Skip to main content

8 Cara Mengatasi Touchpad Laptop Tidak Berfungsi

Untuk menggantikan perangkat mouse, komputer laptop menggunakan suatu perangkat yang dinamakan touchpad. Secara fisik, touchpad tentu berbeda dengan mouse. Touchpad berbentuk kotak kecil pada body laptop yang dioperasikan melalui sentuhan gerakan jari tangan.

Sama seperti mouse, fungsi touchpad pada laptop yaitu untuk mengoperasikan pointer atau kursor laptop sebagai masukan perintah dalam penggunaan sistem operasi yang terpasang. Bahkan, touchpad bisa memberikan perintah yang lebih fleksibel dan variatif.

Salah satu kendala yang cukup sering dialami oleh pengguna laptop yaitu touchpad laptop tidak berfungsi dengan semestinya. Akibatnya, pointer mouse pada layar sulit dikendalikan atau bahkan tidak dapat digerakkan. Hal ini tentu dapat mengganggu kenyamanan penggunaan laptop.

Cara mengatasi touchpad laptop tidak berfungsi di Windows 10

Gejala yang terjadi saat touchpad laptop tidak dapat dioperasikan

Saat touchpad tidak berfungsi normal, biasanya akan terjadi beberapa hal yang tidak nyaman. Misalnya

  • Kursor laptop tidak berfungsi seperti kursor tidak bergerak atau tak bisa digerakkan
  • Pointer bergerak tersendat-sendat atau patah-patah
  • Pointer atau kursor laptop bergerak sendiri
  • Tap klik kiri/kanan tidak berfungsi atau tiba-tiba klik sendiri
  • Fungsi scrolling tidak aktif atau tiba-tiba scrolling sendiri
  • Tombol touchpad untuk klik kiri/kanan (jika ada) tidak berfungsi
  • Area touchpad tidak atau kurang sensitif
  • dan lainnya

Bila hal-hal tersebut terjadi, sudah pasti pengguna laptop akan sangat tidak nyaman dan rasanya sangat mengganggu aktivitas.

Penyebab touchpad laptop tidak berfungsi

Kenapa touchpad laptop tidak berfungsi ? Tentu ada beberapa hal yang bisa menyebabkan touchpad laptop tidak bisa digunakan dengan semestinya. Diantaranya seperti berikut

  • Touchpad laptop dalam kondisi nonaktif/tidak menyala. Inilah yang kadang menyebabkan kursor laptop tidak bisa digerakkan
  • Windows explorer bermasalah
  • Driver touchpad korup atau error
  • Adanya konflik driver dengan aplikasi atau perangkat lain
  • Windows 10 mengalami korup

Berikut ini beberapa langkah-langkah dan cara memperbaiki touchpad laptop (merk apapun) sekaligus cara mengatasi kursor laptop tidak berfungsi atau beroperasi secara normal

Bersihkan touchpad laptop dari debu/kotoran

Salah satu penyebab touchpad laptop mendadak tidak berfungsi yaitu debu dan kotoran yang menempel. Apalagi jika laptop tersebut jarang dirawat. Debu dan kotoran tersebut bisa saja mengurangi sensitifitas area touchpad.

Kalian dapat membersihkannya dengan vacum cleaner kecil, sikat kecil, atau lap kering yang dapat menjangkau area touchpad pada laptop. Usahakan saat membersihkannya, laptop dalam keadan tidak menyala.

Jika touchpad laptop terkena tumpahan benda cair, segera matikan laptop tersebut. Tujuannya agar tidak ada arus listrik yang berpotensi merusak komponen lain dalam laptop. Setelah itu, keringkan bekas tumpahan sampai benar-benar kering (tidak ada sisa cairan).

Pastikan touchpad telah menyala

Sebelumnya, kalian harus pastikan touchpad telah aktif/menyala. Untuk itu, kalian harus sudah tahu cara menyalakan touchpad laptop.

Beberapa produk laptop memiliki tombol switch khusus untuk menyalakan atau menonaktifkan fungsi touchpad. Pastikan tombol switch tersebut dalam keadaan menyala saat laptop sedang digunakan. Biasanya ditandai dengan nyala lampu indikator disekitar touchpad.

