Skip to main content

Cara Membuat Rancangan Spesifikasi PC Rakitan di Tahun 2022

Personal Computer (PC) desktop merupakan salah satu jenis komputer yang paling banyak digunakan. Meski saat ini keberadaannya mulai tergeser oleh laptop atau smartphone, komputer desktop nyatanya masih banyak penggunanya. Terbukti masih tingginya minat pecinta komputer untuk mendapatkan komponen PC teknologi terbaru.

Salah satu penyebab komputer desktop masih diminati yaitu punya kemampuan yang lebih unggul dari pada laptop. Ditambah, banyak program aplikasi terkini seperti game modern yang semakin menuntut sistem komputer dengan spesifikasi tinggi. Apalagi dengan maraknya tagar #mendingrakitpc.

Hingga saat ini, beberapa vendor masih mengeluarkan produk komputer desktop built-up. Seiring dengan berkembangnya teknologi komputer dan penyebaran informasi yang semakin cepat, banyak pengguna komputer yang lebih memilih membangun PC rakitan sendiri daripada harus membeli komputer built-up.

Alasannya, mereka bisa menentukan sendiri komponen-komponen yang akan digunakan demi mendapatkan performa yang optimal dan harga yang lebih terjangkau.

Cara membuat rancangan spesifikasi PC rakitan (desktop) update 2022

Untuk bisa merakit sebuah komputer, anda harus memahami seluk beluk komputer tersebut. Oleh karena itu, anda juga wajib memahami spesifikasi PC yang akan dirakit. Membuat sebuah komputer rakitan sebetulnya susah-susah-gampang.

Mudah karena merakit komputer sudah banyak tutorialnya. Susahnya karena rancangan spesifikasi komputer rakitan tersebut harus benar-benar sesuai dengan kebutuhan dan anggaran keuangan pengguna. Apalagi jika yang dibuat adalah spesifikasi komputer terbaru.

Tentukan kebutuhan prioritas

Sebelum membangun PC rakitan atau membeli laptop/komputer built-up sekalipun, terlebih dahulu anda harus menentukan kebutuhan yang paling prioritas. Misalnya, anda membeli komputer untuk keperluan belajar, bekerja, atau sarana hiburan (gaming). Dengan mengetahui kebutuhan prioritas, kita dapat menentukan arah spesifikasi komputer yang akan dibuat.

Jika kebutuhan prioritas hanya untuk belajar, kebutuhan standar atau sekedar punya saja, anda tidak perlu membangun komputer rakitan dengan spesifikasi yang terlalu tinggi. Begitu pula jika kebutuhan prioritas untuk bekerja dibidang multimedia seperti desain grafis dan produksi video, anda semestinya menggunakan komputer dengan spesifikasi terbaik agar mendapatkan kinerja yang optimal.

Sesuaikan dengan kondisi keuangan

Hal paling sensitif saat membangun komputer rakitan adalah masalah finansial. Bagi kebanyakan pengguna komputer, biaya tentu menjadi aspek yang harus diperhatikan. Jika hal ini terlewatkan, tentu bisa menjadi sebuah masalah yaitu over budget atau kelebihan biaya. Oleh karena itu, saat membuat spesifikasi PC rakitan harus ada kesesuaian antara kebutuhan prioritas dan biaya yang dimiliki.

Berapapun budget yang anda keluarkan, entah cuma 2 juta, 3 juta, 5 juta bahkan belasan hingga puluhan juta. Tekno Jempol menyarankan anda tetap bijak dan hemat dalam mengelola budget dalam membangun PC rakitan. Merakit PC desktop high-end sekalipun tidak harus keluar biaya yang mahal.

Biaya merakit komputer juga dapat menjadi modal jika kebutuhan anda untuk bekerja mendapatkan profit. Jika ingin mendapatkan keuntungan besar, anda harus pintar mengatur biaya modal tersebut agar menghasilkan spesifikasi komputer yang maksimal. Namun, biasanya semakin bagus/lengkap spesifikasi PC, semakin mahal pula biaya yang harus dikeluarkan.

Pahami seluk beluk komponen PC

Satu hal yang wajib dilakukan jika ingin membuat rancangan spesifikasi komputer rakitan yaitu memahami seluk beluk komponennya. Jika ingin membangun komputer desktop misalnya, anda harus tahu komponen yang harus disiapkan, cara kerja komponen, fitur atau teknologi yang akan digunakan, dan kebutuhan hardware yang direkomendasikan oleh game tersebut.

Pada tahapan ini, memang tidak semua orang paham mengenai seluk beluk komputer. Oleh karena itu, anda boleh meminta saran spesifikasi komponen komputer pada teman atau orang yang memang sudah menguasai bidang ini.

