Skip to main content

Cara Mudah Mengecek Sinyal Wifi Terdekat

Saat ini, layanan internet yang menggunakan jaringan Wifi/hotspot sudah umum digunakan. Selain tempat-tempat publik, banyak pemukiman dan rumah pribadi yang kini juga memakai fasilitas tersebut. Memang, akses internet nirkabel dengan sinyal wifi dirasa lebih mudah dalam penggunaannya.

Apalagi, gadget/perangkat mobile seperti laptop, smartphone, handphone, atau tablet sudah dilengkapi dengan perangkat Wifi. Dengan begitu, akses internet dan sarana komunikasi jadi lebih mudah serta lancar. Produktifivitas atau keperluan apapun bisa jadi lebih nyaman.

Namun, jaringan wifi tentu tidak tersedia di semua tempat. Selain itu, sinyal wifi kadang tidak dapat menjangkau area-area tertentu. Jika seperti ini, kalian mungkin harus mengecek sinyal wifi guna memastikan ketersediaan jaringan wifi/hotspot yang ada pada area tersebut.

Cara mengecek sinyal wifi terkuat di sekitar kalian

Daftar isi

Pertanyaannya, bagaimana cara mengetahui jangkauan sinyal wifi di suatu area/tempat ? Kali ini, Tekno Jempol akan menjelaskan cara mengecek sinyal wifi terbaik di area yang kalian tempati dengan HP atau laptop. Tujuannya, kalian mungkin bisa berkesempatan mendapatkan layanan internet via wifi/hotspot di tempat tersebut.

Cara mudah mencari dan mendapatkan sinyal jaringan wifi

Berikut ini beberapa cara mendapatkan hotspot wifi terutama yang menyediakan akses internet gratis

Aplikasi Wifi Map
  1. Kalian dapat mengunjungi tempat-tempat umum seperti kampus, sekolah, kantor pelayanan publik, hotel, kafe, restoran, pusal perbelanjaan, bandara, taman, hingga warung kopi. Biasanyanya, pada area tempat tersebut tersedia jaringan wifi hotspot sebagai akses internet. Bahkan, fasilitas internetnya kadang bisa diakses secara gratis guna menarik banyak pengunjung
  2. Jika berlangganan layanan internet rumahan saat ini, kalian sudah pasti akan mendapatkan jaringan wifi hotspot. Kalian dapat mengaksesnya lewat sinyal wifi di area perangkat wifi tersebut terpasang
  3. Jika ada tetangga yang juga berlangganan internet dengan jaringan nirkabel (hotspot/wifi) secara pribadi, kalian bisa "ikut numpang" akses internet di situ
  4. Atau kalian juga bisa meminta akses tethering hotspot lewat smartphone milik teman kalian yang berlangganan paket data internet.

Beberapa provider layanan internet menyediakan tempat khusus untuk menikmati akses internet dengan menggunakan jaringan wifi. Salah satunya yaitu Wifi.id dari Telkom. Lokasi Wifi.id juga banyak tersebar di berbagai kota/daerah. Untuk bisa memanfaatkan akses internetnya, kalian akan dikenai biaya voucher yang cukup terjangkau.

Jika masih kesulitan mendapatkan akses jaringan sinyal wifi, kalian dapat menggunakan aplikasi Wifi Map. Aplikasi ini berfungsi untuk mencari jaringan wifi terdekat (atau tersembunyi) yang ada di sekitar tempat kalian berada. Jadi, kalian tak perlu susah untuk mendapatkan atau mencari sinyal wifi internet.

Berikut ini cara/langkah-langkah mencari sinyal wifi lewat aplikasi Wifi Map

  1. Di sini kalian cukup gunakan handphone Android atau iPhone
  2. Download aplikasi Wifi Map lewat Google Play Store (link di sini) atau App Store (link di sini)
  3. Instal lalu jalankan aplikasi tersebut
  4. Arahkan peta wifi ke tempat domisili kalian. Bila perlu nyalakan penanda lokasi (GPS)
  5. Akan ada sejumlah sinyal wifi yang terdeteksi di tempat tersebut. Jika beruntung, aplikasi Wifi Map juga akan menampilkan password dari jaringan wifi yang tersedia. Nah, kalian dapat terkoneksi pada sinyal jaringan wifi tersebut secara gratis dan bisa menikmati layanan internet yang ada.
Baca juga : Cara menguatkan sinyal wifi yang lemah di laptop

Cek keberadaan perangkat router

Untuk dapat mengetahui/mengecek sinyal wifi yang tersedia, kalian mungkin perlu memastikan keberadaan sumber sinyal wifi. Saat ini, sinyal wifi umumnya berasal dari suatu perangkat yang dinamakan Router. Router sendiri adalah sebuah perangkat yang menghubungkan beberapa jaringan guna mentransmisikan data antar jaringan tersebut.

