Skip to main content

Inilah Cara Mengatasi HP Tidak Bisa Connect Wifi/Hotspot

Adanya layanan internet berbasis wifi/hotspot membuat perangkat mobile seperti smartphone, handphone, atau tablet Android jadi sangat diuntungkan. Harga dan biaya berlangganannya semakin terjangkau. Alhasil, akses informasi jadi semakin mudah serta komunikasi juga menjadi lebih lancar.

Koneksi internet nirkabel via Hotspot atau Wifi saat ini semakin mudah ditemui. Bukan hanya di tempat-tempat umum, bahkan banyak rumah pribadi yang kini juga menggunakan perangkat tersebut. Layanan internet berbasis wifi dirasa lebih praktis dan mudah dalam penggunaannya.

Ada kendala yang ternyata cukup sering dialami pengguna atau pelanggan internet via hotspot atau Wifi. Misalnya jaringan wifi tidak tersedia koneksi internet. Kadang yang terjadi malah HP Android tidak bisa konek wifi yang ada.

Cara mengatasi HP tidak bisa connect wifi/hotspot

Penyebab HP tidak bisa connect wifi

Ketika gagal terhubung dengan wifi/hotspot, ponsel Android biasanya akan memunculkan pesan "can't connect to this network". Berikut ini beberapa hal yang menyebabkan handphone Android tidak terhubung ke Wifi atau Hotspot internet

  • Komponen hardware wireless network pada ponsel Android bermasalah
  • Software error
  • Masalah pada perangkat access point atau router
  • Kendala pada jaringan dari penyedia layanan internet
  • dan lainnya

Penyebab tersebut seringkali dialamai oleh banyak pelanggan layanan internet terutama pengguna ponsel Android. Memang, gangguan terasa cukup mengesalkan. Apalagi jika layanan internetnya digunakan untuk hal-hal yang serius seperti bekerja, sekolah (daring), atau meeting/teleconference.

Dalam artikel ini, Tekno Jempol kembali membagikan langkah-langkah dan beberapa cara mengatasi HP tidak bisa connect Wifi atau hotspot. Khususnya HP Android atau juga iPhone. Berikut ini penjelasannya

Pastikan handphone berada dalam jangkauan sinyal Wifi/hotspot

Cara ini mungkin terdengar remeh, tapi kenyataanya sangat penting. Handphone Android yang digunakan untuk koneksi internet nirkabel, harus diberada pada tempat yang terjangkau oleh sinyal wifi. Tujuannya agar koneksi internet yang didapatkan lebih stabil.

Sebaliknya, jika handphone Android digunakan di area yang jauh dari sumber sinyal wifi (Router atau Access point), bisa dipastikan tidak akan mendapat koneksi internet. Bahkan, mungkin tidak akan bisa terhubung ke wifi hotspot tersebut. Kalaupun bisa, sinyal wifi yang didapat tidak akan stabil.

Untuk mengetahui jangkauan sinyal wifi sangat mudah. Kalian cukup melihat ikon notifikasi sinyal wifi pada area notifikasi (layar atas). Jika baris sinyal terlihat penuh atau hampir penuh, berarti handphone tersebut sudah terjangkau jaringan wifi. Tapi, jika baris sinyal terlihat tidak stabil, ada baiknya kalian pindah ke tempat terdekat dengan pusat sinyal wifi/hotspot.

Kalian juga bisa memakai perangkat untuk memperkuat sinyal wifi. Umumnya dikenal sebagai Wifi Extender. Perangkat ini mampu meneruskan dan meningkatkan jangkauan sinyal wifi menjadi lebih luas. Dengan demikian, akses internet dengan handphone menjadi lebih nyaman.

Pastikan sudah mengetahui password Wifi

Credit : zapier.com

Pada umumnya, jaringan wifi telah dilengkapi otentikasi keamanan oleh pemiliknya. Otentikasi ini biasanya berupa kata kunci khusus atau password yang harus dimasukkan jika ingin mengakses jaringan wifi tersebut. Tujuannya agar jaringan wifi hanya bisa digunakan oleh orang-orang yang punya hak saja.

Agar handphone Android dapat terkoneksi pada suatu jaringan wifi, kalian harus sudah mengetahui passwordnya dengan tepat. Apabila tidak dapat memasukkan password sesuai yang diminta, sudah pasti smartphone tidak akan terkoneksi pada jaringan Wifi yang dimaksud. Biasanya akan muncul pesan "Authentication error"

Namun, ada juga jaringan wifi yang tidak dibekali otentikasi password. Biasanya, jaringan Wifi ini berada di tempat-tempat umum atau ruang publik. Siapapun atau perangkat apapun dapat terkoneksi dengan mudah pada jaringan wifi tersebut.

