Skip to main content

Rancangan dan Simulasi PC Rakitan Update 2022

Dalam simulasi pembuatan racikan spesifikasi PC rakitan kali ini, Tekno Jempol akan menggunakan contoh kasus seperti berikut ini

Kebutuhan prioritas : Tekno Jempol akan membangun PC desktop rakitan untuk kebutuhan pekerjaan bidang desain grafis. Program aplikasi yang akan digunakan yaitu Adobe Photoshop. Selain itu, komputer ini juga akan dipakau untuk keperluan standar seperti membuat dokumen dan browsing.

Budget yang dimiliki : lebih kurang Rp. 12 jutaan untuk belanja komponen hardware fullset

Rencana simulasi: Tekno Jempol menggunakan rekomendasi kebutuhan hardware dari aplikasi Adobe Photoshop sebagai referensi dalam membuat racikan spesifikasi PC untuk desain grafis. Alasannya, spesifikasi kebutuhan aplikasi tersebut sesuai dan cukup saat digunakan untuk kebutuhan prioritas tanpa memakan banyak biaya.

Berikut ini rekomendasi spesifikasi kebutuhan PC untuk Adobe Photoshop versi 23.0 (rilis Oktober 2021)

  • CPU : Intel atau AMD kecepatan minimal 2 GHz yang mendukung ekstensi SSE 4.2
  • Memori RAM : RAM berkapasitas minimal 8 GB (disarankan 16 GB)
  • Storage : ruang untuk instalasi berkapasitas minimal 4 GB (disarankan berkapasitas 16 GB dengan tipe SSD) 
  • GPU : mendukung DirectX 12 dan VRAM minimal 2 GB (disarankan VRAM 4 GB jika ingin menggunakan resolusi 4K)
  • Monitor : resolusi minimal 1280 x 800 (disarankan 1920x1080)
  • Sistem operasi : minimal Windows 10 1909 64-bit dan yang lebih baru
  • Koneksi internet

Dari spesifikasi di atas, dapat diketahui jika aplikasi Adobe Photoshop membutuhkan komputer yang agak modern. Untuk membangun PC rakitan (desktop) sesuai spesifikasi di atas, kita harus mengganti beberapa komponen yang setara dan sesuai ketersediaan di pasaran.

Rancangan dan simulasi PC rakitan dengan spesifikasi terbaik update 2022

Di sini, pemilihan komponen komputer rakitan berdasarkan alasan subjektif. Tidak ada pandangan khusus pada merk tertentu. Tekno Jempol yakin semua merk hardware memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Silahkan jika anda memilih merk hardware yang berbeda. Untuk mengetahui kinerja tiap komponen PC, coba baca review hardware yang banyak bertebaran di internet. Pada simulasi spesifikasi komputer rakitan kali ini, Tekno Jempol akan menggunakan platform Intel.

CPU

Aplikasi Adobe Photoshop harus diinstal dengan processor Intel atau AMD berkecepatan 2 GHz yang mendukung ekstensi SSE 4.2. Processor dengan kriteria tersebut sebetulnya sudah banyak beredar sejak lama. Jadi, produk CPU modern sekarang pun sudah pasti memenuhi kebutuhan aplikasi ini.

Oleh karena itu, processor yang akan digunakan untuk simulasi PC kali ini yaitu Intel Core i5-12400F. Spesifikasi CPU yang dipilih kali ini rasanya cukup bagus, diantaranya

  • Arsitektur Alder Lake
  • 6 core (12 threads)
  • Kecepatan frekuensi 2.5 GHz (Turbo hingga 4.4 GHz)
  • Soket LGA-1700
  • Dukungan memori DDR4-3200 dan DDR5-4800

Dengan spesifikasi tersebut, Intel Core i5-12400F rasanya sudah lebih dari cukup untuk menjalankan aplikasi desain grafis dan bahkan juga untuk keperluan editing multimedia.

Memilih produk processor untuk komputer rakitan mungkin agak tricky. Apalagi jika anggaran yang tersedia tidak cukup banyak. Sebagai bahan referensi, kalian bisa membaca artikel dengan judul Tips Memilih Processor Terbaik Untuk Gaming, Desain, dan Editing.

GPU dan Kartu grafis

CPU Intel Core i5-12400F rupanya tidak memiliki perangkat grafis terintegrasi. Memang, di sini kita tidak memerlukan komponen tersebut. Guna menunjang pekerjaan desain dan editing serta gaming, dalam racikan kali ini akan menggunakan GPU diskrit atau kartu grafis (VGA card).

Dalam racikan ini, produk kartu grafis yang digunakan yaitu Gigabyte Geforce GTX 1050 Ti 4G DDR5. Dengan arsitektur yang jauh lebih modern dan canggih, GPU pada kartu grafis ini jelas lebih unggul dari pada GPU yang disarankan di atas. Untuk kebutuhan desain dan editing, pilihan kartu grafis ini sudah cukup bagus.

