Skip to main content

Inilah 6 Cara Mengatasi Laptop Yang Tidak Mau Menyala

Komputer laptop menjadi salah satu perangkat elektronik yang banyak digunakan saat ini. Bahkan, bisa dikatakan laptop juga hampir menggantikan komputer desktop. Laptop dinilai memiliki kelebihan dalam hal penggunaan dan efisiensi.

Meski begitu, bukan berarti komputer laptop tidak bebas dari masalah. Salah satu kasus yang mungkin dialami oleh pengguna yaitu laptop tidak dapat menyala saat dihidupkan. Kasus semacam ini sebetulnya banyak terjadi dan cukup mengesalkan. Apalagi jika laptop tersebut akan digunakan untuk keperluan penting.

Cara Mengatasi Laptop Yang Tidak Mau Menyala

Gejala laptop tidak bisa menyala

Saat tombol power ditekan, laptop seharusnya bisa menyala jika dalam kondisi normal. Pada kasus ini, laptop mati tidak bisa nyala dengan semestinya. Layar monitor kosong/blank tidak menampilkan apapun. Lampu indikator power tidak menyala. Bahkan, komponen hardware di dalamnya seolah-olah mati.

Akibatnya, laptop tidak bisa dipakai sama sekali. Kasus laptop tidak bisa dinyalakan ini biasanya terjadi pada laptop yang usianya sudah agak lama. Namun, ada pula laptop yang relatif baru dan mengalami kejadian tersebut.

Penyebab laptop tidak mau menyala

  • UEFI BIOS bermasalah
  • Kendala pada baterai, adaptor daya, atau kabel charger laptop
  • Kerusakan pada komponen power regulator
  • dan lainnya

Berikut ini langkah-langkah atau cara mengatasi laptop yang tidak mau menyala tapi lampu power hidup.

Pastikan baterai laptop berfungsi dan terisi daya

Credit :

Komputer jenis laptop memakai baterai sebagai sumber daya utama. Baterai dipakai untuk mewadahi daya listrik supaya mampu menghidupkan hardware laptop tersebut. Jika baterai laptop tak berfungsi dengan normal atau malah kondisinya rusak, tentu saja laptop tak akan dapat dipakai dengan nyaman.

Oleh sebab itu, baterai pada laptop mesti berfungsi dengan semestinya. Pun juga baterai seharusnya bisa menyimpan daya listrik agar sanggup menyalakan hardware dalam laptop. Bila kedua hal itu bisa terpenuhi, laptop harusnya dapat dihidupkan dan dipakai secara normal. Jika terjadi laptop tidak bisa nyala tapi lampu charger hidup, mungkin cara ini bisa dilakukan.

Lakukan charging (pengecasan) baterai

Credit : thetechwire.com

Apabila daya listrik dalam baterai dirasa akan habis, langsung saja lakukan pengecasan daya ulang atau charging baterai. Nantinya, daya listrik pada baterai akan kembali terisi ulang. Pengecasan sebaiknya dijalankan sampai daya dalam baterai penuh 100%. Biasanya, proses charging baterai akan ditandai dengan lampu indikator charging yang menyala.

Sewaktu pengecasan baterai berjalan, laptop boleh untuk dinyalakan dan dipakai seperti pada umumnya. Hal ini dikarenakan laptop menerapkan penggunaan daya listrik yang berasal dari proses charging secara langsung. Umumnya, dikenal dengan istilah "AC Mode". 

Bersihkan konektor modul RAM

Laptop tidak dapat dihidupkan tidak selalu disebabkan karena kendala pada perangkat daya. Bisa jadi justru disebabkan oleh komponen hardware lainnya, seperti modul RAM. Jika modul RAM mengalami masalah inisialisasi, umumnya laptop tidak dapat menyala dengan sempurna meski lampu power hidup.

Credit : https://www.freepik.com/author/tayhifi5

Berikut ini ada beberapa hal yang bisa dilakukan jika modul RAM dirasa bermasalah

  1. Matikan laptop sepenuhnya dan cabut kabel charger jika terpasang
  2. Jika memungkinkan, lepas baterai. Kemudian tekan tombol power selama beberapa detik untuk menghilangkan daya listrik yang masih tersisa
  3. Jika memang ada, lepas cover memori RAM. Beberapa produk laptop, melepas cover RAM mengharuskan membuka semua cover body laptop di sisi bawah
  4. Lepaskan modul RAM yang terpasang. Caranya, cukup dengan melepaskan kait pengunci dari kedua sisi modul RAM
  5. Bersihkan slot RAM dengan kuas kecil atau alat pembersih debu lainnya
  6. Bersihkan kedua sisi konektor modul RAM dengan penghapus karet
  7. Pasang kembali modul RAM dengan tepat dan pastikan terkunci dengan pas
  8. Jangan lupa untuk kembali menutup cover RAM/body laptop
  9.  Nyalakan laptop kembali

