Skip to main content

Konsultasi Kesehatan Online Lewat Telemedicine SehatQ

Kesehatan jasmani dan rohani merupakan salah satu patokan untuk hidup lebih bahagia. Adanya pandemi Covid-19 membuat masyarakat kini semakin sadar akan pentingnya menjaga kesehatan. Meski begitu, kasus infeksi Covid-19 rasanya masih cukup sering terjadi hingga sekarang.

Salah satu upaya untuk menjaga kesehatan diri yaitu melakukan konsultasi kesehatan dengan dokter atau tenaga ahli kesehatan. Dulu, konsultasi kesehatan mungkin hanya dapat dilakukan dengan mengunjungi fasilitas pelayanan kesehatan seperti rumah sakit, puskesmas, dan klinik. Prosesnya mungkin terbilang agak rumit sehingga tak banyak orang yang dapat melakukannya.

Telemedicine SehatQ

Kini telah hadir SehatQ, sebuah platform digital yang menyediakan informasi dan dukungan untuk bidang kesehatan. Termasuk diantaranya menghubungkan pasien dengan tenaga medis atau penyedia layanan kesehatan. Salah satu fitur layanan yang diberikan oleh SehatQ yaitu telemedicine.

Perlu diketahui, telemedicine adalah praktek pelayanan kesehatan berupa penanganan medis dari jarak jauh dengan menggunakan teknologi. Berkat kecanggihan teknologi informasi, kini dokter atau tenaga medis dapat memberikan pelayanan pada masyarakat yang lokasinya jauh dari fasilitas kesehatan.

Fitur telemedicine SehatQ menyediakan fungsi tanya dan chatting termasuk konsultasi kesehatan dengan dokter secara online. Dengan fitur ini, masyarakat bisa mendapatkan bantuan medis tanpa harus mendatangi tempat pelayanan kesehatan dan dapat dilakukan di berbagai tempat.

Selain telemedicine, ada juga istilah telehealth yang merupakan sekumpulan alat elektronik dan telekomunikasi, serta pelayanan medis yang digunakan untuk membantu penyampaian perawatan dan layanan kesehatan dari jarak jauh.

Tanya & chat dokter SehatQ

Di sini, pasien dapat melakukan diskusi mengenai kesehatan umum seperti gejala penyakit dan pengobatannya. Selain itu juga bisa untuk membantu evaluasi pasca penanganan medis guna mendapatkan kondisi pasien yang lebih baik.

SehatQ memberikan pilihan dokter terbaik dalam berbagai bidang. Pasien dapat memilih dokter umum untuk mendapatkan penanganan penyakit ringan atau dokter spesialis yang ahli di bidangnya, seperti dokter spesialis kandungan, dokter spesialis THT, dokter spesialis kulit dan kelamin, dokter penyakit dalam, dan dokter spesialis lainnya.

Cara dan langkah-langkah menggunakan fitur chat dokter

  1. Silahkan pilih dokter umum atau spesialis sesuai kebutuhan yang memiliki status online
  2. Lanjutkan dengan mengisi formulir pendaftaran
  3. Pasien wajib melakukan pendaftaran ulang untuk mengonfirmasi pemesanan layanan telekonsultasi untuk diri sendiri atau anggota keluarga. Selain itu, pasien juga harus memberi informasi dasar seperti usia, nomor yang dapat dihubungi, keluhan kesehatan, dan informasi lainnya yang mungkin diminta oleh admin layanan
  4. Pilih metode pembayaran yang diinginkan
  5. Setelah pembayaran terkonfirmasi, dokter akan menerima permintaan telekonsultasi dan memulai sesi konsultasi mengenai keluhan yang dirasakan pasien
  6. Selama sesi telekonsultasi, dokter mungkin akan memberi resep obat atau melakukan rujukan untuk konsultasi secara tatap muka di fasilitas kesehatan tertentu. Kedua hal tersebut berdasarkan penilaian atas kondisi kesehatan atau keluhan pasien saat konsultasi.

Kelebihan telemedicine SehatQ

  • Mudah dan bisa diakses dari mana saja
  • Dapat mengetahui keluhan pasien dan memberikan rekomendasi penanganan medis yang tepat sesuai kondisi yang dialami oleh pasien
  • Dokter yang tersedia sudah terdaftar dalam Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan aktif melakukan praktik medis di berbagai fasilitas kesehatan
  • Menyediakan layanan kesehatan tepercaya dan memastikan serta menjaga kerahasiaan pasien
  • Di masa pandemi Covid-19, pasien bergejala ringan bisa mendapatkan rekomendasi perawatan ketika dibutuhkan tanpa harus berkunjung ke fasilitas kesehatan. Dengan begitu, mobilitas pasien bisa dibatasi guna mencegah paparan virus dari/ke orang lain.

SehatQ juga menyediakan berbagai artikel tentang tips dan info kesehatan misalnya rekomendasi kolam renang untuk anak, booking dokter online, informasi obat dan penyakit, serta toko SehatQ guna menebus resep obat yang akan memudahkan pelayanan kesehatan pada pasien.

Apakah kalian punya pengalaman atau pendapat yang berbeda ? Tuliskan lewat kotak komentar di bawah. Usahakan sesuai topik artikel ini.
Tulis komentar