiri, pilih Troubleshoot
  5. Klik Additional troubleshooters
  6. Pilih Network adapter lalu klik tombol Run troubleshooters
  7. Pilih Wifi
  8. Ikuti prosesnya hingga selesai

Jika proses troubleshoot berhasil, bisa menjadi solusi wifi no internet. Jadi seharusnya masalah koneksi internet via jaringan Wifi bisa teratasi.

Reset adapator Wifi

Pada cara kali ini, perangkat Wifi akan direset pengaturannya sehingga kembali dalam kondisi default. Laptop yang tidak dapat terkoneksi internet lewat jaringan Wifi bisa saja disebabkan karena ada pengaturan yang bermasalah. Dengan mengembalikan pengaturan jaringan wifi pada kondisi default, laptop mungkin akan dapat kembali mengakses internet dengan hotspot Wifi.

Berikut ini langkah-langkah mereset pengaturan adaptor Wifi

  1. Klik kanan ikon sinyal Wifi pada taskbar (pojok kanan bawah)
  2. Pilih Open Network & Internet Settings
  3. Atau buka menu Start lalu klik menu Settings kemudian pilih Network & Internet
  4. Pada bagian Advanced Network Settings, klik Network reset
  5. Klik tombol Reset now

Perangkat Wifi laptop (serta semua perangkat jaringan) akan direset pengaturannya. Setelah itu, laptop akan restart secara otomatis.

Itulah beberapa langkah-langkah berikut cara memperbaiki wifi no internet di laptop. Tekno Jempol harap setelah mengikuti cara serta langkah-langkah di atas, kalian bisa kembali mengakses internet seperti semula. Akhir kata, selamat mencoba dan semoga bermanfaat..

Baca juga artikel terkait :

Apakah kalian punya pengalaman atau pendapat yang berbeda ? Tuliskan lewat kotak komentar di bawah. Usahakan sesuai topik artikel ini.
Tulis komentar