Skip to main content

Mudah! 6+ Cara Membuat Kamera Laptop Jernih

Saat ini, laptop dan perangkat kamera di dalamnya menjadi peralatan yang sering digunakan. Kamera laptop atau yang biasa dikenal dengan webcam laptop sangat dibutuhkan guna mendukung aktifitas tatap muka atau pertemuan secara online. Terutama pekerjaan yang menggunakan media laptop.

Hanya saja, resolusi kamera laptop kadang tidak begitu memadai dan umumnya berkualitas standar. Hal ini menyebabkan hasil kamera laptop buram atau bahkan cenderung gelap. Kejadian semacam ini akan sangat mengganggu kenyamanan ketika melakukan keperluan meeting online dan pembelajaran online.

Kali ini, Tekno Jempol akan mengulas langkah-langkah dan cara membuat kamera laptop jernih. Dengan begitu, tampilan gambar atau video yang ditangkap oleh kamera laptop bisa lebih bagus dan nyaman dipandang.

Cara Membuat Kamera Laptop Jernih

Daftar isi

Penyebab kamera laptop buram

Apa yang membuat kamera laptop tidak jernih ? Masalah seperti kamera laptop buram bukannya tanpa sebab. Ada beberapa hal yang mungkin bisa mengakibatkan masalah tersebut muncul. Diantaranya yaitu

Adanya penghalang pada lensa kamera

Salah satu hal yang bisa menyebabkan kamera laptop buram adalah munculnya penghalang di depan lensa kamera. Penghalang ini bisa berupa debu, kotoran, bercak noda, atau bahkan goresan kecil. Mungkin penghalang ini bukan masalah yang rumit.

Namun, jika dibiarkan justru akan menghambat dan manghalangi kamera untuk dapat menangkap gambar foto atau video. Itulah mengapa kamera laptop perlu dibersihkan. Kamera laptop jernih tentu akan membuat rasa percaya diri dari penggunanya semakin bertambah.

Penggunaan kamera yang tidak tepat

Hasil kamera laptop yang jernih tidak lepas dari penggunaan perangkat tersebut secara tepat. Meski hanya menggunakan kamera laptop, setidaknya kaliah tahu dan paham tentang ilmu dasar fotografi. Ini bertujuan agar perangkat kamera pada laptop bisa digunakan dengan maksimal.

Salah satunya yaitu aspek pencahayaan. Pada ruang dengan pencahayaan yang tepat, akan menghasilkan foto atau video yang bagus pula. Sebaliknya, pencahayaan yang tidak pas atau bahkan dalam ruang minim cahaya, justru membuat hasil kamera laptop menjadi jelek.

Spesifikasi kamera laptop tidak memadai

Pada produk laptop terbaru, biasanya dibekali dengan kamera dengan spesifikasi terbaik. Sebaliknya, produk laptop lama atau jadul umumnya memiliki kamera yang tergolong spesifikasi rendah. Tentu saja ini bisa terjadi karena perkembangan teknologi yang begitu pesat.

Wajar jika kamera laptop buram terjadi pada laptop yang sudah berumur karena spesifikasinya yang tidak lagi memadai. Berbeda jika pada kamera laptop baru yang lebih jernih sehingga mampu menangkap foto maupun video dengan kualitas dan resolusi tinggi.

Aplikasi kamera yang keliru

Perangkat kamera pada laptop hanya bisa digunakan dengan software aplikasi kamera. Kadang, kamera laptop yang tidak jernih disebabkan karena adanya aplikasi kamera yang mungkin sedang mengalami masalah. Bisa juga disebabkan karena penggunaan aplikasi kamera yang tidak tepat.

Biasanya, aplikasi kamera dilengkapi dengan fitur-fitur khusus, seperti efek sharpen, beauty, atau efek blur. Beberapa perangkat kamera laptop juga memungkinkan untuk melakukan konfigurasi pengambilan foto dan video. Jika fitur atau konfigurasi tersebut digunakan dengan tidak semestinya, akan mengakibatkan hasil kamera yang kurang memuaskan.