Namun, tidak ada salahnya jika anda juga memiliki sedikit wawasan mengenai seluk beluk komponen PC. Anda dapat menggali informasi dari berbagai sumber seperti website/blog/majalah teknologi komputer, situs hardware reviewer, website resmi vendor, atau pemilik toko komputer langganan anda.

Membuat rencana teknis spesifikasi komputer

Kini saatnya kita membuat blue print atau cetak biru dari spesifikasi PC rakitan. Seperti yang kita ketahui, sebuah sistem komputer terdiri dari tiga bagian utama yaitu input, proses, output. Pada bagian input, terdapat perangkat masukan seperti keyboard dan mouse.

Pada bagian proses terdapat CPU, motherboard, RAM, perangkat grafik, storage (media penyimpanan), dan power supply. Sedangkan bagian output terdapat perangkat keluaran seperti monitor, printer, atau speaker. Untuk kebutuhan yang lebih spesifik, biasanya memerlukan komponen tambahan.

Dave Dugdale from Superior, USA, CC BY-SA 2.0, via Wikimedia Commons

Anda yang sudah menentukan kebutuhan prioritas, mungkin akan mudah menentukan arah spesifikasi PC yang akan digunakan. Mungkin anda juga perlu menentukan program aplikasi yang akan digunakan. Misalnya, jika anda menginginkan komputer untuk membuat dokumen kerja maka anda dapat menggunakan program aplikasi Microsoft Office.

Aplikasi ini secara resmi telah merekomendasikan spesifikasi komputer untuk dapat menjalankannya. Berikut ini rekomendasi spesifikasi PC untuk Microsoft Office 2021

  • CPU : Processor Dual-core berkecepatan minimal 1.1 GHz
  • Memori RAM : RAM minimal berkapasitas 4 GB
  • Storage : ruang untuk instalasi berkapasitas setidaknya 4 GB
  • GPU : mendukung DirectX 10 dan WDDM 1.3
  • Monitor : resolusi 1024 x 768
  • Sistem operasi : minimal Windows 10

Beberapa aplikasi lain untuk kebutuhan desain grafis seperti Adobe Photoshop juga memiliki rekomendasi spesifikasi PC untuk dapat menjalankannya. Berikut ini rekomendasi spesifikasi minimal PC untuk Adobe Photoshop versi 23.0 (rilis Oktober 2021)

  • Processor : Intel atau AMD dengan kecepatan minimal 2 GHz dan mendukung ekstensi SSE 4.2
  • Memori : RAM dengan kapasitas minimal 8 GB dan disarankan 16 GB
  • Penyimpanan : ruang untuk instalasi minimal berkapasitas 4 GB dan disarankan berkapasitas 16 GB dengan tipe SSD
  • GPU : telah mendukung API DirectX 12 dan VRAM berkapasitas 2 GB.Jika ingin menggunakan resolusi 4K, disarankan menggunakan VRAM 4 GB
  • Monitor : memiliki resolusi minimal 1280 x 800 dan disarankan 1920x1080
  • Sistem operasi : minimal Windows 10 1909 64-bit dan yang lebih baru
  • Koneksi internet untuk mendapatkan dukungan lanjutan

Sebetulnya, acuan spesifikasi standar untuk sebuah komputer adalah sesuai rekomendasi kebutuhan hardware dari sistem operasi yang akan dipasang. Misalnya, bila sistem operasi yang akan dipasang adalah Windows 10 64-bit, maka spesifikasi komputer harus sesuai saran rekomendasi OS tersebut. Jika tidak, komputer mungkin tidak akan berjalan optimal.

Anda yang ingin membangun PC gaming rakitan dengan budget tidak terlalu banyak, mungkin bisa membaca artikel yang berjudul Spesifikasi PC Gaming & Laptop Gaming Terbaik Tahun 2022. Untuk kebutuhan aplikasi lain seperti multimedia, silahkan anda merujuk ke website aplikasi yang akan anda gunakan.

Umumnya, program aplikasi untuk tujuan khusus seperti di atas, memiliki rekomendasi spesifikasi PC untuk dapat menjalankannya. Dari spesifikasi tersebut, dapat anda jadikan acuan untuk membangun sebuah PC rakitan.