Ganti baterai laptop baru

Credit : Intel Free Press, https://creativecommons.org/licenses/by-sa/2.0 CC BY-SA 2.0, via Wikimedia Commons

Salah satu penyebab paling sering ditemui ketika laptop tidak bisa dihidupkan yaitu kerusakan pada baterai. Seiring waktu laptop dipakai, sedikit demi sedikit umur baterainya juga akan ikut berkurang. Biasanya, kerusakan pada baterai laptop disebabkan kapasitas daya di dalamnya telah habis.

Usia baterai laptop umumnya berawal dari penggunaan atau pemakaian. Semakin berat pemakaian laptop, baterai bisa jadi berumur lebih pendek. Sebaliknya, penggunaan laptop yang wajar dan tidak terlalu berat akan membuat baterainya bisa menjadi lebih awet.

Jika punya budget lebih, solusi yang bisa dilakukan yaitu mengganti baterai baru bila mengalami masalah pada proses nyala laptop. Tentu saja, baterai yang dimaksud harus sesuai dengan laptop yang digunakan. Setidaknya, baterai lama atau baterai baru tersebut memiliki spesifikasi teknis yang sama.

Beberapa varian produk laptop memakai baterai tipe removable. Baterai jenis ini bisa dilepas-pasang atau diganti dengan cukup mudah terutama bagi pengguna awam. Bila laptop kalian terpasang baterai semacam ini, kalian cukup membeli baterai serupa yang baru kemudian memasangnya.

Saat ini banyak varian laptop yang sudah menggunakan baterai model non-removable. Biasanya dikenal dengan istilah baterai tanam. Sayangnya, baterai seperti ini bisa dibilang sulit untuk diganti atau dilepas-pasang. Jadi, kalian wajib membawa laptop tersebut ke teknisi ahli yang terpercaya atau service center resmi untuk melakukan penggantian baterai.

Ganti kabel charger/power adapter baru

Laptop tidak dapat melakukan pengisiaan daya bisa jadi disebabkan adanya kerusakan kabel charger atau adaptor daya. Sebagaimana yang diketahui bersama, kabel charger atau power adapter bekerja dengan cara mengalirkan arus listrik dari sumber arus listrik ke dalam baterai atau laptop.

Selain mengalirkan, perangkat tersebut juga akan mengubah voltase tinggi menjadi tegangan yang mampu diterima oleh komponen hardware laptop (termasuk baterai). Jika perangkat ini mengalami kendala, mungkin bukan hanya laptop tidak bisa dicharge tapi juga komponen hardware di dalamnya juga berpotensi mengalami kerusakan.

Masalah pada kabel charger atau power adaptor sebetulnya bisa dihindari dan bahkan sangat jarang ditemui, tidak seperti kerusakan pada baterai laptop. Jika arus listrik ataupun voltase sumber daya listrik yang digunakan oleh laptop masih stabil, kerusakan perangkat ini kemungkinan tidak akan terjadi.

Seandainya terjadi kerusakan seperti laptop tidak bisa dicharging, penanganannya relatif mudah yaitu dengan cara melakukan penggantian kabel charger/power adaptor baru. Kalian hanya perlu membeli kabel charger atau adaptor daya baru yang cocok dengan yang lama.

Memperbaiki komponen power regulator

Kerusakan pada power regulator khususnya pada laptop merupakan kasus yang cukup jarang terjadi. Namun jika terjadi kerusakan, resikonya cukup berat. Misalnya, beterai laptop tidak dapat dicharge ulang, laptop tak bisa menyala hingga kerusakan hardware secara permanen.

Jika terjadi kerusakan pada power regulator, maka satu-satunya cara untuk memperbaikinya yaitu dengan membawa laptop tersebut pada service center resmi atau teknis ahli yang terpercaya. Sebab, kejadian seperti ini umumnya tidak dapat diatasi oleh banyak pengguna laptop.

Itulah langkah-langkah dan cara memperbaiki laptop yang tidak bisa menyala. Pesan dari Tekno Jempol, pakai laptop sebaik dan sewajar mungkin. Jangan dipakai untuk pekerjaan yang terlalu berat atau berlebihan. Tujuannya, supaya laptop bisa lebih awet dan bertahan lebih lama.

Selamat mencoba dan semoga membantu.

Baca juga artikel terkait :

Apakah kalian punya pengalaman atau pendapat yang berbeda ? Tuliskan lewat kotak komentar di bawah. Usahakan sesuai topik artikel ini.
Tulis komentar