Skip to main content

Prospek CD/DVD/Blu-ray di Masa Depan dan Hadirnya Layanan Cloud Storage

Bagi kalian pengguna komputer "zaman old", mungkin tidak asing dengan perangkat optik semacam CD-ROM, CD-RW, DVD-ROM, dan sejenisnya. Seperti yang kalian tahu, dulu media CD atau DVD sangat masif digunakan diberbagai kebutuhan mulai dari menyimpan data hingga keperluan multimedia. Bahkan, CD dan DVD (Digital Versatile Disc) menjadi media distribusi konten digital yang sangat populer.

Media CD (Compact Disc) saat ini tentu sudah sangat jauh tertinggal karena merupakan teknologi usang dan kapasitasnya cuma 700 MB. Sedangkan media DVD saat ini masih sering digunakan untuk distribusi konten multimedia (video dan audio).

Penggunaan CD/DVD saat ini

Untuk mengakses kaset CD/DVD, kalian harus menggunakan perangkat khusus yaitu drive optik (optical drive). Tiap jenis kaset memiliki drive optik sendiri. Namun, umumnya perangkat drive optik mampu mengenali beberapa jenis kaset CD dan DVD.

Drive optik yang menggunakan label ROM (Read-Only Memory) hanya mampu membaca kaset CD/DVD, misalnya CD-ROM dan DVD-ROM atau BD-ROM. Sedangkan yang menggunakan label +RW(ReWritable) seperti CD+RW dan DVD+RW, mampu membaca dan menulis (burning) data ke dalam kaset.

Credit: Cheon Fong Liew via Flickr

Media CD/DVD umumnya masih banyak digunakan untuk distribusi software secara retail. Jadi, pembeli atau pengguna bisa langsung take, pay, and leave. Banyak vendor software juga masih menggunakan CD/DVD sebagai media distribusi produk agar lebih reliable dan terproteksi. Biaya produksi dengan media CD/DVD juga relatif lebih murah.

Untuk menggantikan media CD/DVD, diciptakan media optik generasi terbaru bernama Blu-ray. Blu-ray saat ini menjadi satu-satunya media optik yang paling canggih. Kapasitas sekeping Blu-ray bisa mencapai puluhan bahkan ratusan gigabyte.

Umumnya, media Blu-ray digunakan untuk distribusi film dengan resolusi tinggi setelah film tersebut tayang di bioskop. Beberapa game console modern seperti Playstation dan Xbox juga menggunakan media Blu-ray untuk instalasi game.

Baca juga : Tips memilih produk SSD yang tepat

Prospek media penyimpanan data di masa depan

Perkembangan teknologi penyimpanan data saat ini sudah semakin canggih. Saat ini, distribusi data atau konten digital juga sudah semakin mudah. Hadirnya teknologi penyimpanan berbasis chip flash membuat keberadaan media optik semacam CD, DVD, atau Blu-ray mulai ditinggalkan.

Adanya memory card, flash drive, atau SSD membuat penyimpanan atau distribusi data jadi lebih mudah dan praktis. Dari sisi performa juga jauh lebih unggul ketimbang media optik. Kalaupun masih kurang, bisa menggunakan hard disk dengan kapasitas yang luar biasa besarnya.

Apalagi dengan hadirnya layanan penyimpanan data secara online (online/cloud storage) semisal Google Drive, Dropbox, Cloud, dll. Kalian dapat menggunakan berbagai layanan tersebut secara gratis dan umumnya menyediakan kapasitas cukup besar. Dengan layanan tersebut, data atau konten digital yang tersimpan dapat diakses dengan mudah dari berbagai tempat atau melalui berbagai perangkat.

Public Cloud Backup. Credit: IndonesianCloud.com

Layanan cloud di Indonesia

Ada banyak penyedia layanan komputasi cloud di Indonesia. Salah satu cloud provider Indonesia yaitu Indonesian Cloud. Ada beberapa layanan unggulan yang disediakan, diantaranya

  1. Public Cloud
  2. Private Cloud
  3. Cloud backup
  4. dll

Mengenai Cloud backup, merupakan layanan Indonesian Cloud yang menyediakan fungsi backup data, penyimpanan data, dan data recovery secara remote serta online. Manfaat dari cloud backup misalnya

  • Proteksi data cukup bagus
  • Biaya yang dikeluarkan lebih rendah
  • Penggunaannya juga cukup mudah

Saat ini, ditengah akses internet yang juga semakin merata dan berkembang, penggunaan cloud storage juga mulai jadi pilihan. Cloud storage dianggap dapat memberikan fungsi distribusi data dan konten digital dengan cepat, mudah, dan terjangkau.

Mungkin di beberapa tempat, akses internet yang tersedia belum begitu memadai. Sehingga layanan online storage tentu belum menjadi pilihan utama untuk penyimpanan dan distribusi data atau konten digital. Oleh karena itu, penggunaan media DVD/Blu-ray rasanya masih cukup reliable dan murah untuk menyimpan data-data yang tidak memerlukan kapasitas besar.

Apakah kalian juga masih menggunakan CD/DVD atau Blu-ray ? Atau sudah beralih ke layanan cloud storage ?

Apakah kalian punya pengalaman atau pendapat yang berbeda ? Tuliskan lewat kotak komentar di bawah. Usahakan sesuai topik artikel ini.
Tulis komentar