Skip to main content

Cara Mengatur Kecerahan Layar Laptop Windows 10

Pada artikel sebelumnya, Tekno Jempol telah membahas cara atau langkah-langkah mengatasi pengaturan brightness/kecerahan layar laptop yang tidak berfungsi normal. Kali ini, Tekno Jempol kembali membahas tentang cara mengatur kecerahan atau meredupkan tampilan layar laptop.

Perlu diketahui, kecerahan tampilan layar monitor bisa mempengaruhi pengoperasian laptop/PC desktop. Tampilan layar yang terlalu terang/cerah bisa mengkonsumsi daya (baterai) yang cukup banyak. Sebaliknya, layar yang redup/terlalu gelap justru membuat pandangan mata menjadi tidak nyaman.

Cara mengatur kecerahan layar laptop Windows 10 & Windows 11

Daftar isi

Meningkatkan kecerahan layar bisa membuat tampilan laptop menjadi lebih terang dan jelas. Apalagi jika pencahayaan ruangan juga cukup tinggi. Dengan begitu, pengoperasian laptop menjadi lebih nyaman.

Namun, kecerahan layar laptop juga bisa menyebabkan mata menjadi lelah akibat paparan cahaya yang cukup banyak. Terutama saat menggunakan laptop dalam waktu yang lama atau pencahayaan ruang tidak cukup terang. Di sini, kalian perlu mengurangi kecerahan (meredupkan) layar tampilan laptop.

Berbeda dengan monitor pada komputer desktop. Biasanya telah dilengkapi dengan tombol khusus untuk meningkatkan kecerahan dan menurunkan kecerahan (meredupkan) layar tampilan. Tombol ini bisa diakses lewat sisi-sisi body monitor.

Berikut ini langkah-langkah atau cara mengatur kecerahan layar laptop. Cara ini bisa diterapkan pada semua merk laptop dengan sistem operasi Windows 10, Windows 11, atau Windows versi sebelumnya. Selain layar laptop, juga bisa diaplikasikan pada layar monitor komputer.

Baca juga : Cara mengatasi layar laptop hitam tapi masih menyala

Cara mencerahkan layar laptop dengan tombol keyboard

Saat ini, semua produk laptop pasti punya fungsi pengaturan kecerahan layar melalui kombinasi tombol keyboard. Silahkan kalian periksa sendiri tombol keyboard pada laptop yang digunakan. Di sana pasti tersedia tombol dengan fungsi khusus untuk mencerahkan dan meredupkan tampilan layar monitor laptop (ikon matahari).

Setiap produk laptop mungkin punya kombinasi tombol keyboard yang berbeda-beda. Kalian dapat cek langsung pada fisik keyboard atau membaca buku manual laptop yang disertakan.

Misalnya, fungsi pengaturan kecerahan layar laptop ASUS menggunakan tombol FN + F5 untuk mencerahkan layar atau FN + F6 untuk meredupkan layar. Sedangkan pada laptop merk Lenovo, bisa menggunakan tombol F11 untuk mengurangi dan F12 untuk meningkatkan kecerahan layar.

Berikut ini beberapa kombinasi tombol keyboard untuk fungsi kecerahan layar laptop

  • F1/F2 = Semua merk (mungkin!)
  • F2/F3 = Laptop HP
  • F6/F7 = Laptop Thosiba
  • F8/F9 = Laptop Axioo
  • FN + Tombol arah kiri/arah kanan = Laptop Acer
  • FN + Tombol arah atas/arah bawah = Laptop Dell
Credit : How to Geek

Cara mengurangi kecerahan laptop lewat notifikasi Action Center

Pada beberapa kasus, pengaturan kecerahan layar melalui tombol keyboard mungkin tidak dapat berfungsi. Namun, bukan berarti mencerahkan atau meredupkan layar laptop tidak dapat dilakukan. Di sini kalian dapat mengakses pengaturan tersebut lewat notifikasi Action Center.

  1. Buka notifikasi Action Center
  2. Klik ikon notifikasi (paling pojok kanan bawah) Taskbar atau tekan tombol Win + A
  3. Geser slider kecerahan layar (ikon matahari) ke arah kiri untuk mengurangi kecerahan layar atau arah kanan untuk menambah kecerahan tampilan
  4. Atur kecerahan tampilan layar monitor sesuai kebutuhan atau kenyamanan pandangan mata.

