Skip to main content

Aplikasi Yang Wajib Ada di Laptop Windows 10/Windows 11

Di era digital ini, setiap produk laptop baru biasanya dilengkapi dengan aplikasi bawaan. Tetapi, rasanya itu kadang tidak cukup. Banyak pengguna laptop yang masih memerlukan aplikasi tambahan untuk memanfaatkan perangkatnya secara maksimal. Untungnya, ada banyak aplikasi pihak ketiga yang tersedia di pasar.

Aplikasi ini memiliki fitur dan fungsi yang siap membantu pengguna memaksimalkan laptop mereka. Sistem operasi Windows 10 pun terbilang berhasil karena keserbagunaan dan kompatibilitasnya dengan berbagai aplikasi maupun perangkat lain.

Salah satunya disebabkan ada banyak aplikasi preinstal yang dapat diatur sedemikian rupa sesuai kebutuhan dan penggunaan kalian. Dengan mengingat faktor-faktor ini, kami memberikan daftar aplikasi untuk laptop Windows 10 kalian

Aplikasi Yang Wajib Ada di Laptop Windows 10/Windows 11

Daftar isi

Aplikasi apa saja yang perlu diinstal pada laptop baru? Kalian mungkin pernah menanyakan pertanyaan ini pada diri kalian sendiri pada suatu waktu. Ada banyak jawaban, pendapat, dan saran dari profesional atau pribadi yang tentu berbeda-beda. Di sini, Tekno Jempol akan menjelaskan beberapa jenis aplikasi yang wajib ada di laptop Windows 10 atau Windows 11.

Aplikasi perkantoran

Aplikasi wajib untuk laptop Windows 10 pertama adalah aplikasi perkantoran atau office suite. Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi yang hampir selalu digunakan oleh para pekerja dimanapun. Misalnya di kantor, sekolah, lapangan, hingga pekerja rumahan.

Aplikasi ini dapat digunakan untuk mengolah data-data dan informasi yang berkait dengan kegiatan usaha, manajemen, dan komunikasi pada perusahaan ataupun pekerjaan pribadi. Aplikasi perkantoran terbukti memberikan pekerja berbagai kemudahan dalam melakukan beberapa hal seperti:

  • Sebagai sarana untuk memproses data dan informasi proses kegiatan
  • Sarana untuk mengontrol dan mengelola semua yang berkaitan dengan proses kegiatan secara transparan dan akuntabel
  • Sarana untuk menyelenggarakan proses kerja secara efektif dan efisien

Saat ini, sudah ada banyak pengembang perangkat lunak yang menyediakan program aplikasi perkatoran dengan fitur serta harga yang sangat bervariasi. Berikut ini beberapa aplikasi office suite terbaik untuk laptop windows yang tersedia di pasar.

Microsoft Office

By Screenshot taken by me., Fair use, Link

Adalah paket office suite atau aplikasi perkantoran buatan Microsoft yang termasuk aplikasi paling populer di dunia kerja. Microsoft Office terdiri dari beberapa aplikasi untuk kebutuhan tertentu, seperti 

  • Microsoft Word untuk mengolah teks
  • Microsoft Excel untuk mengolah spreadsheet
  • Microsoft PowerPoint untuk mengolah presentasi
  • Microsoft Outlook untuk mengelola email
  • Microsoft Access untuk mengelola database
  • Microsoft OneNote untuk mengelola catatan
  • Microsoft Publisher untuk mengelola rancangan publisitas
  • dll

Aplikasi Microsoft Office bahkan tidak hanya tersedia pada komputer Windows saja. Tapi juga pada platform Apple macOS, Android, dan iOS. Kini, Microsoft Office tersedia juga dalam layanan berbasis cloud dengan brand Microsoft 365.

Microsoft Office termasuk aplikasi wajib di laptop mahasiswa. Aplikasi ini tentu bukan satu-satunya pilihan. Masih ada beberapa alternatif opsi yang layak dicoba jika kalian mau mencarinya.

LibreOffice

LibreOffice adalah suite office dengan lisensi open-source yang cukup populer. LibreOffice menggunakan standar ODF (Open Document Format) yang juga kompatibel dengan file-file Microsoft Office. Aplikasi perkatoran ini juga mencakup semua fitur dasar yang banyak digunakan dalam office suite, seperti pengolah kata, manajemen spreadsheet, perangkat lunak presentasi, dan banyak lagi.

Karena menggunakan lisensi open-source, aplikasi ini banyak ditemukan dalam platform distro Linux. Walau begitu, LibreOffice juga tersedia untuk platform Windows dan macOS.

Selain Microsoft Office dan LibreOffice, kalian bisa mempertimbangkan penggunaan office suite lain semacam Google Docs atau WPS Office. Keduanya terasa seperti aplikasi laptop keren.

Google Docs tersedia gratis untuk digunakan dari browser apa pun dan menawarkan kemampuan serta fitur yang tak kalah canggih seperti alat kolaborasi dan pengeditan dokumen secara real time. Layanan ini juga terintegrasi dengan layanan penyimpanan Google Drive.

