Skip to main content

Cara Cek GPU Laptop dengan Mudah dan Cepat

Cara Cek GPU Laptop dengan Mudah dan Cepat

Apa itu GPU di laptop? GPU atau Graphic Processing Unit adalah komponen utama dalam laptop atau komputer yang bertanggung jawab atas pemrosesan grafis. Fungsi GPU pada komputer yaitu mengelola semua tugas grafis, termasuk tampilan layar, rendering grafis, dan pengolahan visual lainnya.

Jika punya komputer (entah PC desktop atau laptop), kalian sebaiknya paham dengan komponen yang satu ini. Apakah laptop punya GPU? Tentu saja, sebab GPU berfungsi sebagai otak grafis dari komputer dan memastikan semua gambar dan video bisa ditampilkan dengan lancar dan berkualitas tinggi.

Pada artikel kali ini, Tekno Jempol kembali menjelaskan beberapa langkah-langkah atau cara cek GPU laptop atau komputer desktop sekaligus mengetahui spesifikasi teknisnya. Bagaimana cara dan langkah-langkahnya ? Berikut ini penjelasannya..

Cara Cek GPU Laptop atau PC Desktop di Windows 10 & Windows 11

Daftar isi

Apakah VGA dan GPU itu sama?

VGA dan GPU adalah dua hal yang berbeda dalam dunia komputer, meskipun keduanya terkait dengan tampilan grafis. Berikut penjelasan singkatnya:

VGA (Video Graphics Array):

  • VGA atau singkatan dari Video Graphics Array adalah standar tampilan grafis dengan resolusi 640x480 yang diperkenalkan pertama kali oleh IBM pada tahun 1987.
  • VGA mengacu pada jenis konektor atau port yang digunakan untuk menghubungkan monitor ke komputer. Port VGA menggunakan konektor dengan 15 pin bernama D-sub untuk mentransfer sinyal video ke monitor.

Seiring berjalannya waktu, port VGA telah digantikan oleh port yang lebih canggih seperti HDMI dan DisplayPort dalam berbagai komputer modern.

Namun, istilah "VGA" sering kali digunakan secara kurang pas. Misalnya, istilah "VGA card" yang merepresentasikan perangkat kartu grafis atau istilah "VGA onboard" yang berarti perangkat GPU yang terintegrasi dalam chipset atau prosesor.

GPU (Graphics Processing Unit):

  • GPU adalah komponen hardware yang bertanggung jawab melakukan operasi kalkulasi grafis dalam komputer.
  • GPU umumnya dirancang khusus untuk melakukan operasi grafis yang intensif seperti rendering 2D dan 3D, pemrosesan video, dan tugas-tugas yang berhubungan dengan bidang visual grafis.

Di masa kini, GPU bahkan tidak hanya untuk operasi grafis saja. Tapi juga mampu melakukan fungsi komputasi non grafis. Misalnya seperti machine learning, digital signal processing, kriptografi, komputasi ilmiah, simulasi fisika, operasi neural networks, dan lain sebagainya.

GPU dapat berbentuk kartu grafis terpisah yang dapat dipasang pada motherboard komputer atau terintegrasi langsung ke dalam CPU (dikenal sebagai GPU terintegrasi atau kadang memakai istilah VGA onboard).

Jadi, VGA sebetulnya mengacu pada jenis konektor atau port yang digunakan untuk menghubungkan monitor, sementara GPU adalah komponen perangkat keras yang melakukan pemrosesan grafis. Keduanya memiliki peran yang berbeda dalam pengaturan tampilan grafis pada komputer.

Cara cek GPU laptop saat dinyalakan

Perangkat GPU wajib terpasang dengan baik sebelum komputer dinyalakan. Hal ini dikarenakan GPU merupakan bagian dari mekanisme output pada sistem komputer. Yaitu memberikan data berupa tampilan software yang sedang berjalan/diproses pada layar monitor.

Tanpa perangkat GPU, praktis komputer tidak akan punya mekanisme tampilan output. Artinya, tidak akan ada tampilan proses atau software yang berjalan pada layar monitor (layar blank). Penggunaan komputer akhirnya menjadi tidak nyaman bahkan tidak dapat digunakan dengan semestinya.

Saat komputer menyala dan perangkat GPU tidak tersedia/rusak, biasanya juga akan muncul peringatan error berupa bunyi kode beep dengan pola tertentu. Hal ini disebabkan karena perangkat GPU tidak terdeteksi atau tidak berfungsi dengan normal yang juga merupakan ciri ciri VGA laptop rusak.

