Skip to main content

Cara Membuat Rancangan Spesifikasi PC Rakitan Yang Benar

Cara Membuat Rancangan Spesifikasi PC Rakitan Yang Benar

Personal Computer (PC) desktop merupakan salah satu jenis komputer yang paling banyak digunakan. Meski saat ini keberadaannya mulai tergeser oleh laptop atau smartphone, komputer desktop nyatanya masih banyak penggunanya. Terbukti masih tingginya minat pecinta komputer untuk mendapatkan komponen PC teknologi terbaru.

Salah satu penyebab komputer desktop masih diminati yaitu punya kemampuan yang lebih unggul dari pada laptop. Ditambah, banyak program aplikasi terkini seperti game modern yang semakin menuntut sistem komputer dengan spesifikasi tinggi. Apalagi dengan maraknya tagar #mendingrakitpc.

Hingga saat ini, beberapa vendor masih mengeluarkan produk komputer desktop built-up. Seiring dengan berkembangnya teknologi komputer dan penyebaran informasi yang semakin cepat, banyak pengguna komputer yang lebih memilih membangun PC rakitan sendiri daripada harus membeli komputer built-up.

Alasannya, mereka bisa menentukan sendiri komponen-komponen yang akan digunakan demi mendapatkan performa yang optimal dan harga yang lebih terjangkau.

Cara membuat rancangan spesifikasi PC rakitan yang benar

Untuk bisa merakit sebuah komputer, kalian harus memahami seluk beluk komputer tersebut. Oleh karena itu, kalian juga wajib memahami spesifikasi PC yang akan dirakit. Cara membuat rancangan spesifikasi PC rakitan sebetulnya susah-susah-gampang.

Mudah karena merakit komputer sudah banyak tutorialnya. Susahnya karena rancangan spesifikasi komputer rakitan tersebut harus benar-benar sesuai dengan kebutuhan dan anggaran keuangan pengguna. Apalagi jika yang dibuat adalah spesifikasi komputer terbaru.

Tentukan kebutuhan prioritas

Sebelum bisa membuat spesifikasi PC rakitan atau membeli laptop/komputer built-up sekalipun, terlebih dahulu kalian harus menentukan kebutuhan yang paling prioritas. Misalnya, kalian membeli komputer untuk keperluan belajar, bekerja, atau sarana hiburan (gaming). Dengan mengetahui kebutuhan prioritas, kita dapat menentukan arah spesifikasi komputer yang akan dibuat.

Jika kebutuhan prioritas hanya untuk belajar, kebutuhan standar atau sekedar punya saja, kalian tidak perlu membuat PC rakitan dengan spesifikasi yang terlalu tinggi. Begitu pula jika kebutuhan prioritas untuk bekerja dibidang multimedia seperti desain grafis dan produksi video, kalian semestinya menggunakan komputer dengan spesifikasi terbaik agar mendapatkan kinerja yang optimal.

Sesuaikan dengan kondisi keuangan

Hal paling sensitif saat membuat rancangan spesifikasi PC rakitan adalah anggaran atau budget. Bagi kebanyakan pengguna komputer, biaya tentu menjadi aspek yang harus diperhatikan. Jika hal ini terlewatkan, tentu bisa menjadi sebuah masalah yaitu over budget atau kelebihan biaya.

Oleh karena itu, saat membuat spesifikasi PC rakitan harus ada kesesuaian antara kebutuhan prioritas dan biaya yang dimiliki. Berapapun budget yang kalian keluarkan, entah cuma 2 juta, 3 juta, 5 juta bahkan belasan hingga puluhan juta. Tekno Jempol menyarankan kalian tetap bijak dan hemat dalam mengelola budget dalam membangun PC rakitan.

Merakit PC desktop high-end sekalipun tidak harus keluar biaya yang mahal, bukan?

Biaya merakit PC juga dapat menjadi modal jika kebutuhan kalian untuk bekerja mendapatkan profit. Jika ingin mendapatkan keuntungan besar, kalian harus pintar mengatur biaya modal tersebut agar menghasilkan spesifikasi komputer yang maksimal. Namun, biasanya semakin bagus/lengkap spesifikasi PC, semakin mahal pula biaya yang harus dikeluarkan.

Pahami seluk beluk komponen PC

Cara membuat rancangan spesifikasi PC rakitan yang wajib kalian lakukan yaitu memahami seluk beluk komponennya. Jika ingin membangun komputer desktop misalnya, kalian harus tahu komponen yang harus disiapkan, cara kerja komponen, fitur atau teknologi yang akan digunakan, dan kebutuhan hardware yang direkomendasikan oleh game tersebut.

Pada tahapan ini, memang tidak semua orang paham mengenai seluk beluk komputer. Oleh karena itu, kalian boleh meminta saran spesifikasi komponen komputer pada teman atau orang yang memang sudah menguasai bidang ini.

