Skip to main content

Inilah Cara Membuka Task Manager di Windows 11

Inilah Cara Membuka Task Manager di Windows 11

Rasanya, hampir semua pengguna sistem operasi Windows sudah tahu atau bahkan sudah terbiasa dengan aplikasi Task Manager. Untuk yang belum tahu (selama ini kemana saja ?), Task Manager adalah program aplikasi yang berfungsi untuk memantau atau mengontrol aktivitas yang dilakukan oleh OS Windows.

Task Manager digunakan untuk mengatur aplikasi atau layanan (service) Windows yang sedang berjalan. Salah satunya yaitu mematikan aplikasi yang macet atau not responding. Selain itu, bisa juga untuk mengontrol penggunaan resource sistem seperti CPU, RAM, dan storage.

Aplikasi ini sudah ada sejak era Windows NT 4.0 (rilis tahun 1996) dan dipertahankan hingga saat ini dengan berbagai perubahan. Termasuk juga Windows 11 yang menyertakan aplikasi tersebut.

Cara membuka Task Manager di Windows 11

Seperti yang kita tahu, Windows terbaru saat ini yaitu Windows 11 menghadirkan tampilan interface yang cukup baru. Diantaranya yaitu pembatasan jumlah menu konteks (menu klik kanan). Misalnya, jika kalian klik kanan taskbar, hanya muncul satu pilihan menu konteks yakni Taskbar settings.

Pada Windows versi sebelumnya, aplikasi Task Manager bisa dibuka lewat menu konteks Taskbar. Pembatasan jumlah menu klik kanan pada Windows 11 rupanya menyulitkan penggunanya khususnya ketika ingin mengakses aplikasi Task Manager. Padahal aplikasi ini tergolong cukup penting.

Untungnya pada update terbaru Windows 11, menu Task Manager bisa diakses kembali lewat klik kanan taskbar seperti halnya Windows versi sebelumnya. Kali ini, Tekno Jempol akan menjelaskan beberapa langkah-langkah dan cara membuka Task Manager di Windows 11 lainnya.

Mengakses Task Manager dengan tombol keyboard

Merupakan cara yang paling mudah diterapkan karena dapat dilakukan pada semua versi OS Windows. Aplikasi Task Manager dapat dibuka melalui shortcut berupa kombinasi tombol Ctrl + Shift + Esc. Kapanpun kalian membutuhkan aplikasi Task Manager, cukup tekan tombol-tombol tersebut secara bersamaan.

Cara memunculkan Task Manager lewat opsi Ctrl + Alt + Del

Pengguna OS Windows tentu tidak asing dengan kombinasi tombol Ctrl + Alt + Del. Ya, tombol-tombol tersebut digunakan untuk mengakses menu Power atau Lock screen terutama jika komputer mengalami "not responding".

Ketika ingin menggunakan aplikasi Task Manager, kalian dapat membukanya dengan cara menekan tombol Ctrl + Alt + Del secara bersamaan. Nantinya akan muncul pilihan untuk mengakses aplikasi tersebut.

Cara membuka Task Manager lewat menu Win + X

Sebetulnya, menu Win + X sudah ada sejak Windows 8 (dan versi yang lebih baru). Menu ini merupakan menu konteks yang berisi opsi shortcut untuk membuka berbagai aplikasi system tools, termasuk Task Manager. Berikut ini cara mengakses menu Win + X

  1. Tekan tombol Win dan X pada keyboard secara bersamaan, atau
  2. Klik kanan ikon menu Start

Nantinya akan muncul pilihan untuk mengakses aplikasi Task Manager.

