Skip to main content

Karyawan Anda Work From Home? Lakukan Absensi Via Smartphone!

Perubahan pola kerja di dunia bukan lagi hal yang asing, terutama semenjak pandemi COVID-19 mulai merebak di seluruh dunia. Banyak perusahaan pun kini menerapkan pola kerja dari rumah atau lebih populer dengan istilah work from home.

Bekerja dari rumah bukan alasan untuk mengurangi produktivitas. Karyawan bisa tetap melakukan berbagai kegiatan seperti berada di kantor, misalkan melakukan absensi via smartphone.

Bagaimana Cara Melakukan Absensi Via Smartphone?

Sebenarnya, cara melakukan absensi via smartphone cukup mudah. Karyawan hanya perlu mengunduh aplikasi yang sudah ditentukan oleh perusahaan, kemudian login dengan username dan password masing-masing karyawan.

Setelah sukses login, karyawan bisa langsung mendaftarkan kehadiran seperti biasa dengan cara berswafoto atau selfie. Setelah selesai bekerja, karyawan pun bisa langsung check out dengan cara yang sama. Mudah sekali bukan?

Keunggulan Absensi Via Smartphone

Selain mudah dan praktis, ada beberapa keunggulan lain jika perusahaan menerapkan sistem absensi via smartphone. Apa saja keunggulan tersebut?

Tidak Mudah Dimanipulasi

Bukan rahasia umum jika banyak oknum nakal karyawan yang memalsukan absensi mesin fingerprint. Data kehadirannya ada, tapi oknumnya tidak masuk kantor. Begitu pula dengan absensi menggunakan kartu, karyawan bisa menitipkan kehadiran mereka kepada karyawan yang lain. Hal ini tentu akan mengganggu kinerja dan mengurangi kedisiplinan karyawan.

Berbeda dengan absensi via smartphone. Karena dilakukan via aplikasi di masing-masing smartphone karyawan, kemungkinan karyawan untuk memalsukan atau memanipulasi kehadiran sangat kecil. Data kehadiran karyawan akan langsung masuk dan tersimpan secara real time pada dashboard Attendance Software serta dapat terpantau oleh HRD. Sehingga terlihat jelas mana karyawan yang sering terlambat atau tidak.

Menghemat Anggaran

Bagaimana bisa menggunakan absensi via smartphone akan menghemat anggaran? Tentu bisa. Sebab, perusahaan tidak perlu menyediakan mesin atau media khusus untuk melakukan absensi rutin setiap hari. Karyawan bisa langsung melakukannya via aplikasi masing-masing. Maka dari itu, perusahaan pun tidak perlu juga mengeluarkan biaya untuk pemeliharaan mesin fingerprint.

Baca Juga: 7 Contoh CV Menarik untuk Melamar Pekerjaan

Memudahkan HRD Rekap Absensi

Penggunaan absensi lewat aplikasi secara tidak langsung juga akan menguntungkan HRD dalam merekap data absensi. Data kehadiran yang masuk akan tersimpan di sistem penyimpanan Attendance Software.

Nah, inilah yang akan membantu HRD dalam merekap absensi, semua data tersimpan dalam satu sistem dan bisa diatur secara otomatis untuk menghasilkan laporan rekap absensi untuk berbagai keperluan, baik penggajian sampai penilaian kinerja.

Ada banyak vendor yang menawarkan aplikasi untuk mendukung sistem absensi via smartphone. Salah satu yang dapat direkomendasikan adalah LinovHR yang sudah berpengalaman dalam membantu pengelolaan absensi di berbagai perusahaan.

Absensi via smartphone merupakan terobosan inovatif dalam memudahkan pencatatan kehadiran. Adanya aplikasi absensi dalam perusahaan dapat memudahkan karyawan dan HRD, yang pada akhirnya juga akan menguntungkan pihak perusahaan.


Artikel content placement kiriman dari

Siska Marsinta
LinovHR Indonesia
Website : www.linovhr.com
Apakah kalian punya pengalaman atau pendapat yang berbeda ? Tuliskan lewat kotak komentar di bawah. Usahakan sesuai topik artikel ini.
Tulis komentar