Skip to main content

5 Cara Memperbaiki HP Android Yang Tidak Bisa Menyala

Saat ini, martphone atau handphone Android sudah menjadi salah satu produk elektronik yang paling banyak digunakan. Bahkan, fungsinya bisa dikatakan hampir menyerupai komputer. Handphone memang punya keunggulan pada aspek penggunaan dan efisiensi terutama untuk berkomunikasi.

Seperti halnya perangkat elektronik lainnya, ponsel Android juga tidak lepas dari masalah. Salah satunya yaitu handphone Android tidak bisa dihidupkan. Kejadian ini sebetulnya sudah sering terjadi dan cukup merepotkan pula. Apalagi jika handphone tersebut sedang digunakan untuk keperluan penting.

Cara memperbaiki HP Android yang tidak bisa menyala

Gejala handphone Android tidak bisa menyala saat dihidupkan

Dalam kondisi normal, handphone Android harusnya dapat menyala saat tombol power ditekan. Pada kasus ini, handphone Android justru tidak dapat dihidupkan dengan semestinya. Tampilan layar HP hanya terlihat kosong atau blank hitam. Tidak ada lampu indikator yang menyala. Rasanya ponsel seolah-olah mati total.

Alhasil, handphone Android tidak bisa dipakai sama sekali. Biasanya, kasus semacam ini terjadi pada handphone yang usianya relatif sudah cukup tua. Tapi, ada juga handphone atau smartphone Android yang umurnya masih cukup baru dan mengalami kejadian serupa.

Penyebab handphone Android tidak bisa menyala

  • Software atau firmware error
  • Masalah pada baterai handphone
  • Adaptor daya atau kabel charger bermasalah
  • Terjadi kerusakan komponen terutama komponen penting seperti power regulator, SoC, memori penyimpanan, RAM, dan lainnya
  • dan lainnya

Berikut ini langkah-langkah dan cara memperbaiki HP Android yang tidak bisa menyala.

Pastikan baterai masih berfungsi dan terisi daya

Daya listrik untuk menghidupkan perangkat mobile umumnya disimpan dalam baterai. Jika baterai mengalami kerusakan atau tidak berfungsi secara normal, perangkat tersebut pasti tidak akan bisa digunakan dengan normal. Baterai juga digunakan sebagai sumber daya utama oleh smartphone Android.

Jadi, baterai pada handphone Android harus selalu berfungsi dengan baik. Artinya, baterai harus bisa menyimpan daya listrik agar dapat menghidupkan komponen hardware dalam handphone. Jika hal tersebut dapat terpenuhi, handphone Android sudah bisa dihidupkan dan digunakan dengan semestinya.

Lakukan pengisian daya ulang baterai

Santeri Viinamäki, CC BY-SA 4.0, via Wikimedia Commons

Ketika daya baterai akan segera habis, lakukan pengisian daya ulang/pengecasan baterai handphone Android. Coba lakukan proses pengecasan/charging ini hingga daya pada baterai penuh. Nanti, daya listrik yang ada akan ditambah hingga kapasitas maksimalnya.

Selama proses pengecasan baterai, handphone Android tetap bisa digunakan seperti biasanya. Ini disebabkan karena daya pada handphone menggunakan AC Mode yang berarti proses charging tidak hanya mengisi daya baterai saja, tapi juga menyalakan komponen handphone keseluruhan.

Umumnya, proses tersebut akan ditandai dengan nyala lampu indikator charging atau notifikasi pada layar handphone. Jika saat proses charging tidak ada indikator/notifikasi, kalian wajib waspada. Bisa jadi, proses pengecasan sedang mengalami kendala.

Ganti baterai handphone Android baru

Secara umum, kerusakan baterai menjadi penyebab handphone tidak bisa dinyalakan. Semakin lama handphone digunakan, kapasitas baterainya akan mulai habis. Akibatnya, usia baterai handphone sedikit demi sedikit juga akan ikut berkurang. Bahkan, tak jarang baterai mengalami kerusakan mendadak.

Perilaku penggunaan handphone sangat mempengaruhi umur baterai. Jika sering digunakan untuk keperluan yang berat, kemungkinan usia baterai akan cepat habis. Sebaliknya, penggunaan yang wajar atau tidak terlalu berat cenderung membuat usia baterai lebih tahan lama dan awet.

Mengganti baterai baru mungkin dapat menjadi solusi yang tepat jika baterai handphonne dirasa sudah mengalami kerusakan. Penggantian baterai baru seharusnya bukan hal yang sulit. Cukup pilih baterai baru yang spesifikasinya sama persis dengan spesifikasi baterai lama.

