Skip to main content

8 Cara Menampilkan Bluetooth di Laptop Windows 10

Kalau laptop kalian terpasang perangkat Bluetooth, maka akan muncul ikon bluetooth di pojok kanan bawah Taskbar  (Notification area). Selain ikon bluetooth, di situ juga ada ikon wifi, volume speaker, baterai, jam & tanggal, dan action center.

Bluetooth merupakan salah satu standar teknologi nirkabel (wireless) yang berfungsi untuk komunikasi atau bertukar data antar perangkat dengan menggunakan sinyal gelombang radio UHF. Diketahui sinyal bluetooth bisa menjangkau hingga radius 100 m.

Pernahkah kalian mengalami bluetooth laptop tidak berfungsi ? Misalnya, bluetooth hilang atau bluetooth tidak terdeteksi di Windows 10. Kasus bluetooth hilang di laptop cukup banyak terjadi dan sering dialami oleh pengguna.

Cara menampilkan bluetooth di laptop Windows 10

Daftar isi

Penyebab bluetooth hilang di di laptop Windows 10 

Berikut ini beberapa hal yang menyebabkan icon bluetooth tidak muncul secara tiba-tiba

  • Ikon bluetooth tidak sengaja terselip masuk ke hidden/tray area sehingga tidak tampil pada Taskbar secara langsung
  • Ikon bluetooth memang sedang tidak aktif
  • Proses explorer bermasalah
  • Perangkat adaptor bluetooth sedang tidak menyala
  • Driver bluetooth tidak bekerja dengan semestinya
  • Masalah lainnya

Selain laptop, adaptor bluetooth juga banyak digunakan pada smartphone, gadget, game console, hingga perangkat audio. Misalnya keyboard/mouse wireless, speaker, headset/headphone wireless, atau perangkat apapun yang tidak menggunakan komunikasi via kabel.

Ketika bluetooth laptop tidak berfungsi, kalian sudah pasti tak bisa melakukan transfer data atau konek dengan gadget lain via bluetooth kan ? Jika kalian mengalami masalah ini, silahkan ikuti langkah-langkah dan cara menampilkan bluetooth di laptop (Windows 10) yang hilang seperti berikut ini

Pastikan perangkat bluetooth laptop telah menyala

Hal pertama pada cara memperbaiki bluetooth laptop yang tidak terdeteksi adalah dengan memastikan perangkat bluetooth sudah dinyalakan.

Agar bluetooth di laptop kembali muncul, kalian harus menyalakan dulu adaptornya. Biasanya, adaptor bluetooth dan adaptor wifi pada laptop digabung menjadi satu perangkat (umumnya diberi nama wireless device). Jadi, jika mengaktifkan adaptor wifi, otomatis bluetooth juga akan ikut menyala.

Saat ini, perangkat adator wireless (bluetooth atau wifi) pada laptop modern umumnya akan aktif secara otomatis begitu laptop tersebut dihidupkan. Kalau ingin menghubungkan laptop dengan perangkat lain, fungsi bluetooth sudah bisa digunakan secara normal.

Berikut ini beberapa cara menghidupkan/menyalakan bluetooth pada laptop

  1. Pada produk laptop terkini, untuk menghidupkan atau mematikan perangkat bluetooth umumnya menggunakan kombinasi tombol keyboard seperti FN + F1 hingga F12. Silahkan baca buku petunjuk manual laptop kalian atau cek langsung pada keyboard laptop tersebut guna memastikan keberadaan ikon bluetooth di keyboard laptop
  2. Untuk produk laptop lawas biasanya punya tombol switch power khusus untuk mengaktifkan atau menonaktifkan adaptor bluetooth.

Bisa juga menyalakan fungsi bluetooth lewat Settings. Berikut ini langkah-langkahnya

  1. Buka Settings dengan menekan tombol Win + I
  2. Pilih menu Devices
  3. Buka opsi Bluetooth & other devices
  4. Cari bagian Bluetooth dan pastikan pada posisi On

Kalian juga bisa menggunakan switch Airplane mode untuk menyalakan perangkat bluetooth pada laptop. Begini caranya

  1. Tekan tombol Win + A untuk membuka Action Center
  2. Aktifkan Airplane mode (Mode penerbangan) dengan klik sekali kotak ikon pesawat. Nanti, kotak Airplane mode akan ter-highlight
  3. Lalu nonaktifkan kembali Airplane mode dengan klik sekali kotak ikon Airplane mode yang ter-highlight.