Mengatur kecerahan lewat aplikasi Mobility Center

Sekedar informasi, aplikasi ini sudah tersedia sejak era Windows Vista atau Windows 7 dan tetap disertakan hingga saat ini. Salah satu fungsi dari aplikasi Mobility Center yaitu mengatur kecerahan atau meredupkan tampilan layar monitor laptop. Berikut ini caranya

  1. Tekan tombol Win + X, atau
  2. Klik kanan ikon Start menu
  3. Pilih aplikasi Mobility Center
  4. Pada bagian Display brightness, geser slider kecerahan layar ke arah kiri atau kanan. Semakin ke kiri, tampilan layar akan semakin redup/gelap. Sebaliknya, semakin ke kanan, tampilan layar akan semakin terang
  5. Atur kecerahan layar sesuai kebutuhan atau kenyamanan pandangan mata.
Credit : How to Geek

Mencerahkan & meredupkan layar laptop lewat Settings

  1. Buka Settings dengan cara tekan tombol Win + X lalu pilih Settings, atau
  2. Buka menu Start lalu pilih Settings (ikon roda gerigi)
  3. Pilih opsi System 
  4. Pada menu Display, cari bagian Brightness
  5. Geser slider kecerahan layar ke arah kiri untuk meredupkan tampilan layar laptop atau ke arah kanan untuk mencerahkan tampilan layar
  6. Atur kecerahan layar laptop sesuai kebutuhan atau kenyamanan pandangan mata.

Meredupkan tampilan layar laptop secara otomatis

Pada laptop Windows 10, sudah dibekali fitur penghemat daya baterai (Battery saver). Fitur ini bisa dinyalakan secara otomatis pada kondisi tertentu. Misalnya saat daya baterai akan habis. Saat fitur ini aktif, kecerahan layar akan dikurangi sehingga tampilan menjadi sedikit agak gelap/redup.

  1. Buka menu Start kemudian pilih Settings
  2. Atau kalian bisa menekan tombol Win + I
  3. Pilih Sytem
  4. Pada opsi di sisi kiri, pilih Battery
  5. Pada Turn battery saver on automaticaly at, pilih presentase level daya baterai minimal untuk menyalakan fitur Battery saver. Misalnya presentase 10-20 %
  6. Jangan lupa untuk memberikan tanda centang pada Lower screen brightness while in battery saver
Baca juga : Cara mengatasi mata lelah akibat menatap layar laptop terlalu lama

Mengaktifkan fitur Night Lights

Perlu diketahui, hampir semua layar monitor termasuk layar laptop mengeluarkan radiasi cahaya biru. Apa itu ? Cahaya biru adalah jenis cahaya yang tampak dengan panjang gelombang berkisar antara 400 hingga 450 nanometer. Bahkan, radiasi sinar biru juga ada pada layar handphone/smartphone.

Paparan radiasi cahaya biru (blue light) dengan intensitas tinggi bisa mengakibatkan gangguan penglihatan. Salah satu gejalanya yaitu mata lelah atau otot mata terasa kaku. Bahkan, pada jangka panjang bisa menyebabkan kerusakan pada organ mata.

Beberapa penelitian juga menyebutkan bahwa radiasi sinar biru dapat merangsang produksi hormon kortisol yang mampu membuat tubuh menjadi lebih lama terjaga. Inilah yang kadang menyebabkan seseorang susah tidur di malam hari.

Untuk mengatasi radiasi cahaya biru, Windows 10 telah menyediakan fitur khusus bernama Night Lights. Fitur ini berfungsi untuk mencegah paparan radiasi cahaya biru dengan cara mengurangi pancaran cahaya layar agar lebih nyaman di mata. Dengan begitu, penglihatan bisa tetap sehat.

Jika sering menggunakan laptop dalam jangka waktu lama, sebaiknya kalian mengaktifkan fitur Night Lights. Berikut ini langkah-langkahnya

  1. Tekan tombol Win + I
  2. Pilih menu System
  3. Pada bagian Brightness and color, aktifkan Night Lights dengan mengganti switchnya ke posisi On
  4. Kalian juga bisa mengatur fitur ini dengan klik Night Lights settings
  5. Pada bagian Streght, geser slidernya untuk mengatur intensitas cahaya tampilan layar. Makin ke kiri, cahaya layar akan semakin merah. Silahkan sesuaikan dengan kenyamanan penglihatan
  6. Pada bagian Schedule, kalian bisa mengatur waktu aktivasi fitur Night Light. Silahkan sesuaikan dengan kebutuhan.

Itulah beberapa cara dan langkah-langkah mencerahkan atau meredupkan tampilan layar monitor laptop. Silahkan pilih sendiri mana yang menurut kalian lebih mudah dilakukan. Akhir kata, selamat mencoba dan semoga bermanfaat..

Apakah kalian punya pengalaman atau pendapat yang berbeda ? Tuliskan lewat kotak komentar di bawah. Usahakan sesuai topik artikel ini.
Tulis komentar