Untuk menjalankan aplikasi Adobe Photoshop terbaru, GPU Nvidia Geforce GTX 1050 Ti mampu menghasilkan resolusi hingga 1080p. Untuk kartu grafis terbaik, bisa anda baca pada artikel Urutan VGA Nvidia, AMD, dan Intel Terbaik Update Terbaru.

Motherboard

Untuk mendukung CPU Intel dengan soket LGA-1700, simulasi ini akan menggunakan motherboard Gigabyte H610M H DDR4. Motherboard ini sudah mendukung DDR4 3200 Dual Channel, PCI Express 4.0 x16, dan 4x SATA3 serta dukungan slot M.2 NVME. Untuk dukungan grafis, motherboard ini dilengkapi dengan dua port grafik yaitu HDMI dan D-Sub.

Memilih motherboard harus disesuaikan dengan platform CPU yang digunakan. Jangan lupa untuk memahami dengan teliti komponen yang didukung oleh motherboard tersebut. Setiap motherboard umumnya memiliki daftar CPU, memori RAM, dan kartu grafis yang didukung.

Jika ada komponen yang tidak didukung, tidak menutup kemungkinan komputer tidak akan bisa menyala dengan baik. Anda tidak usah khawatir, vendor motherboard pasti menyediakan update BIOS untuk menambah dukungan pada banyak hardware.

Di pasaran, ada begitu banyak produk motherboard dengan berbagai merk. Bagi pengguna awam mungkin agak kesulitan memilih motherboard yang tepat. Di sini, Tekno Jempol telah memberikan petunjuk sederhana yang bisa dibaca pada artikel dengan judul Tips Memilih Motherboard Sesuai Kebutuhan dan Budget.

Memori RAM

Adobe Photoshop membutuhkan memori RAM berkapasitas minimal 8 GB. Agar lebih mengoptimalkan kinerja dan produktifitas, maka pada simulasi komputer kali ini akan menggunakan memori RAM berkapasitas 16GB.

Rinciannya, RAM tentu tipe DDR4, berkecepatan 3200 MHz, dan dalam mode dual channel (2x8GB). Pilihan produk yang tersedia yaitu Klevv Bolt X Series PC21330. RAM dengan mode dual channel akan menghasilkan kinerja dan produktifitas yang lebih baik terutama saat membuat konten grafis dan multimedia.

Ada begitu banyak produk RAM komputer yang beredar di pasaran. Bagaimana cara menentukan atau memilih produk RAM yang benar-benar sesuai dengan PC rakitan ini ? Nah, jawabannya ada pada artikel dengan judul Cara Gampang Pilih RAM Yang Cocok Dengan Motherboard PC.

Penyimpanan

Dalam simulasi rakitan PC kali ini, media penyimpanan yang digunakan berupa SSD (Solid State Drive) merk Adata SX8200 Pro (M.2 NVME) dengan kapasitas 512 GB. Kapasitas tersebut rasanya sudah cukup untuk menampung berbagai data pekerjaan seperti dokumen, file multimedia, atau file game. Dengan menggunakan penyimpanan tipe SSD, kinerja komputer sudah tentu bisa maksimal.

Ada begitu banyak produk SSD yang beredar di pasaran. Bagi sebagian pengguna komputer, memilih produk SSD yang tepat mungkin agak kesulitan. Tekno Jempol di sini punya penjelasannya yang dapat kalian baca pada artikel dengan juduk Cara memilih produk SSD yang tepat

Credit : adata.com

Power supply dan casing

Komponen hardware di atas tentunya harus digabungkan menjadi sistem terpadu. Oleh karena itu, kali ini menggunakan produk case merk Cube Gaming Frins. Produk casing ini sudah cukup mampu mewadahi motherboard dengan ukuran ATX dan bahkan hingga kartu grafis high-end berukuran jumbo.

Selain itu, casing ini juga dibekali dengan mekanisme sirkulasi udara yang cukup baik. Misalnya, terdapat kipas intake sebanyak 3 buah dan 1 buah exhaust. Tidak lupa juga, fungsi cable management guna mengatur tata-letak kabel konektor agar terlihat lebih rapi sehingga airflow lebih lancar. 

Daya listrik yang dibutuhkan pada spesifikasi ini relatif tidak terlalu besar. Anda bisa menggunakan tools PSU Calculator untuk menghitung kebutuhan daya power supply yang diperlukan. Harusnya, simulasi komputer rakitan dalam rancangan ini cukup hemat daya dan tagihan listrik bulanan.

Dipilihlah produk power supply merk Be Quiet! System Power U9 500W yang mampu menyediakan daya kurang lebih 500 W. Selain sangat mampu untuk menghidupkan komputer ini, juga telah dilengkapi sertifikat 80+ Bronze yang dinilai mampu memberikan efisiensi penggunaan daya hingga lebih dari 80 %. Menarik bukan ?

