Skip to main content

CRM Whatsapp Untuk Strategi Keberhasilan Pemasaran Bisnis Digital

CRM Whatsapp Untuk Strategi Keberhasilan Pemasaran Bisnis Digital

CRM Whatsapp, teknologi terbaru yang akhir-akhir ini mendominasi sejak masa pandemi. Dengan mengintegrasikan aplikasi CRM dan Whatsapp Business API, gabungan keduanya telah menjadi alat yang bermanfaat dalam dunia pemasaran digital. Dengan strategi yang tepat, inovasi dalam teknologi ini akan terus berkembang.

Whatsapp sebagai aplikasi populer memiliki rerata open rate aplikasi sebesar 98%. Serta, penggunanya yang terus berkembang dari masa ke masa. Menjadikan Whatsapp sebagai aplikasi yang potensial sebagai media pemasaran di era digital ini. Selain itu, CRM Whatsapp juga mudah untuk diintegrasikan dengan aplikasi lain seperti Instagram, Facebook hingga website.

Berbagai fitur yang tersedia seperti chatbot, omnichannel, hingga Whatsapp bulk sender, memudahkan divisi pemasaran untuk terus menyusun taktik pemasaran digital yang strategis. Selengkapnya, mari kita bahas bersama dalam artikel ini.

Ragam Inovasi Teknologi dalam Whatsapp CRM

Perkembangan teknologi yang pesat, mendorong bisnis untuk berinovasi agar terus menjadi yang terdepan. Perkembangannya yang dinamis seringkali tidak dapat diprediksi, sehingga perusahaan harus selalu waspada terhadap perubahan tersebut.

Dalam perjalanan perkembangannya, CRM (Customer Relationship Management) telah melalui banyak digitalisasi. Mulai dari data yang beralih ke komputer, lalu internet, hingga sekarang menjadi sebuah aplikasi yang dapat terintegrasi dengan berbagai macam media sosial.

Lalu, apa sajakah inovasi yang sedang banyak digunakan dalam CRM saat ini?

Omnichannel: menyederhanakan alur kerja pemasaran digital

Membicarakan tentang omnichannel, sepertinya tidak afdal jika kita tidak mengaitkannya dengan ekosistem Apple. Perusahaan gawai pintar raksasa dunia ini menggunakan strategi omnichannel untuk memanjakan pelanggannya. Yaitu, ekosistem yang mampu menyatukan keseluruhan produk apple melalui satu akun yang berbasis cloud (layanan komputasi awan).

Apple menciptakan icloud yang mampu mengintegrasikan penyimpanan data dari keseluruhan perangkat milik penggunanya. Sehingga, pengguna dapat mengakses file mereka seperti foto, video, dokumen hingga password dari segala perangkat melalui satu akun saja.

Jika dihubungkan dengan penggunaan CRM Whatsapp, omnichannel sangat berperan untuk memudahkan pekerjaan pemasaran digital seperti email, sms, atau media sosial lainnya.

Dengan banyaknya saluran pemasaran yang bisa perusahaan gunakan, mustahil bagi anggota tim jika harus beralih aplikasi satu persatu untuk mengakses pesan kampanye dari ribuan pelanggan dari berbagai channel.

Dengan adanya CRM Whatsapp, tim divisi pemasaran dapat mengelola pesan pelanggan yang berasal dari berbagai saluran melalui satu aplikasi saja. Sistem operasional pun jadi lebih terstruktur.

Selain itu, perusahaan juga dapat memberikan pengalaman yang menarik yang sesuai dengan referensi pelanggan, riwayat transaksi pelanggan, maupun kebiasaan belanja.

CRM Whatsapp dan chatbot: solusi komunikasi real-time yang responsif

Integrasi CRM dengan Whatsapp, selain menawarkan kemudahan alur kerja tim yang terorganisasi. Teknologi ini juga mampu meningkatkan pengalaman pelanggan dengan chatbot yang mampu menjadi solusi komunikasi responsif secara langsung.

Dengan chatbot, tim pemasaran dapat menyediakan pelayanan konsumen yang mendasar seperti push notification, auto reply pesan sambutan, atau pertanyaan terkait FAQ.

Disamping itu, ini beberapa alasan mengapa chatbot Whatsapp perlu diimplementasikan ke dalam pemasaran digital. CRM Whatsapp menyediakan fitur template yang dapat diaplikasikan dalam chatbot sesuai dengan pedoman gaya tulisan untuk memperkuat identitas perusahaan.

Mengembangkan Chatbot dengan CRM Whatsapp integration lebih sederhana tanpa memerlukan kode program yang rumit.

Chatbot tidak hanya memudahkan pemasaran digital, tapi juga meningkatkan kualitas customer service.

