Skip to main content

Cara Mengatasi Google Play Store Tidak Bisa Download

Seperti yang kita ketahui, Play Store adalah layanan distribusi produk digital dari Google untuk platform perangkat Android. Layanan ini memungkinkan pengguna handphone/smartphone Android untuk mendapatkan berbagai produk misalnya program aplikasi, musik, buku, film hingga acara TV.

Dalam layanan Google Play Store sendiri banyak tersedia aplikasi yang bisa didownload secara gratis. Berkat kemudahan ini, berbagai aplikasi program aplikasi untuk OS Android telah banyak digunakan. Hanya saja, layanan Google Play Store bukannya tanpa kendala.

Salah satu yang cukup sering dikeluhkan oleh pengguna handphone Android yaitu tidak bisa download aplikasi tertentu pada Google Play Store. Akibatnya, mereka tidak mendapatkan apa yang menjadi kebutuhannya.

Cara mengatasi Google Play Store tidak bisa download aplikasi 

Penyebab tidak bisa download aplikasi di Google Play Store

Kenapa tidak bisa download aplikasi di Google Play Store ? Gagalnya proses unduhan sebuah aplikasi pada layanan Google Play Store bisa disebabkan beberapa hal. Diantaranya yaitu

  • Koneksi internet yang tidak lancar/stabil
  • Kapasitas penyimpanan terlalu penuh
  • Aplikasi tersebut tidak mendukung perangkat/versi Android yang digunakan
  • Penyebab lainnya

Berikut ini beberapa cara atau langkah-langkah mengatasi Google Play Store yang tidak bisa download aplikasi tertentu.

Baca juga : Cara mempercepat koneksi internet pada HP Android

Gunakan koneksi internet yang stabil

Sebelum memulai mengunduh aplikasi (atau produk apapun) dari layanan Google Play Store, sangat disarankan untuk sudah terhubung dengan layanan/koneksi internet yang stabil. Tujuannya agar proses download aplikasi di Play Store lebih lancar dan meminimalisir terjadinya masalah.

Caranya sebetulnya sangat mudah. Kalian hanya perlu berada di tempat yang terjangkau oleh sinyal wifi hotspot atau jaringan operator selular. Sebelumnya, jaringan wifi hotspot tersebut harus sudah menyediakan akses internet. Kalian juga bisa berlangganan paket kuota data internet selular.

Periksa baris sinyal pada bagian notifikasi Android, jika terlihat penuh artinya handphone tersebut bisa mendapatkan layanan internet dari penyedia wifi hotspot atau operator selular. Sebaliknya, jika baris sinyal terlihat sedikit atau naik turun, ada baiknya kalian pindah ke ruang yang lebih dekat dengan sumber sinyal wifi/hotspot atau ruangan terbuka yang minim halangan.

Pastikan kapasitas penyimpanan masih tersedia

Salah satu penyebab tidak bisa download aplikasi di Play Store yang umum ditemui yaitu kapasitas penyimpanan handphone Android yang terbatas. Aplikasi Play Store biasanya akan menampilkan pesan "Not enough space", "Free up space", "Insufficient Storage", "Storage full", dll.

Aplikasi untuk OS Android modern biasanya berukuran cukup besar sehingga membutuhkan ruang penyimpanan yang cukup luas.

Jika kapasitas penyimpanan handphone tidak mencukupi, sudah pasti aplikasi tersebut tidak akan dapat diunduh atau bahkan diinstall. Oleh karena itu, sebelum mulai mendownload aplikasi dari Google Play Store, terlebih dahulu pastikan ukuran aplikasi masih bisa dimuat dalam penyimpanan.

Berikut ini cara/langkah-langkah mengecek kapasitas penyimpanan pada HP Android

  1. Buka menu Pengaturan (Settings)
  2. Tap Penyimpanan
  3. Di situ kalian bisa mengetahui ketesediaan ruang kapasitas yang masih kosong dan ruang yang telah terpakai pada penyimpanan internal atau penyimpanan eksternal (Micro SD).

Handphone/smartphone Android biasanya memiliki dua tipe penyimpanan yaitu penyimpanan utama dan penyimpanan eksternal (tambahan). Penyimpanan utama pada HP Android digunakan untuk menyimpan file OS Android dan program aplikasi yang terinstal.