Cek bluetooth laptop pada hidden tray area Taskbar

Credit : groovypost.com

Hal paling mudah yang bisa dilakukan jika bluetooth Windows 10 hilang yaitu memeriksa bagian hidden/tray area pada notification Taskbar. Untuk yang belum tahu, hidden area pada Taskbar merupakan bagian tersembunyi dari notification area yang berisi berbagai ikon sistem atau aplikasi.

Karena keterbatasan tempat pada notification area, beberapa ikon akan otomatis masuk ke dalam hidden atau tray area. Dimanakah hidden/tray area ? Cukup klik tombol ujung panah ke atas pada notification area (pojok kanana bawah/Taskbar) dan di situlah hidden tray area berada.

Silahkan cek ikon bluetooth laptop, apakah ada dalam area tersebut atau tidak. Jika ada, berarti perangkat bluetooth laptop bisa digunakan seperti biasa. Kalau ingin memindahkannya ke notification area, cukup drag ikon tersebut lalu tarik ke sana.

Cek pengaturan notification area

Credit : digitalcitizen.life

Bagian pojok kanan Taskbar merupakan notification area yang berisi beberapa ikon sistem. Misalnya, network (wifi), volume, power/baterai, jam & tanggal, dan Windows Security. Jika ada ikon diatur pada posisi Off, sudah pasti ikon tersebut tidak akan muncul dalam notification area Taskbar.

Jika mendadak icon bluetooth tidak muncul, kalian bisa mengecek bluetooth di laptop lewat pengaturan notification area Taskbar. Berikut ini langkah-langkahnya

  1. Klik kanan pada area kosong di Taskbar
  2. Pilih menu Taskbar settings
  3. Pada bagian Notification area, klik opsi Select which icons appear on taskbar
  4. Cek opsi ikon Bluetooth devices/Windows Explorer dan pastikan telah diatur pada posisi On
  5. Cek juga opsi ikon sistem yang lain. Jika ingin ditampilkan, set ke posisi On. Sebaliknya, jika ingin disembunyikan/dimatikan, set ke posisi Off

Dari sini, harusnya ikon bluetooth laptop sudah bisa muncul pada notification area Taskbar.

Aktifkan lewat pengaturan bluetooth

Credit : addictivetips.com

Kesalahan konfigurasi adaptor bluetooth juga bisa menyebabkan ikonnya hilang dari notification area. Di sini, kalian bisa kembali menampilkan bluetooth di laptop dengan beberapa langkah mudah. Berikut ini selengkapnya

  1. Buka Settings dengan menekan tombol Win + I
  2. Pilih menu Devices
  3. Buka opsi Bluetooth & other devices
  4. Pada sisi kanan, klik link More bluetooth options
  5. Pada tab Options, aktifkan (beri centang) Show the bluetooth icon in the notification area
  6. Klik tombol Apply/OK

Dari sini, harusnya ikon bluetooth laptop sudah bisa muncul pada notification area Taskbar. Setelah itu, coba kalian sambungkan laptop dengan perangkat lainnya lewat bluetooth.

Restart proses Windows Explorer

Taskbar merupakan salah satu komponen yang termasuk dalam proses Windows Explorer. Sebagai informasi, proses Windows Explorer adalah aplikasi yang mengatur semua fungsi tampilan pada layar laptop dengan OS Windows. Misalnya, Taskbar, menu Start, ikon, berbagai menu, dll.

Saat mengalami ikon bluetooth hilang di laptop, kalian bisa melakukan restart proses Windows Explorer untuk mengatasinya. Berikut ini langkah-langkahnya

  1. Klik kanan pada area kosong Taskbar lalu pilih Task Manager
  2. Atau bisa juga dengan menekan tombol Ctrl + Shift + Esc
  3. Pada tab Processes, cari aplikasi Windows Explorer (di bawah bagian Windows processes)
  4. Klik kanan aplikasi tersebut kemudian pilih opsi Restart

Jika merestart proses Windows Explorer, tampilan layar laptop akan blank untuk beberapa saat. Tenang saja! Tampilan laptop akan kembali normal seperti sediakala.