Namun, tidak ada salahnya jika kalian juga memiliki sedikit wawasan mengenai seluk beluk komponen PC. Kalian dapat menggali informasi dari berbagai sumber seperti website/blog/majalah teknologi komputer, situs hardware reviewer, website resmi vendor, atau pemilik toko komputer langganan anda.

Membuat rencana teknis spesifikasi komputer

Kini saatnya kita membuat blue print atau cetak biru dari spesifikasi PC rakitan. Seperti yang kita ketahui, sebuah sistem komputer terdiri dari tiga bagian utama yaitu input, proses, output. Pada bagian input, terdapat perangkat masukan seperti keyboard dan mouse.

Pada bagian proses terdapat CPU, motherboard, RAM, perangkat grafik, storage (media penyimpanan), dan power supply. Sedangkan bagian output terdapat perangkat keluaran seperti monitor, printer, atau speaker. Untuk kebutuhan yang lebih spesifik, biasanya memerlukan komponen tambahan.

Kalian yang sudah menentukan kebutuhan prioritas, mungkin akan mudah menentukan arah spesifikasi PC yang akan digunakan. Mungkin kalian juga perlu menentukan program aplikasi yang akan digunakan. Misalnya, jika kalian menginginkan komputer untuk membuat dokumen kerja maka kalian dapat menggunakan program aplikasi Microsoft Office.

Aplikasi ini secara resmi telah merekomendasikan spesifikasi komputer untuk dapat menjalankannya. Berikut ini rekomendasi spesifikasi PC untuk Microsoft Office 2021

  • CPU : Processor Dual-core berkecepatan minimal 1.1 GHz
  • Memori RAM : RAM minimal berkapasitas 4 GB
  • Storage : ruang untuk instalasi berkapasitas setidaknya 4 GB
  • GPU : mendukung DirectX 10 dan WDDM 1.3
  • Monitor : resolusi 1024 x 768
  • Sistem operasi : minimal Windows 10

Beberapa aplikasi lain untuk kebutuhan desain grafis seperti Adobe Photoshop juga memiliki rekomendasi spesifikasi PC untuk dapat menjalankannya. Berikut ini rekomendasi spesifikasi minimal PC untuk Adobe Photoshop versi 24.0 (rilis Oktober 2022)

  • Processor : Intel atau AMD dengan kecepatan minimal 2 GHz dan mendukung ekstensi SSE 4.2
  • Memori : RAM dengan kapasitas minimal 8 GB dan disarankan 16 GB
  • Penyimpanan : ruang untuk instalasi minimal berkapasitas 20 GB dan disarankan berkapasitas 50 GB dengan tipe SSD
  • GPU VGA support DirectX 12 dan VRAM berkapasitas 2 GB.Jika ingin menggunakan resolusi 4K, disarankan menggunakan VRAM 4 GB dan umurnya tidak lebih dari 7 tahun
  • Monitor : memiliki resolusi minimal 1280 x 800 dan disarankan 1920x1080
  • Sistem operasi : minimal Windows 10 20H2 64-bit atau versi yang lebih baru
  • Koneksi internet untuk mendapatkan dukungan lanjutan

Menurut Tekno Jempol, cara memilih komponen PC rakitan adalah sesuai rekomendasi kebutuhan hardware dari sistem operasi yang akan dipasang. Bisa juga dengan menyesuaikan kebutuhan aplikasi yang ingin dipakai. Misalnya, bila sistem operasi yang akan dipasang adalah Windows 10 64-bit, maka spesifikasi komputer harus sesuai saran rekomendasi OS tersebut.

Jika tidak, komputer mungkin tidak akan berjalan optimal. Untuk kebutuhan aplikasi lain seperti multimedia, silahkan kalian merujuk ke website aplikasi yang akan kalian gunakan.

Umumnya, program aplikasi untuk tujuan khusus seperti di atas, memiliki rekomendasi spesifikasi PC untuk dapat menjalankannya. Dari spesifikasi tersebut, dapat kalian jadikan acuan untuk membangun sebuah PC rakitan.

Tips rancangan spesifikasi PC rakitan update tahun 2024

  • Processor Quad core atau setidaknya dual core dengan Hyperthreading/Multi Threading. Makin banyak core lebih baik
  • RAM berkapasitas minimal 8GB. Lebih besar lebih baik
  • Penyimpanan SSD dengan kapasitas sesuai kebutuhan, setidaknya minimal 250 GB
  • Grafik terintegrasi (IGP bawaan CPU) atau GPU diskrit/VGA card dengan VRAM minimal 2GB dan mendukung teknologi grafis terkini (DirectX 12, OpenGL, Vulkan, dll)
  • Monitor dengan resolusi layar minimal 1280x800 atau 1366x768
  • Sistem operasi 64-bit versi terbaru seperti Windows 11
  • Jika memungkinkan komponen hardware tersebut dirilis tahun kebelakang.