Oleh karena itu, pastikan perangkat GPU sudah terpasang dengan benar atau bisa berfungsi seperti yang seharusnya. Jika berhasil booting ke sistem operasi (Windows 10 misalnya) dan tampilan di layar monitor terlihat normal, bisa dipastikan perangkat GPU bisa beroperasi dengan baik.

Cara cek VGA laptop rusak atau tidak

Selama tampilan di layar laptop/monitor masih terlihat dengan jelas dan tidak ada hal-hal yang cukup mengganggu, rasanya perangkat GPU tersebut tidak mengalami kerusakan dan masih oke untuk digunakan.

Kecuali jika VGA laptop tidak terdeteksi, tampilan pada layar laptop tidak terlihat dengan jelas, muncul glitch seperti garis atau warna-warna yang mengganggu tampilan. Hal tersebut menandakan adanya gejala kerusakan pada perangkat GPU yang terpasang.

Cara melihat pengaturan tampilan GPU laptop lewat Settings

Setelah masuk ke sistem operasi Windows 10, kalian bisa mengecek spesifikasi perangkat GPU pada laptop/PC desktop secara mendalam.

Cek GPU dimana? Kali ini, kalian bisa mulai dengan memantau pengaturan tampilan grafis dasar dari GPU pada laptop atau komputer. Di sini, kalian dapat menggunakan Settings untuk melakukannya. Berikut ini cara melihat GPU laptop lewat Settings dan langkah-langkahnya

  1. Buka Settings dengan menekan tombol Win + I
  2. Pilih menu System
  3. Pada sisi kiri, pilih opsi Display
  4. Bergeser ke bawah tampilan Display, klik Advanced Display Settings
  5. Di situ akan muncul informasi dasar mengenai tampilan layar laptop. Misalnya resolusi, refresh rate, dan format warna.

Di situ juga tertera informasi Internal Display yang berarti perangkat GPU yang sedang digunakan.

Cara melihat GPU laptop pada Task Manager

Mulai versi Windows 8 dan yang lebih baru, aplikasi Task Manager dibekali dengan tampilan yang lebih rinci. Salah satunya yaitu dengan ditampilkannya informasi tentang spesifikasi komponen hardware komputer, termasuk perangkat GPU.

Cara mengecek GPU laptop di sini menjadi sangat mudah. Berikut ini langkah-langkahnya

  1. Buka aplikasi Task Manager dengan cara klik kanan area kosong pada Taskbar lalu pilih Task Manager
  2. Atau bisa juga dengan menekan tombol Ctrl + Shift + Esc secara bersamaan
  3. Setelah jendela aplikasi Task Manager tampil, buka tab Performance
  4. Di situ tampil berbagai informasi mengenai penggunaan dari masing-masing komponen hardware secara realtime. Misalnya, CPU, Memory (RAM), Disk (SSD/HDD), GPU, atau Network (Wifi/Ethernet)
  5. Pada sisi kiri, pilih opsi GPU

Jika di dalam komputer terpasang dua GPU (GPU terintegrasi, VGA Onboard dan GPU diskrit), akan muncul dua opsi, GPU 0 dan GPU 1. Silahkan pilih GPU yang sedang aktif, biasanya ditandai dengan presentase tinggi.

Sayangnya, fitur GPU monitoring ini hanya tersedia jika laptop sudah menggunakan Windows 10 dengan VGA support DirectX 12 serta WDDM 2.0 atau yang lebih baru saja. Bila hanya mendukung WDDM versi lama (sebelum 2.0), maka fitur tersebut tidak akan muncul.

Aplikasi Task Manager juga akan menampilkan grafik penggunaan dari bagian-bagian GPU yang sedang dipakai. Misalnya pemrosesan visual grafis 3D, proses encoding-decoding video, dan penggunaan kapasitas VRAM.

Cara mengetahui GPU laptop lewat System Information

Semua versi OS Windows termasuk Windows 10, masih menyediakan aplikasi khusus untuk mengetahui spesifikasi laptop terbaik maupun PC desktop khususnya tentang informasi driver hardware dan software aplikasi. Aplikasi ini diberi nama System Information.

Berikut ini cara mengetahui GPU laptop dengan memakai aplikasi tersebut.

