Skip to main content

Begini Cara Membersihkan Memori HP Penuh

Ketika pertama membeli handphone Android baru, di dalamnya telah terinstall beragam aplikasi. Dengan begitu, pengguna tidak perlu repot-repot memasang aplikasi yang dibutuhkan secara manual. Kalian juga dapat meng-install aplikasi tambahan lainnya seperti media sosial, permainan, portal berita melalui layanan Google Play Store.

Selain aplikasi, pengguna ponsel Android juga menyimpan berbagai data seperti dokumen, gambar atau foto, hingga video dalam memori penyimpanan handphone. Oleh karena itu, smartphone Android juga dibekali dengan memori penyimpanan dengan kapasitas yang cukup besar agar dapat mengakomodir kebutuhan penggunanya.

Namun, terkadang aplikasi dan data yang tersimpan justru menghabiskan ruang memori penyimpanan sehingga mengakibatkan terganggunya kinerja sistem. Biasanya akan muncul pesan peringatan "Not enough space", "Insufficient Storage", "Penyimpanan penuh", "Free up space", "Storage full", dll.

Cara membersihkan memori HP penuh (Android/iPhone)

Daftar isi

Smartphone/handphone Android umumnya mempunyai dua jenis perangkat penyimpanan, yakni penyimpanan eksternal (tambahan) dan tentu penyimpanan utama (internal). Penyimpanan utama pada HP Android dipakai sebagai menaruh file-file sistem operasi dan program aplikasi yang terinstal.

Pada penyimpanan tambahan umumnya berupa slot untuk perangkat eksternal seperti kartu MicroSD. Perangkat ini memiliki kapasitas tertentu yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. Penyimpanan ini seringkali difungsikan sebagai tempat menyimpan data-data pribadi milik pengguna.

Penyebab memori HP penuh sudah pasti adalah terlalu banyak aplikasi yang terinstall atau terlalu banyak data yang tersimpan di dalamnya. Bisa juga karena kapasitasnya yang tidak mencukupi kebutuhan.

Saat ini, aplikasi untuk HP Android kadang berukuran cukup besar sehingga memerlukan ruang penyimpanan yang cukup luas. Ditambah perilaku pengguna yang suka menyimpan data apapun dalam smartphone meski data tersebut tidak terlalu sering digunakan.

Jika kapasitas penyimpanan memori tidak cukup, akibatnya cukup serius. Misalnya yaitu

  • Tidak akan dapat mengunduh dan menginstal aplikasi lagi
  • Tidak akan dapat menyimpan data lebih banyak
  • Kinerja sistem menjadi terganggu sehingga pengoperasian HP menjadi tidak nyaman
  • Beberapa aplikasi mungkin bahkan tidak bisa berjalan secara normal

Kali ini, Tekno Jempol akan menjelaskan langkah-langkah tutorial atau cara membersihkan memori HP penuh. Tutorial ini bisa diterapkan pada semua merk HP Android seperti Samsung, Oppo, Xiaomi, Vivo, atau mungkin juga pada iPhone.

Berikut ini penjelasan selengkapnya

Uninstall aplikasi yang tidak dibutuhkan

Cara membersihkan ruang penyimpanan HP paling sederhana yang bisa dilakukan yaitu menguninstal aplikasi yang benar-benar sudah tidak dibutuhkan. Dengan begitu, file atau data aplikasi tersebut tidak akan lagi tersimpan dan memenuhi ruang penyimpanan internal handphone.

Perlu diketahui, aplikasi Android versi terbaru atau yang baru diupdate umumnya memiliki ukuran yang lebih besar daripada versi sebelumnya. Aplikasi seperti ini tentunya akan semakin menghabiskan ruang memori penyimpanan. Untuk itu, kalian bisa menguninstall aplikasi tersebut sebagai cara membersihkan memori internal.

Begini langkah-langkah menuninstall aplikasi pada HP Android

  1. Buka menu Settings
  2. Cari opsi Application
  3. Tentukan aplikasi yang ingin dihapus
  4. Pilih (tap) tombol Uninstall

Untuk beberapa smartphone Android, mungkin memiliki penamaan menu dan layout yang berbeda.

Hapus file cache secara berkala

Cache adalah sekumpulan data sementara dari aplikasi yang kerap/pernah dipakai. Fungsi adanya file cache supaya aplikasi menjadi lebih cepat dibuka khususnya kalau digunakan secara rutin. Masalahnya, seiring waktu aplikasi tersebut digunakan maka ukuran file cache akan terus bertambah besar.

Hal ini yang bisa mengakibatkan penyimpanan memori HP penuh dan malah bikin handphone menjadi lemot. Oleh sebab itu, kalian secara berkala wajib membersihkan memori internal dari file cache. Membersihkan cache HP Android sebetulnya cukup mudah.