Saat ini telah hadir sistem operasi Microsoft terbaru yaitu Windows 11. Sistem operasi ini dibangun sepenuhnya untuk komputasi 64-bit. Untuk dapat menjalankan Windows 11, dibutuhkan komputer desktop/laptop dengan spesifikasi yang lebih dari pada Windows 10. Penjelasan lebih lengkapnya, bisa kalian baca pada artikel spesifikasi laptop untuk Windows 11.

Agar mendapatkan kinerja yang optimal, ada komponen spesifikasi komputer yang harus kalian prioritaskan. Harapannya komputer rakitan tersebut dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama. Komponen tersebut adalah CPU dan kartu grafis. Komponen lain yang juga harus diprioritaskan selanjutnya (sesuai urutan) adalah

  • Power supply
  • Motherboard
  • Memori RAM
  • Storage
  • Casing
  • Jika kalian tidak membutuhkan kinerja grafis yang terlalu tinggi, cukup menggunakan perangkat grafis bawaan.

Jika membutuhkan upgrade komponen secara berkala, maka harus ada komponen investasi. Komponen hardware investasi ini harus dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama (lintas generasi) agar mampu menangani komponen lain yang punya teknologi baru.

Namun, komponen investasi setidaknya harus berlabel high-end yang harganya jauh lebih mahal karena umumnya dilengkapi teknologi paling canggih. Komponen investasi biasanya terdiri dari power supply, casing, dan storage.

Komponen yang bisa di upgrade diantaranya motherboard, memori RAM, CPU, dan kartu grafis. Jika kalian tidak membutuhkan kinerja grafis yang terlalu tinggi, cukup menggunakan perangkat grafis bawaan.

Saat ini, beberapa komponen dapat dilakukan overclock demi mendapatkan performa yang jauh lebih maksimal. Overclock adalah kegiatan untuk meningkatkan kecepatan suatu komponen di atas standar pabrik. Komponen yang dapat dilakukan overclock yaitu CPU, perangkat grafik, dan memori RAM. Bagi kalian yang berencana melakukan overclock, setidaknya harus menyiapkan beberapa hal berikut

  • Power supply dengan kemampuan daya tinggi
  • Motherboard high-end yang memiliki fitur overclock
  • CPU/perangkat grafis/RAM yang mendukung overclock
  • Perangkat pendingin yang bagus

Mencari toko komputer untuk simulasi spesifikasi

Terakhir, cara membuat PC rakitan yaitu membuat simulasi spesifikasi PC. Jadi, ada baiknya kalian menentukan toko sebagai acuan untuk merakit komputer. Toko komputer tersebut nantinya bisa menjadi acuan untuk menentukan ketersediaan merk dan harga dari masing-masing komponen yang dibutuhkan.

Pilihlah toko komputer resmi yang menurut kalian dapat memberikan pelayanan terbaik. Bila perlu, kalian juga dapat mengacu pada dua atau lebih toko komputer sebagai perbandingan.

Kalian tidak harus membangun PC rakitan dengan komponen-komponen baru. Kalian juga tidak perlu membeli komponen yang menggunakan teknologi baru semisal generasi prosesor AMD dan Intel terbaru.

Jika memang memungkinkan, kalian masih bisa menggunakan komponen bekas (second) atau komponen generasi agak lama yang jelas memiliki harga lebih murah. Namun, pastikan produk komponen tersebut masih dapat bekerja dengan optimal.

Beberapa toko komputer menyediakan layanan simulasi spesifikasi secara online. Layanan ini sangat berguna bagi kita yang ingin membangun PC rakitan berdasarkan spesifikasi yang diinginkan. Tak hanya spesifikasi saja, layanan simulasi ini sebetulnya juga untuk daftar belanja bagi pengunjung toko komputer tersebut.

Beberapa toko komputer di Indonesia yang menyediakan layanan rancangan dan simulasi PC rakitan update 2023 diantaranya

  • http://www.rakitan.com/simulasi.php
  • https://www.enterkomputer.com/simulasi
  • https://www.winkomputer.com/simulasi.php
  • http://www.rajakom.com/?menu=simulation
  • https://rakitonline.com/
  • http://www.t-rakitan.com/
  • dll

Itulah beberapa hal atau cara membuat rancangan spesifikasi PC rakitan yang bisa kalian terapkan. Silahkan kalian berkreasi membuat spesifikasi komputer idaman asal tetap sesuai dengan kebutuhan, budget, dan ketersediaan hardware.

Terima kasih dan semoga bermanfaat...

Baca juga artikel terkait :

Apakah kalian punya pengalaman atau pendapat yang berbeda? Tuliskan lewat kotak komentar di bawah. Usahakan sesuai topik artikel ini.
Buka Komentar
Tutup Komentar