Restart ulang ponsel Android

Credit : jihosoft.com

Cara paling mudah untuk mengatasi HP Android yang tidak bisa terhubung jaringan wifi yaitu merestart ulang handphone. Dengan merestart ulang, alur kerja sistem HP akan diulangi termasuk dalam hal koneksi ke jaringan wifi. Ketika merestart ulang handphone, sebisa mungkin dilakukan secara normal.

  1. Tekan tombol Power dengan agak lama kemudian pilih Restart

Setelah restart, jaringan ponsel akan kembali fresh. Namun jika HP Android tidak bisa konek wifi seperti penjelasan diatas belum diselesaikan, tidak menutup kemungkinan kasus tersebut kembali terjadi.

Pastikan daya baterai masih tersedia

Credit : 9to5google.com

Baterai digunakan untuk menyimpan daya listrik agar mampu menghidupkan perangkat elektronik. Bila baterai tidak berfungsi secara normal atau bahkan kondisinya rusak, sudah pasti perangkat tersebut tidak akan dapat digunakan dengan semestinya. Smartphone Android juga menggunakan baterai sebagai sumber energi utama.

Oleh karena itu, baterai handphone Android harus berfungsi dengan baik. Selain itu, baterai juga harus dapat menyimpan daya listrik sehingga mampu menyalakan komponen hardware di dalamnya. Jika kedua hal itu terpenuhi, handphone Android harusnya bisa dihidupkan dan digunakan.

Perlu diperhatikan pula, jika daya baterai tinggal sedikit biasanya handphone akan menggunakan mode hemat daya. Tujuannya agar konsumsi daya baterai lebih hemat dan tidak cepat habis.

Penggunaan mode hemat daya tentu berimbas pada kinerja ponsel Android. Salah satunya yaitu penurunan fungsi koneksi jaringan (selular atau wifi). Ya, mode hemat daya akan membuat koneksi wifi menjadi kurang maksimal sehingga mungkin akan menyebabkan sambungan tidak stabil.

Agar koneksi pada jaringan wifi lebih bagus, pastikan daya baterai handphone dalam kondisi terisi penuh.

Reset wifi Android

Credit : hipoin.com

Handphone Android yang tidak dapat terhubung dengan wifi/hotspot bisa jadi disebabkan oleh komponen jaringan yang bermasalah. Hal ini yang menyebabkan perangkat wifi di HP tidak bisa connect karena sulit menerima sinyal dengan stabil. Untuk menangani masalah tersebut, ada cara mudah yang dapat dilakukan, yaitu

  1. mengaktifkan mode pesawat atau airplane mode
  2. setelah itu tunggu beberapa saat
  3. matikan lagi airplane mode

Maksud dari reset jaringan ini yaitu sebagai upaya agar daya tangkap sinyal wifi pada handphone Android menjadi lebih bagus. Jika diperlukan, kalian boleh merestart handphone tersebut sekaligus.

Restart modem/router/wifi access point

Credit : devicetests.com

Untuk yang belum tahu, sinyal wifi bersumber dari Access Point pada perangkat Router. Dalam perangkat inilah terdapat seluruh pengaturan jaringan Wifi mulai dari koneksi internet, pengaturan sambungan, otentikasi, proteksi, dan lainnya.

Dengan merestart perangkat tersebut, diharapkan sinyal wifi akan kembali stabil. Hasilnya, adaptor wifi pada smartphone Android mampu mendeteksinya dengan baik. Cara merestart ulang perangkat router juga sangat mudah. Kalian cukup mematikan tombol power, lalu menghidupkannya kembali.

Hanya saja, router/access point ini umumnya tidak bisa diakses oleh sembarang orang khususnya pada jaringan wifi di tempat umum. Hanya administrator atau pengelola tempat saja yang diperbolehkan untuk mengoperasikan perangkat tersebut.

Kecuali pada jaringan wifi rumahan. Mungkin router atau access pointnya masih bisa diakses oleh pengguna (penghuni rumah) secara langsung. Tentu dengan pengawasan dari pihak yang sudah ahli dibidang tersebut.

Itulah beberapa cara memperbaiki wifi HP yang tidak bisa connect dengan jaringan wifi/hotspot. Selain smartphone Android, cara di atas juga dapat diterapkan pada iPhone dan tablet Android. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat..

Baca juga artikel terkait :

Apakah kalian punya pengalaman atau pendapat yang berbeda ? Tuliskan lewat kotak komentar di bawah. Usahakan sesuai topik artikel ini.
Tulis komentar