  1. Buka aplikasi Run dengan menekan tombol Win + R
  2. Ketik perintah
    msinfo32
  3. Tekan tombol Enter atau klik tombol OK

Akan tampil aplikasi System Information dengan menyajikan berbagai informasi ringkasan atau rincian dari sistem operasi, komponen hardware, hingga software aplikasi. Untuk mengecek driver GPU, silahkan perhatikan pada sisi kiri aplikasi. Pilih kategori Components lalu pilih Display.

Informasi yang disajikan pada aplikasi ini terlihat lebih teknis. Jadi, kalian mungkin sebaiknya bisa memahami tiap bagian-bagian dari informasi tersebut. Silahkan pelajari informasi spesifikasi driver GPU laptop/PC desktop tersebut sedalam-dalamnya.

Cara mengecek GPU laptop melalui aplikasi DXDiag

Mungkin sudah banyak yang tahu atau mungkin ada yang belum tahu. Aplikasi DXDiag (DirectX Diagnostic Tool) ini berfungsi untuk melakukan pengecekan sekaligus diagnosa pada komponen hardware yang sesuai dengan fitur-fitur DirectX.

Pada aplikasi ini, kalian juga bisa melihat spesifikasi komponen hardware pada komputer tersebut.

  1. Pertama, buka aplikasi Run dengan cara menekan tombol Win + R
  2. Ketik perintah
    dxdiag
  3. Klik tombol OK atau tekan tombol Enter

Pada tab System, kalian akan melihat informasi mengenai ringkasan komputer seperti penamaan komputer, sistem operasi, jenis/seri/model unit komputer dan lainnya. Silahkan buka tab Display untuk melihat rincian tentang perangkat grafis/GPU.

Jika di dalam komputer terpasang dua GPU (GPU terintegrasi/VGA Onboard dan GPU diskrit), akan muncul dua opsi, Display 1 dan Display 2. Kadang juga tertera Display dan Render. Display berarti perangkat GPU tersebut digunakan sepenuhnya untuk fungsi output tampilan. Sedangkan Render berarti perangkat GPU hanya digunakan untuk fungsi render grafis 3D atau 2D saja.

Salah satu komponen DirectX terutama untuk perangkat GPU yaitu Direct3D yang merupakan API (Application Program Interface) untuk proses render 3D. Secara default, Windows 10 menggunakan API Direct3D 12 dan merupakan bagian dari DirectX 12. 

Di situ juga ada informasi mengenai driver perangkat GPU yang terinstall. Salah satu aspeknya yaitu Driver model yang berisi informasi versi WDDM (Windows Display Driver Model). WDDM adalah arsitektur driver untuk perangkat display (GPU) untuk OS Windows modern.

Secara default, Windows 10 menggunakan WDDM versi 2.0 atau yang lebih baru. Jika terdeteksi Direct3D belum versi 12 atau WDDM sebelum versi 2.0 berarti perangkat GPU yang terpasang sudah cukup lawas atau driver yang terinstall belum diupdate.

Sama halnya seperti aplikasi System Information, aplikasi DXDiag juga menyajikan informasi yang cukup teknis. Jadi, ada baiknya kalian bisa memahami setiap bagian-bagian dari informasi tersebut. Hanya saja, informasinya mengenai beberapa hardware saja.

Cara cek graphic card laptop dengan aplikasi pihak ketiga

Pada penjelasan di atas, cara atau langkah-langkahnya menggunakan aplikasi bawaan Windows 10 sendiri. Harusnya, kalian sudah memahami spesifikasi perangkat GPU yang terpasang. Namun, kalian juga bisa memanfaatkan aplikasi pihak ketiga untuk melakukan cek GPU pada laptop/komputer.

Ada beberapa aplikasi pihak ketiga yang bisa kalian gunakan sebagai cara mengecek graphic card laptop. Diantaranya yaitu

  • GPU-Z
    https://www.techpowerup.com/download/techpowerup-gpu-z/
  • AMD Radeon Software jika menggunakan GPU AMD. Link download di sini
    https://www.amd.com/en/technologies/radeon-software
  • Nvidia Geforce Exprerience jika menggunakan GPU Nvidia seri Geforce. Link download di sini
    https://www.nvidia.com/en-us/geforce/geforce-experience/
  • Speccy
    https://www.ccleaner.com/speccy

Itulah beberapa cara cek GPU laptop maupun komputer desktop. Akhir kata, selamat mencoba dan semoga bermanfaat...

Baca juga artikel terkait :

Apakah kalian punya pengalaman atau pendapat yang berbeda? Tuliskan lewat kotak komentar di bawah. Usahakan sesuai topik artikel ini.
Buka Komentar
Tutup Komentar