Driver kamera yang bermasalah

Mungkin driver kamera laptop yang bermasalah jarang atau tidak terlalu sering terjadi. Namun bila driver kamera mengalami error, bug, atau crash, bukan tidak mungkin perangkat kamera laptop justru tidak dapat digunakan secara normal.

Misalnya seperti hasil kamera laptop buram, aplikasi kamera tidak merespon dengan baik, hingga kamera tidak dapat beroperasi sama sekali (tidak bisa diakses).

Kini muncul pertanyaan, bagaimana cara membuat kamera laptop jernih? Untuk mendapatkan gambar foto atau video terbaik dari kamera laptop, kalian dapat mencoba beberapa cara yang akan Tekno Jempol bagikan berikut ini.

Bersihkan lensa kamera laptop

Credit : Adafruit Industries

Masih banyak orang yang mungkin tidak atau kurang memperhatikan kebersihan dari perangkat laptopnya sendiri. Hal semacam ini yang menyebabkan lensa kamera pada laptop terkena benda asing seperti debu, kotoran, atau noda. Bahkan, bukan tidak mungkin lensa kamera laptop tergores.

Lensa kamera yang kotor akan membuat kamera laptop buram dan tidak jelas. Untuk itu, pastikan kalau lensa kamera laptop benar-benar bersih. Membersihkan lensa merupakan cara agar kualitas kamera laptop jernih. Apakah kamera laptop bisa dibersihkan?

Tentu saja bisa dan sebaiknya harus dilakukan. Di sini, kalian bisa membersihkan lensa kamera dengan berbagai cara. Misalnya dengan menggunakan kain dan cairan pembersih khusus lensa atau kacamata.

Jika tidak ada, kalian juga bisa menggunakan kain mikrofiber atau kain yang tidak berserat. Kain ini mampu membersihkan lensa kamera dengan cukup baik. Jenis kain yang tidak berserat juga lebih aman karena tidak berpotensi meninggalkan goresan pada permukaan lensa.

Pastikan pencahayaan ruang cukup

Umumnya, kamera laptop dipakai untuk melakukan komunikasi video melalui aplikasi seperti Zoom, Google Meet, atau Microsoft Teams. Ada juga yang menggunakannya untuk siaran live pada media sosial atau layanan berbagi video seperti Youtube. Kegiatan tersebut seringkali dilakukan dalam ruangan atau tempat khusus.

Oleh karena itu, kalian yang melakukan kegiatan tersebut wajib memastikan pencahayaan dalam ruangan sudah memadai. Tentu saja, pencahayaan sangat penting agar video yang ditampilkan terlihat lebih jernih dan tidak buram. Pencahayaan yang tepat adalah cara setting kamera laptop agar jernih sehingga bisa membuat tampilan warna menjadi lebih akurat.

Pencahayaan tidak selalu dari perangkat fisik seperti lampu flash atau lampu eksternal tertentu. Kalian juga bisa melakukan pengaturan pencahayaan dari sisi perangkat kamera laptop atau aplikasi yang kalian gunakan. Ada beberapa pengaturan yang bisa berpengaruh pada aspek pencahayaan, diantaranya

  • resolusi kamera laptop
  • eksposure
  • kecerahan dan kontras
  • saturasi warna
  • ISO
  • White balance

Gunakan tata letak yang tepat

 / C.Suthorn / cc-by-sa-4.0 / commons.wikimedia.org

Penempatan objek di depan kamera juga akan berpengaruh pada hasil video yang tampil. Posisi sumber cahaya, jenis background, hingga jarak pengguna laptop harus pada posisi yang ideal. Jika ada yang kurang tepat, mungkin tampilan video menjadi tidak nyaman untuk dilihat.

Bahkan, pemilihan background juga harus tepat agar hasil video dari kamera laptop terlihat menjadi jernih dan tajam. Sebaiknya, pilih background yang polos, cerah, atau tidak terlalu menimbulkan distraksi pada penonton. Aplikasi video meeting Zoom misalnya, telah dilengkapi fitur untuk mengganti background.