Ada dua jenis baterai pada smartphone Android, yaitu baterai removable dan non-removable. Baterai removabale merupakan baterai yang mudah untuk diganti atau lepas-pasang. Pemasangan, pelepasan, atau penggantian baterai removable terbilang cukup mudah, khususnya untuk pengguna awam.

Ssaat ini, banyak produk handphone Android yang justru menggunakan baterai jenis non-removable. Biasa dikenal dengan baterai tanam. Berbeda dengan baterai removable, tipe baterai ini cukup sulit untuk diganti atau dilepas-pasang.

Baterai non-removable akan terpasang fixed (terkunci) dalam unit produk smartphone Android. Jika ingin melakukan penggantian pada baterai tipe non-removable, mau tak mau kalian wajib membawa handphone tersebut ke service center resmi atau teknisi ahli reparasi terpercaya.

Ganti kabel cas/power adapter baru

Handphone Android yang tidak dapat dinyalakan bisa jadi disebabkan karena adapator daya atau kabel charger mengalami kerusakan. Kabel charger atau power adapter adalah perangkat yang berfungsi untuk mengalirkan daya listrik ke dalam baterai atau handphone dari sumber arus listrik (stop kontak).

Bahkan, adapator daya mampu mengkonversi tegangan tinggi menjadi voltase yang dapat diterima oleh komponen handphone termasuk baterainya. Bila adapator daya bermasalah, mungkin HP tidak dapat dicharge atau bahkan bisa jadi akan merusak komponen handphone lainnya.

Sebetulnya, power adaptor atau kabel charger yang mengalami masalah tidak begitu sering terjadi atau mungkin sangat jarang terjadi. Tidak seperti kerusakan pada baterai handphone. Kerusakan perangkat ini hariunya masih bisa dihindari jika arus atau voltase di tempat tersebut masih cukup stabil.

Jikalau terjadi kerusakan kabel charger atau power adaptor, penggantianya juga relatif sangat mudah. Cukup beli kabel charger atau adaptor daya baru atau bisa pinjam pada teman atau orang yang punya perangkat yang sesuai dengan kebutuhan handphone.

Memperbaiki Power regulator

Credit : mithaal.org

Salah satu komponen hardware dalam handphone Android yaitu power regulator. Seperti namanya, komponen ini berfungsi untuk mengatur jalannya arus listrik yang masuk. Misalnya, dari adaptor daya ke dalam baterai atau disalurkan ke komponen hardware lainnya.

Kerusakan pada komponen power regulator merupakan kasus yang sebetulnya cukup jarang terjadi. Hanya saja kalau komponen ini rusak, akibat yang ditimbulkan cukup berat. Misalnya, beterai tidak dapat diisi daya ulang, handphone tidak bisa menyala hingga kerusakan komponen fisik hardware.

Selain power regulator, kasus smartphone Android yang tidak dapat dinyalakan juga bisa disebabkan oleh komponen hardware lainnya. Misalnya seperti chip SoC (System on Chip), memori penyimpanan, RAM, sensor, layar, dan komponen lainnya.

Kerusakan komponen-komponen tersebut bisa jadi mengakibatkan sistem ponsel Android tidak bisa bekerja dengan semestinya. Alhasil begitu dinyalakan, ponsel Android tidak aktif.

Jika power regulator mengalami kerusakan, maka cara satu-satunya yang bisa dilakukan yaitu dengan membawa handphone tersebut pada teknisi ahli terpercaya atau service center resmi. Tentu saja kejadian seperti ini tidak dapat ditangani langsung oleh pengguna biasa/awam.

Itulah beberapa cara mengatasi HP Android yang tidak dapat dinyalakan. Cara atau langkah-langkah di atas sebenarnya juga dapat digunakan pada produk iPhone atau produk tablet Android.

Terakhir, ada sedikit pesan dari Tekno Jempol. Gunakan handphone dengan baik dan sewajar mungkin. Jangan terlalu sering dipakai untuk keperluan berat atau berlebihan. Maksudnya, agar handphone tersebut bisa lebih awet dan tahan lama. Selamat mencoba dan semoga membantu.

Baca juga artikel terkait :

Apakah kalian punya pengalaman atau pendapat yang berbeda ? Tuliskan lewat kotak komentar di bawah. Usahakan sesuai topik artikel ini.
Tulis komentar