Ada juga switch touchpad yang berupa kombinasi tombol fungsi pada keyboard. Untuk dapat mengetahui tombol-tombol tersebut, silahkan baca buku manual laptop yang tersedia. Misalnya kombinasi tombol FN + Fx (tombol dengan ikon touchpad).

Cara mengaktifkan touchpad laptop merk apapun

Di bawah ini ada kombinasi tombol shortcut key untuk mengaktifkan dan menonaktifkan touchpad pada beberapa merk laptop. Diantaranya yaitu

  • Laptop Asus = Fn + F3/F7
  • Laptop Acer = Fn + F7
  • Laptop Lenovo = Fn + F6
  • Laptop Dell = Fn + F7
  • Laptop Toshiba = Fn + F9

Hanya saja, aktivasi touchpad via tombol keyboard hanya dapat diketahui setelah masuk dalam sistem operasi. Berikut ini langkah-langkah menyalakan touchpad lewat Settings Windows 10

  1. Tekan tombol Win + I
  2. Pilih menu Devices
  3. Pada sisi kiri. pilih opsi Touchpad
  4. Atur pada posisi On
  5. Jika perlu, aktifkan juga Leave touchpad on when a mouse is connected.

Setelah touchpad menyala, mungkin dapat dilakukan langkah-langkah pemeriksaan/pengujian seperti

  • Menggerakkan pointer mouse atau kursor ke arah atas-bawah dan kiri-kanan
  • Mengecek fungsi scrolling
  • Tap atau menekan area touchpad untuk memberi perintah klik

Perlu diketahui, setiap laptop mungkin mempunyai fungsi-fungsi touchpad khusus. Oleh karena itu, silahkan baca buku manual laptop untuk mengetahui fungsi-fungsi tersebut.

Cek sensitivitas area touchpad

Touchpad merupakan area pada body laptop yang sensitif terhadap suatu gerakan sekecil apapun. Sekedar usapan atau tekanan jari bisa jadi suatu perintah untuk pointer mouse. Jika touchpad mengalami kendala, ada baiknya untuk memeriksa sensitivitas perangkat tersebut.

Berikut ini langkah-langkah untuk memeriksa sensitivitas touchpad (pada Windows 10)

  1. Tekan tombol Win + X lalu pilih Settings
  2. Atau buka menu Start lalu pilih Settings
  3. Pilih menu Devices
  4. Pada sisi kiri, pilih opsi Touchpad
  5. Perhatikan opsi Touchpad sensitivity. Jika dirasa terlalu sensitif, turunkan ke tingkat yang lebih rendah. Sebaliknya, jika kurang sensitif, naikkan ke tingkat yang lebih tinggi.

Perlu diperhatikan, menaikkan atau menurunkan tingkat sensitivitas area touchpad bisa mempengaruhi pengoperasian perangkat tersebut.

Instal driver touchpad dengan benar

Sama seperti komponen hardware laptop lainnya, touchpad juga memiliki driver yang harus diinstal. Tujuannya yaitu agar sistem operasi dapat mengenali komponen dan fungsi touchpad secara maksimal. Nantinya pengoperasian touchpad bisa jadi lebih optimal dan nyaman.

Bahkan, driver tersebut kadang juga menyertakan aplikasi khusus untuk mengontrol fungsi touchpad. Seperti fungsi tap klik, tingkat sensitivitas, fungsi gerakan scroll, konfigurasi tombol touchpad (jika ada), dan seterusnya.

Oleh karena itu, pastikan driver touchpad telah terinstal dengan benar. Driver ini bisa ditemui pada CD/DVD driver yang disertakan pada penjualan laptop. Kalian juga dapat mencari driver tersebut lewat website resmi manufaktur laptop tersebut.

Berikut ini langkah-langkah menginstal ulang driver touchpad laptop

  1. Tekan tombol Win + X lalu pilih menu Device Manager
  2. Cari perangkat dengan nama label "touchpad"
  3. Klik kanan perangkat tersebut lalu pilih menu Uninstall device
  4. Klik tombol Yes jika diminta konfirmasi
  5. Lakukan restart laptop

Setelah laptop restart, Windows 10 akan melakukan pengaturang ulang pada perangkat touchpad termasuk reinstall driver.