WPS Office adalah opsi gratis lainnya yang mencakup beberapa aplikasi diantaranya Writer (pengolah kata), Presentation (alat presentasi) dan Spreadsheet (alat spreadsheet). Aplikasi perkantoran ini tersedia untuk berbagai platform semisal Windows, macOS, Android, Linux, iOS, hingga HarmonyOS.

Aplikasi PDF

Format file PDF (Portable Document Format) sekarang telah menjadi salah satu format dokumen yang umum digunakan. Sesuai namanya, file dengan format PDF bisa diterima oleh semua perangkat dan platform apapun. Mulai dari Windows, macOS, Android, komputer, hingga smartphone.

Guna mendukung pekerjaan yang berhubungan dengan dokumen, aplikasi yang berkaitan dengan format PDF rasanya wajib terpasang di laptop. Untungnya, kini hampir semua aplikasi perkantoran dan web browser telah mendukung format PDF. Jadi, kalian sebetulnya sudah bisa membuka atau membuat dokumen PDF dengan aplikasi tersebut,

Namun kalau butuh aplikasi yang lebih memadai, berikut ini ada beberapa aplikasi PDF yang bisa dipakai. Seperti

  • Adobe Acrobat (Viewer, Converter, dan Editor)
  • Nitro PDF (Reader & Creator)
  • Foxit Reader & Phantom (Viewer, Editor, & Creator)

Aplikasi web browser

Selain office suite, aplikasi apa saja yang dibutuhkan laptop? Era internet seperti saat ini, aplikasi web browser adalah salah satu aplikasi penting yang harus diinstal pada laptop. Kegiatan browsing alias menjelajah internet merupakan hal yang wajib dan rutin dilakukan. Oleh karena itu, aplikasi web browser atau peramban web harus tersedia.

Pada platform Windows 10 atau Windows 11, sudah tersedia aplikasi web browser default yaitu Microsoft Edge yang memiliki performa cukup handal. Aplikasi web browser ini merupakan pengganti dari web browser tradisional Microsoft yakni Internet Explorer. Microsoft Edge versi terbaru kini menggunakan engine Chromium, seperti halnya browser Google Chrome.

Selain Microsoft Edge, masih ada beberapa web browser lain yang cukup populer. Diantaranya seperti

Google Chrome

By Google LLC - Screenshot taken from my Windows 11 machine., CC BY-SA 3.0, Link

Salah satu produk Google yang kini menjadi web browser paling populer di dunia. Web browser ini tergolong ringan, cepat, dan memiliki banyak fitur seperti menyinkronkan bookmark, kata sandi, dan tab antar perangkat. Tak salah jika web browser ini menjadi aplikasi wajib laptop Windows 10.

Google Chrome juga memiliki proteksi bawaan yang cukup baik sehingga kalian akan mendapatkan keamanan ekstra pada setiap aktifitas browsing di sana.

Mozilla Firefox

Merupakan aplikasi peramban web dengan sumber terbuka yang dibuat oleh Mozilla. Web browser ini menawarkan kontrol privasi yang lebih baik daripada peramban lain di luar sana (misalnya, Safari). Hanya saja, Firefox memiliki kekurangan berupa kinerja yang sedikit lambat dibandingkan dengan Chrome atau Edge karena belum dioptimalkan untuk perangkat keras modern.

Opera

Opera adalah aplikasi peramban web yang dikembangkan oleh Opera Software ASA. Peramban ini menyertakan bilah pencarian terintegrasi, yang menampilkan bilah alamat dan kotak pencarian. Bilah alamat memungkinkan pengguna mengetikkan alamat URL untuk mengakses situs web, sedangkan kotak pencarian memungkinkan kalian melakukan pencarian dari dalam browser itu sendiri.

Aplikasi antivirus/anti-malware

Win32SasserB, CC BY-SA 4.0, via Wikimedia Commons

Antivirus atau anti-malware adalah aplikasi yang akan melindungi sistem komputer kalian dari program berbahaya atau tidak diinginkan. Antivirus tergolong aplikasi wajib di laptop Windows 10 atau Windows 11. Sebab, ancaman keamanan berupa virus, malware, trojan, ransomware, dkk selalu mengintai setiap saat.

Apa saja aplikasi bawaan Windows 10? Untuk antivirus di Windows 10 (dan Windows 11) telah tersedia secara default yaitu Microsoft Defender. Antivirus ini mungkin terlihat cukup sederhana dan standar. Namun, performa yang ditawarkan rupanya cukup bagus khususnya bagi end-user atau pengguna biasa.

Jika ingin menggunakan antivirus dari pihak ketiga, ada beberapa alternatif pilihan produk antivirus yang bisa diinstal. Diantaranya seperti

  • Avast Free Antivirus & One Essential
  • AVG Internet Security
  • Avira Internet Security
  • Bitdefender Internet Security
  • Kaspersky Internet Security
  • Norton 360
  • Malwarebytes Premium

Apapun aplikasi antivirus yang kalian gunakan, wajib untuk selalu diupdate secara rutin. Terutama jika kalian sering terkoneksi dengan internet. Dengan melakukan pembaruan, antivirus akan selalu bisa mengenali berbagai varian baru virus dan sejenisnya.

