Skip to main content

Perbedaan Keyboard Mac dan Windows

Perbedaan Keyboard Mac dan Windows

Sudahkah kalian mempertimbangkan betapa pentingnya pemilihan keyboard yang sesuai dengan gaya kerja dan preferensi pribadi? Jangan anggap remeh, sebab ketidakcocokan dapat memengaruhi produktivitas dan kenyamanan kalian dalam berinteraksi dengan komputer. Misalnya seperti perbedaan keyboard Mac dan Windows.

Oleh karena itu, mari kita gali lebih dalam tentang perbedaan antara keyboard Mac dan Windows. Simak setiap detailnya, karena keputusan ini tidak hanya tentang merek atau model. Tetapi juga tentang bagaimana kalian berinteraksi dengan dunia digital sehari-hari.

Daftar isi

Keyboard Mac

Apple Keyboard atau keyboard Mac adalah jenis keyboard yang dibuat oleh perusahaan Apple. Keyboard ini dirancang khusus untuk digunakan dengan produk komputer Apple seperti Mac, MacBook, dan atau iPad.

Keyboard bikinan Apple memiliki desain yang ramping dan elegan, seringkali memiliki fitur-fitur khas seperti tombol tuts mekanis yang responsif dan inovasi teknologi terbaru. Saat ini, keyboard buatan Apple terkenal dengan nama Magic Keyboard.

Pada umumnya, keyboard Mac memiliki tata letak tombol yang khusus untuk menyesuaikan dengan produk-produk Apple. Misalnya tombol Command (Cmd), Option, dan Control yang khas pada perangkat Mac.

Beberapa model keyboard Mac juga memiliki fitur tambahan, seperti pengaturan kecerahan layar dan kontrol audio terintegrasi. Yang terbaru, Apple menambahkan fitur sensor sidik jari dengan istilah Touch ID.

Keyboard Mac seperti Magic Keyboard menggunakan konektivitas wireless Bluetooth. Selain itu, keyboard ini juga memanfaatkan koneksi kabel Lightning guna keperluan pengisian daya baterai.

Keyboard Windows

Keyboard Windows
Keyboard Windows

Keyboard Windows adalah perangkat keyboard yang bisa kalian gunakan untuk berinteraksi dengan sistem operasi Windows pada komputer. Sebetulnya, keyboard Windows menggunakan desain dan layout model keyboard IBM PC yang sudah ada sejak tahun 1981.

Jenis keyboard ini umumnya memiliki tombol-tombol khusus yang dirancang untuk berbagai fungsi pada sistem operasi Windows. Misalnya, tombol Windows yang berguna untuk membuka menu Start dan tombol lainnya seperti Ctrl, Alt, Shift, dan tombol fungsi (F1-F12).

Keyboard Windows juga dapat memiliki tombol khusus untuk mengakses fitur-fitur tertentu, seperti pengaturan kecerahan layar, kontrol volume, dan pengaturan multimedia. Selain itu, beberapa keyboard Windows juga menyertakan tombol khusus untuk aplikasi tertentu atau fungsi makro yang dapat pengguna atur sesuai kebutuhan mereka.

Keyboard Windows atau keyboard desain IBM PC kini telah menjadi standar industri untuk berbagai jenis komputer. Banyak model keyboard modern yang masih mengikuti layout dasar keyboard buatan IBM PC. Meskipun telah ada berbagai modifikasi dan variasi, keyboard IBM PC tetap menjadi referensi umum dalam rancangan perangkat input komputer.

Perbedaan Keyboard Mac dan Windows

Tata Letak Tombol:

Perbedaan Keyboard Mac dan Windows pada Tata Letak Tombol
Perbedaan Keyboard Mac dan Windows pada Tata Letak Tombol
  • Posisi tombol Command dan Option pada keyboard Mac berbeda dengan tombol Control dan Alt pada keyboard Windows
  • Pada keyboard Mac, tombol Command dan Option memiliki urutan yang terbalik, tidak seperti dengan tombol Control dan Alt pada keyboard Windows.