Roll back driver touchpad

Update driver tidak selalu berdampak positif. Pada kasus tertentu justru membuat hardware jadi tidak dapat bekerja dengan semestinya. Begitu pula dengan update driver touchpad. Kadang malah menimbulkan masalah baru seperti yang telah dijelaskan di atas.

Lalu, bagaimana cara memperbaikinya ? Kalian dapat melakukan roll back driver atau downgrade ke versi driver yang lebih lama dan terbukti bisa bekerja secara optimal. Berikut ini cara melakaukan roll back driver touchpad pada laptop

  1. Buka aplikasi Device Manager dengan cara menekan tombol Win + X lalu pilih Device Manager
  2. Cari perangkat dengan nama label "touchpad"
  3. Klik kanan perangkat tersebut lalu pilih Properties
  4. Buka tab Driver
  5. Klik tombol Roll Back Driver

Perlu diketahui, tombol Roll back driver hanya akan muncul/aktif jika driver tersebut telah diupdate.

Memperbaiki hardware touchpad

Pilihan paling bijak jika touchpad laptop mengalami kerusakan yaitu membawanya ke service center atau teknisi ahli untuk diperbaiki. Perlu kalian ketahui, touchpad merupakan alat masukan perintah vital dalam sistem komputer laptop modern. Kalau perangkat ini mengalami kendala, operasional penggunaan laptop akan terasa tidak nyaman dan cukup terganggu.

Oleh karena itu, jika touchpad laptop dirasa sudah tidak nyaman untuk digunakan sebaiknya kalian segera menghubungi service center laptop terdekat. Di sana, kalian dapat meminta layanan perbaikan touchpad untuk laptop. Jangan lupa juga untuk menyediakan anggaran biaya. Kalau laptop masih dalam masa garansi, kalian dapat mengajukan klaim garansi untuk layanan tersebut.

Gunakan mouse eksternal

Perbaikan touchpad laptop mungkin cukup memberatkan dari sisi biaya. Di sini, kalian dapat membeli perangkat mouse eksternal (USB). Hal ini bisa menjadi solusi alternatif yang lebih mudah dan murah. Selain itu, mouse USB juga lebih mudah ditemukan di banyak toko komputer.

Perangkat mouse yang digunakan bisa berbentuk mouse dengan konektor kabel USB atau mouse dengan sambungan nirkabel (wireless mouse). Jenis mouse ini biasanya menggunakan koneksi bluetooth dan dibekali dengan dongle bluetooth USB.

Hanya saja, penggunaan mouse eksternal untuk laptop mungkin akan terasa kurang nyaman saat mobilitas. Sebab, kalian harus menjinjing laptop sekaligus membawa mouse secara bersamaan. Mungkin, sebaiknya kalian memilih mouse dengan ukuran kecil supaya lebih mudah dibawa kemana-mana.

Jika memutuskan untuk menggunakan mouse USB pada laptop, sebaiknya fungsi touchpad dimatikan.

Tips merawat touchpad laptop agar tetap awet dan tidak mudah rusak

Gunakan sewajarnya

Saat bekerja dengan laptop, gunakan touchpad dengan cara yang baik dan wajar. Menekan area touchpad tidak perlu terlalu keras. Touchpad pada laptop modern sudah cukup responsif. Usahakan tidak makan, minum, atau meletakkan benda yang mudah tumpah di dekat laptop.

Bersihkan debu/kotoran secara rutin

Mencegah lebih baik dari pada mengobati. Merawat touchpad lebih murah dan mudah daripada harus memperbaiki/mengganti touchpad dengan mouse. Salah satu bentuk perawatannya yaitu membersihkan kotoran dan debu yang terlihat menempel pada area touchpad. Lakukan pembersihan ini secara rutin.

Demikian beberapa langkah-langkah serta cara memperbaiki touchpad laptop tidak berfungsi. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba..

Baca juga artikel terkait :

Apakah kalian punya pengalaman atau pendapat yang berbeda ? Tuliskan lewat kotak komentar di bawah. Usahakan sesuai topik artikel ini.
Tulis komentar