Aplikasi kompresi file/folder

By Eugene Roshal - My own screenshot, Fair use, Link

Jika sedang bekerja dengan banyak file, kadang kala ada file yang ternyata tidak berbentuk file murni. Salah satu contoh jenis file tersebut yaitu file arsip. Jenis file ini berisi sekumpulan file (atau kadang hanya sebuah file). Saat ini, file arsip bisa ditemukan di semua jenis komputer.

File arsip digunakan untuk mengumpulkan banyak file menjadi satu file saja agar lebih portabel dan kadang dikompress sehingga tidak membutuhkan ruang penyimpanan yang besar. Selain itu, file arsip juga bisa digunakan sebagai metode keamanan file-file yang dianggap penting.

Sistem operasi Windows sendiri sebenarnya telah mendukung file arsip dan terkompresi dengan format .ZIP. Selain .ZIP, ada beberapa format file arsip yang juga banyak digunakan. Diantaranya yaitu RAR, 7z, TAR, ISO. GZ, dan CAB. Untuk bisa mengakses file-file tersebut, kalian harus memiliki aplikasi khusus, diantaranya seperti

  • WinRAR. Aplikasi untuk membuat file arsip terpopuler. Saat ini telah menjadi software yang wajib ada di laptop Windows 10
  • 7-Zip
  • WinZip

Contoh lain pengaplikasian file arsip yang umum digunakan yaitu sebagai distribusi program aplikasi. Seperti yang kita tahu, software yang terinstall di laptop/komputer desktop terdiri dari banyak file dan folder. Tentu tak mungkin harus memasang file-folder tersebut satu per satu. Di sinilah fungsi dari installer aplikasi yang mengumpulkan semua file aplikasi menjadi satu dengan konfigurasi tertentu agar instalasinya lebih cepat dan mudah.

Ya, installer aplikasi merupakan contoh file arsip. Untuk platform Windows, installer aplikasi biasanya menggunakan API Windows Installer dengan format file .MSI.

Aplikasi khusus untuk pekerjaan

Tentu, aplikasi yang wajib di laptop Windows 10 selanjutnya adalah aplikasi khusus yang digunakan dalam pekerjaan. Jenis aplikasi yang sudah dijelaskan sebelumnya mungkin juga dipakai dalam bekerja. Namun yang dimaksud di sini yaitu aplikasi yang benar-benar sesuai dengan bidang pekerjaan yang digeluti.

Misalnya bila sedang bekerja dibidang desain grafis, maka kalian harus menginstal program aplikasi yang berhubungan dengan desain grafis. Untuk bidang multimedia seperti video/audio, kalian juga harus memasang aplikasi semisal video editor atau audio editor.

Setiap jenis pekerjaan biasanya memiliki aplikasi khusus yang dirancang untuk lebih mengoptimalkan atau mengefisiensikan proses pekerjaan tersebut. Mungkin akan ada banyak pilihan dari aplikasi khusus pekerjaan. Silahkan pilih aplikasi laptop untuk kerja yang sesuai dengan kebutuhan atau kesepakatan dalam lingkungan kerja.

Sebagai contoh, lingkungan pekerjaan di bawah naungan instansi perusahaan, badan usaha, atau pemerintahan. Biasanya, dalam lingkungan pekerjaan tersebut menggunakan program aplikasi khusus dengan metode atau peraturan tertentu. Apabila kalian bekerja di sana, program aplikasi khusus tersebut wajib diinstal pada laptop/PC desktop.

Aplikasi lain

Diantara kalian mungkin juga perlu menginstal jenis aplikasi lain yang belum disebutkan pada penjelasan di atas. Misalnya seperti aplikasi untuk komunikasi, media player, utilitas, atau video game. Jenis aplikasi semacam ini bisa jadi seperti aplikasi penting untuk laptop Windows 10.

Mungkin agak subjektif karena tergantung kebutuhan dari pengguna laptop itu sendiri. Jadi, silahkan cari aplikasi ini sesuai dengan kebutuhan prioritas. Jika tidak benar-benar diperlukan, sebaiknya tidak usah diinstall pada laptop agar tidak terlalu membebani sistem laptop tersebut.

Kini muncul pertanyaan, bagaimana cara mendapatkan aplikasi-aplikasi di atas ? Tekno Jempol telah menjawabnya lewat artikel dengan judul Cara Mendownload Aplikasi di Laptop Windows 10.

Itulah kumpulan aplikasi Windows 10 64 bit dan Windows 11 yang harus terinstall di laptop. Akhir kata, semoga bermanfaat...

Baca juga artikel terkait :

Apakah kalian punya pengalaman atau pendapat yang berbeda ? Tuliskan lewat kotak komentar di bawah. Usahakan sesuai topik artikel ini.
Tulis komentar