Pada keyboard Mac, indikator Caps Lock tidak terdapat pada fisik keyboard, tetapi dapat terlihat statusnya di layar. Pada keyboard Windows, terdapat lampu indikator Caps Lock pada fisik keyboard.

Beberapa keyboard Mac memiliki layout fisik yang berbeda, terutama pada MacBook atau Magic Keyboard. Namun, banyak keyboard Windows memiliki layout yang lebih seragam.

Keyboard Mac memiliki sejumlah tombol fungsi di bagian atas keyboard yang memiliki fungsi khusus seperti kontrol kecerahan, volume, dan kontrol pemutaran media. Keyboard Windows cenderung memiliki tombol fungsi dengan fungsi standar, dan fungsi khusus dapat kalian akses melalui kombinasi tombol Fn.

Perbedaan Keyboard Mac dan Windows pada Tombol Khusus

Perbedaan Keyboard Mac dan Windows pada Tombol Khusus
Perbedaan Keyboard Mac dan Windows pada Tombol Khusus
  • Keyboard Mac memiliki tombol khusus seperti Command key (⌘) dan Option key (⌥)
  • Keyboard Windows memiliki tombol khusus seperti Windows key dan tombol Menu, yang masing-masing memiliki fungsi membuka menu Start dan membuka menu konteks (klik kanan).

Apa itu command dalam keyboard? Umumnya, tombol Command merepresentasikan sebagian besar shortcut perintah dalam keyboard Mac. Tombol ini berfungsi layaknya Meta key atau Super key yang setara dengan tombol Windows pada keyboard Windows. Pada beberapa aplikasi, tombol Command juga memiliki fungsi seperti tombol Ctrl (Control).

Sedangkan tombol Option berfungsi untuk memasukkan diakritik atau karakter khusus lain. Tombol ini juga berfungsi sebagai modifier bersamaan dengan tombol Command. Pada keyboard Windows, tombol ini memiliki fungsi seperti tombol Alt atau Shift.

Pada keyboard Mac, tombol Control sering berguna sebagai menu perintah klik kanan (right-click) atau memberikan perintah tertentu dalam aplikasi Mac. Sedangkan pada keyboard Windows, fungsi tombol Ctrl sering kali berkombinasi dengan tombol lain untuk perintah tertentu

Tombol Delete pada keyboard Mac berfungsi untuk menghapus karakter di sebelah kiri kursor seperti tombol Backspace (Windows). Untuk menghapus karakter di depan kursor, bisa menggunakan kombinasi tombol Fn + Delete.

Tombol khusus pada keyboard Windows

  • Home: Memindahkan kursor ke awal teks, biasanya di sebelah kiri layar.
  • End: Memindahkan kursor ke akhir baris teks saat ini.
  • PgUp (Page Up) dan PgDn (Page Down): Memindahkan kursor melalui dokumen per halaman.
  • Del (Delete): Menghapus karakter setelah kursor atau item yang terpilih.
  • Ins (Insert): Awalnya berfungsi untuk mengalihkan antara mode penyisipan teks dan mode menggantikan teks. Penting untuk pintasan keyboard seperti salin (Ctrl+Insert) dan tempel (⇧ Shift+Insert) sesuai dengan pedoman antarmuka pengguna IBM CUA. Fungsinya sering kali terlupakan dalam dokumentasi modern.
  • Print Screen: Awalnya mencetak gambar teks layar. Pada komputer modern, kombinasi tombol Ctrl+Print Screen biasanya untuk mengambil tangkapan layar.
  • Num Lock: Mengganti keadaan keypad numerik antara fungsi panah dan navigasi saat dimatikan, dan keypad tombol 10 angka saat dihidupkan. Preferensi dapat kalian atur dalam BIOS.
  • Scroll Lock: Tombol ini dapat berfungsi untuk mengunci tampilan teks agar tidak berubah saat mengetik. Beberapa program seperti Excel menggunakan Scroll Lock untuk mengunci pointer sel pada sel saat ini.
  • Pause: Memberhentikan output atau pemrosesan. Dalam kombinasi dengan Ctrl, menghasilkan kode untuk Break yang akan menghentikan eksekusi program dalam mode DOS.

