Skip to main content

5 Cara Mengatasi Tombol Keyboard Tidak Berfungsi Pada Laptop

5 Cara Mengatasi Tombol Keyboard Tidak Berfungsi Pada Laptop

Saat ini, komputer laptop telah menjadi salah satu gadget penunjang aktivitas sehari-hari. Misalnya, untuk belajar, bekerja, hingga bermain atau sebagai sarana hiburan. Bentuknya yang ramping memudahkan untuk mobilitas tinggi. Selain itu, secara fungsi juga tidak kalah dengan PC desktop.

Kemudahan penggunaan ini ternyata membuat banyak pengguna laptop menjadi terlena dan kurang peka. Pasalnya, banyak pengguna laptop yang tidak menggunakan laptopnya dengan baik. Akibatnya, laptop mereka seringkali mengalami kendala hingga kerusakan komponen.

Salah satu masalah yang kerap kali dialami oleh pengguna laptop adalah tombol keyboard tidak berfungsi normal. Bahkan, ada juga kasus keyboard laptop mengalami kerusakan seperti tombolnya tidak berfungsi dengan baik. Atau tombol keyboard tertekan (terpencet) sendiri secara terus menerus. Hal ini tentu bisa mengganggu kenyamanan pemakaian laptop.

Cara Mengatasi Tombol Keyboard Tidak Berfungsi Pada Laptop (Windows 10)

Penyebab keyboard laptop tidak berfungsi

Kenapa tombol di keyboard tidak berfungsi? Ada beberapa hal yang umumnya dapat menyebabkan tombol keyboard menjadi error, mengalami kerusakan, atau tidak bisa digunakan untuk mengetik. Diantaranya yaitu

  • Debu dan kotoran
  • Penekanan yang terlalu keras
  • Tumpahan benda cair
  • Hardware/software error

Gejala keyboard laptop yang error atau rusak

Tombol keyboard laptop macet dan tidak berfungsi (sebagian/banyak)

Kenapa sebagian tombol keyboard laptop tidak berfungsi? Seperti yang kita tahu, keyboard berisi sekumpulan tombol atau kunci untuk membuat perintah dan masukan pada sistem komputer. Jika tombol ini tidak dapat bekerja dengan semestinya, tentu kalian akan kesulitan atau bahkan tidak dapat mengoperasikan laptop.

Beberapa tombol keyboard tidak berfungsi jika ditekan sehingga tidak akan menghasilkan atau menampilkan perubahan apa-apa (tidak bisa untuk mengetik). Kadang, tombol keyboard laptop tidak sesuai perintah yang tepat seperti menekan tombol huruf A tapi di layar justru yang muncul huruf lainnya.

Tombol keyboard laptop mencet sendiri/terus-menerus

Berbeda dengan kendala sebelumnya, tombol yang terpencet/tertekan menandakan ada perintah atau masukan yang akan dieksekusi oleh sistem. Dan itu terjadi secara tiba-tiba atau bahkan terus-menerus. Hal ini tentu dapat menyebabkan gangguan pada kinerja laptop.

Apalagi jika tombol yang terpencet sendiri punya perintah langsung seperti tombol arah, enter, delete, dan seterusnya. Jika tombol-tombol tersebut tertekan sendiri, tentu akan sangat mengganggu operasi penggunaan komputer laptop yang digunakan.

Contoh kasus tombol keyboard yang mencet sendiri yaitu terdengar bunyi beep terus-menerus saat laptop booting. Atau perintah terjadi berulang-ulang, ngetik huruf sendiri, dan masalah lainnya.

Persiapan memperbaiki keyboard laptop yang rusak/error

Pertama, jika keyboard laptop dirasa tidak dapat berfungsi dengan normal, kalian sebaiknya melakukan pengujian terlebih dulu. Pengujian ini bertujuan untuk memastikan tombol-tombol keyboard yang masih berfungsi dengan baik. Dan juga mengetahui tombol keyboard yang bermasalah.