Macam-Macam Pemanfaatan CRM dalam Pemasaran Digital

Mengumpulkan umpan balik pelanggan melalui survey

Umpan balik (feedback) merupakan sebuah kritik serta masukan yang mampu mendorong bisnis untuk menjadi lebih baik. Selain itu, survey juga menjadi bukti bahwa ada peran konsumen terhadap keberhasilan bisnis. Dengan demikian, bisnis mampu menghadirkan layanan atau produk yang berdasarkan pada kebutuhan maupun preferensi konsumen.

Di samping itu, mengumpulkan umpan balik kini menjadi lebih mudah setelah berkembangnya chatbot dengan CRM dan Whatsapp integration. Selain proses pengumpulan yang cepat, proses analisa juga menjadi lebih mudah karena aplikasi CRM Whatsapp menyediakan fitur analisa matriks. Seperti jumlah pesan yang terkirim dan terbaca, rerata waktu respon, serta pola interaksi pelanggan..

Mendorong pembeli melakukan pembelian ulang

Aplikasi CRM Whatsapp memiliki fitur segmentasi atau tag pesan yang mampu mengklasifikasi konsumen sesuai dengan kategori tertentu. Sehingga tim divisi pemasaran dapat mengirimkan pesan promosi sesuai dengan riwayat pembelian, status transaksi yang sedang berjalan, maupun kebiasaan pelanggan dalam membeli produk.

Melalui segmentasi tersebut, tim pemasaran dapat menentukan promosi apa yang cocok pada pelanggan. Sehingga, pesan yang terkirimkan akan lebih terasa personal.

Misalnya, untuk pelanggan yang melakukan pembayaran lebih dari lima kali, tim pemasaran dapat menawarkan program reward loyalty. Atau, mengirimkan pesan dengan gambar dan tombol interaktif yang memberikan informasi mengenai produk atau layanan yang ditawarkan menggunakan Whatsapp bulk sender.

Peningkatan Interaksi Pelanggan Secara Personal

Dengan integrasi CRM WhatsApp, kalian bisa meningkatkan interaksi dengan pelanggan secara personal dan relevan. Penggunaan chatbot yang responsif memungkinkan kalian untuk merespons pertanyaan atau masukan pelanggan secara langsung dan cepat.

Ini menciptakan pengalaman yang lebih menyenangkan dan terhubung dengan pelanggan, meningkatkan kepuasan mereka terhadap layanan atau produk yang kalian tawarkan.

Automatisasi Proses Bisnis yang Efisien

Salah satu keunggulan utama dari integrasi CRM WhatsApp adalah kemampuannya untuk mengotomatisasi berbagai proses bisnis. Dengan fitur-fitur seperti pengiriman pesan transaksional atau pengingat pembayaran, kalian dapat menghemat waktu dan sumber daya, serta meningkatkan efisiensi operasional.

Ini memungkinkan kalian untuk fokus pada strategi pemasaran yang lebih kreatif dan inovatif.

Analisis Data yang Mendalam

Integrasi antara CRM dan WhatsApp Business API memungkinkan kalian untuk melakukan analisis data pelanggan secara lebih efektif. Dengan melacak interaksi pelanggan melalui berbagai saluran komunikasi, kalian dapat memahami lebih baik preferensi, perilaku pembelian, dan kebutuhan pelanggan.

Ini membantu kalian untuk menghasilkan strategi pemasaran yang lebih tepat sasaran dan efektif.

Peningkatan Retensi Pelanggan

Dengan adanya integrasi CRM WhatsApp, kalian dapat lebih efektif dalam membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan. Dengan memanfaatkan informasi dari CRM, kalian dapat memberikan pengalaman yang personal dan relevan kepada pelanggan melalui WhatsApp.

Hal ini tidak hanya meningkatkan retensi pelanggan, tetapi juga mengurangi tingkat churn dan meningkatkan loyalitas mereka terhadap merek kalian.

Mengapa harus CRM Whatsapp?

Dengan aktivitas digital yang terus berkembang pesat, bisnis harus selalu beradaptasi dan memanfaatkan strategi inovatif untuk tetap unggul dalam persaingan. Sehingga, mengintegrasikan WhatsApp dengan aplikasi CRM muncul sebagai pendekatan terdepan untuk meningkatkan upaya pemasaran dan meraih keberhasilan bisnis.

Dengan memanfaatkan popularitas dan kenyamanan aplikasi WhatsApp, serta fitur strategis dalam aplikasi CRM, perusahaan dapat membentuk komunikasi yang efisien, dan berdampak terhadap audiens. Begitu pula dengan kinerja proses bisnis yang lebih terorganisasi.

Seiring berjalannya waktu, mengimplementasikan teknologi tidak hanya mendorong bisnis untuk menuju kesuksesan. Tetapi, proses terbentuknya teknologi inovatif juga turut menempatkan bisnis sebagai pelopor dalam ranah pemasaran digital.

Baca juga artikel terkait :

Apakah kalian punya pengalaman atau pendapat yang berbeda? Tuliskan lewat kotak komentar di bawah. Usahakan sesuai topik artikel ini.
Buka Komentar
Tutup Komentar