Skip to main content

Software Akuntansi Apa Saja? Ini Daftarnya

Software Akuntansi Apa Saja? Ini Daftarnya

Software akuntansi adalah aplikasi komputer yang bisa membantu usaha atau bisnis dalam hal pembukuan dan akuntansi. Kegunaan software akuntansi bisa kalian pakai untuk melacak penjualan, pengeluaran, dan info keuangan lainnya. Software ini juga bisa kalian aplikasikan untuk menyusun laporan atau grafik yang menampilkan kesehatan keuangan pada bisnis yang tengah berjalan.

Walaupun ada begitu banyak alternatif pilihan di luar sana, di sini Tekno Jempol akan membagikan daftar software akuntansi terbaik yang dirasa patut digunakan oleh banyak pekerja di bidang akuntansi. Jika kalian membutuhkan referensi software akuntansi keuangan, artikel ini bisa menjadi salah satunya.

Daftar kali ini tersusun berdasarkan berbagai sumber serta umpan balik dari berbagai pihak, termasuk mungkin pengunjung Tekno Jempol yang pernah memakainya.

Jadi, software akuntansi apa saja yang bisa kalian gunakan? Oke, langsung saja mulai dengan pembahasan program aplikasi komputer akuntansi terbaik dan silahkan ikuti hingga akhir!

Software Akuntansi Apa Saja? Ini Daftarnya

Daftar isi

Software akuntansi Sage

Sage yaitu perusahaan berbasis di negara Inggris yang menyediakan berbagai layanan yang berkaitan dengan akuntansi. Produk Sage telah dirancang untuk membantu banyak unit bisnis kecil dalam mengelola keuangan mereka agar mampu bertumbuh secara sehat.

Saat ini, Sage fokus dalam layanan dengan program akuntansi terbaik model digital. Tepatnya pada solusi berbasis cloud sehingga bisa mengoperasikan aplikasi untuk akuntansi tersebut dari berbagai perangkat.

Sage untuk Akuntan membantu beberapa pekerjaan, seperti

  • Melakukan proses digitalisasi pekerjaan, mulai dari membuat proposal hingga memberikan rekomendasi pada klien
  • Pembuatan laporan yang tepat untuk klien
  • Membangun keterampilan terbaik untuk semua personel tim
  • Merancang kursus guna menciptakan rencana keberhasilan
  • Membuat impresi terbaik untuk klien dengan harga yang jelas

Beberapa tools yang tersedia dalam platform software akuntansi online dari Sage for Accountants yaitu

  • Pembukuan : untuk menghemat waktu saat penagihan, faktur, dan mendapatkan layanan perbankan otomatis. Juga bisa mendapatkan informasi arus kas yang akurat
  • Penggajian : mengelola pembayaran klien dengan mudah. Bahkan, slip gaji karyawan bisa muncul dalam hitungan menit
  • Pelaporan : fitur pelaporan Sage Accountant akan memberi semua masukan yang akan kalian butuhkan untuk memberi saran terbaik kepada klien.

Akuntansi Wave

Wave Accounting merupakan salah satu aplikasi akuntan terbaik berbasis cloud yang memungkinkan kalian untuk melacak keuangan dan mengelola bisnis dengan mudah. Layanan Wave tersedia dalam bentuk web dan perangkat mobile seperti iOS dan Android. Dengan begitu, kalian bisa mengakses informasi keuangan dari mana saja.

Setelah berhasil membuat akun, kalian sudah bisa memulai sebab semuanya sudah diatur secara otomatis. Wave bisa kalian akses dari mana saja dan kapan saja. Data yang kalian inginkan akan selalu tersedia dan otomatis dicadangkan sebagai jaminan keamanan.

Layanan Wave juga mampu menghubungkan rekening bank dalam hitungan detik. Transaksi akan tercatat dalam pembukuan secara otomatis. Ini berarti tidak perlu lagi melakukan entri tanda terima secara manual.

Koneksi data perbankan bersifat read-only dan menggunakan enkripsi 256-bit. Server ditempatkan di bawah perlindungan fisik dan elektronik. Layanan Wave telah mengantongi sertifikat PCI Level-1 untuk menangani informasi kartu kredit dan rekening bank.

Laporan akuntansi lebih mudah untuk kalian gunakan dan mampu menunjukkan perbandingan bulanan atau tahunan. Dengan begitu, kalian dapat dengan mudah mengidentifikasi tren arus kas guna membuat keputusan terbaik.

Software aplikasi akuntansi Xero

Software akuntansi berbasis cloud ini pertama rilis pada tahun 2006. Kini, lebih dari 1,5 juta unit bisnis di penjuru dunia telah menggunakan aplikasi akuntansi online dari Xero. Termasuk diantaranya bisnis kecil, akuntan, pemegang buku, hingga lembaga pendidikan seperti kampus dan universitas.

Kini Xero telah mengalami pertumbuhan yang cukup positif. Lebih dari 300 pelanggan baru yang mendaftar tiap harinya. Perusahaan Xero bermarkas di Auckland, Selandia Baru. Namun, Xero juga membuka kantor cabang di berbagai negara seperti Australia, Amerika Serikat, dan Inggris.

Xero bisa menjadi solusi software akuntansi online terbaik yang bisa kalian andalkan. Beberapa pekerjaan dapat dilakukan dengan lancar, rapi, dan mudah. Misalnya seperti

  • Tugas seperti pembuatan faktur dan pelaporan bisa dilakukan secara otomatis
  • Gambaran tentang keuangan bisnis bisa tampil dengan mudah dan hasilnya lebih lengkap
  • Kemudahan pengembalian pajak akhir tahun

Kalian bisa melakukan transaksi dari rekening bank dengan aman ke Xero. Secara otomatis, transaksi perbankan tersebut akan tercatat dalam aplikasi Xero. Sinkronisasi transaksi ini akan dilakukan setiap hari kerja dan akan muncul dalam update terkini dari arus kas bisnis.

