Skip to main content

Begini Cara Melihat SSD di Laptop

Saat ini, hampir semua produk laptop baru mungkin telah menggunakan perangkat penyimpanan berupa SSD. Berbeda dengan beberapa tahun lalu ketika produk laptop masih banyak memakai hard disk sebagai penyimpanan utama. Jika membeli laptop sekarang, kalian mungkin akan bertanya apakah sudah pakai SSD atau belum?

Pada artikel ini, Tekno Jempol akan menjelaskan cara melihat SSD di laptop. Cara maupun langkah-langkahnya sangat mudah sebetulnya. Bahkan pengguna awam pun juga bisa melakukannya. Selain laptop, kalian juga bisa mengaplikasikannya pada PC desktop jika memang tersedia.

Penasaran seperti apa cara cek SSD laptop ? Berikut ini penjelasan selengkapnya..

Cara Melihat SSD di Laptop Windows 10

Daftar isi

Tanyakan pada penjual laptop

Cara mengetahui apakah laptop sudah SSD? Kalau pingin tahu jenis perangkat penyimpanan yang dipasang dalam laptop, coba kalian tanyakan pada penjualnya. Si penjual pasti akan memberi tahu kalian tipe penyimpanan pada laptop yang dijualnya berikut informasi seperti kapasitas penyimpanan yang tersedia.

Bahkan mungkin, si penjual juga akan menjelaskan secara detail spesifikasi teknis laptop yang akan kalian beli. Mulai dari processor, RAM, perangkat grafis, komponen atau kelengkapan tambahan, aksesoris, hingga kondisi fisik. Informasi dari penjual laptop ini harusnya sudah lebih dari cukup.

Baca label spesifikasi laptop

Cara cek apakah laptop HDD atau SSD? Kalian juga bisa membaca label spesifikasi yang disertakan pada paket penjualan laptop.

Semua produk laptop pasti dibekali dengan informasi mengenai spesifikasi teknis hardwarenya. Informasi ini biasanya tertulis pada buku petunjuk manual, lembaran khusus informasi spesifikasi, atau label spesifikasi yang ditempel pada kardus paket penjualannya.

Kalaupun tidak menemukan label informasi tersebut, kalian masih bisa mencarinya lewat halaman dukungan produk pada website resmi brand/merk laptop. Produsen atau manufaktur laptop pasti menyediakan semua dukungan yang dibutuhkan oleh konsumennya termasuk informasi spesifikasi.

Cek SSD laptop lewat Task Manager

Credit : windowsreport.com

Aplikasi Task Manager pada Windows 10 atau Windows 11 memiliki tampilan antarmuka yang lebih lengkap. Hal ini bisa dibuktikan dengan adanya informasi real-time tentang spesifikasi hardware laptop, termasuk perangkat penyimpanan yang terpasang.

Untuk cara melihat SSD di laptop melalui aplikasi Task Manager sebetulnya sangat mudah. Berikut langkah-langkah yang bisa kalian terapkan:

  1. Buka aplikasi Task Manager dengan menekan tombol Ctrl + Shift + Esc secara bersamaan atau klik kanan ruang kosong di Taskbar dan pilih menu Task Manager. Pada Windows 11, cara selengkapnya bisa kalian baca lewat postingan dengan judul Cara Membuka Task Manager di Windows 11
  2. Setelah aplikasi Task Manager terbuka, pilih tab Performance. Jika tampilan Task Manager masih terlihat sederhana, klik More details
  3. Buka tab Performance
  4. Di sana akan ada banyak informasi tentang pemakaian dari komponen hardware penting secara real-time, seperti CPU, Memory (RAM), Disk (baik SSD atau hard disk), GPU, atau Network (Wifi atau Ethernet)
  5. Pada bagian kiri tab Performance, akan ada opsi perangkat penyimpanan yang sedang digunakan. Jika kalian menggunakan penyimpanan lebih dari satu, opsi yang muncul juga akan menyesuaikan. Misalnya Disk 0, Disk 1, Disk 2, dan seterusnya
  6. Di situ akan ada juga tipe penyimpanan yang terpasang, entah SSD atau HDD (Hard Disk Drive)
  7. Pilih opsi penyimpanan SSD. Aplikasi Task Manager nantinya akan menampilkan informasi spesifikasi SSD dengan cukup rinci. Misalnya seperti nama produk SSD, kapasitas penyimpanan, kecepatan transfer hingga presentase aktivitas utilisasi.

Karena informasi yang muncul real-time, maka grafik presentase utilisasi ataupun kecepatan transfer akan bergerak naik turun sesuai dengan aktivitas baca-tulis yang dilakukan SSD tersebut. Informasi seperti ini juga tersedia pada perangkat penyimpanan lainnya.