Sedangkan penyimpanan eksternal/tambahan biasanya berupa slot MicroSD dengan kapasitas tertentu. Penyimpanan ini umumnya digunakan untuk menempatkan data-data pengguna. Agar kapasitas penyimpanan bisa lebih longgar, kalian dapat melakukan beberapa cara berikut ini

Baca juga : Cara membersihkan memori penyimpanan HP yang penuh

Membersihkan cache

Cache merupakan sekumpulan data sementara dari aplikasi yang sering/pernah digunakan. Fungsinya agar aplikasi tersebut mudah digunakan terutama saat dipakai rutin. Masalahnya, ukuran cache akan terus bertambah besar seiring waktu aplikasi tersebut dijalankan.

Hal ini yang dapat menyebabkan memori penyimpanan menjadi penuh dan bikin handphone jadi lemot. Oleh karena itu, kalian harus rajin membersihkan cache dalam memori penyimpanan. Membersihkan cache sebetulnya cukup mudah.

Cara & langkah-langkah menghapus file-file cache

  1. Buka Pengaturan
  2. Pilih menu Aplikasi
  3. Cari aplikasi Google Play Store
  4. Buka opsi Penyimpanan 
  5. Tap tombol Hapus Cache
  6. Ulangi langkah-langkah tersebut pada aplikasi lainnya terutama yang sering digunakan

Kalian dapat memanfaatkan fitur Maintenance, Clear cache, Clean Master dkk dalam handphone Android. Fitur tersebut umumnya sudah menyediakan fasilitas untuk membersihkan cache dalam memori penyimpanan.

Backup/memindah data

Kalian dapat memindahkan data dari penyimpanan utama ke penyimpanan eksternal. Gunanya agar ruang kosong dalam penyimpanan utama jadi lebih banyak sehingga bisa digunakan untuk instalasi program aplikasi yang diinginkan.

Kalaupun HP Android tidak dilengkapi dengan penyimpanan eksternal, kalian masih bisa menggunakan layanan penyimpanan data secara online (online storage/cloud storage) semisal Google Drive, Dropbox, Cloud, dll. Dengan layanan tersebut, data atau konten digital yang tersimpan dapat diakses dengan mudah dari berbagai tempat atau melalui berbagai perangkat.

Memindah aplikasi ke penyimpanan eksternal

Berikut ini langkah-langkah memindah data aplikasi ke penyimpanan eksternal

  1. Buka Pengaturan Android (Settings)
  2. Pilih menu Apps
  3. Pilih salah satu aplikasi yang akan dipindah
  4. Pilih Storage
  5. Pada Storage used, pastikan tertulis SD card
  6. Jika belum, tap tombol Change lalu pilih SD card
  7. Tunggu hingga proses selesai

Perlu diingat, cara ini hanya dapat diterapkan pada aplikasi tertentu saja. Selain itu juga hanya bisa dilakukan pada HP Android yang memang memiliki penyimpanan ekseternal.

Baca juga : Rekomendasi HP Android dengan spesifikasi update terbaru

Gunakan handphone dengan versi Android yang lebih baru

Terakhir, kalian sebaiknya memastikan perangkat Android yang digunakan sudah memakai OS Android versi yang lebih baru. Hal ini bertujuan agar kalian tetap mendapatkan dukungan aplikasi secara penuh. Saran dari Tekno Jempol, versi Android yang dipakai minimal 5.0 (Lollipop).

Jika memungkinkan, kalian bisa mengganti sekaligus dengan handphone atau smartphone Android yang lebih baru. Perangkat ponsel Android yang baru pasti memiliki fitur yang jauh lebih banyak dan dukungan teknologi yang lebih canggih.

Itulah beberapa cara dan langkah-langkah mengatasi Google Play Store tidak bisa mengunduh aplikasi. Penjelasan di atas bisa diterapkan pada semua merk/brand HP Android, tentu dengan langkah-langkah yang sedikit berbeda. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat..

Apakah kalian punya pengalaman atau pendapat yang berbeda ? Tuliskan lewat kotak komentar di bawah. Usahakan sesuai topik artikel ini.
Tulis komentar