Tips racikan spesifikasi PC rakitan update tahun 2022

  • Processor Quad core atau setidaknya dual core dengan Hyperthreading/Multi Threading. Makin banyak core lebih baik
  • RAM berkapasitas minimal 8GB. Lebih besar lebih baik
  • Penyimpanan SSD dengan kapasitas sesuai kebutuhan, setidaknya minimal 120-250 GB
  • Grafik terintegrasi (IGP bawaan CPU) atau GPU diskrit/VGA card dengan VRAM minimal 2GB dan mendukung teknologi grafis terkini (DirectX 12, OpenGL, Vulkan, dll)
  • Monitor dengan resolusi layar minimal 1280x800 atau 1366x768
  • Sistem operasi 64-bit versi terbaru seperti Windows 11

Saat ini telah hadir sistem operasi Microsoft terbaru yaitu Windows 11. Sistem operasi ini dibangun sepenuhnya untuk komputasi 64-bit. Untuk dapat menjalankan Windows 11, dibutuhkan komputer desktop/laptop dengan spesifikasi yang lebih dari pada Windows 10. Penjelasan lebih lengkapnya, bisa kalian baca pada artikel Komputer desktop/laptop yang cocok untuk Windows 11.

Agar mendapatkan kinerja yang optimal, ada komponen spesifikasi yang harus anda prioritaskan dengan harapan komputer rakitan tersebut dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama. Komponen tersebut adalah CPU dan kartu grafis. Komponen lain yang juga harus diprioritaskan selanjutnya (sesuai urutan) adalah

  • Power supply
  • Motherboard
  • Memori RAM
  • Storage
  • Casing
  • Jika anda tidak membutuhkan kinerja grafis yang terlalu tinggi, cukup menggunakan perangkat grafis bawaan.

Jika membutuhkan upgrade komponen secara berkala, maka harus ada komponen investasi. Komponen investasi ini harus dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama (lintas generasi) agar mampu menangani komponen lain yang punya teknologi baru.

Namun, komponen investasi setidaknya harus berlabel high-end yang harganya jauh lebih mahal karena umumnya dilengkapi teknologi paling canggih. Komponen investasi biasanya terdiri dari power supply, casing, dan storage.

Komponen yang bisa di upgrade diantaranya motherboard, memori RAM, CPU, dan kartu grafis. Jika anda tidak membutuhkan kinerja grafis yang terlalu tinggi, cukup menggunakan perangkat grafis bawaan.

Saat ini, beberapa komponen dapat dilakukan overclock demi mendapatkan performa yang jauh lebih maksimal. Overclock adalah kegiatan untuk meningkatkan kecepatan suatu komponen di atas standar pabrik. Komponen yang dapat dilakukan overclock yaitu CPU, perangkat grafik, dan memori RAM. Bagi anda yang berencana melakukan overclock, setidaknya harus menyiapkan beberapa hal berikut

  • Power supply dengan kemampuan daya tinggi
  • Motherboard high-end yang memiliki fitur overclock
  • CPU/perangkat grafis/RAM yang mendukung overclock
  • Perangkat pendingin yang bagus

Mencari toko komputer untuk simulasi spesifikasi

Tiia Monto, CC BY-SA 4.0, via Wikimedia Commons

Sebelum mulai membuat simulasi spesifikasi PC, ada baiknya anda menentukan toko sebagai acuan untuk merakit komputer. Toko komputer tersebut nantinya bisa menjadi acuan untuk menentukan ketersediaan merk dan harga dari masing-masing komponen yang dibutuhkan.

Pilihlah toko komputer resmi yang menurut anda dapat memberikan pelayanan terbaik. Bila perlu, anda juga dapat mengacu pada dua atau lebih toko komputer sebagai perbandingan.

Anda tidak harus membangun PC rakitan dengan komponen-komponen baru. Anda juga tidak perlu membeli komponen yang menggunakan teknologi generasi terbaru. Jika memang memungkinkan, anda masih bisa menggunakan komponen bekas (second) atau komponen generasi agak lama yang jelas memiliki harga lebih murah. Namun, pastikan produk komponen tersebut masih dapat bekerja dengan optimal.

Beberapa toko komputer menyediakan layanan simulasi spesifikasi secara online. Layanan ini sangat berguna bagi kita yang ingin membangun PC rakitan berdasarkan spesifikasi yang diinginkan. Tak hanya spesifikasi saja, layanan simulasi ini sebetulnya juga untuk daftar belanja bagi pengunjung toko komputer tersebut.

Beberapa toko komputer di Indonesia yang menyediakan layanan simulasi diantaranya

Itulah beberapa hal yang harus anda perhatikan saat membuat rancangan spesifikasi untuk membangun PC rakitan. Silahkan anda berkreasi membuat spesifikasi komputer idaman asal tetap sesuai dengan kebutuhan, budget, dan ketersediaan hardware.

Terima kasih dan semoga bermanfaat...

Baca juga artikel terkait :

Apakah kalian punya pengalaman atau pendapat yang berbeda ? Tuliskan lewat kotak komentar di bawah. Usahakan sesuai topik artikel ini.
Tulis komentar