Monitor

Agar mendapatkan tampilan yang nyaman, penggunaan monitor resolusi tinggi menjadi pilihan yang baik. Untuk itu, di sini akan menggunakan produk monitor LED merk LG 20MK400H dengan ukuran layar 20". Monitor ini juga dilengkapi dengan koneksi HDMI serta mendukung teknologi grafis modern semisal FreeSync.

Keyboard dan mouse

Penggunaan keyboard dan mouse standar merk Logitech MK120 rasanya sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan desain dan editing atau gaming pada simulasi komputer rakitan kali ini.

Adaptor jaringan

Agar lebih mudah terkoneksi internet, pada rancangan simulasi ini juga dilengkapi adaptor wireless. Dengan begitu, komputer ini nantinya juga dapat terkoneksi dengan layanan jaringan WIFI/Internet nirkabel.

Produk yang digunakan adalah TP-Link WN821N.Adaptor ini mendukung kecepatan transfer hingga 300 Mbps dengan standar jaringan 802.11n. Produk ini juga sangat mudah dipasang karena menggunakan konektor USB.

Aksesoris

Simulasi rakitan komputer ini juga dirancang menjadi sarana hiburan. Tak lengkap jika PC rakitan ini tidak dilengkapi aksesoris berupa speaker/headphone agar tidak terasa "hening". Maka penggunaan produk headphone standar merk dbE GM150 cukup pas sebagai tambahan fungsi multimedia pada komputer rakitan ini.

Bagaimana simulasi spesifikasi komputer dan harga dari rancangan di atas ?

Di bawah ini ada rincian komponennya berikut produk dan harga PC rakitan keseluruhan

Komponen Produk Harga
CPU Intel Core i5 12400F Rp. 2.645.000
Motherboard Gigabyte H610M H DDR4 Rp. 1.625.000
RAM Klevv Bolt X Series DDR4-3200 16GB (2x8GB) Rp. 1.070.000
Penyimpanan SSD Adata SX8200 Pro M.2 NVME 512 GB Rp. 966.000
GPU Gigabyte Geforce GTX 1050 Ti 4GB GDDR5 Rp. 3.200.000
Power Supply Be Quiet! System Power U9 500W 80+ Rp. 807.000
Case Cube Gaming Frins Rp. 474.000
Monitor LG 20MK400H 20" Rp. 1.600.000
Keyboard & Mouse Logitech MK120 Rp. 150.000
Headset dbE GM150 Rp. 127.000
Wireless Adaptor TP-Link WN821N USB Adapter Rp. 120.000
Tambahan Cube Gaming Fan 12 CM Rp. 40.000
Total budget Rp. 12.824.000

Untuk memastikan komponen-komponen di atas dapat bekerja dengan maksimal, anda sebaiknya memeriksa spesifikasi tersebut agar nanti tidak terjadi bottleneck. Cara memeriksa terjadinya bottleneck dapat anda baca pada artikel yang berjudul Cara Mudah Mengecek Bottleneck hardware Pada PC Desktop.

Pada simulasi di atas sengaja memang tidak menggunakan komponen teknologi canggih. Alasannya, karena komputer ini memang benar-benar difungsikan untuk kebutuhan prioritas . Jadi, tidak mengharuskan penggunaan komponen "high-end" atau merencakan upgrade di masa mendatang. Komputer dengan spesifikasi di atas rasanya masih bisa digunakan hingga beberapa tahun ke depan.

Setelah membeli semua komponen PC di atas, ada baiknya anda melakukan beberapa pengujian singkat untuk memastikan PC rakitan tersebut benar-benar dapat berjalan sesuai harapan. Beberapa pengujian yang akan dilakukan, dapat anda baca pada artikel yang berjudul Yang Harus Dilakukan Setelah Merakit PC Desktop.

Bagi anda yang ingin membangun komputer rakitan sendiri atau membeli laptop/komputer built-up, pastikan komputer tersebut benar-benar sesuai dengan kebutuhan anda. Jangan sampai "over spesifikasi" atau "over budget" karena tentu akan menghamburkan uang anda.

Anggaran yang anda siapkan tidak hanya untuk membeli komponen hardware saja. Tapi juga untuk biaya komponen software seperti sistem operasi dan aplikasi pendukungnya ditambah program aplikasi yang akan digunakan.

Jika masih bingung membuat racikan spesifikasi komputer rakitan, anda boleh memilih untuk membeli komputer built-up atau laptop. Jadi, anda tidak perlu memikirkan spesifikasi komputer yang tepat. Paket penjualan komputer built-up atau laptop juga biasanya sudah termasuk beberapa software resmi siap pakai.

Tentunya, anda harus merogoh kocek lebih mahal ketimbang komputer rakitan di atas. Lebih jelasnya, mungkin anda dapat membaca artikel dengan judul Tips Memilih Laptop Baru.

Akhir kata, selamat mencoba dan semoga bermanfaat..

Baca juga artikel terkait :

Apakah kalian punya pengalaman atau pendapat yang berbeda ? Tuliskan lewat kotak komentar di bawah. Usahakan sesuai topik artikel ini.
Tulis komentar