Cara menampilkan Task Manager lewat menu Start

Berikut ini langkah-langkahnya

  1. Buka menu Start
  2. Pilih All Apps
  3. Cari dan buka menu Windows Tools
  4. Setelah itu, buka opsi Task Manager

Membuka Task Manager lewat kotak Run

Sama seperti aplikasi Windows pada umumnya, Task Manager juga memiliki file executablenya sendiri. Nama filenya yaitu taskmgr.exe. Untuk membuka file atau aplikasi tersebut, kalian dapat menggunakan fitur Run. Berikut ini cara membuka Task Manager lewat kotak Run

  1. Tekan tombol Win + R
  2. Setelah muncuk kotak Run, ketik taskmgr
  3. Klik tombol OK atau tekan tombol Enter. Aplikasi Task Manager akan segera terbuka

Membuat shorcut khusus Task Manager

Kalian bisa membuat pin shortcut khusus untuk aplikasi Task Manager sehingga bisa diakses dengan cukup mudah. Berikut ini langkah-langkahnya

  1. Buka menu Start
  2. Ketik taskmgr
  3. Nanti muncul aplikasi Task Manager
  4. Di bawahnya terdapat dua pilihan, Pin to Start untuk membuat shortcut Task Manager pada menu Start atau Pin to Taskbar untuk membuat shortcut Task Manager pada Taskbar

Membuat shorcut khusus Task Manager #2

Shortcut untuk aplikasi Task Manager juga bisa dibuat seperti shortcut pada area desktop wallpaper. Berikut ini langkah-langkahnya

  1. Klik kanan area desktop kosong
  2. Pilih menu New
  3. Pilih opsi Shortcut
  4. Ketik taskmgr
  5. Klik tombol Next dan ikuti prosesnya hingga selesai

Itulah beberapa langkah-langkah dan cara membuka Task Manager di Windows 11. Sebetulnya, cara atau langkah-langkah tersebut bisa juga diterapkan pada OS Windows 10 atau Windows 8/8.1.

Mengapa Task Manager Penting?

Kalian yang sering berinteraksi dengan komputer pasti tahu betapa pentingnya Task Manager. Seakan menjadi dokter untuk komputer, Task Manager hadir untuk memberikan kalian gambaran lengkap tentang apa yang terjadi di balik layar.

Ini bukan hanya tentang angka-angka kering seperti CPU dan memori, tapi juga tentang mengatasi masalah dan mengoptimalkan performa. Mari lihat lebih dekat manfaat dan potensi positif dari Task Manager ini.

  • Tahu gak, Task Manager itu seperti x-ray untuk komputer. Kalian bisa melihat aplikasi mana yang sedang "laper" sumber daya dan membuatnya melambat. Dengan memonitor kinerja melalui Task Manager, kalian bisa menemukan penyebab lambatnya komputer dan mengambil tindakan.
  • Ever had an app acting up? Task Manager adalah penyelamat dalam situasi seperti itu. Jika sebuah aplikasi mati gaya dan kalian tidak bisa menutupnya, Task Manager memungkinkan untuk menghentikannya dengan paksa. Be gone, masalah!
  • Kalian ingin komputer nyala dengan cepat, kan? Nah, Task Manager membantu kalian mengatur aplikasi apa saja yang harus berjalan saat startup. Kurangi beban startup, dan kalian bisa meluncur ke aksi lebih cepat.
  • Bagi yang kerja online, kalian tahu betapa pentingnya koneksi internet. Dengan Task Manager, kalian bisa melihat aplikasi mana yang nyedot banya data. Ini membantu kalian melacak sumber masalah ketika koneksi lambat.
  • Sering merasa komputer lambat padahal gak ada yang jalan? Nah, mungkin ada proses yang bersembunyi di latar belakang. Task Manager memungkinkan kalian menemukan dan menghentikannya, sehingga komputer tetap lancar.

Jadi, apakah kalian masih meremehkan kehebatan Task Manager? Nah, seharusnya gak lagi! Ini adalah alat yang memungkinkan kalian mengambil kendali penuh atas komputer. Setiap klik dan pengaturan di dalamnya memberi dampak besar pada performa dan efisiensi.

Akhir kata selamat mencoba dan semoga bermanfaat...

Baca juga artikel terkait :

Apakah kalian punya pengalaman atau pendapat yang berbeda? Tuliskan lewat kotak komentar di bawah. Usahakan sesuai topik artikel ini.
Buka Komentar
Tutup Komentar