Berikut ini cara memperbaiki keyboard laptop yang error (Windows 10)

  1. Buka aplikasi editor teks seperti Notepad, Wordpad, Microsoft Word, atau aplikasi editor teks lainnya
  2. Silahkan ketik kalimat berikut
    the quick brown fox jumps over the lazy dog
    Kalimat tersebut berisi semua huruf alfabet sesuai tombol karakter huruf pada keyboard
  3. Selain itu, ketik juga semua karakter simbol dan angka atau kombinasi dengan huruf besar/kecil, simbol, dan angka
  4. Jika karakter huruf/simbol/angka dalam teks tersebut tampil dan dapat terbaca dengan jelas, berarti tombol keyboard laptop masih berfungsi dengan baik
  5. Sebaliknya, jika ada karakter huruf/simbol/angka yang tidak muncul, coba tombol keyboard laptop harus ditekan lama.
  6. Jika masih tidak ada respon dari perintah keyboard, berarti ada masalah dengan tombol tersebut. Di sini, kalian sudah bisa menentukan tombol keyboard laptop yang mengalami kerusakan.
Ada juga cara lain untuk memeriksa tombol keyboard secara langsung
  1. Buka situs
    https://www.keyboardtester.com/tester.html
  2. Silahkan tekan tombol keyboard apapun
  3. Jika tombol tersebut berfungsi, tombol yang tertera di layar akan berwarna hijau. Atau disertai suara notifikasi
  4. Sedangkan jika tombol tidak berfungsi, tombol dalam layar tidak akan berubah warnanya. Di sini, kalian sudah bisa menentukan tombol keyboard laptop yang mengalami kerusakan.

Kali ini, Tekno Jempol akan memberikan ulasan tentang cara mengatasi tombol keyboard tidak berfungsi pada laptop. Bagaimana langkah-langkahnya ? Yuk, simak penjelasannya berikut ini. Pertama, coba tekan tombol keyboard yang bermasalah secara berulang-ulang. Gunanya untuk memastikan tombol keyboard pada laptop masih berfungsi dan tidak macet

Membersihkan debu dan kotoran

Salah satu penyebab seringnya keyboard laptop mendadak tak berfungsi ialah debu dan kotoran yang melekat di sekitar tombol keyboard. Apalagi kalau laptop yang dimaksud jarang dirawat. Salah satu cara memperbaiki tombol keyboard laptop yang tidak berfungsi normal yaitu dengan cara dibersihkan.

Kalian bisa membersihkannya dengan sikat kecil, lap kering, atau vacum cleaner kecil yang mampu menjangkau sela-sela tombol keyboard pada laptop. Usahakan saat membersihkan tombol keyboard, laptop dalam keadan tidak menyala. Agar lebih efektif, pembersihan dilakukan dengan cara memiringkan laptop 30-45 derajat.

Dengan melakukan pembersihan kotaran dan debu yang ada, bisa menjadi solusi cara mengatasi keyboard laptop tidak berfungsi sebagian.

Seandainya keyboard laptop terkena tumpahan benda cair, langsung matikan laptop segera. Tujuannya supaya tak ada arus listrik yang berpotensi merusak bagian lain dalam laptop. Sesudah itu, keringkan bekas tumpahan hingga benar-benar kering dan tak ada sisa cairan.

Pada produk laptop lawas, tombol keyboardnya bisa dilepas. Hal ini bisa lebih memudahkan pembersihan tombol keyboard tersebut. Hal ini bisa menjadi salah satu cara memperbaiki keyboard laptop yang macet.

Namun, melepas tombol dari soketnya harus dilakukan dengan sangat hati-hati. Jika tidak, malah berakibat tombol menjadi rusak dan tidak akan berfungsi seperti sediakala.

Lakukan troubleshoot

Jika tombol keyboard mengalami permasalahan, kalian bisa menjalankan proses troubleshoot pada keyboard laptop. Troublesoot yaitu salah satu fitur pada OS Windows untuk menemukan dan mengkoreksi permasalahan yang terjadi, dalam hal ini fungsi keyboard.

