Skip to main content

Cyber Security Software di Tahun 2023

Menurut laporan Global Cyber Security Outlook 2023, 86% dari para pemimpin bisnis dan 93% dari pemimpin siber percaya bahwa ketidakstabilan geopolitik global kemungkinan akan menyebabkan kejadian siber yang menghancurkan dalam beberapa tahun ke depan.

Keamanan Siber sekarang dipandang sebagai salah satu pengeluaran dengan prioritas tinggi daripada inovasi dalam transformasi digital. Para ahli memprediksi bahwa SASE, adopsi Zero Trust, ransomware yang ditargetkan, dan regulasi siber akan menjadi tren utama pada tahun 2023.

Sebagian besar pekerjaan cyber security level pemula tidak memerlukan pengalaman pemrograman. Meskipun memiliki keterampilan pemrograman mungkin diperlukan untuk naik dalam bidang tersebut. Sistem pesan instan rentan terhadap serangan siber, seperti malware, virus, spyware, penipuan phishing, dan spam.

Selain itu, para peretas telah dikenal menggunakan layanan pesan populer seperti Facebook Messenger untuk menyebarkan tautan palsu Hoax. Enkripsi ujung ke ujung diperlukan untuk pesan yang aman, tetapi tidak selalu tersedia.

Pelanggaran data adalah kejadian di mana informasi yang bersifat rahasia, sensitif, atau dilindungi dicuri atau diambil dari sistem tanpa pengetahuan atau otorisasi pemilik sistem. Pada tahun 2022, lebih dari 4.100 pelanggaran data yang diungkapkan secara publik terjadi, yang setara dengan sekitar 22 miliar catatan yang terbuka.

Pada tahun 2023, telah terjadi beberapa pelanggaran data yang terkenal, termasuk di Google Fi, T-Mobile, MailChimp, Norton Life Lock, dan T-Mobile. Menurut statistik pelanggaran data untuk tahun 2023, hampir 22% dari semua pelanggaran data disebabkan oleh phishing, dan pelanggaran data lainnya termasuk pelanggaran data di T-Mobile pada bulan Januari.

Software Cyber Security

Endpoint Protection adalah bentuk cyber security yang melindungi endpoint (seperti laptop, desktop, ponsel, tablet, dan perangkat terhubung lainnya) dari ancaman malware. Ini menggunakan perlindungan berlapis yang kuat untuk mempertahankan serangan berbahaya dan mencakup fitur seperti pemindaian antivirus, pengendalian firewall, deteksi intrusi, dan pengendalian aplikasi.

Suite Endpoint Protection ditawarkan oleh beberapa perusahaan seperti Symantec, Gartner, BMC Health Services, IMF, Risk Management Association (RMA), BMJ Journals, European Commission Consilium, dan Pew Research Center.

Suite ini menyediakan pengguna dengan berbagai fitur seperti deteksi dan penghapusan ancaman, alat pemantauan dan pengoptimalan kinerja sistem, kontrol akses jaringan, kemampuan respons insiden, dan sistem pelaporan. Selain itu, beberapa suite menawarkan analisis keputusan multikriteria untuk mengevaluasi produk atau layanan baru untuk menilai keamanan dan efektivitas mereka.

Software pelengkap untuk program antivirus dapat mencakup anti-malware, firewall, dan tindakan keamanan lainnya. Penting untuk melakukan lapisan perangkat lunak antivirus tanpa melambatkan sistem, dan ada berbagai opsi gratis dan berbayar yang tersedia.

Program antivirus populer untuk Windows 10 pada tahun 2023 termasuk McAfee dan Bitdefender.

Perlindungan terhadap serangan XSS pada tahun 2023 termasuk menggunakan firewall aplikasi web (WAF) yang kuat, sanitasi input, dan validasi whitelist vs blacklist. Selain itu, pustaka kode dan tinjauan kode harus digunakan untuk mencegah kerentanan XSS.

Perlindungan antivirus terbaik untuk Windows 10 pada tahun 2023 adalah Bitdefender Antivirus Plus. Perlindungan antivirus gratis terbaik untuk Windows 10 pada tahun 2023 adalah Avira Free Antivirus.

Perangkat lunak antivirus Android terbaik untuk tahun 2023 termasuk Bitdefender Total Security, Norton 360 Deluxe, McAfee AntiVirus Plus, Trend Micro Maximum Security, AVG Internet Security, Avira Prime, dan Avast Premium Security.

Pilihan populer lainnya termasuk Norton Mobile Security, Avast Mobile Security, AVG AntiVirus Free, dan Trend Micro Mobile Security. Avast juga menawarkan aplikasi antivirus gratis untuk perangkat Android.

Software cyber security terbaik untuk bisnis kecil pada tahun 2023 misalnya termasuk ConnectWise SIEM, ESET Endpoint Security, Splunk Enterprise, Acronis Cyber Protect Cloud, ThreatLocker, Syxsense, CrowdStrike Falcon, McAfee MVISION, dan Kaspersky.