Semua orang termasuk akuntan, bagian pembukuan, atau karyawan bagian keuangan lainnya bisa menggunakan aplikasi Xero. Bahkan Xero juga dapat kalian akses dari berbagai tempat. Sebab, Xero memungkinkan untuk akses informasi terkini secara bersamaan dan real time.

Guna mempermudah menjalankan bisnis, Xero juga mengembangkan layanan add-on seperti Xero Expenses dan Xero Projects. Selain itu, kalian bisa terhubung ke aplikasi pihak ketiga seperti Stripe dan Vend. Tersedia juga Xero App Store yang menyediakan lebih dari 1000 aplikasi di dalamnya.

Intuit QuickBooks Online

QuickBooks adalah perangkat lunak akuntansi berbasis cloud yang akan menolong bisnis atau usaha kecil dan pengusaha pemula dalam mengelola keuangan mereka. QuickBooks Online telah terintegrasi dengan berbagai aplikasi dan layanan lainnya. Ini memungkinkan kalian untuk bisa melakukan otomatisasi tertentu pada proses bisnis.

Cara menggunakan software akuntansi QuickBooks Online cukup mudah karena mempunyai antarmuka yang ramah. Alhasil, kalian akan siap menjalankan usaha dalam waktu singkat. Layanan QuickBooks juga terjangkau secara online. Hal ini berarti kalian dapat menyelesaikan pekerjaan dari mana saja - baik di rumah atau saat berlibur!

Software accounting terbaik berbasis cloud semacam QuickBooks Online akan membuat bisnis bisa lebih berkembang. Hal ini bisa terjadi karena adanya peningkatan kapasitas cloud, akses informasi keuangan yang lebih fleksibel, dan fasilitas kolaborasi di antara banyak pengguna.

Untuk aspek proteksi, software akuntansi online ini terbilang cukup aman. Layanan QuickBooks Online akan merilis pembaruan perangkat lunak secara reguler untuk keamanan serta fitur software akuntansi terbaru. Pembaruan semacam itu membuat data keuangan menjadi aman dan lebih update dengan teknologi baru.

FreshBooks

Bila kalian adalah pemilik bisnis kecil (UMKM), FreshBooks bisa menjadi alternatif program aplikasi komputer akuntansi yang oke. Selain penggunaan yang mudah, FreshBooks juga mempunyai layanan yang cukup hebat. Perusahaan ini menawarkan paket layanan yang relatif terjangkau sehingga memudahkan penagihan pada klien tiap bulan.

FreshBooks akan memastikan akurasi, kepatuhan, dan laporan keuangan yang lebih rinci guna membuat keputusan bisnis yang tepat serta mudah untuk seorang akuntan. Selain itu, FreshBooks termasuk perangkat lunak yang fleksibel dan bisa menyesuaikan dengan kebutuhan akuntansi yang cukup dinamis.

FreshBooks Double-Entry Accounting akan memberikan semua hal yang kalian butuhkan untuk tetap teratur pada waktu pajak, tetap mematuhi peraturan, dan membuat keputusan bisnis berdasarkan situasi terkini. Kini telah hadir Bagan Akun [beta] yang dapat disesuaikan untuk dapat melacak setiap aspek pertumbuhan bisnis.

FreeAgent

FreeAgent adalah aplikasi accounting yang dapat menolong freelancer, bisnis kecil, atau perorangan yang mengelola keuangan mereka. Aplikasi ini dapat menjadi opsi terbaik bagi mereka yang berkeinginan melacak segala pengeluaran tanpa harus membayar tarif atau biaya tertentu.

FreeAgent mempunyai antarmuka yang terbilang gampang kalian aplikasikan dan memungkinkan untuk memakainya pada berbagai perangkat seperti handphone, tablet, dan komputer. Program aplikasi komputer akuntansi ini juga menawarkan pada pengguna untuk mengontrol anggaran, menyusun laporan, dan membuat peringatan yang akan menampilkan adanya pengeluaran yang berlebihan.

Aplikasi ini sanggup untuk menyinkronkan transaksi rekening bank (termasuk kartu kredit). Ini berarti FreeAgent bisa membantu pengguna melacak seluruh transaksi mereka sehingga tak akan ada kejutan saat jatuh tempo pembayaran pajak.

ZipBooks

ZipBooks merupakan software akuntansi cloud yang bisa mengoptimalkan unit bisnis kecil dengan segala alat yang mereka butuhkan untuk bisa lebih terorganisir dan bertumbuh secara maksimal. Software ZipBooks dapat menjadi solusi akuntansi all-in-one yang akan menolong kalian melacak tiap aspek bisnis, mulai dari faktur dan pengeluaran sampai pembayaran pajak penjualan dan penggajian.

Aplikasi ZipBooks terbilang relatif mudah untuk digunakan. Mulai dari mengelola pembukuan, dasbor yang bisa kalian sesuaikan sendiri, pembuatan laporan intuitif, pelacakan arus kas secara real-time, dan yang paling penting yaitu tidak harus membayar biaya alias gratis!

Daftar aplikasi akuntansi untuk PC di atas mungkin tidak begitu lengkap. Namun ini bisa menjadi salah satu bahan pertimbangan saat memulai pencarian. Tekno Jempol harap ini bisa membantu kalian menemukan software aplikasi akuntansi yang tepat untuk bisnis kalian.

Baca juga artikel terkait :

Apakah kalian punya pengalaman atau pendapat yang berbeda? Tuliskan lewat kotak komentar di bawah. Usahakan sesuai topik artikel ini.
Buka Komentar
Tutup Komentar