Skip to main content

Inilah Cara Membuka Task Manager di Windows 11

Rasanya, hampir semua pengguna sistem operasi Windows sudah tahu atau bahkan sudah terbiasa dengan aplikasi Task Manager. Untuk yang belum tahu (selama ini kemana saja ?), Task Manager adalah program aplikasi yang berfungsi untuk memantau atau mengontrol aktivitas yang dilakukan oleh OS Windows.

Task Manager digunakan untuk mengatur aplikasi atau layanan (service) Windows yang sedang berjalan. Salah satunya yaitu mematikan aplikasi yang macet atau not responding. Selain itu, bisa juga untuk mengontrol penggunaan resource sistem seperti CPU, RAM, dan storage.

Aplikasi ini sudah ada sejak era Windows NT 4.0 (rilis tahun 1996) dan dipertahankan hingga saat ini dengan berbagai perubahan. Termasuk juga Windows 11 yang menyertakan aplikasi tersebut.

Cara membuka aplikasi Task Manager di Windows 11

Seperti yang kita tahu, Windows 11 menghadirkan tampilan interface yang cukup baru. Diantaranya yaitu pembatasan jumlah menu konteks (menu klik kanan). Misalnya, jika kalian klik kanan taskbar, hanya muncul satu pilihan menu konteks yakni Taskbar settings.

Pada Windows versi sebelumnya, aplikasi Task Manager bisa dibuka lewat menu konteks Taskbar. Pembatasan jumlah menu klik kanan pada Windows 11 rupanya menyulitkan penggunanya khususnya ketika ingin mengakses aplikasi Task Manager. Padahal aplikasi ini tergolong cukup penting.

Kali ini, Tekno Jempol akan menjelaskan beberapa cara dan langkah-langkah mengakses aplikasi Task Manager pada OS Windows 11.

Mengakses Task Manager dengan tombol keyboard

Merupakan cara yang paling mudah diterapkan karena dapat dilakukan pada semua versi OS Windows. Aplikasi Task Manager dapat dibuka melalui shortcut berupa kombinasi tombol Ctrl + Shift + Esc. Kapanpun kalian membutuhkan aplikasi Task Manager, cukup tekan tombol-tombol tersebut secara bersamaan.

Credit : winpoin.com

Mengakses Task Manager lewat opsi Ctrl + Alt + Del

Pengguna OS Windows tentu tidak asing dengan kombinasi tombol Ctrl + Alt + Del. Ya, tombol-tombol tersebut digunakan untuk mengakses menu Power atau Lock screen terutama jika komputer mengalami "not responding".

Ketika ingin menggunakan aplikasi Task Manager, kalian dapat membukanya dengan cara menekan tombol Ctrl + Alt + Del secara bersamaan. Nantinya akan muncul pilihan untuk mengakses aplikasi tersebut.

Membuka program Task Manager lewat menu Win + X

Sebetulnya, menu Win + X sudah ada sejak Windows 8 (dan versi yang lebih baru). Menu ini merupakan menu konteks yang berisi opsi shortcut untuk membuka berbagai aplikasi system tools, termasuk Task Manager. Berikut ini cara mengakses menu Win + X

  1. Tekan tombol Win dan X pada keyboard secara bersamaan, atau
  2. Klik kanan ikon menu Start

Nantinya akan muncul pilihan untuk mengakses aplikasi Task Manager.

Mengakses Task Manager lewat menu Start

Berikut ini langkah-langkahnya

  1. Buka menu Start
  2. Pilih All Apps
  3. Cari dan buka menu Windows Tools
  4. Setelah itu, buka opsi Task Manager

Membuka Task Manager lewat kotak Run

Sama seperti aplikasi Windows pada umumnya, Task Manager juga memiliki file executablenya sendiri. Nama filenya yaitu taskmgr.exe. Untuk membuka file atau aplikasi tersebut, kalian dapat menggunakan fitur Run. Berikut ini cara atau langkah-langkahnya

  1. Tekan tombol Win + R
  2. Setelah muncuk kotak Run, ketik taskmgr
  3. Klik tombol OK atau tekan tombol Enter. Aplikasi Task Manager akan segera terbuka

Membuat shorcut khusus Task Manager

Kalian bisa membuat pin shortcut khusus untuk aplikasi Task Manager sehingga bisa diakses dengan cukup mudah. Berikut ini langkah-langkahnya

  1. Buka menu Start
  2. Ketik "taskmgr"
  3. Nanti muncul aplikasi Task Manager
  4. Di bawahnya terdapat dua pilihan, Pin to Start untuk membuat shortcut Task Manager pada menu Start atau Pin to Taskbar untuk membuat shortcut Task Manager pada Taskbar

Membuat shorcut khusus Task Manager #2

Shortcut untuk aplikasi Task Manager juga bisa dibuat seperti shortcut pada area desktop wallpaper. Berikut ini langkah-langkahnya

  1. Klik kanan area desktop kosong
  2. Pilih menu New
  3. Pilih opsi Shortcut
  4. Ketik taskmgr
  5. Klik tombol Next dan ikuti prosesnya hingga selesai

Itulah beberapa cara dan langkah-langkah membuka aplikasi Task Manager. Sebetulnya, cara atau langkah-langkah tersebut bisa juga diterapkan pada OS Windows 10 atau Windows 8/8.1.

Akhir kata selamat mencoba dan semoga bermanfaat...

Apakah kalian punya pengalaman atau pendapat yang berbeda ? Tuliskan lewat kotak komentar di bawah. Usahakan sesuai topik artikel ini.
Tulis komentar