Berikut ini langkah-langkah atau cara menghapus cache di HP Android

  1. Buka Pengaturan di HP Android
  2. Pilih menu Aplikasi
  3. Cari aplikasi yang akan dibersihkan file cachenya
  4. Buka opsi Penyimpanan 
  5. Tap tombol Hapus Cache
  6. Ulangi langkah-langkah di atas pada aplikasi lain khususnya aplikasi yang kerap kali dipakai

Jika memang tersedia, kalian juga bisa memakai fitur Maintenance, Clear cache, Clean Master, atau fitur pemeliharaan lainnya dalam handphone Android. Fitur semacam ini biasanya telah menyertakan fasilitas untuk membersihkan file-file cache pada memori penyimpanan.

Pasang kartu MicroSD (jika memungkinkan)

Tiia Monto, CC BY-SA 4.0, via Wikimedia Commons

Pada beberapa produk smartphone Android, telah tersedia slot memori untuk penyimpanan eksternal. Umumnya berupa kartu memori MicroSD. Jika pada ponsel telah menyediakan slot ini, sebaiknya kalian memasang kartu MicroSD agar mendapatkan memori penyimpanan tambahan.

Kapasitasnya bisa disesuaikan dengan keperluan. Semakin besar kapasitasnya, semakin bagus karena akan semakin banyak data yang bisa ditampung. Sebelumnya, pastikan dulu ketersediaan slot MicroSD pada handphone Android kalian.

Pemakaian media penyimpanan tambahan semisal MicroSD ini sebenarnya cukup penting. Terlebih untuk menaruh data-data pribadi milik pengguna seperti dokumen, foto/video, dan lainnya. Ini juga bisa menjadi cara mengatasi memori internal penuh.

Pemisahan data sistem/aplikasi dan data pengguna akan berguna jika suatu saat terjadi masalah pada smartphone. Data pengguna yang disimpan dalam penyimpanan eksternal lebih mudah diselamatkan ketimbang saat tercampur dalam penyimpanan internal.

Pindahkan aplikasi ke penyimpanan eksternal

Apabila diperlukan dan memungkinkan, kalian bisa memindahkan data aplikasi ke penyimpanan eksternal. Hal ini bertujuan untuk mencegah ruang kapasitas penyimpanan internal habis. Ini akan sangat bermanfaat bagi handphone dengan kapasitas penyimpanan internal yang cukup terbatas.

Berikut ini ada langkah-langkah memindahkan data aplikasi ke penyimpanan eksternal yang dapat kalian terapkan

  1. Buka Pengaturan Android (Settings)
  2. Pilih menu Apps
  3. Pilih salah satu aplikasi yang ingin dipindahkan
  4. Pilih Storage
  5. Pada Storage used, pastikan terdapat tombol Change dan sudah terpasang SD card
  6. Tap tombol Change lalu pilih SD card
  7. Tunggu hingga proses selesai

Perlu kalian perhatikan, memindahkan data aplikasi ini cuma bisa diterapkan pada aplikasi-aplikasi tertentu saja. Selain itu, cara ini juga hanya dapat dijalankan jika pada HP Android sudah mempunyai penyimpanan ekseternal seperti kartu SD.

Pindahkan data pribadi ke memori eksternal

Data-data pribadi seperti gambar, video, musik, atau lainnya juga dapat menghabiskan ruang memori. Untuk itu, pindahkan data-data tersebut ke memori eksternal semacam Micro SD card. Beberapa produk smartphone Android saat ini telah menyediakan slot untuk penyimpanan eksternal.

Fungsinya untuk menambah kapasitas penyimpanan data pengguna yang semakin banyak. Tentu saja kalian harus pastikan HP Android yang digunakan telah menyediakan slot untuk kartu MicroSD.

Caranya ? Sudah tesedia aplikasi File Manager untuk memudahkan pengaturan file-file data. Di situ kalian bisa melakukan copy paste file-file yang dinginkan ke penyimpanan eksternal.

Gunakan layanan cloud backup

Credit : unbox.id

Bagaimana jika smartphone Android tidak memiliki slot kartu SD sedangkan memori penyimpanan penuh ? Sekarang sudah ada layanan penyimpanan data secara online, misalnya seperti online storage atau cloud backup. Contoh layanan yang bisa kalian gunakan misalnya Google Drive, Dropbox, iCloud, dan lainnya.

Dengan memanfaatkan layanan tersebut, file data apapun yang tersimpan bisa diakses dengan begitu gampang dari pelbagai tempat atau lewat beragam perangkat. Di sini, kalian bisa menggunakan ruang penyimpanan tambahan secara cuma-cuma dengan kapasitas yang mungkin jauh lebih besar.

Akses internet saat ini kian merata dan semakin mudah dijangkau. Pengaplikasian cloud storage dapat menjadi alternatif solusi yang menarik guna mengatasi memori HP penuh. Cloud storage dianggap juga bisa memberikan fungsi distribusi data atau konten digital dengan murah, gampang, dan cepat.

Itulah beberapa langkah-langkah atau cara mengatasi memori penuh di HP pada platform Android. Akhir kata, selamat mencoba dan semoga bermanfaat..

Baca juga artikel terkait :

Apakah kalian punya pengalaman atau pendapat yang berbeda ? Tuliskan lewat kotak komentar di bawah. Usahakan sesuai topik artikel ini.
Tulis komentar