Berikut ini langkah-langkah troubleshooting keyboard untuk laptop Windows 10

  1. Buka menu Start kemudian pilih menu Settings
  2. Atau tekan tombol Win + X lalu pilih Settings
  3. Pilih opsi Update & Security
  4. Pada sisi kiri, pilih Troubleshoot
  5. Klik Additional troubleshooters
  6. Pilih Keyboard lalu klik tombol Run troubleshooters
  7. Ikuti prosesnya hingga selesai

Jika proses troubleshoot keyboard berhasil, masalah pada fungsi keyboard bisa terdeteksi dan kalian bisa melakukan proses perbaikan.

Mengganti dengan unit keyboard laptop baru

Mau tak mau, opsi paling tepat kalau keyboard laptop mengalami kerusakan yaitu mengganti dengan unit keyboard laptop baru. Perlu kalian ketahui, keyboard merupakan alat masukan perintah paling utama dalam sistem komputer modern (untuk saat ini).

Kalau perangkat ini bermasalah hingga tidak dapat digunakan, operasional penggunaan komputer akan cukup terganggu. Setidaknya, kenyamanan menggunakan komputer jadi berkurang.

Oleh sebab itu, apabila keyboard laptop dirasa tidak lagi nyaman untuk dipakai sebaiknya kalian lantas mengunjungi service center laptop terdekat. Di sana, kalian bisa memesan layanan penggantian keyboard baru untuk laptop. Jangan lupa juga untuk menyediakan anggaran sesuai tarif yang dikenakan. Bila masa garansi laptop masih berlaku, kalian bisa mengajukan klaim garansi pada layanan tersebut.

Membeli keyboard eksternal

Jika penggantian keyboard laptop masih terasa mahal, kalian bisa membeli produk keyboard eksternal (USB). Cara ini bisa menjadi solusi keyboard laptop tidak berfungsi yang lebih murah dan terjangkau. Selain itu, keyboard USB eksternal juga lebih gampang ditemukan di berbagai toko ritel komputer.

Meski begitu, pengaplikasian keyboard eksternal untuk keperluan sehari-hari mungkin akan terasa kurang nyaman terutama dikala mobilitas tinggi. Ini dikarenakan, kalian mesti menenteng laptop dan membawa keyboard secara berbarengan. Mungkin, sebaiknya kalian memilih produk keyboard yang memiliki ukuran kecil agar lebih nyaman dibawa kemana-mana.

Pakai keyboard virtual

Selain keyboard eksternal, kalian juga dapat menggunakan fitur virtual keyboard atau on-screen keyboard. Fitur ini merupakan aplikasi keyboard bawaan sistem operasi (Windows misalnya) yang ditampilkan dalam layar monitor. Secara fungsi, keyboard virtual tidak jauh berbeda dengan hardware keyboard.

Berikut ini langkah-langkah/cara menampilkan keyboard di laptop

  1. Buka menu Start
  2. Pilih opsi Windows Ease of Access
  3. Pilih On-screen Keyboard

Cara memunculkan touch keyboard di layar laptop Windows 10

  1. Klik kanan Taskbar lalu pilih menu Show touch keyboard button
  2. Akan muncul ikon keyboard di pojok kanan bawah (Taskbar, disamping jam/tanggal)
  3. Klik ikon keyboard tersebut untuk membuka keyboard virtual

Fitur keyboard virtual sudah pasti ada dalam hampir semua sistem operasi modern, termasuk Windows 10. Sebetulnya, penggunaan keyboard virtual lebih cocok untuk laptop dengan layar touchscreen.

Sayangnya, untuk menggunakan keyboard virtual, kalian harus masuk ke dalam mode sistem operasi. Yang jadi masalah jika membutuhkan keyboard saat sistem operasi belum terpasang pada laptop. Misalnya masuk ke mode UEFI BIOS. Walau begitu, beberapa produk laptop mendukung keyboard vitual pada mode UEFI BIOS.

