Skip to main content

Cara Mengetahui HP Disadap atau Tidak, Coba Sekarang!

Cara mengetahui HP disadap berikut ini bisa Anda terapkan untuk memastikan apakah HP benar-benar disadap seseorang atau tidak. Handphone adalah salah satu benda yang penting bagi banyak orang. Barang elektronik tersebut sering digunakan untuk melakukan berbagai hal, mulai dari hal yang tidak terlalu penting, hal yang penting seperti menyangkut pekerjaan, hingga hal privasi yang hanya boleh diketahui oleh penggunanya saja.

Karena itulah ponsel menjadi barang yang penting dan harus dijaga karena memiliki banyak hal yang tidak boleh diketahui oleh sembarang orang. Anda pun tidak bisa meminjamkannya untuk digunakan oleh orang secara sembarangan. Jika hendak meminjamkan ponsel pastika jika Anda meminjamkannya pada orang yang terpercaya agar ia tidak melihat privasi yang Anda simpan dalam ponsel.

Sebab, banyak juga orang yang kepo dan ingin melihat banyak hal dari ponsel milik orang lain ketika memegangnya. Hal ini tentu melanggar privasi dan sangat membuat tidak nyaman bagi pemilik ponsel. Selain itu, jika terdapat orang yang benar-benar ingin melihat apa saja yang seseorang lakukan dengan ponselnya, maka ia bisa saja melakukan penyadapan.

Dengan begitu pun maka ia bisa melihat aktivitas ponsel tanpa melihat ponselnya langsung. Misal melihat percakapan dalam pengiriman pesan, mendengar panggilan telepon, melihat target berkomunikasi dengan siapa dan lainnya. Cara ini pastinya bisa sangat merugikan korban, apalagi jika niat pelaku dalam menyadap HP memang buruk.

Cara Mengetahui HP Disadap, Simak!

Mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan istilah penyadapan HP atau bahkan Anda pernah menjadi korbannya. Penyadapan HP sendiri berarti segala aktifitas HP seperti panggilan telepon dan aktivitas lainnya akan dilacak menggunakan suatu perangkat lunak. Perangkat lunak tersebut berupa aplikasi atau program khusus yang memiliki tugas untuk melacak dan menyadap HP atau perangkat sejenisnya.

Sadap biasanya dilakukan tanpa diketahui dan disadari oleh target dan hanya diketahui oleh pelaku. Biasanya pelaku sadap akan menyadap HP target dengan mengakses perangkatnya tanpa izin lalu memasang aplikasi software mata-mata. Dengan begitu maka pelaku bisa memulai aksi menyadapnya dan melihat aktivitas target selama menggunakan ponsel.

Dengan menyadap HP maka bisa saja pelaku melihat atau mendengar hal-hal penting yang tidak boleh diketahui oleh banyak orang. Kemudian jika pelaku memberitahukannya pada orang lain sehingga data menjadi tersebar, hal ini tentu menjadi kerugian tersendiri bagi korban. Selain itu pun masih banyak lagi kerugian yang bisa diderita oleh korban.

Meskipun terkenal dengan aktifitas yang negatif, namun sebenarnya menyadap HP juga bisa digunakan untuk beberapa hal yang penting dan berguna. Misalnya yaitu untuk menyelesaikan suatu kasus atau untuk menangkap seorang penjahat. Selain itu pun masih ada beberapa manfaat lainnya jika digunakan dengan bijak.

Pada dasarnya kegiatan menyadap HP ini termasuk tindak kejahatan apalagi korban memang tidak dimintai persetujuan. Meskipun begitu, banyak orang yang tetap melakukan penyadapan pada orang lainnya dengan berbagai tujuan. Misalnya untuk mengetahui dengan siapa saja ia berhubungan, mencari tahu rahasia yang disembunyikan, dan lain sebagainya.

Banyak orang yang bisa berpotensi menjadi pelaku sadap maupun korban sadap. Anda pun juga bisa menjadi salah satu target sadap dari orang lain. Hal ini tentu membuat perasaan takut, khawatir, dan juga was-was. Nah, jika Anda ingin mengetahui apakah HP disadap atau tidak, terdapat beberapa cara mengetahuinya yang bisa Anda lakukan. Berikut beberapa di antaranya:

Cermati Perubahan Volume Suara

Cara mengetahui HP disadap pertama yaitu dengan mencermati perubahan volume suara. Misalnya jika Anda sedang menelepon, mendengarkan musik maupun menonton video dan volume suaranya akan sering naik turun sendiri padahal tidak Anda rubah maka hal tersebut bisa menjadi tanda bahwa HP disadap. Anda pun harus selalu waspada dan berhati-hati.

