Skip to main content

6 Cara Mengatasi Kamera Laptop Tidak Berfungsi

6 Cara Mengatasi Kamera Laptop Tidak Berfungsi

Pandemi COVID-19 sedikit banyak telah mengubah kebiasaan cara manusia bekerja. Dari awalnya yang terpusat di tempat kerja, kini bekerja bisa dilakukan dari mana saja. Guna mendukung kegiatan tersebut, penggunaan kamera web pada laptop sebagai sarana komunikasi menjadi sangat tinggi.

Kamera laptop yang biasa disebut web camera/webcam merupakan perangkat yang wajib tersedia pada produk laptop masa kini. Dengan adanya webcam, pengguna laptop bisa mengambil gambar foto atau video. Webcam juga memudahkan pengguna laptop dapat melakukan komunikasi berbasis video semisal video call, video chat, maupun video meeting/conference.

Beberapa kasus menyebutkan pengguna laptop tidak dapat menggunakan webcam dengan normal. Tentu hal ini akan menyebabkan masalah saat berkomunikasi via video. Istilahnya off-cam. Artinya tidak mendapatkan visualisasi/tampilan dari lawan bicara/komunikasi.

Cara mengatasi kamera laptop tidak berfungsi di Windows 10

Penyebab kamera laptop tidak bisa berfungsi normal

Kenapa kamera laptop tidak berfungsi ? Berikut ini beberapa alasannya

  • Pengaturan yang keliru
  • Kamera yang belum aktif/tidak menyala
  • Driver kamera bermasalah
  • Software conflict
  • Kerusakan hardware kamera

Bagaimana cara mengaktifkan kamera di laptop? Perangkat kamera pada laptop umumnya sudah aktif secara otomatis. Begitu kalian menjalankan aplikasi yang membutuhkan akses kamera, fungsi kamera langsung bisa digunakan saat itu juga. Tidak ada cara mengaktifkan kamera laptop Windows 10 yang perlu langkah-langkah khusus.

Sebetulnya, beberapa produk laptop juga dibekali switch khusus untuk mengaktifkan kamera. Switch ini biasanya berupa kombinasi tombol pada keyboard seperti FN + Fx. Silahkan baca buku pedoman manual laptop atau periksa langsung tombol keyboard laptop yang ada.

Ada beberapa aplikasi populer yang sangat memanfaatkan kamera webcam laptop. Misalnya Zoom, Google Meet, Skype/Microsoft Teams, Team Viewer, dll. Aplikasi-aplikasi tersebut sebetulnya tidak hanya tersedia pada komputer laptop/desktop saja, tapi juga pada smartphone dan tablet.

Kamera webcam laptop yang tidak berfungsi dengan normal bisa jadi masalah yang cukup serius. Bagi sebagian orang, visualisasi pihak yang saling berkomunikasi sangat diperlukan. Tanpa visualisasi, komunikasi jadi kurang bernilai yang berakibat tidak adanya kepercayaan.

Apa yang harus dilakukan jika kamera laptop tidak berfungsi? Berikut ini langkah-langkah serta cara mengatasi kamera laptop tidak berfungsi agar kembali dapat digunakan dengan semestinya

Buka cover lensa kamera (jika ada)

Buka cover lensa kamera (jika ada)
Credit : digitaltrends.com

Pada beberapa produk laptop, webcam yang disertakan dilengkapi dengan cover penutup lensa. Bahkan, ada juga pengguna yang sengaja memberi penutup pada lensa kamera laptopnya sendiri. Fungsinya untuk melindungi lensa kamera agar tidak mudah kotor. 

Ada juga pendapat yang mengatakan menutup kamera laptop untuk perlindungan privasi penggunanya. Hal ini disebabkan adanya isu jika kamera bisa digunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab untuk melacak atau memata-matai pengguna laptop.

Jika ingin menggunakan webcam laptop, cover penutup lensa kamera tersebut harus dibuka. Ini mungkin bisa menjadi solusi kamera laptop tidak muncul gambar.

Pastikan driver webcam laptop telah terinstall dengan benar

Secara fisik, perangkat kamera pada laptop umumnya terpasang di atas layar monitor. Karena bentuknya fixed, perangkat tersebut temtu tidak dapat dilepas. Kalaupun ingin ganti webcam, maka harus membongkar layar monitor atau bahkan mungkin harus mengganti layar monitor laptop baru.

Tapi di sini, cara mengatasi kamera laptop yang tidak berfungsi yaitu dengan memastikan driver kamera laptop telah terinstal dengan benar. Berikut ini langkah-langkah memeriksa driver webcam pada Windows 10

  1. Tekan tombol Windows dan X
  2. Pilih Device Manager
  3. Perhatikan bagian Cameras
  4. Di situ pasti akan tertera perangkat kamera yang sudah terpasang

Pada laptop baru, harusnya driver perangkat webcam sudah terpasang dengan semestinya. Namun, beberapa kasus terjadi jika driver kamera justru bermasalah. Biasanya ditandai dengan ikon notifikasi tanda seru (!) atau tanda silang (x).