Penggunaan keyboard virtual juga tidak terlalu nyaman bagi kebanyakan pengguna komputer. Soalnya, harus menggunakan pointer mouse/touchpad. Untuk penggunaan sederhana seperti mengetik beberapa karakter, keyboard virtual mungkin masih enak dipakai. Tapi, untuk operasi yang membutuhkan banyak karakter huruf, angka, atau simbol tentu jauh lebih rumit.

Cara menonaktifkan keyboard laptop yang mencet sendiri

Tombol keyboard laptop menekan sendiri atau terpencet sendiri terus-menerus (macet/nyantol) memang sangat mengganggu dan menjengkelkan. Cara mengatasi tombol laptop yang tertekan terus, tombol tersebut sebaiknya dinonaktifkan.

Menonaktifkan tombol keyboard berarti mematikan fungsi tombol tersebut. Perintah atau masukan dari tombol tersebut tidak akan dikenali dan dieksekusi oleh sistem. Saat kalian menekan tombol yang sudah dinonaktifkan, tidak akan ada perubahan yang akan terjadi.

Berikut ini cara mengatasi keyboard laptop yang mencet sendiri

  1. Download aplikasi KeyTweak via link
    https://www.softpedia.com/get/System/OS-Enhancements/KeyTweak.shtml
    . KeyTweak merupakan aplikasi keyboard untuk laptop guna melakukan remapping keyboard atau memetakan layout tombol keyboard laptop. Dengan aplikasi ini kalian dapat mematikan suatu tombol keyboard. Aplikasi ini hanya tersedia untuk sistem operasi Windows saja.
  2. Instal dan jalankan aplikasi tersebut
  3. Cari tombol keyboard yang bermasalah
  4. Klik tombol Disable Key
  5. Klik Apply dan restart laptop

Sebagai catatan, cara ini akan berlaku global. Artinya, perubahan akan mempengaruhi semua aplikasi, keyboard, dan pengguna sistem operasi dalam komputer tersebut. Mungkin beberapa aplikasi seperti game atau keyboard virtual tidak akan terpengaruh dengan trik tersebut.

Langkah-langkah di atas mungkin lebih mudah untuk dilakukan terutama bagi pengguna awam. Mengingat jika harus membongkar tombol keyboard laptop yang membutuhkan skill khusus karena cukup sulit.

Selain sulit, membongkar tombol keyboard laptop juga sangat beresiko. Sebab, jika terjadi kesalahan pada proses pembongkaran, malah akan merusak tombol tersebut atau tombol-tombol yang lain.

Tips merawat keyboard laptop agar tetap awet dan tidak mudah rusak

Gunakan sewajarnya

Ketika melakukan pekerjaan dengan laptop, pakai keyboard dengan cara yang bagus dan wajar. Menekan tombol keyboard tak perlu terlalu keras. Keyboard pada laptop modern rasanya cukup responsif. Usahakan juga untuk tidak makan, minum, atau meletakkan benda apapun yang beresiko tumpah di dekat laptop.

Bersihkan debu/kotoran secara rutin

Mencegah lebih baik dari pada mengobati. Peribahasa itu mensyaratkan bahwa merawat keyboard laptop lebih murah dan mudah ketimbang harus mengganti keyboard baru. Salah satu bentuk perawatan keyboard yaitu membersihkan debu dan kotoran yang terlihat di sekitar tombol-tombolnya.

Lakukan pembersihan keyboard ini secara berkala. Kalaupun tak sempat, kalian dapat memasang cover keyboard atau keyboard protector untuk laptop. Ini lebih efektif mencegah debu/kotoran masuk terutama bagi pengguna yang malas merawat laptopnya.

Demikian beberapa cara mengatasi tombol keyboard laptop tidak berfungsi. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba..

Baca juga artikel terkait :

Apakah kalian punya pengalaman atau pendapat yang berbeda? Tuliskan lewat kotak komentar di bawah. Usahakan sesuai topik artikel ini.
Buka Komentar
Tutup Komentar