Skip to main content

6 Cara Mengecek GPU VGA di Laptop Windows 10

Salah satu komponen laptop/PC desktop yang vital yaitu GPU alias Graphic Processing Unit. Biasa dikenal dengan istilah VGA, VGA onboard, kartu grafis, atau VGA card. Komponen ini memiliki fungsi utama yaitu membuat tampilan dari data/aplikasi yang sedang diproses atau dijalankan.

Jika punya komputer (entah PC desktop atau laptop), kalian sebaiknya paham dengan komponen yang satu ini. Sebab selain penting (bahkan wajib ada), GPU VGA juga punya berpengaruh pada kinerja komputer terutama performa visual grafis. Apalagi fungsi GPU VGA pada komputer terbilang cukup luas.

Pada artikel kali ini, Tekno Jempol kembali menjelaskan beberapa langkah-langkah atau cara mengecek GPU VGA laptop/komputer desktop sekaligus mengetahui spesifikasi teknisnya. Bagaimana cara dan langkah-langkahnya ? Berikut ini penjelasannya..

Cara Mengecek GPU VGA di Laptop/PC Desktop Windows 10

Daftar isi

Mengecek GPU VGA laptop/komputer saat dinyalakan

Perangkat GPU wajib terpasang dengan baik sebelum komputer dinyalakan. Hal ini dikarenakan GPU merupakan bagian dari mekanisme output pada sistem komputer. Yaitu memberikan data berupa tampilan software yang sedang berjalan/diproses pada layar monitor.

Tanpa perangkat GPU, praktis komputer tidak akan punya mekanisme tampilan output. Artinya, tidak akan ada tampilan proses atau software yang berjalan pada layar monitor (layar blank). Penggunaan komputer akhirnya menjadi tidak nyaman bahkan tidak dapat digunakan dengan semestinya.

Saat komputer menyala dan perangkat GPU VGA tidak tersedia/rusak, biasanya juga akan muncul peringatan error berupa bunyi kode beep dengan pola tertentu. Hal ini disebabkan karena perangkat GPU tidak terdeteksi atau tidak berfungsi dengan normal.

Oleh karena itu, pastikan perangkat GPU sudah terpasang dengan benar atau bisa berfungsi seperti yang seharusnya. Jika berhasil booting ke sistem operasi (Windows 10 misalnya) dan tampilan di layar monitor terlihat normal, bisa dipastikan perangkat GPU bisa beroperasi dengan baik.

Cara cek VGA laptop rusak atau masih oke ?

Selama tampilan di layar laptop/monitor masih terlihat dengan jelas dan tidak ada hal-hal yang cukup mengganggu, rasanya perangkat GPU VGA tersebut tidak mengalami kerusakan dan masih oke untuk digunakan.

Kecuali jika tampilan pada layar laptop tidak terlihat dengan jelas, muncul glitch seperti garis atau warna-warna yang mengganggu tampilan. Hal tersebut menandakan adanya gejala kerusakan pada perangkat GPU VGA yang terpasang.

Baca juga : Cara Mengecek Spesifikasi Laptop/PC Desktop

Cek pengaturan tampilan GPU VGA lewat Settings

Setelah masuk ke sistem operasi Windows 10, kalian bisa mengecek spesifikasi perangkat GPU VGA pada laptop/PC desktop secara mendalam.

Kali ini, kalian bisa mulai dengan memantau pengaturan tampilan grafis dasar dari GPU VGA pada laptop/komputer. Di sini, kalian dapat menggunakan Settings untuk melakukannya. Berikut ini langkah-langkahnya

  1. Buka Settings dengan menekan tombol Win + I
  2. Pilih menu System
  3. Pada sisi kiri, pilih opsi Display
  4. Bergeser ke bawah tampilan Display, klik Advanced Display Settings
  5. Di situ akan muncul informasi dasar mengenai tampilan layar laptop. Misalnya resolusi, refresh rate, dan format warna.

Di situ juga tertera informasi Internal Display yang berarti perangkat GPU yang sedang digunakan.

Credit : microsoft.com

Melihat spesifikasi VGA laptop pada Task Manager

Mulai versi Windows 8 dan yang lebih baru, aplikasi Task Manager dibekali dengan tampilan yang lebih rinci. Salah satunya yaitu dengan ditampilkannya informasi tentang spesifikasi komponen hardware komputer, termasuk perangkat GPU.

Cara mengecek graphic card laptop di sini menjadi sangat mudah. Berikut ini langkah-langkahnya

  1. Buka aplikasi Task Manager dengan cara klik kanan area kosong pada Taskbar lalu pilih Task Manager
  2. Atau bisa juga dengan menekan tombol Ctrl + Shift + Esc secara bersamaan
  3. Pada Windows 11, kalian bisa membaca artikel dengan judul Cara membuka Task Manager di Windows 11
  4. Setelah jendela aplikasi Task Manager tampil, buka tab Performance
  5. Di situ tampil berbagai informasi mengenai penggunaan dari masing-masing komponen hardware secara realtime. Misalnya, CPU, Memory (RAM), Disk (SSD/HDD), GPU, atau Network (Wifi/Ethernet)
  6. Pada sisi kiri, pilih opsi GPU

Jika di dalam komputer terpasang dua GPU (GPU terintegrasi/VGA Onboard dan GPU diskrit), akan muncul dua opsi, GPU 0 dan GPU 1. Silahkan pilih GPU yang sedang aktif, biasanya ditandai dengan presentase tinggi.

