Skip to main content

5 Kelebihan Speaker Bluetooth, Apa Saja ?

Saat ini, trend speaker bluetooth sedang banyak diminati karena kemudahan penggunaannya. Dengan perangkat speaker ini, kalian bisa mendengarkan musik dan menonton dengan suasana yang lebih menyenangkan.Ditambah lagi, kalian tidak perlu menghubungkan speaker menggunakan kabel ke colokan listrik.

Dimanapun tempat berada, kalian bisa mendengarkan musik dan menonton film dengan suara yang keras dan lebih enak didengar.Dibaindingkan speaker konvensional, ada beberapa kelebihan speaker bluetooh yang membuat kalian akan berpikir untuk menggunakan perangkat audio ini.

Apa itu Speaker Bluetooth?

Sebelum membahas kelebihan speaker bluetooh terbaik, pertama kalian harus memahami secara singkat tentang konsep speaker bluetooth. 

Secara sederhana, speaker bluetooth merupakan perangkat audio yang memiliki kemampuan untuk mengeluarkan output suara dan mentransmisikan sinyal audio melalui teknologi nirkabel (wireless). Perangkat speaker Bluetooth tidak lagi memerlukan kabel untuk menyambungkan dengan sumber suara.

Saat ini, standar speaker Bluetooth telah dikembangkan menggunakan teknologi Bluetooth 4.0 sehingga jarak transmisi sinyal bisa mencapai 100 meter. Namun, pengoperasiannya akan lebih stabil jika gunakan pada jarak sekitar 10 meter.

Baca juga : Cara Menampilkan Bluetooth di Laptop Windows 10

Kelebihan Speaker Bluetooth

Berikut ini ada kelebihan speaker bluetooth yang perlu kalian ketahui :

Koneksi Nirkabel/Wireless

Speaker bluetooth membuat penggunaannya lebih mudah dan praktis karena menggunakan teknologi nirkabel atau tanpa kabel. Dengan adanya koneksi wireless juga membuat kalian tidak memerlukan kabel konektor untuk menghubungkan speaker ke sumbernya seperti smartphone, tablet, laptop, dan perangkat lainnya.

Kalian cukup menghubungkan speaker ke perangkan sumber suara menggunakan koneksi bluetooth untuk memutar musik atau menonton video. Speaker bluetooth keluaran terbaru saat ini juga ada yang memiliki jangkauan lebih 10 meter. Jadi kalian tetap bisa memutar lagu dari jarak yang agak jauh.

Speaker bluetooth saat ini umumnya berukuran kompak dan ringan, mungkin beratnya hanya ratusan gram sampai beberapa kilogram saja. Beberapa produk speaker bluetooh juga dilengkapi dengan tali pengikat dan pegangan untuk memudahkan dibawa saat berpergian.

Dengan ukurannya yang ringkas, speaker bluetooth juga dapat dengan mudah dimasukan ke dalam tas rensel. Ketika melakukan traveling dan membutuhkan hiburan, kalian dapat mendengarkan musik dengan bantuan speaker bluetooth di mana saja atau kapan saja.

Baterai Tahan Lama

Kelebihan speaker bluetooth lainnya yang perlu kalian pertimbangkan untuk dibeli adalah memiliki daya tahan baterai yang lama ketika digunakan. Jadi ketika ingin menggunakan speaker, kalian tidak perlu lagi mencari colokan untuk mencari sumber listrik agar speaker bisa dihidupkan.

Jika kalian beranggapan bahwa dengan ukuran yang kecil, pasti baterai speaker bluetooth akan cepat habis ketika digunakan. Tapi pada kenyatanannya, speaker bluetooth bisa digunakan selama berjam-jam.

Jadi bisa dikatakan untuk kalian yang memiliki mobilitas tinggi dan suka berpergian, piknik atau backpacking. Maka menggunakan speaker bluetooth untuk media hiburan menjadi pilihan terbaik.

Apalagi speaker bluetooth keluaran terbaru ada yang dilengkapi port USB yang berfungsi juga sebagai power bank. Sehingga kalian juga bisa mengisi daya baterai smartphone menggunakan speaker bluetooth tersebut.

Tahan air dan tahan benturan 

Speaker Bluetooth juga memiliki fitur tahan air dan tahan benturan yang dapat membantu pengguna meminimalisir kejadian yang tidak diinginkan saat penggunan pada kondisi tertentu.

Apalagi jika kalian menggunakan perangkat speaker bluetooth untuk aktivitas di alam terbuka seperti saat mendaki gunung atau camping. Kemungkinan resiko speaker bluetooth terkena benturan dan terkena air sangatlah tinggi.

Dengan adanya fitur tahan air dan tahan benturan ini, membuat speaker bluetooth menjadi pilihan terbaik untuk kalian yang ingin menikmati musik di luar ruangan dengan aman dan nyaman.

Harganya Bervariasi dan Lebih Murah Dari Speaker Biasa

Jika kalian bandingkan dengan speaker biasa, speaker bluetooth memiliki harga yang relatif lebih murah. Walaupun untuk speaker bluetooth dengan fitur yang lengkap memiliki harga yang lebih mahal. Tetapi kualitas suara yang dihasilkan speaker bluetooth dan fiturnya masih lebih unggul dibanding speaker biasa.

Untuk harga termurah di marketplace, kalian dapat membeli speaker bluetooh dengan harga puluhan ribu sampai ratusan ribu saja.

Tapi jika ingin mendapatkan speaker bluetooth dengan kualitas terbaik, kalian bisa memilih untuk membeli merk terkenal seperti Nakamichi, Anker Soundcore, JBL, dan Harman Kardon. 

Dan tentunya speaker bluetooth merk terkenal dengan kualitas suara terbaik tersebut memiliki harga paling murah sekitar Rp 500 ribu sampai jutaan rupiah.

Memiliki Banyak Fitur

Kelebihan speaker bluetooth lainnya yang harus kalian pertimbangkan adalah banyaknya fitur yang dimilikinya. Fitur unggulan yang bisa kalian dapatkan seperti pada beberapa speaker bluetooth yang bagus yang memiliki fitur jam dan alarm.

Selain itu kalian juga tidak perlu melakukan instalasi apapun untuk menggunakannya, cukup pasangkan speaker dengan perangkat melalui koneksi bluetooth. Maka speaker secara otomatis dapat digunakan untuk memutar musik atau menghasilkan suara dari video dan film yang kalian tonton.

Itulah 5 kelebihan speaker bluetooth yang bisa didapatkan. Jadi, apakah kalian tertarik untuk memiliki speaker bluetooth?


Content placement kiriman dari

Lathif Nurdiansyah
PickyBest.id

Apakah kalian punya pengalaman atau pendapat yang berbeda ? Tuliskan lewat kotak komentar di bawah. Usahakan sesuai topik artikel ini.
Tulis komentar