Skip to main content

4 Cara Mengatasi HP Yang Tidak Bisa Dicas

Smartphone, tablet, atau handphone Android juga sama seperti perangkat mobile lainnya yang menggunakan baterai supaya dapat menyala dan digunakan dengan semestinya. Baterai tersebut juga harus dicas/charge atau dilakukan pengisian ulang jika dayanya akan habis.

Dalam kondisi normal, proses charging akan mengisi daya baterai handphone sesuai kapasitasnya. Sebaliknya, baterai handphone Android mungkin tidak dapat diisi ulang dan terisi daya. Malahan, mungkin proses charging tidak dapat dilakukan.

Kegagalan proses pengisian daya ulang baterai merupakan masalah serius. Artinya, baterai tidak mendapatkan daya listrik untuk disimpan. Akibatnya, handphone tidak dapat digunakan dengan normal.

Cara Mengatasi HP Yang Tidak Bisa Dicas

Penyebab HP tidak bisa dicas

Kenapa HP tidak bisa dicas ? Kasus handphone/smartphone Android yang tidak dapat mengisi daya ulang umumnya dikarenakan beberapa hal. Misalnya seperti

  • Baterai yang mengalami kerusakan
  • Kabel cas/charger tidak berfungsi
  • Masalah pada adaptor daya
  • Software atau firmware Android yang error
  • Kendala pada komponen power regulator

Seperti yang kita tahu, daya listrik adalah "nyawa" dari sebuah perangkat elektronik, termasuk diantaranya handphone. Jika tidak mendapatkan daya listrik, sudah pasti handphone Android tidak akan bisa menyala dengan normal. Pun, kemungkinan justru tak akan bisa menyala sama sekali.

Berikut ini beberapa cara mengatasi HP yang tidak bisa dicas khususnya pada handphone Android atau iPhone.

Cek indikator pengecasan baterai

Hampir semua produk elektronik yang menggunakan baterai dilengkapi dengan indikator proses charging. Tujuannya adalah untuk mengontrol jalannya proses pengisian daya. Apabila indikator tersebut menyala, berarti tandanya proses charging berjalan dengan semestinya.

Begitu pula dengan ponsel/smartphone Android. Saat proses charging baterai, akan muncul notifikasi pada layar jika proses pengisian daya sedang berjalan. Biasanya ditandai dengan presentase kapasitas daya baterai.

Sebaliknya, jika handphone Android tidak dapat diisi daya, notifikasi charging umumnya tak akan muncul. Ketika baterai Android bermasalah biasanya ditandai dengan indikator proses charging yang juga tak menyala sama sekali. Bahkan, notifikasi pengisian daya hanya menunjukkan tanda "0 %"

Ganti baterai HP Android baru

Salah satu penyebab utama dan biasa terjadi dikala HP tidak bisa dicharge adalah kerusakan pada baterai. Seiring pemakaian handphone, usia baterainya juga sedikit demi sedikit akan semakin berkurang. Biasanya, kerusakan baterai dikarenakan kapasitas dayanya yang mulai habis.

Umur baterai handphone Android umumnya dipengaruhi oleh cara penggunaan. Semakin berat penggunaannya, usia baterai mungkin akan jadi pendek. Sebaliknya, baterai handphone Android bisa jadi lebih tahan lama saat penggunaannya tidak terlalu berat dan lebih wajar.

Mengganti dengan baterai baru mungkin bisa menjadi solusi yang cukup tepat jika HP tak dapat dicas. Tentu saja, baterai tersebut mesti cocok dengan handphone Android yang dipakai. Setidaknya, baterai tersebut memiliki spesifikasi teknis yang sama persis atau serupa dengan baterai lama.

Pada sebagian produk handphone Android masih mengaplikasikan jenis baterai removable. Tipe baterai seperti ini lebih gampang untuk dilepas-pasang atau diganti terutama bagi pengguna biasa. Kalau handphone memakai tipe baterai semacam ini, kalian cukup membeli baterai baru yang sama kemudian memasangnya.

Kini, banyak juga handphone Android yang menggunakan baterai varian non-removable atau baterai tanam. Varian baterai ini cukup susah dilepas-pasang apalagi diganti. Untuk mengganti baterai dengan jenis non-removable, kalian wajib membawa handphone ke service center atau teknisi yang terpercaya.

Ganti kabel charger/power adapter baru

Santeri Viinamäki, CC BY-SA 4.0, via Wikimedia Commons

Kabel charger atau adaptor daya yang rusak bisa mengakibatkan handphone Android tidak bisa menjalankan pengisiaan daya ulang. Seperti kita ketahui, power adapter atau kabel charger adalah salah satu perangkat penting yang berfungsi untuk mengalirkan arus listrik dari colokan (sumber daya listrik) ke handphone (atau ke dalam baterai).

Bukan hanya mengalirkan saja, melainkan juga merubah voltase tinggi menjadi tegangan atau daya yang bisa diterima oleh komponen hardware handphone (termasuk baterai). Bila mengalami kendala, bukan cuma charger tidak mengisi. Bahkan, bisa jadi akan merusak komponen hardware dalam handphone Android.

Sebenarnya, kasus power adaptor atau kabel charger yang bermasalah sangat jarang terjadi, tidak seperti kerusakan pada baterai handphone. Selama tegangan atau arus listrik yang diterima masih stabil atau tidak sering naik turun, kerusakan perangkat ini harusnya masih dapat dicegah.

Sekalipun kabel charger atau power adaptor mengalami kerusakan, penggantiannya relatif sangat mudah. Kalian tinggal beli baru atau meminjam kabel charger atau adaptor daya milik orang lain yang cocok dengan power adaptor sebelumnya.

Memperbaiki komponen power regulator

Kerusakan pada komponen power regulator terutama pada handphone Android sebenarnya cukup jarang terjadi. Seandainya power regulator mengalami kerusakan, rupanya cukup beresiko tinggi. Contohnya, HP dicas tapi tidak mengisi daya, HP tidak dapat menyala, sampai kerusakan hardware secara permanen.

Apabila terjadi kerusakan pada power regulator, satu-satunya cara yang bisa dilakukan untuk memperbaikinya adalah dengan membawa handphone ke service center terdekat, teknisi resmi, atau ahli reparasi yang terpercaya. Kasus seperti ini tentu tak akan bisa diselesaikan oleh pengguna awam.

Jika terjadi kerusakan pada power regulator, maka satu-satunya cara untuk memperbaikinya yaitu dengan membawa handphone tersebut pada service center resmi atau teknisi ahli reparasi yang terpercaya. Sebab, kejadian seperti ini umumnya tidak dapat diatasi oleh banyak pengguna handphone.

Handphone Android yang tidak dapat dicas ulang juga dapat disebabkan adanya error pada software atau firmware OS Android. Cara mengatasinya juga sama, yaitu membawa handphone tersebut pada service center resmi atau teknisi ahli reparasi yang terpercaya. Nantinya, handphone Android tersebut akan dilakukan flashing firmware atau biasa dikenal dengan istilah instal ulang OS Android.

Itulah beberapa cara memperbaiki HP yang tidak bisa dicas. Cara di atas juga dapat diterapkan pada perangkat iPhone atau perangkat tablet Android dengan berbagai merk/brand. Selamat mencoba dan semoga membantu.

Baca juga artikel terkait :

Apakah kalian punya pengalaman atau pendapat yang berbeda ? Tuliskan lewat kotak komentar di bawah. Usahakan sesuai topik artikel ini.
Tulis komentar