Sayangnya, fitur GPU monitoring ini hanya tersedia jika laptop sudah menggunakan Windows 10 dengan minimal dukungan WDDM 2.0 atau yang lebih baru saja. Bila hanya mendukung WDDM versi lama (sebelum 2.0), maka fitur tersebut tidak akan muncul.

Aplikasi Task Manager juga akan menampilkan grafik penggunaan dari bagian-bagian GPU VGA yang sedang dipakai. Misalnya pemrosesan visual grafis 3D, proses encoding-decoding video, dan penggunaan kapasitas VRAM.

Yuk tonton video ini dulu!

Cara mengetahui VGA laptop lewat System Information

Semua versi OS Windows termasuk Windows 10, masih menyediakan aplikasi khusus untuk mengetahui spesifikasi laptop maupun PC desktop khususnya tentang informasi driver hardware dan software aplikasi. Aplikasi ini diberi nama System Information.

Berikut ini cara mengetahui vga laptop dengan memakai aplikasi tersebut.

  1. Buka aplikasi Run dengan menekan tombol Win + R
  2. Ketik perintah
    msinfo32
  3. Tekan tombol Enter atau klik tombol OK

Akan tampil aplikasi System Information dengan menyajikan berbagai informasi ringkasan atau rincian dari sistem operasi, komponen hardware, hingga software aplikasi. Untuk mengecek driver GPU VGA, silahkan perhatikan pada sisi kiri aplikasi. Pilih kategori Components lalu pilih Display.

Informasi yang disajikan pada aplikasi ini terlihat lebih teknis. Jadi, kalian mungkin sebaiknya bisa memahami tiap bagian-bagian dari informasi tersebut. Silahkan pelajari informasi spesifikasi driver GPU VGA laptop/PC desktop tersebut sedalam-dalamnya.

Cek VGA laptop melalui aplikasi DXDiag

Mungkin sudah banyak yang tahu atau mungkin ada yang belum tahu. Aplikasi DXDiag (DirectX Diagnostic Tool) ini berfungsi untuk melakukan pengecekan sekaligus diagnosa pada komponen hardware yang sesuai dengan fitur-fitur DirectX.

Pada aplikasi ini, kalian juga bisa melihat spesifikasi komponen hardware pada komputer tersebut.

  1. Pertama, buka aplikasi Run dengan cara menekan tombol Win + R
  2. Ketik perintah
    dxdiag
  3. Klik tombol OK atau tekan tombol Enter

Pada tab System, kalian akan melihat informasi mengenai ringkasan komputer seperti penamaan komputer, sistem operasi, jenis/seri/model unit komputer dan lainnya. Silahkan buka tab Display untuk melihat rincian tentang perangkat grafis/GPU VGA.

Jika di dalam komputer terpasang dua GPU (GPU terintegrasi/VGA Onboard dan GPU diskrit), akan muncul dua opsi, Display 1 dan Display 2. Kadang juga tertera Display dan Render.

Display berarti perangkat GPU tersebut digunakan sepenuhnya untuk fungsi output tampilan. Sedangkan Render berarti perangkat GPU hanya digunakan untuk fungsi render grafis 3D/2D saja.

Salah satu komponen DirectX terutama untuk perangkat GPU VGA yaitu Direct3D yang merupakan API (Application Program Interface) untuk proses render 3D. Secara default, Windows 10 menggunakan API Direct3D 12 dan merupakan bagian dari DirectX 12

Di situ juga ada informasi mengenai driver perangkat GPU VGA yang terinstall. Salah satu aspeknya yaitu Driver model yang berisi informasi versi WDDM (Windows Display Driver Model). WDDM adalah arsitektur driver untuk perangkat display (GPU VGA) untuk OS Windows modern.

Secara default, Windows 10 menggunakan WDDM versi 2.0 atau yang lebih baru. Jika terdeteksi Direct3D belum versi 12 atau WDDM sebelum versi 2.0 berarti perangkat GPU yang terpasang sudah cukup lawas atau driver yang terinstall belum diupdate.

Sama halnya seperti aplikasi System Information, aplikasi DXDiag juga menyajikan informasi yang cukup teknis. Jadi, ada baiknya kalian bisa memahami setiap bagian-bagian dari informasi tersebut. Hanya saja, informasinya mengenai beberapa hardware saja.

Credit : videocardz.com

Mengecek GPU VGA dengan aplikasi pihak ketiga

Pada penjelasan di atas, cara atau langkah-langkahnya menggunakan aplikasi bawaan Windows 10 sendiri. Harusnya, kalian sudah memahami spesifikasi perangkat GPU VGA yang terpasang. Namun, kalian juga bisa memanfaatkan aplikasi pihak ketiga untuk melakukan cek VGA pada laptop/komputer.

Ada beberapa aplikasi pihak ketiga yang bisa kalian gunakan. Diantaranya yaitu

  • GPU-Z (Link download di sini)
  • AMD Radeon Software jika menggunakan GPU VGA AMD (Link download di sini)
  • Nvidia Geforce Exprerience jika menggunakan GPU Nvidia seri Geforce (Link download di sini)
  • Speccy (Link download di sini)

Itulah beberapa cara dan langkah-langkah melihat spesifikasi GPU VGA pada komputer laptop maupun desktop. Akhir kata, selamat mencoba dan semoga bermanfaat...

Apakah kalian punya pengalaman atau pendapat yang berbeda ? Tuliskan lewat kotak komentar di bawah. Usahakan sesuai topik artikel ini.
Tulis komentar