Bila hal tersebut terjadi, driver webcam laptop sebaiknya diupdate atau diperbarui. Tujuannya agar kamera dapat bekerja lebih baik dan berfungsi dengan semestinya. Berikut ini langkah-langkah mengupdate driver kamera

  1. Pastikan laptop telah terkoneksi dengan internet
  2. Tekan tombol Windows dan X kemudian pilih menu Device Manager
  3. Pada bagian Cameras, pilih perangkat kamera yang tersedia
  4. Klik kanan perangkat kamera yang ada lalu pilih menu Update driver
  5. Klik opsi Search automatically for drivers
  6. Windows akan mengunduh driver terbaru (jika memang ada) dan otomatis menginstallnya

Cek kamera laptop lewat aplikasi Camera

Cek kamera laptop lewat aplikasi Camera
Credit : microsoft.com

Guna memanfaatkan perangkat kamera, Windows 10 telah menyediakan aplikasi yang bernama Camera. Aplikasi ini memiliki fungsi yang cukup sederhana, hanya mengambil gambar foto dan video.

Tidak ada fungsi atau fitur tambahan yang disediakan dalam aplikasi tersebut. Untuk mengambil gambar foto atau video dengan resolusi "seadanya", rasanya aplikasi Camera ini sudah cukup memadai. Apalagi jika hanya untuk memeriksa fungsi kamera pada perangkat webcam laptop.

Bagaimana cara cek kamera laptop tersebut ? Buka aplikasi Camera di Windows 10. Jika bisa berfungsi dengan baik (mampu menangkap gambar, foto, atau video), bisa dipastika kamera laptop tersebut sudah bisa digunakan seperti biasa.

Saat menggunakan aplikasi video komunikasi video semisal Zoom, Google Meet, atau Microsoft Teams, kalian juga harus mengaktifkan kamera laptop. Biasanya, aplikasi tersebut secara otomatis akan mengaktifkan kamera laptop dengan konfirmasi pengguna.

Nah, jika ada kendala kenapa kamera laptop tidak berfungsi di Zoom ? Penyebab kamera laptop tidak berfungsi saat Zoom umumnya karena kamera laptop belum diatur dengan tepat.

Pastikan akses kamera telah dinyalakan

Pastikan akses kamera telah dinyalakan
Credit : vedamo.com

Sistem operasi Windows 10 misalnya, menyediakan pengaturan untuk mengaktifkan atau menonaktifkan akses pada perangkat kamera. Pengaturan ini bertujuan untuk mengatur penggunaan perangkat webcam oleh aplikasi-aplikasi yang telah mendapatkan izin.

Berikut ini langkah-langkah memeriksa akses perangkat webcam pada laptop

  1. Tekan tombol Win+X kemudian pilih Settings
  2. Pilih menu Privacy
  3. Pada sisi kiri di bawah App Permissions, pilih opsi Camera
  4. Pastikan akses kamera pada posisi On
  5. Jika ada aplikasi yang ingin dinoaktifkan aksesnya, atur pada posisi Off

Memperbaiki hardware web kamera

Opsi paling tepat apabila webcam laptop mengalami kerusakan adalah membawanya ke service center resmi atau teknisi spesialis untuk dibetulkan. Webcam mungkin bukan komponen vital. Namun, untuk keperluan komunikasi, webcam mungkin perangkat yang sebaiknya tersedia dan berfungsi dengan baik.

Cara benerin kamera laptop seandainya sudah tak bisa dipakai yakni sebaiknya kalian langsung menghubungi service center resmi laptop terdekat. Di sana, kalian bisa memesan layanan perbaikan kamera laptop tersebut. Jangan lupa juga untuk menyediakan anggaran sesuai tarif yang dikenakan. Jika masa garansi laptop masih berlaku, silahkan ajukan klaim garansi untuk layanan tersebut.

Gunakan webcam eksternal

Gunakan webcam eksternal

Perbaikan kamera laptop mungkin akan cukup memberatkan dari segi biaya dan waktu. Di sini, kalian bisa ganti kamera laptop dengan perangkat webcam eksternal (USB). Hal seperti ini merupakan solusi yang rasanya jauh lebih terjangkau dan murah. Malahan, webcam eksternal juga lebih mudah ditemukan di berbagai outlet aksesoris komputer.

Cara menggunakan webcam eksternal di laptop sangat mudah. Cukup pasang atau sambungkan kabel konektornya ke port USB. Otomatis laptop akan mendeteksi perangkat tersebut dan webcam eksternal siap digunakan.

Tidak hanya itu, webcam eksternal seringkali memiliki spesifikasi yang lebih bagus daripada kamera internal laptop. Salah satunya yaitu dukungan resolusi yang lebih tinggi. Alhasil, kualitas tampilan gambar atau video yang dicapture jauh lebih baik, lebih jernih, dan tidak buram.

Sayangnya, pemakaian webcam eksternal untuk laptop mungkin akan terasa kurang nyaman ketika melakukan mobilitas. Kalian mesti menenteng laptop dan membawa webcam secara berbarengan. Mungkin, ada baiknya kalian memilih produk webcam dengan ukuran kecil agar lebih gampang dibawa berpergian.

Demikian beberapa langkah-langkah dan cara memperbaiki kamera laptop yang tidak berfungsi normal. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba..

Baca juga artikel terkait :

Apakah kalian punya pengalaman atau pendapat yang berbeda? Tuliskan lewat kotak komentar di bawah. Usahakan sesuai topik artikel ini.
Buka Komentar
Tutup Komentar