Lihat Adakah Aplikasi Asing yang Terpasang pada Ponsel

Penyadapan HP biasanya dilakukan dengan memasang suatu aplikasi dalam HP targetnya. Karena itu cara mengetahui HP disadap selanjutnya Anda bisa mengecek HP apakah terdapat aplikasi yang mencurigakan dan sekiranya tidak pernah Anda unduh namun sudah terpasang.

Jika ada maka Anda bisa menyelidikinya terlebih dahulu sebelum menghapusnya. Selain itu Anda juga harus mencari apakah ada aplikasi yang tersembunyi atau tidak, sebab biasanya pelaku sadap akan menyembunyikan aplikasi sadapnya supaya tidak ketahuan.

Perhatikan Konsumsi Daya Baterai

Cara mengetahui HP disadap atau tidak jika baterai ponsel tiba-tiba lebih cepat habis dan panas daripada sebelum-sebelumnya, maka Anda patut curiga . Hal ini karena bisa saja terdapat aplikasi lain yang berjalan tanpa sepengetahuan Anda. Namun Anda tidak boleh langsung mengambil pemikiran bahwa HP disadap, Anda juga harus memikirkan aktivitas penggunaan ponsel.

Jika memang Anda terlalu sering menggunakan ponsel dan membuka berbagai aplikasi maka bisa saja hal tersebut yang membuat baterai lebih cepat habis. Untuk memastikannya Anda bisa membuka pengaturan untuk melihat penggunaan baterai. Dengan begitu maka Anda bisa melihat aplikasi apa saja yang memakan banyak daya baterai.

Perhatikan Apakah Ada Suara Bising yang Tak Biasa

Cara mengetahui HP disadap selanjutnya yaitu saat sedang berteleponan dengan seseorang dengarkan apakah terdapat suara bising yang tidak biasa. Misalnya mengeluarkan bunyi atau ketukan tak wajar seperti dengungan bernada tinggi, bunyi klik atau bip yang teratur dan suara lainnya. Suara-suara tersebut bisa menjadi indikasi bahwa HP sedang disadap oleh seseorang.

Perhatikan Performa Ponsel

Jika performa ponsel semakin melambat maka bisa mengindikasikan bahwa terdapat aplikasi yang berbahaya seperti aplikasi sadap. Selain itu jika sering muncul iklan ketika Anda sedang membuka aplikasi, Anda juga harus berhati-hati sebab iklan tersebut bisa berisi malware untuk mengakses sistem ponsel dan mengambil data pribadi di dalamnya.

Perhatikan Apakah Ada Kegiatan Mencurigakan

Cara mengetahui HP disadap selanjutnya yaitu perhatikan HP apakah terdapat kegiatan yang mencurigakan atau tidak. Misalnya yaitu HP mati hidup sendiri, menginstal aplikasi, menerima SMS aneh yang berisi huruf dan angka kacau dari nomor pengirim tak dikenal, terdapat iklan pop up aneh, terdapat ikon bergerak padahal tidak Anda sentuh dan lainnya. Hal tersebut bisa menjadi tanda bahwa HP telah disadap oleh orang lain.

Cek Apakah HP Sulit Dimatikan

Cara selanjutnya dari Kawan Gadget, Anda bisa mencoba mengecek apakah HP menjadi kurang responsif dan sulit dimatikan. Jika iya maka bisa saja HP disadap karena adanya akses tidak sah yang dipegang oleh pelaku sadap. Karena itu dalam mematikan HP pastikan apakah prosesnya berhasil atau gagal atau lampu layar masih menyala walaupun HP telah dimatikan. Jika hal tersebut terjadi maka bisa saja terdapat perangkat lunak berbahaya atau adanya kesalahan update sistem.

Itulah beberapa cara mengetahui HP disadap yang bisa Anda terapkan. Jika memang Anda menemukan fakta bahwa HP memang benar-benar disadap maka Anda harus segera melakukan cara mengatasinya agar segera terbebas dari penyadapan.

Apakah kalian punya pengalaman atau pendapat yang berbeda ? Tuliskan lewat kotak komentar di bawah. Usahakan sesuai topik artikel ini.
Tulis komentar