Skip to main content

Alasan Bisnis Harus Beradaptasi dengan Software CRM

Beradaptasi adalah salah satu hal wajib yang harus dilakukan semua pebisnis bila ingin bertahan menghadapi berbagai situasi bisnis. Beradaptasi menggunakan teknologi adalah cara yang tidak boleh diabaikan. Salah satu bagian yang tidak boleh diabaikan dalam beradaptasi dengan menggunakan teknologi adalah CRM, singkatan dari Customer Relationship Management.

CRM jadi strategi penting untuk mengelola hubungan berkelanjutan antara pelanggan dan bisnis dengan tujuan membangun komunikasi yang baik. Sehingga dapat membangun basis pelanggan yang loyal yang dapat menyederhanakan proses operasional bisnis untuk meraih penjualan optimal dari waktu ke waktu.

Jika dulu mungkin untuk menjalankan strategi CRM ini membutuhkan cara-cara yang panjang, sekarang bisa lebih mudah karena sudah menggunakan bantuan teknologi. Salah satunya yaitu dengan software CRM. Walhasil, anda dapat menjalankan strategi CRM dengan lebih ringkas.

Alasan Mengapa Perusahaan Perlu Software CRM

Selain berusaha terus menambah pelanggan baru, sebuah bisnis tentu juga perlu untuk menjaga hubungan baik dengan pelanggan-pelanggan yang sudah pernah menggunakan atau membeli produk. Tujuannya adalah agar membuat pelanggan tersebut loyal dan terus ingin menggunakan produk bahkan memasarkannya secara sukarela. Inilah tujuan dari strategi CRM.

Sebagai strategi menjaga loyalitas pelanggan, tentu sangat penting untuk perusahaan untuk beradaptasi dengan teknik-teknik terbaru CRM, salah satunya adalah memanfaatkan CRM tools berbasis teknologi. Jika Anda masih ragu mengapa perusahaan Anda perlu menggunakan ini, mari perhatikan beberapa poin penting berikut ini!

Membantu Pengelolaan Data Pelanggan Secara Otomatis

CRM tools berbasis perangkat lunak ini dapat membantu perusahaan mengumpulkan data pelanggan secara otomatis. Data tersebut tentu sangat berguna untuk melacak minat pelanggan terhadap produk atau jasa yang ditawarkan. Selain itu, data tersebut juga bisa menjadi bahan pengambilan keputusan untuk menyusun strategi promosi dan penjualan oleh tim marketing.

Menyediakan Ruang Penyimpanan yang Aman

Tidak ada yang ingin kehilangan pelanggan potensial bagi bisnisnya, biasanya momen ini sering terjadi karena tidak adanya data pelanggan. Bayangkan, berapa banyak keuntungan yang hilang sia-sia hanya karena Anda tidak memiliki basis data pelanggan.

Inilah mengapa untuk menghindari hal ini terjadi telah banyak pelaku bisnis yang menggunakan CRM tools karena teknologi ini dapat dimanfaatkan sebagai tempat penyimpanan yang aman terkait segala data pelanggan.

Teknologi ini akan membantu staf sales Anda untuk menyimpan data kontak, peluang penjualan, kegiatan dan rencana terjadwal di suatu tempat, selain itu Anda juga memiliki akses kapanpun ke database yang berbasis digital.

Bahan Promosi Terbaik

Software CRM bisa Anda manfaatkan untuk pemasaran yang efektif. Di mana Anda dapat memanfaatkan data yang ada di perangkat lunak ini untuk membuat strategi promosi yang tepat sasaran.

Sistem CRM juga akan membantu Anda untuk dapat memahami seperti apa perilaku dan kebutuhan dari setiap pelanggan karena dalam software ini terdapat riwayat aktivitas. Sehingga tim sales akan mampu melakukan penawaran yang tepat di waktu yang tepat.

Membangun Loyalitas Pelanggan

Tools CRM memiliki kemampuan untuk melacak dan menangani testimoni setiap pelanggan. Anda dapat memanfaatkan tools ini untuk meminta feedback pelanggan. Tentu cara ini akan membantu Anda untuk mengetahui seberapa puas pelanggan terhadap bisnis Anda.

Mengelola Manajemen Penjualan dengan Baik

Pengaplikasian software CRM pada bisnis juga akan membantu untuk mengelola penjualan dengan baik. Ini karena software ini memiliki data laporan yang real time.

Dapat Melacak Aktivitas Staf

Tidak hanya membantu Anda dengan urusan pelanggan, tools ini juga membantu Anda untuk melakukan pemantauan pada staf terutama penjualan. Hal ini akan membantu Anda dalam hal mengukur KPI dan pemberian komisi pada setiap karyawan.

Itulah beberapa alasan mengapa Anda harus menggunakan software CRM sebagai bentuk beradaptasi terhadap strategi mempertahankan pelanggan. Implementasi CRM berbasis teknologi ini membantu bisnis untuk mendapatkan keuntungan maksimal dengan cara yang efisien dan efektif.

Tentu Anda tidak perlu ragu lagi menggunakannya, apalagi sekarang software CRM juga sudah banyak ditemukan di Indonesia. Seperti software CRM RedERP yang memungkinkan Anda untuk mengakses data secara real time, menyimpan database pelanggan, menyusun strategi pemasaran, sampai mengelola pembagian komisi.

Semua bisa dilakukan hanya di satu tools saja yang sudah berbasis cloud. Anda juga bisa mengunjungi website RedERP dan mengajukan demo gratisnya.


Artikel content placement kiriman dari

Zakia Rahmasanti Karyono
PT Lawencon Internasional
Website : www.lawencon.com/

Baca juga artikel terkait :

Apakah kalian punya pengalaman atau pendapat yang berbeda ? Tuliskan lewat kotak komentar di bawah. Usahakan sesuai topik artikel ini.
Tulis komentar