Menurut AVG, Google Play, Wikipedia, Safety Detectives, dan Comparitech, AVG AntiVirus adalah rangkaian perangkat lunak antivirus yang dikembangkan oleh AVG Technologies, sebuah anak perusahaan dari Avast Software.

Ini menyediakan perlindungan komprehensif terhadap serangan malware dan ancaman privasi, serta fitur-fitur seperti App Lock, Photo Vault, dan lain-lain. Versi gratisnya disebut AVG AntiVirus Free dan mengklaim menyediakan perlindungan seumur hidup.

Cyber threat

Ancaman siber atau cyber threat terhadap keamanan nasional mencakup kegiatan seperti spionase, peretasan, pencurian identitas, kejahatan, dan terorisme. Ancaman ini merupakan ancaman keamanan nasional dan keamanan dalam negeri serta masalah kontra-intelijen, dan dapat memiliki implikasi serius bagi kehidupan sehari-hari, vitalitas ekonomi, dan keamanan nasional kita.

Peretas negara-negara adalah ancaman siber yang paling serius yang dihadapi AS, dengan Rusia sebagai ancaman siber yang paling canggih dan Tiongkok sebagai ancaman kedua yang dekat. Jenis-jenis umum dari ancaman cyber security meliputi malware, Emotet, serangan penolakan layanan, serangan man in the middle, phishing, serangan injeksi SQL, dan serangan kata sandi.

T-Mobile melaporkan bahwa seseorang yang tidak dikenal berhasil membobol jaringannya pada akhir November dan mencuri data dari 37 juta pelanggan, yang menyoroti risiko keamanan yang ditimbulkan oleh peretasan smartphone bagi bisnis di NYC.

Pada Desember 2022, pejabat kota Suffolk merilis hasil investigasi mereka terhadap kelemahan perangkat lunak yang digunakan oleh peretas untuk menjatuhkan situs web kabupaten. Semua perusahaan besar, termasuk Apple, Android, dan Google, mengambil langkah-langkah untuk meningkatkan keamanan pada perangkat mereka.

Denial of Service (DoS) telah menjadi gangguan yang persisten bagi institusi keuangan, menyebabkan waktu tidak teratur dan memaksa staf keamanan untuk menangkalnya. Pasar keamanan perlindungan dan mitigasi DDOS diperkirakan akan tumbuh dari USD 3,9 miliar pada tahun 2022 menjadi USD 7,3 miliar pada tahun 2027, dengan CAGR 11,2%.

Serangan rantai pasokan perangkat lunak meningkat rata-rata 742% setiap tahun sejak 2019, diperkirakan akan terus meningkat baik dalam frekuensi maupun tingkat keparahannya pada tahun 2023.

Serangan ini melibatkan tinjauan sistematis, terkait dengan manajemen permukaan serangan, diretas oleh pelaku cyber threat, dan memerlukan pengamanan rantai pasokan perangkat lunak pemerintah federal. Aktivitas peretasan meningkat pada tahun 2023, dengan serangan siber yang mencuat, kebocoran data, dan serangan canggih semakin umum.

Para ahli siber merekomendasikan tindakan pencegahan untuk membantu melindungi organisasi dari ancaman tersebut. Serangan siber yang menonjol seperti pada The New York Times dan Equifax menunjukkan perlunya bisnis untuk menerapkan praktik cyber security terbaik.

Serangan siber DDoS pada hari libur dapat merugikan perdagangan elektronik, kurangnya persiapan dapat menyebabkan konsekuensi yang mahal. Untuk mencegah serangan DoS, organisasi harus menggunakan kombinasi teknologi seperti firewall, sistem deteksi intrusi, dan layanan anti-DDoS.

Pemerintah AS (Amerika Serikat) telah mengembangkan strategi federal yang komprehensif untuk keamanan siber nasional dan dunia siber global, serta praktik manajemen risiko untuk meningkatkan keamanan siber negara.

Badan Infrastruktur  dan Keamanan Siber AS bekerja untuk memastikan keamanan dan ketahanan infrastruktur kritis, sementara Kantor Manajemen dan Anggaran dan Departemen Keamanan Dalam Negeri AS menilai kinerja agensi melalui 76 metrik untuk menentukan sejauh mana agensi aktif mengelola risiko keamanan siber mereka.

Tahun 2023 tidak akan mudah dalam hal cyber security. Itu pasti. Beberapa masalah keamanan hanya dapat diatasi di tingkat internasional. Namun, untuk memastikan bahwa kerusakan umum pada perangkat Anda tidak menjadi masalah lain, hubungi profesional dari Smart Addiction yang dapat memperbaikinya dengan cepat dan dapat diandalkan. (Oleh : Vitalii Nedzelenko)

Baca juga artikel terkait :

Apakah kalian punya pengalaman atau pendapat yang berbeda ? Tuliskan lewat kotak komentar di bawah. Usahakan sesuai topik artikel ini.
Tulis komentar