최광모, CC BY-SA 4.0, via Wikimedia Commons

Router yang memiliki akses jaringan nirkabel (wireless) disebut wireless router. Perangkat inilah yang menjadi sumber dari sinyal wifi agar bisa terhubung dengan berbagai perangkat (titik akses/access point). Untuk mendapatkan akses internet, router harus terkoneksi dengan jaringan dari penyedia layanan internet (ISP, Internet Service Provider).

Saat sedang berada di suatu tempat dan menemukan ada router yang terpasang, kemungkinan di tempat tersebut terdapat sinyal wifi atau bahkan tersedia akses internet. Jika sedang berada di tempat tersebut, kalian bisa berkesempatan menggunakan jaringan wifi yang ada.

Sebetulnya, perangkat router cukup mudah diketahui keberadaannya. Sebab, perangkat router umumnya dipasang pada tempat cukup terbuka dan gampang dijangkau. Kenapa begitu ? Agar sinyal jaringan wifi lebih stabil dan jangkauannya lebih luas sehingga memudahkan perangkat lainnya bisa terkoneksi.

Di beberapa tempat bahkan secara jelas menempelkan stiker informasi bertuliskan "WIFI Zone" atau "WIFI Area". Sudah paham kan maksudnya ?

Baca juga : Cara mengecek sinyal operator seluler terbaik

Melihat notifikasi sinyal wifi

Sinyal wifi/hotspot sebenarnya mirip dengan sinyal operator seluler. Untuk mengeceknya, cukup gunakan perangkat handphone, smartphone atau laptop kalian yang ada. Jadi, semua orang termasuk pengguna yang awam sekalipun dapat mengetahuinya.

Caranya sangat mudah, cukup nyalakan perangkat wifi pada HP atau laptop. Otomatis, perangkat wifi akan mendeteksi sinyal wifi yang tersedia di dekat tempat kalian berada. Kalian akan melihat daftar beberapa sinyal wifi yang terbaca pada notifikasi layar laptop/ponsel.

Cek kekuatan sinyal wifi

Dari beberapa sinyal jaringan wifi yang terdeteksi, tentu tidak semuanya memiliki kualitas sinyal yang bagus. Ada jaringan wifi dengan kualitas sinyal kuat. Ada pula jaringan wifi dengan kuliats sinyal lemah. Kualitas sinyal ini akan sangat berpengaruh pada koneksi wifi/hotspot internet nantinya.

Credit : gearupwindows.com

Bagaimana cara mengecek kekuatan sinyal wifi di HP/laptop ? Mudah kok, begini caranya

  1. Silahkan perhatikan daftar sinyal jaringan wifi yang terdeteksi
  2. Jika baris sinyal terlihat penuh atau agak penuh, itu tandanya sinyal jaringan wifi di area yang kalian tempati sudah cukup kuat. Akses jaringan atau layanan internet di situ sudah pasti dapat digunakan dengan baik
  3. Sebaliknya, jika baris sinyal tidak penuh, naik turun, atau bahkan sering hilang, itu artinya sinyal jaringan wifi yang di dapat lemah dan tidak cukup kuat. Imbasnya, akses jaringan internet yang tersedia tidak akan stabil bahkan mungkin akan sangat lambat dan sering putus nyambung.

Perlu diketahui, jangkauan sinyal wifi tergantung dengan jarak lokasi. Semakin dekat dengan access point/sumber sinyal wifi, semakin kuat sinyal wifi yang ditangkap. Jika semakin jauh dari sumbernya, sinyal wifi yang ditangkap justru semakin lemah.

Kemampuan mendeteksi/menangkap sinyal wifi juga sangat berpengaruh pada performa handphone, smartphone. atau laptop. Kualitas sinyal wifi yang bagus/kuat akan membuat kinerja perangkat tersebut tetap optimal. Alhasil, akses internet menjadi lebih lancar dan pengoperasiannya lebih nyaman.

Sebaliknya, jika kualitas sinyal wifi lemah atau buruk, HP/laptop akan terus berusaha mencari sinyal wifi yang pas. Akibatnya, kinerja perangkat menjadi semakin berat sehingga lebih cepat menghabiskan daya baterai. Bahkan, perangkat tersebut kemungkinan akan terasa agak panas.

Itulah beberapa cara/langkah-langkah mengcek sinyal wifi terdekat di tempat kalian. Akhir kata, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Apakah kalian punya pengalaman atau pendapat yang berbeda ? Tuliskan lewat kotak komentar di bawah. Usahakan sesuai topik artikel ini.
Tulis komentar