Lakukan troubleshoot

Seandainya ikon bluetooth di laptop masih tidak dapat tampil, kalian bisa menjalankan proses troubleshoot untuk mengatasi hal tersebut. Troublesoot adalah salah satu fitur pada OS Windows untuk melakukan proses perbaikan pada problem laptop yang tengah terjadi, dalam hal ini yaitu hilangnya ikon bluetooth.

Berikut ini langkah-langkah melakukan proses troubleshooting pada laptop Windows 10

  1. Buka menu Start kemudian pilih menu Settings
  2. Atau tekan tombol Win + X lalu pilih Settings
  3. Pilih menu Update & Security
  4. Pada sisi kiri, pilih opsi Troubleshoot
  5. Klik Additional troubleshooters di bagian bawah
  6. Pilih Network adapter lalu klik tombol Run troubleshooters
  7. Pilih opsi Bluetooth
  8. Ikuti proses troubleshoot hingga selesai

Jika proses troubleshoot selesai dan berhasil, semestinya sudah bisa memperbaiki bluetooth laptop yang bermasalah. Misalnya, kendala bluetooth laptop tidak bisa konek sudah bisa teratasi.

Restart bluetooth service dan pastikan telah berjalan

OS Windows menyediakan sejumlah service atau aplikasi yang berjalan di belakang layar untuk menyediakan fungsi-fungsi khusus. Salah satunya yaitu fungsi komunikasi bluetooth. Jika service ini tidak berjalan, bisa dipastikan kontrol perangkat bluetooth laptop tidak akan berfungsi.

Akibatnya, ikon bluetooth tidak akan muncul dan fungsi komunikasinya tidak akan berfungsi. Berikut ini cara memastikan bluetooth service telah berjalan

  1. Klik kanan pada area kosong Taskbar lalu pilih Task Manager
  2. Buka tab Services dan klik Open Services di bagian bawah
  3. Cari service dengan nama Bluetooth Support Service
  4. Klik kanan service tersebut lalu pilih Restart
  5. Jika service tersebut tidak sedang berjalan (Statusnya kosong), klik kanan lalu pilih opsi Start
  6. Pastikan juga service tersebut berjalan saat Startup. Klik kanan pada service tersebut lalu pilih Properties
  7. Pada bagian Startup type pilih Automatic lalu klik tombol Apply/OK
  8. Jika perlu, ulangi langkah-langkah tersebut untuk service Bluetooth Audio Gateway Service dan Bluetooth User Support Service

Pastikan adaptor bluetooth sudah terinstall

Mmckinley, Public domain, via Wikimedia Commons

Terakhir, kalian mungkin bisa memeriksa instalasi perangkat adaptor bluetooth dalam laptop. Pada produk laptop terbaru saat ini, harusnya adaptor bluetooth menjadi salah satu komponen yang wajib tersedia. Di bawah ini cara mengecek bluetooh di laptop lewat aplikasi Device Manager.

  1. Tekan tombol Win + X kemudian pilih Device Manager
  2. Pilih kategori perangkat Bluetooth jika ada
  3. Klik ikon ujung panah di sampingnya untuk melihat adaptor maupun perangkat bluetooth yang mungkin pernah tersambung
  4. Pastikan juga, driver perangkat bluetooth sedang tidak bermasalah. Jika driver bermasalah biasanya akan muncul tanda seru atau tanda silang.

Bagaimana jika ternyata perangkat Bluetooth tidak ada di Device Manager ? Silahkan nyalakan dulu seperti penjelasan di atas. Jika perlu, baca buku petunjuk manual laptop kalian untuk mendapatkan arahan yang lebih detail.

Pada beberapa produk laptop lama, ternyata belum dilengkapi dengan perangkat adaptor bluetooth. Untuk kasus seperti ini, mungkin kalian bisa menggunakan produk USB Bluetooth Dongle. Pemasangannya sangat mudah, cukup dicolok pada port USB dan adaptor bluetooth siap digunakan.

Itulah beberapa langkah-langkah dan cara memperbaiki bluetooth di laptop yang tidak muncul dalam Taskbar Windows 10. Akhir kata, selamat mencoba dan semoga bermanfaat...

Baca juga artikel terkait :

Apakah kalian punya pengalaman atau pendapat yang berbeda ? Tuliskan lewat kotak komentar di bawah. Usahakan sesuai topik artikel ini.
Tulis komentar