Install aplikasi kamera versi terbaru

Credit : wondershare.com

Perangkat kamera pada laptop hanya dapat digunakan dengan aplikasi khusus kamera (tentu saja seperti itu!). Saat ini, hampir semua sistem operasi komputer telah menyediakan aplikasi untuk mengakses kamera. Windows 10 misalnya, telah menyediakan aplikasi kamera bawaan yaitu Windows Camera.

Selain itu, banyak aplikasi kamera tambahan (dari pihak ketiga) yang juga menyediakan fungsi mengambil foto dan merekam video. Bahkan diantaranya mampu menghasilkan foto dan video dengan kualitas yang jauh lebih tinggi. Misalnya seperti Screencast, Manycam, dan Youcam.

Dengan menggunakan aplikasi kamera versi terbaru, bisa menjadi salah satu cara agar kamera laptop jernih. Apalagi aplikasi kamera laptop terbaru biasanya memiliki fitur dan fungsi yang lebih menarik.

Update driver kamera laptop

Sama seperti komponen lainnya, kamera laptop juga perlu driver untuk bisa beroperasi dengan semestinya. Driver ini sangat berpengaruh pada kemampuan kamera dalam menangkap gambar foto atau video. Semakin baik drivernya, semakin bagus pula kemampuan driver.

Nah, driver yang bagus umumnya driver yang paling baru atau paling update. Sebab, driver terbaru sudah dibekali dengan berbagai pembenahan, perbaikan, atau bahkan fitur baru yang sebelumnya tidak tersedia. Jadi agar kamera laptop jernih, kalian bisa melakukan update driver kamera.

Bagaimana cara update driver kamera laptop ? Kalian bisa mengetahuinya lewat artikel Tekno Jempol dengan judul Cara Update Aplikasi & Driver di Laptop.

Gunakan koneksi internet yang stabil

Untuk kebutuhan meeting online atau video conference, kalian wajib menggunakan koneksi internet dengan bandwidth tinggi dan kalau bisa stabil. Kenapa ? Karena pada kegiatan tersebut, ada proses transfer data dalam ukuran yang besar dan dalam waktu yang cepat.

Data video dari penyiar di kirim ke penonton dipengaruhi oleh kemampuan koneksi internet. Semakin bagus koneksi internet yang digunakan, maka semakin bagus pula kualitas video yang didapat. Sebaliknya, koneksi internet yang buruk justru akan membuat tampilan video menjadi tidak jernih dan tampak buram.

Sebelum melakukan proses kegiatan video conference atau meeting online, mungkin sebaiknya kalian melakukan pengujian kecepatan koneksi internet. Kalian dapat menggunakan layanan dari situs Speedtest. Tujuaanya agar mengetahui kemampuan koneksi internet yang dipakai atau mendapatkan pertimbangan untuk mencari layanan internet lain yang lebih memadai.

Pakai kamera eksternal

Sushiflinger, CC BY-SA 3.0, via Wikimedia Commons

Apabila cara agar kamera laptop jernih di atas belum membuahkan hasil yang maksimal, mungkin kalian bisa mempertimbangkan untuk memakai kamera tambahan (eksternal). Tentunya kamera atau webcam tersebut harus memiliki spesifikasi yang lebih mumpuni. Jadi, foto atau video yang ditangkap memiliki kualitas terbaik.

Di pasaran saat ini, telah tersedia berbagai macam produk kamera atau webcam dengan harga serta spesifikasi yang bervariasi. Saran Tekno Jempol, coba pilih produk kamera yang mendukung resolusi tinggi, menggunakan jenis lensa terbaik, namun dengan harga yang terjangkau.

Kalaupun tidak ada biaya untuk membeli produk kamera baru, kalian juga bisa menggunakan kamera smartphone guna menggantikan kamera laptop yang buram. Caranya pun juga cukup mudah untuk diterapkan. Ini bisa menjadi solusi mudah dan murah sebagai cara mengatasi kamera laptop gelap.

Itulah beberapa cara membuat kamera laptop menjadi jernih. Akhir kata, selamat mencoba dan semoga bermanfaat...

Baca juga artikel terkait :

Apakah kalian punya pengalaman atau pendapat yang berbeda ? Tuliskan lewat kotak komentar di bawah. Usahakan sesuai topik artikel ini.
Tulis komentar