Cara cek SSD di laptop dengan Disk Defragement

Credit : howtogeek.com

Sejak era sistem operasi Windows 8 (dan yang lebih baru), telah mendukung penyimpanan SSD secara optimal. OS Windows yang diinstal pada SSD sudah menyediakan fitur aplikasi untuk mengoptimasi SSD. Namanya Optimize Drive yang merupakan bagian dari aplikasi Disk Defragment.

Dengan aplikasi tersebut, bisa menjadi solusi cara mengetahui SSD atau HDD. Berikut ini cara dan langkah-langkahnya

  1. Buka menu Start lalu cari menu Windows Administrative Tools
  2. Setelah itu, pilih aplikasi Defragment and Optimise Drives
  3. Di situ akan tampil daftar partisi yang ada pada perangkat penyimpanan
  4. Coba perhatikan kolom Media type. Jika tertera label Solid state drive, artinya partisi tersebut berada dalam penyimpanan SSD. Sedangkan kalau tertera label Hard disk drive berarti masih menggunakan penyimpanan HDD.

Fitur Optimize Drive akan menjalankan perintah trim guna melakukan optimasi pada partisi SSD yang dipilih. Untuk melakukannya, cukup pilih salah satu partisi/drive SSD yang mau dioptimalkan terutama partisi Local Disk C kemudian klik tombol Optimise.

Cara cek SSD atau HDD Windows 10 via PowerShell

Cek SSD laptop dimana? Selain memakai aplikasi berbasis grafis seperti penjelasan sebelumnya, kalian juga dapat cek SSD di laptop dengan tools berbasis teks (command-line). Windows 10  juga sudah menyediakan sebuah aplikasi tools command-line yaitu Windows PowerShell.

Seperti apa cara cek SSD di laptop dengan PowerShell ? Berikut ini langkah-langkahnya

  1. Buka menu Start lalu masukkan perintah
    poweshell
  2. Setelah itu pilih aplikasi Windows PowerShell
  3. Begitu aplikasi Windows PowerShell terbuka, ketik perintah
    Get-PhysicalDisk
  4. Tekan tombol Enter

Nanti akan muncul tabel daftar perangkat penyimpanan yang terinstall pada laptop. Silahkan cek daftar yang tampil. Coba periksa kolom Media type. Jika tertera label SSD, artinya perangkat penyimpanan SSD telah terpasang dan digunakan dengan semestinya.

Cara cek slot SSD di laptop

Umumnya, produk SSD yang beredar di pasaran menggunakan konektor SATA dan slot M.2. SSD SATA memiliki ukuran seperti hard disk laptop yaitu 2.5". Sedangkan SSD M.2 berbentuk keping modul khusus.

Biasanya, produk laptop murah atau terjangkau masih menyediakan konektor SATA dan sudah tentu dapat dipasang unit SSD SATA 2.5". Berbeda dengan produk laptop premium yang sudah menyediakan slot M.2 sehingga bisa dipasang unit SSD M.2.

Kalian juga bisa mengecek slot SSD di laptop dengan menggunakan aplikasi Device Manager. Langkah-langkahnya seperti berikut ini

Credit : tenforums.com
  1. Tekan tombol Windows dan X secara bersamaan
  2. Pilih menu Device Manager
  3. Setelah Device Manager terbuka, cari kategori IDE ATA/ATAPI Controller
  4. Klik tanda arah kanan di samping kategori tersebut. Di situ akan muncul sub kategori SATA AHCI Controller yang menandakan laptop memiliki konektor SATA
  5. Buka juga kategori Storage Controllers. Jika di situ terdapat opsi NVMe atau NVM Express Controller berarti laptop telah memiliki slot M.2 NVME

Ini bisa menjadi cara mengetahui SSD yang cocok untuk laptop. Agar lebih meyakinkan, mungkin kalian bisa membuka cover body laptop untuk mengetahui adanya konektor SATA atau slot M.2. Dengan begitu, kalian bisa memastikan jenis produk SSD yang bisa dipasang pada laptop tersebut.

Namun, cara cek slot SSD di laptop secara langsung ini hanya bisa dilakukan oleh orang atau teknisi ahli. Sulit bagi orang awam untuk melakukan hal tersebut. Oleh karena itu, silahkan meminta bantuan teknisi ahli atau orang yang mahir pada bidang ini.

Demikian semoga bermanfaat dan selamat mencoba..

Baca juga artikel terkait :

Apakah kalian punya pengalaman atau pendapat yang berbeda ? Tuliskan lewat kotak komentar di bawah. Usahakan sesuai topik artikel ini.
Tulis komentar