Skip to main content

5 Aplikasi Mengecilkan Ukuran PDF Terbaik

Saat ini, ukuran file PDF dengan cepat menjadi terlalu besar. Untungnya, banyak tersedia alat untuk dapat membuat file PDF menjadi lebih kecil dan lebih mudah untuk dibagikan secara online. Ini berarti kalian bisa mencapai batas ukuran file PDF terbaik yang bisa dilakukan oleh tools tersebut.

Apa nama aplikasi untuk mengecilkan ukuran PDF? Berikut ini Tekno Jempol telah rangkum beberapa aplikasi mengecilkan ukuran PDF yang bisa kalian gunakan. Bahkan rasanya mampu melakukan kompres pdf sesuai ukuran yang diinginkan.

Adobe Acrobat Pro

Jika kalian telah menginstal Adobe Acrobat pada laptop atau komputer, ada fitur di dalam aplikasi yang disebut "Pengoptimal PDF." Ini adalah salah satu cara terbaik dan termudah untuk mengecilkan dokumen PDF.

Bagaimana cara mengkompres file PDF menjadi 1 MB? Caranya cukup mudah dengan aplikasi ini. Ikuti langkah-langkah berikut

  1. buka PDF kalian lewat aplikasi Adobe Acrobat
  2. klik Alat lalu pulih Optimalkan PDF
  3. Toolbar Optimize PDF akan muncul tepat di atas PDF.

Jika kalian memilih opsi Kurangi Ukuran File, kalian dapat memilih untuk mengurangi satu atau beberapa file. Selanjutnya, kalian dapat memilih lokasi dan nama file hasil kompresi disimpan. Setelah kalian mengklik Simpan, Acrobat akan menerapkan pengaturan default ke file kalian untuk mencoba mengurangi ukurannya.

Jika kalian memilih menu Pengoptimalan Lanjutan, kalian akan memiliki lebih banyak opsi untuk memastikan kalian mempertahankan kualitas yang kalian butuhkan. Untuk hal semacam ini, pada jendela Pengoptimalan Tingkat Lanjut, klik Audit Penggunaan Ruang, dan kalian akan dapat melihat berapa banyak ruang yang digunakan setiap jenis elemen di dalam file.

Dengan menggunakan pengaturan default, ukuran file PDF bisa menyusut dari 11.775KB menjadi hanya 212KB saja. Ini menjadikan Adobe Acrobat Pro salah satu kompres PDF paling efektif dalam daftar ini. Hanya saja, aplikasi ini adalah alat berbayar.

Tetapi ada satu aplikasi kompres pdf pc gratis yang berkinerja lebih baik dengan pengaturan default. Namanya Adobe Acrobat Pro DC dan akan membuat kalian mengembalikan $ 14,99 per bulan. Jika menggunakan aplikasi ini, kalian bisa mendapatkan uji coba gratis selama 7 hari.

Kompress PDF TinyWow

Credit : alphr.com

TinyWow mungkin adalah salah satu metode kompres PDF berbasis browser paling sederhana yang dapat kalian gunakan. Cukup dengan drag file atau unggah dokumen PDF ke jendela browser, dan kompresor akan bekerja dengan ajaibnya dalam hitungan detik.

Setelah file PDF dikompresi, kalian dapat mengunduhnya ke perangkat kalian atau menyimpannya ke layanan penyimpanan online seperti Google Drive. Jika kalian ingin mengunggah dan kompres PDF, kalian dapat mengklik "mulai kembali", dan browser akan membawa kalian kembali ke layar unggah.

Layanan kompresi dari TinyWow dapat dilakukan melalui PC, ponsel, atau file sebelumnya yang telah kalian unggah. Semua file yang dihasilkan akan dihapus dalam waktu satu jam setelah diunggah. Ini akan membuat kalian dapat merasa aman karena file yang telah diupload tidak akan disimpan terlalu lama dan bisa diakses siapa pun.

KompresPdfOnline.id

Jika kalian ingin lebih mengontrol kualitas file PDF yang telah terkompresi, coba gunakan tools dari KompresPdfOnline.id. Setidaknya untuk file pdf berukuran kurang dari 24 MB.

Untuk lebih mempermudah, kalian dapat memilih salah satu preset yang berkisar dari kompresi rendah (untuk kualitas gambar yang lebih tinggi) hingga kompresi maksimum (untuk kualitas gambar yang lebih rendah).

Kalian juga akan diberi opsi untuk membuang elemen tertentu dari dalam file PDF yang dirasa tidak diperlukan. Ini mencakup hal-hal seperti formulir, anotasi, dan label halaman yang mungkin dapat meningkatkan ukuran file secara signifikan.

Kompresi file PDF dengan layanan ini mampu mengurangi ukuran file hingga 98%. Pada uji coba yang dilakukan berhasil mendapatkan berukuran 203KB saja, turun dari ukuran aslinya yang sebesar 11.775KB. Besar ukuran file PDF asli yang ingin kalian kurangi tergantung pada seberapa banyak ruang yang benar-benar perlu kalian hemat.

Soda PDF Desktop

Soda PDF adalah salah satu aplikasi kompres PDF pesaing Adobe Acrobat Pro. Meskipun versi gratisnya sangat terbatas, kalian dapat mengompres file PDF saat menggunakan layanan berlangganan paket Pro seharga $110 per tahun.

Kalian masih bisa mendapatkan diskon hingga 65% saat memuat ulang halaman checkout. Saat pertama kali mengunduh apliaksi Soda PDF, kalian akan mendapatkan uji coba gratis selama 7 hari.

Bagaimana cara resize file PDF? Untuk mengurangi ukuran file PDF kalian, berikut ini langkah-langkahnya

  1. buka file PDF yang diinginkan
  2. lalu buka Konversi dan pilih Kompres. Ini akan memunculkan menu di mana kalian dapat memilih tingkat kompresi, dari yang terkecil hingga terbesar (ukuran file).

Pada opsi terkecil, dengan kompresi file dan resampling gambar diatur ke 150 dpi, file PDF berukuran 11.775MB akan dikompresi menjadi berukuran 261,53KB saja. Itu kira-kira 98% lebih hemat ruang penyimpanan dari file PDF asli yang rasanya setara dengan Adobe Acrobat Pro.

PDF Gratis

Free PDF compressor adalah aplikasi printer PDF yang cukup klasik namun memungkinkan kalian untuk membuat profil kompresi PDF sendiri. Setelah diinstal, kalian akan menemukannya terdeteksi sebagai printer pada platform sistem operasi Windows.

Untuk mengurangi ukuran dokumen PDF dengan FreePDF, caranya cukup mudah

  1. buka aplikasi FreedPDF
  2. tekan Ctrl + P untuk meluncurkan dialog cetak
  3. pilih FreePDF sebagai printer kalian lalu klik OK dan tunggu dialog FreePDF muncul

Di sini, kalian dapat memilih dari tiga profil PDF prasetel termasuk diantaranya eBook, Kualitas Tinggi, dan Kualitas Sedang.

Itulah beberapa aplikasi kompres pdf terbaik yang bisa kalian coba. Jika kalian punya rekomendasi aplikasi kompres file pdf lainnya, silahkan jawab lewat kotak komentar di bawah. Akhir kata, semoga bermanfaat...

Content placement kiriman dari

Douglas Greenesg

Baca juga artikel terkait :

Apakah kalian punya pengalaman atau pendapat yang berbeda ? Tuliskan lewat kotak komentar di bawah. Usahakan sesuai topik artikel ini.
Tulis komentar