Fungsi pada Numpad:

  • Keyboard Mac versi penuh dengan numpad memiliki tombol fungsi (Function keys) yang dapat mencapai F15, F16, atau F19. Namun, keyboard versi ringkas biasanya hanya F1-F12 saja.
  • Keyboard Windows dengan numpad juga memiliki tombol fungsi tambahan, tetapi rincian fungsi dan letaknya dapat berbeda.

Perbedaan Keyboard Mac dan Windows pada Tombol Clear dan Tombol Sama Dengan (=):

  • Pada keyboard Mac dengan numpad, terdapat tombol Clear alih-alih tombol Num Lock khususnya pada model dengan numpad.
  • Keyboard Windows dengan numpad memiliki tombol Num Lock alih-alih tombol Clear.

Tombol Help dan Fn:

  • Keyboard Mac memiliki tombol Help dan tombol Fn yang berfungsi untuk mengaktifkan fungsi khusus pada tombol fungsi.
  • Keyboard Windows biasanya memiliki tombol Insert, dan penggunaan tombol Fn tidak umum pada keyboard standar. Fungsi tombol Fn juga cukup bervariasi, tergantung produsen komputer tersebut.

Pada keyboard Windows khususnya versi kompak, tombol Fn umumnya hanya terdapat pada laptop. Ketika ditekan bersamaan dengan tombol lain, tombol Fn memungkinkan pengguna untuk mengakses fungsi tertentu yang tidak memiliki tombol di keyboard tersebut.

Misalnya seperti blok simulasi keypad numerik, mengendalikan fungsi perangkat keras seperti beralih antara layar bawaan dan layar eksternal, mengubah kecerahan layar, atau mengubah volume speaker.

Makna sekunder ini biasanya ditandai dengan teks atau simbol berwarna yang berbeda yang tercetak pada tombol, dengan teks 'Fn' memiliki warna yang sama dengan teks atau simbol tersebut.

Perbedaan Keyboard Mac dan Windows pada Fungsi Tambahan untuk Keyboard Laptop:

Perbedaan Keyboard Mac dan Windows pada Fungsi Tambahan untuk Keyboard Laptop
Perbedaan Keyboard Mac dan Windows pada Fungsi Tambahan untuk Keyboard Laptop
  • Keyboard pada MacBook memiliki fungsi tambahan yang dapat kalian akses bersama dengan tombol fungsi seperti mengurangi dan menaikkan kecerahan, volume atas, volume bawah, mute, dan eject (⏏).
  • Keyboard pada laptop Windows juga memiliki fungsi tambahan, tetapi tombol dan fungsinya dapat bervariasi antara produsen dan model laptop itu sendiri.

Tombol Power:

  • Pada keyboard Mac lama, terdapat tombol power khusus untuk menyalakan komputer.
  • Keyboard Windows secara umum tidak memiliki tombol power terpisah di keyboard, dan umumnya menggunakan tombol khusus pada casing komputer. Namun, ada beberapa produk laptop Windows yang memasukkan tombol Power dalam keyboard.

Kesimpulan

Dengan pemahaman mendalam tentang perbedaan pada keyboard Mac dan Windows, kalian sekarang dapat membuat keputusan yang lebih bijaksana. Tidak ada jawaban yang benar atau salah. Semua tergantung pada preferensi dan kebutuhan kalian.

Tekno Jempol ingin menekankan bahwa pemilihan keyboard itu pribadi. Setiap orang memiliki preferensi berbeda. Sebelum memutuskan, coba pertimbangkan gaya kerja dan jenis tugas yang sering kalian lakukan, dan kenyamanan penggunaan. Dengan pemahaman yang lebih baik, kalian dapat mengoptimalkan pengalaman bekerja atau bermain.

Baca juga artikel terkait :

Apakah kalian punya pengalaman atau pendapat yang berbeda? Tuliskan lewat kotak komentar di bawah. Usahakan sesuai topik artikel ini.
Buka Komentar
Tutup Komentar